Piano, Siapa Sebenarnya Penemu Alat Musik Piano

Piano merupakan alat musik tuts yang dikelompokkan kedalam alat musik dawai dan perkusi yang dimainkan dengan menekan pada tuts tuts yang ada di papan
(sumber : dari id wikipedia.org)

Kapan alat musik piano ini ditemukan ?

Sebelum kita membahas tentang siapa sebenarnya penemu dari alat musik piano. Oleh sebab itu, perlu kita ketahui terlebih dahulu tentang seperti apakah alat musik piano ini. 
 
Piano adalah salah satu alat musik yang dimainkan dengan menggunakan kelincahan sentuhan dari jari jemari pemainnya. Nah, pemain alat musik piano ini biasa disebut dengan pianis.

Konon piano sudah ditemukan sejak 500 tahun yang lalu dan penemu piano pada awalnya dijuluki dengan Gravercembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tulis lembut dan bersuara keras).
 
Kemudian muncul pertanyaan mengenai siapakah sebenarnya penemu dari alat musik piano tersebut? Penemu alat musik ini ternyata masih menjadi perdebatan, tetapi banyak pihak yang mengakui bahwa penciptanya adalah Bartolomeo Christofori.

Sebelum ada piano yaitu alat musik yang menggunakan papan tuts, ternyata memang sudah ada alat musik lain semacam, yang sudah ada sejak tahun 1440. 
 
 
Alat musik ini juga menggunakan papan tuts seperti piano tetapi untuk memainkannya dapat dilakukan dengan cara dipukul.
 
Oleh sebab itu, dalam hal cara memainkannya memang sangat berbeda dengan piano. Hal ini, karena dalam memainkan piano menggunakan sentuhan dari jari jemari tangan jadi terkesan lebih lembut, tetapi kedua alat musik tadi mempunyai cara kerja yang sangat mirip sekali.

Piano sendiri diciptakan karena keinginan dari pembuatnya seperti Marius dari Paris, Schoter dari Sarong dan Christoper dari Padua, Italia.
 
Mereka semuanya, berkeinginan untuk dapat menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord, supaya dapat tercipta bentuk piano yang utuh dan lengkap.

Dari beberapa desain yang berhasil diciptakan, ternyata hanya piano buatan Bartolomeo Christofori yang berhasil menciptakan piano yang lengkap dan utuh dan piano ini akhirnya dijadikan sebagai akar dari pembuatan piano modern jaman sekarang. 
 
Keberhasilan Bartolomeo Christoper ini akhirnya dianggap sebagai pencipta dari piano dan keberhasilannya ini telah menjadi sebuah catatan pada piano, mengenai pertanyaan tentang siapa sebenarnya penemu dari piano.

Desain piano pada pertengahan abad 17, berbentuk hampir sama dengan desain dari Harpsichord yaitu mempunyai desain yang menjulang. Namun demikian, oleh John Isaac Hawkins dilakukan modifikasi sehingga mengalami perubahan bentuk menjadi sejajar dengan lantai.

Piano sudah mulai dikembangkan pada awal abad ke 18 dan Jerman adalah negara yang berinisiatip untuk menciptakan kreasi baru. Akhirnya Jerman berhasil membuat inovasi bentuk piano yang lebih ringan dan tidak mahal dengan bentuk persegi.
 
 
Oleh sebab itu, piano buatan Jerman ini pada tahun 1860 dapat mendominasi penggunaan piano disebagian besar di rumah rumah.

Pada awalnya, rangka dari piano yang digunakan untuk menahan tegangan ringan dari senar adalah menggunakan kayu, tetapi dengan berkembangnya waktu dimana banyak dibangun gedung konser yang luas maka membutuhkan piano dengan suara yang lebih keras.
 
Oleh sebab itu, dibuatlah rangka yang menggunakan bahan dari besi pada tahun 1800 oleh Joseph Smith dari Inggris. Sungguh luar biasa, ternyata Inovasi ini berhasil membuat piano mengeluarkan suara yang lebih keras dari sebelumnya.

Sebelum mengalami perkembangan piano mempunyai 88 tuts, tetapi kemudian mengalami perkembangan lagi menjadi hanya memiliki 62 tuts dan 5 oktaf.

Akhirnya perkembangan piano berlanjut terus yaitu pada abad 19 dan 20 dan perkembangan tersebut terjadi pada perubahan tegangan senarnya, yang semula 16 ton berubah menjadi 30 ton. 
 
Perubahan tegangan ini telah banyak digunakan untuk piano modern, dan  ternyata perubahan ini mampu menghasilkan nada yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh pianis seperti Frederic Chopin, Ludwig Van Beethoven dan Franz Liszt.

Dengan kemajuan teknologi pada abad ke 20, maka banyak peralatan-peralatan yang dibuat dengan menggunakan listrik. 
 
Demikian pula dengan piano, akhirnya juga mengikuti perkembangan teknologi  yaitu dengan hadirnya piano elektrik (piano listrik) yaitu piano yang didasarkan pada teknologi elektroakustik atau metode digital.

Terima ksih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel PIANO, SIAPA SEBENARNYA PENEMU ALAT MUSIK PIANO, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang musik. Mohon dapat dishare kepada teman-teman pecinta musik.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar