James Ingram, peraih 2 kali Grammy Award tahun 1980

James Ingram, seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman dan instrumentalis asal Amerika Serikat, pemenang Grammy Award sebanyak 2 kali

James Ingram penyanyi r&b asal Amerika

James Ingram berhasil sukses berduet dengan artis r&b lain, melalui 3 lagu berjudul Baby, Come to Me, Just Once dan One Hundred Way.
 
Dia mempunyai nama asli James Edward Ingram tetapi lebih dikenal dengan nama James Ingram, terlahir di Akron, ohio, Amerika pada tanggal 16 Februari 1962, dengan seorang istri bernama Debra Robinson (m 1975).

Penyanyi asal Amerika ini juga sebagai penulis lagu, produsen rekaman dan instrumentalis dengan arah musiknya yang bergenre musik R&B dan musik pop. James Ingram Just One berhasil meraih kesuksesan.

Penghargaan yang berhasil diraihnya diantaranya adalah 2 kali Grammy Award dan 2 kali masuk menjadi nominasi academy award untuk best original lagu. Dia juga telah berhasil menempatkan lagu-lagunya berada diposisi ke 8 top 40 hit di Amerika Billboard hot 100 chart.

Grammy award yang telah berhasil diraihnya pada tahun 1980 dan tahun 1981 melalui lagu One Hundred Ways memenangkan penghargaan untuk kategori Male R&B Vocal Performance. 
 
Tiga tahun kemudian dilanjutkan dengan memenangkan Grammy untuk kategori Best R&B Performance by a Duo or Group With Vocals melalui lagu Yah Mo B There.

Selama masa karir musiknya James Ingram telah berhasil menempatkan beberapa lagunya menjadi lagu-lagu hit, diantaranya ada 13 lagu yang masuk di Top 40 hit di hit R&B atau hip hop song chart dan 20 lagu yang masuk lagu hit di adult contemporary chart.

James Ingram juga berhasil meraih 3 Grammy nominasi, yaitu :

1.  Pada Tahun 1981, Melalui :


- Lagu berjudul "Just Once" dan "One hundred ways" dari album The dude
- Sebagai Best New Artist

2.  Pada Tahun 1984, Melalui :


- Lagu "How do you keep the music playing", berduet dengan Patti Austing berhasil meraih Best performance duo or group with vocal, US Top 10 single.
 
- "Pretty young thing" ditulis oleh James Ingram bersama dengan Quincy Jones, lagu ini dinyanyikan oleh Michael Jackson dan meraih Best R&B Sony.
 
- "Party animal" meraih best male R&B Vocal performance.

3.  Pada Tahun 1985, Melalui :


- Album debut meraih Best male R&B performance
 
- Lagu berjudul "Yah Mo B there"  James Ingram Michael Mc Donald berduet yaitu seorang musisi R&B telah berhasil meraih Best R&B song dan Bet R&B performance untuk duo or group.

  Untuk Grammy Award yang berhasil diraihnya, melalui :

- "Yah Mo B there", James Ingram Michael Mc Donald membawakan lagu ini dengan cara berduet dan telah berhasil meraih Best R&B Performance by a duo or group with vocals
 
- Lagu james Ingram One hundred ways berhasil meraih untuk penampilan vokal R&B pria terbaik.

Kolaborasi yang paling terkenal, pada saat berduet dengan Patti Austin dengan lagu :

- "Baby, come to me" berhasil meraih urutan pertama di Hot 100, puncak tangga lagu pop AS tahun 1983.
 
- "I don't Have the heart berhasil menjadi peringkat 1 untuk yang kedua kalinya pada tahun 1990 dan satu satunya peringkat pertama sebagai artis solo. 

- "How do you keep the musik playing" berhasil memperoleh nominasi oskar karena digunakan untuk film Best friends

Lagu soundtrack dari James Ingram yang paling terkenal, diantaranya adalah :

- "One more time" di film Sarafina dan "Where did my heart go"dari City Slickers tahun 1990.
 
- "The brightes star" untuk film animasi Natal Precious moment timmy's gift dan Precious moment timmy's special delivery. Ketika itu, James Ingram bekerja sama dengan Melissa Manchester pada tahun 1991.
 
- " The day I fall in love" berduet dengan Dolly Parton yang dipakai untuk film Bethoven's 2nd, berhasil masuk nominasi academy award untuk Best Original song tahun 1994. Lagu ini dibawakan langsung pada siaran oscar.
 
- "Our time has come", lagu ini ditulis dengan Carnie Wilson dan dipinjam untuk film animasi cats don't dance pada tahun 1997.

Dalam penampilannya ini, James Ingram telah bekerja sama dengan beberapa artis terkenal seperti Donna Summer, Ray Charles, Anita Baker, Viktor Lazio, Nancy Wilson, Natalie Cole dan Kenny Rogers.

Dia mengawali karir musiknya pada tahun 1973 dan dari tahun 1980 sampai awal tahun 1990 telah berhasil menempatkan 8 hit 40 tertinggi di Billboard Hot 100 AS.

Selain itu, dia juga menempatkan 13 hit 40 tertinggi di tangga lagu Hot R&B/ Hip Hop Songs, 20 hit di tangga lagu Dewasa Kontemporer, 2 single peringkat 1 di Hot 100.

James Ingram bersama dengan Linda Ronstadt merekam lagu Somewhere Out There dan lagu ini digunakan untuk film animasi An American Tail. Lagu dan videonya berhasil menjadi James Ingram hits.

James Ingram berhasil masuk nominasi untuk Best Original Song dari Oscar, Golden Globes dan Grammy Awards tahun 1994 dan 1995.

Melalui lagu The Day Fall in Love dari film Beethoven’s 2nd pada tahun 1993 dan pada tahun 1994 melalui lagu Love Has Done dari Patty Smyth dari film Junior.

Awal karir James Ingram

Setelah james Ingram pindah ke Los Angeles, dia bergabung dengan band Revelation Funk yang muncul dalam film Rudy Ray Moore Dolemite.

Sebelum karirnya mencapai kesuksesan, dia pernah bermain kiboard untuk Ray Charles dan menyanyikan demo $50 untuk Just Once.

James Ingram sebagai pengisi vokal untuk Just Once dan One Hundred Ways pada album Quincy Jones The Dude. Pada tahun 1981 berhasil masuk nominasi Grammy sebanyak 3 kali lebih banyak dari pada James Ingram.

James Ingram album debut It’s Your Night yang dirilis pada tahun 1983 terdapat lagu balada berjudul There’s No Easy Way.

James Ingram hit peringkat pertama di Billboard melalui lagu balada cinta berjudul I Don’t Have the Heart dari album It’s Real pada tahun 1990.

3 nominasi Grammy tambahan diperoleh James Ingram berduet dengan Patti Austin melalui lagu :

- How Do You Keep the Music Playing? untuk Penampilan Pop Terbaik oleh Duo atau Grup dengan vokal, single Top 10 AS.

- PYT (Pertty Young Thing) untuk Michael Jackson untuk lagu R&B Terbaik, lagu ini ditulis oleh James Ingram bersama dengan Quincy Jones.

- Party Animal untuk Penampilan Vokal R&B Pria Terbaik.

Duet James Ingram Patti Austin melalui How Do You Keep the Music Playing? Menjadi hit, muncul di film Best Friends pada tahun 1982 dan berhasil masuk nominasi Oscar.

James Ingram bekerjasama dengan Kenny Roger dan Kim Carnes dengan lagu Ballad berjudul What About Me?, lagu ini berhasil masuk Top 40 pada tahun 1984.

Melalui Yh Mo B There, James Ingram berhasil memenangkan Grammy Award pada tahun 1985 dan berduet dengan Michael McDonald membawakan We Are the World untuk ikut serta dalam proyek amal.

Tahun 1987, James Ingram bekerjasama dengan Linda Ronstsdt seorang vokalis Amerika melalui Somewhere Out There yaitu tema dari film fitur animasi An American Tail, berhasil menjadi hit peringkat 2, mencapai penjualan hingga jutaan di AS dan hit Top 10 UK.

Pada tahun yang sama, Song of the Year mendapatkan Grammy Award pada tahun 1987 dan masuk nominasi Academy Award dan Golden Globe. Selain itu, lagu ini mendapatkan sertifikasi Gold dari RIAA.

James Ingram tampil bersama Quincy Jones dengan membawakan lagu The Secret Garden pada tahun 1990. Selain itu juga menampilkan vokal Barry White, El DeBarge dan AL B. Sure!.

James Ingram bekerjasama dengan Angie Stone dalam lagu My People pada tahun 2006 dan pada tahun 2011 dia tampil bersama dengan Cliff Richard di Soulicious Tour di Inggris. Ketika itu, Jame Ingram membawakan 2 Lgu dari album Cliff Richard dan solo Just Once.

James Ingram Albums

- It’s Your Night dirilis tahun 1983

- Never Felt So Good dirilis tahun 1986

- It’s Real dirilis tahun 1989

- Always You dirilis tahun 1993

- Stand dirilis tahun 2008

Album kompilasi James Ingram

- Greatest Hits: The Power of Great Music dirilis tahun 1991

- Forever More (Love Songs, Hits & Duets) dirilis tahun 1999

Lagu lagu James Ingram

- Just Once dan One Hundred Ways bersama dengan Quincy Jones untuk album The Dude, dirilis tahun 1981.

- Baby, Come to Me bersama dengan Patti Austin untuk album Every Home Should Have One, dirilis tahun 1982.

- How Do You Keep the Music Playing? Bersama dengan Patti Austin, Party Animal dan Yah Mo B There bersama dengan Michael McDonald untuk album It’s Your Night, dirilis tahun 1983.

- There’s No Easy Way, She Loves Me (The Best That I Can Be) untuk album It’s Your Night dan What About Me? Bersama dengan Kenny Rogers dan Kim Carnes unttuk album What About Me, dirilis tahun 1984.

- It’s Your Night untuk album It’s Your Night, America (The Dream Goes On) bersama dengan John Willimas dan The Boston Pops Orchestra untuk album Boston Pops: America The Dream Goes On, dirilis tahun 1985.

- Always untuk album Never Felt So Good, I Just Can’t Let Go bersama dengan David Pack dan Michael McDonald untuk album Anywhere You Go, Never Felt So Good untuk album Never Felt So Good dan Somewhere Out Therebersama dengan Linda Ronstadt untuk album An American Tail, dirilis tahun 1986.

- Better Way untuk album Beverly Hills Cop II, dirilis tahun 1987.

- It’s Real, I Wanna Come Back, (You Make Me Feel Like) A Natural Man untuk album It’s Real, dirilis tahun 1989.

- The Secret Garden (Sweet Seduction Suite) bersama dengan QuincyJones feat. AI.B Sure!, El DeBarge da Barry White) untuk album Back on the Block, I Don’t Have the Heart dan When Was the Last Time the Music Made You Cry untuk album It’s Real, dirilis tahun 1990.

- Where Did My Heart Go untuk album City Slickers dan Get Ready untuk album The Greatest Hits: The Power of Great Music, dirilis tahun 1991.

- Someone Like You untuk album Always You, dirilis tahun 1993

- The Day I Fall in Love bersama dengan Dolly Parton untuk album Beethoven’s 2nd dan I Don’t Want to Be Alone for Chrismas (Unless I’m Alone with You) untuk album A Very Merry Chipmunk, dirilis tahun 1994.

- When You Love Someone bersama dengan Anita Baker untuk album Forget Paris, dirilis tahun 1995.

- Give Me Forever (I Do) bersama dengan John Tesh untuk album Pure Movies, dirilis tahun 1998.

- Forever More (I’ll Be the One) bersama dengan John Tesh untuk album One World, dirilis tahun 1999.

Lagu James Ingram bersama dengan artis lain

- Mystery of Love dengan Donna Summer, untuk album Donna Summer, dirilis tahun 1992.

- We Are the World dengan USA fro Africa untuk album We Are the World, dirilis tahun 1985.

- One More Time untuk album Sarafina! Original Soundtrack, dirilis tahun 1992.

- Just Once (Live version) untuk album Grammy’s Greatest Moments Volume III, dirilis tahun 1994.

- Wish You Were Here dengan Nancy Wilson, untuk album If I Had My Way, dirilis tahun 1997.

- Our Time Has Come dengan Carnie Wilson, untuk album Cats Don’t Dance, dirilis tahun 1997.

- What U Give U Get Back dengan Scorpions, untuk album Eye II Eye, dirilis tahun 1999.

- What About Me? Dengan KennyRogers, untuk album Kenny Rogers & Friends, dirilis tahun 2000.

- One Gift dengan Michael McDonald, untuk album In the Spirit: A Christmas Album, dirilis tahun 2001.

- If Yoy Really Need Me Now dengan Patti Austin, untuk album On the Way to Love, dirilis tahun 2001.

Filmografy James Ingram

- SCTV, 3D Huse of Beef tahun 1981

- The Fearless Four sebagai Buster tahun 1997

- Suburgatory, episode The Motherload tahun 2012

James Ingram Grammy Awards

Tahun 1982

- James Ingram masuk nominasi untuk kategori Best New Artist

- Just Once masuk nominasi untuk kategori Best Male Pop Vocal Performance

- One Hundred Ways menang Grammy untuk kategori Best Male R&B Vocal Performance

Tahun 1984

- How You Do Keep the Music Playing? Dengan Patti Austin masuk nominasi untuk kategori Best Pop Perfrmance by a Duo or Group with Vocals

- P.Y.T (Pretty Young Thing) masuk nominasi untuk kategori Best R&B Song (menulis lagu bersama dengan Quincy Jones)

- Party Animal masuk nominasi untuk kategori Best Male R&B Vocal Performance

Tahun 1985

- Yah Mo B There dengan Michael McDonald memenangkan Grammy untuk kategori Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals dan untuk kategori Best R&B Song (menulis lagu bersama dengan Quincy Jones, Ros Temperton dan Michael McDonald)

- It’s Your Night masuk nominasi untuk kategori Best R&B Vocal Performance

Tahun 1988

- Somewhere Out There dengan Linda Ronstadt masuk nominasi untuk kategori Best Pop Perfoemance by a Duo or Group with Vocals

Tahun 1991

- I Don’t Have the Heart masuk nominasi untuk kategori Best Male Pop Vocal Performance

- The Secret Garden dengan AI.B Sure, El DeBarge dan Barry White, masuk nominasi untuk kategori Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals

Tahun 1995

- The Day I Fall in Love masuk nominasi untuk kategori Best Song Written for Visual Media (menulis lagu bersama Cliff Magness dan Carole Bayer Sager)

Tahun 1996

- When You Love Someone dengan Anita Baker, masuk nominasi untuk kategori Best Pop Collaboration with Vocals

Nominasi Academy Award

- The Day I Fall in Love dari the motion picture Beethoven’s 2nd, masuk nominasi untuk kategori Best Original Song pada tahun 1994

- Look What Love Has Done dari the motion picture Junior, masuk nominasi untuk kategori Best Original Song, tahun 1995

Nominasi Golden Globe Award

- The Day I Fall in Love, masuk nominasi untuk kategori Best Original Song, tahun 1994

- Look What Love Has Done, masuk nominasi untuk kategori Best Original Song

James Ingram benar-benar muncul sebagai dirinya sendiri yaitu pada tahun 2012. Ketika itu, dia tampil di ABC  untuk acara Televisi Suburgatory dalam episode yang berjudul The Motherload, karena dalam masa karir musiknya dia selalu tampil berduet dengan penyanyi lain.

James Ingram meninggal dunia tanggal 29 Januari 2019 pada usia 66 tahun setelah berjuang melawan kanker otak sejak lama. Hal ini, telah membuat para fans James Ingram merasa kehilangan sosok James Ingram yang melegenda.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang  James Ingram, peraih 2 kali Grammy Award tahun 1980, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan mohon dapat dishare kepada teman-teman pecinta musik.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar