Barry White, penyanyi pop Amerika bersuara khas tahun 1970 an

Barry White merupakan seorang penyanyi yang berawal dari anggota kelompok geng
(Sumber gambar dari : mix965houston.cbslocal.com)

Barry White song, populer di tahun 1970 an

Barry White merupakan seorang penyanyi pop yang berasal dari Amerika Serikat. Dia sukses menghasilkan 2 single Barry White Greatest hit berjudul You're The First The Last My Everything dan Can't Enought Of Your Love Babe.

Nama aslinya adalah Barry Eugene Carter tetapi lebih dikenal dengan nama Berry White, lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada tanggal 12 September 1944. 
 
Selain sebagai penyanyi, dia juga bekerja sebagai penulis lagu, produser rekaman, arranger dan musisi. Karir musiknya dimulai sejak tahun 1960 dan dia mengakhiri karirnya atau pensiun pada tanggal 4 Juli 2003.
 
Hal ini, karena dia telah meninggal dunia akibat menderita gagal ginjal kronis yang terkait dengan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabettes millitus yang dideritanya.

Dia adalah 2 bersaudara  dan saudaranya bernama Darryl  berusia 13 bulan lebih muda dari Barry White. Sejak usia kecil, dia sering mendengarkan koleksi musik klasik milik ibunya, sehinga pada saat tampil pertama bermain piano, Barry  White mencontoh salah satu lagu klasik yang pernah dia dengar.

Meskipun dia dilahirkan di Galveston, tetapi dia hidup dan dibesarkan oleh kakeknya ditempat yang sangat tinggi tingkat kriminalitasnya. yaitu di South Central, Los Angeles. Oleh sebab itu, dia bergaul dengan kelompok geng. 
 
Sampai suatu ketika adiknya meninggal karena bentrok dengan kelompok geng lain dan  adiknya dibunuh oleh kelompok geng yang berseberangan dengan kelompok gengnya. Barry White juga pernah dipenjara karena mencuri uang dengan jumlah uang sekitar 30.000 US Dollars.

Pengalaman dipenjara akhirnya membuat Berry White berkemauan untuk merubah hidupnya kejalan yang benar, kemauan ini terjadi setelah dia mendengarkan lagu dari Elvis Presley yang berjudul "It's now or never". 
 
Akhirnya setelah keluar dari penjara, dia mulai meninggalkan kelompok gengnya dan mulai beralih berkarir di dunia musik.

Pada awalnya dia mulai bekerja dengan artis label dan karir awalnya dimulai dengan bekerja sebagai penulis lagu, arranger dan sesi musisi. 

Dia menuliskan lagu untuk penyanyi seperti :

- Felice Taylor dengan lgu "I feel love comin "on""
- Bob & Eane dengan lagu "Harles shutyle" dan berhasil menjadi hit besar di Inggris
- Girl group yang biasa disebut "Love Un Limited"

Warna musiknya bergenre R&B, soul, funk dan disko, sukses besarnya telah berhasil diraihnya pada tahun 1970 an sebagai seorang penyanyi solo melalui Love Unlimited Orchestra. 
 
Dia berhasil memenangkan Grammy Award sebanyak 3 kali dan telah menghasilkan 2 single hit yang sukses besar seperti "You're the first the last my everything" dan "Can't get enough of your love babe". 
 
Dengan suara Barry White yang khas, dengan jenis suara bas bariton sehingga membuat dia lebih dikenal oleh penggemarnya.

Total album yang berhasil dirilis, 106 album diantaranya berhasil mendapatkan emas diseluruh dunia, 41 mendapatkan platinum, 20 single mendapatkan emas dan 10 single mendapatkan platinum dengan total penjualannya mencapai lebih dari 100 juta. 
 
Dia juga merupakan artist dunia yang paling laku  sepanjang masa, sehingga dapat menjadi sosok yang dapat mempengaruhi musisi lain seperti Ray Charles, Aretha Franklin, The Supremes, Four Tops dan Marvis Gaye

Penyanyi bersuara bass dan bertema citra romantis asal Amerika ini merupakan peraih 2 kali Grammy Award dan meraih kesuksesan besar pada sekitar tahun 1970 an melalui The Love Unlimited Orchestra sebagai penyanyi solo.

Barry White banyak menulis lagu berjenis musik soul, funk serta musik disco dan melalui karya lagu Barry White telah menelurkan 2 single Barry White greatest hits yang berjudul Can’t Get Enought of Your Love Babe dan You’re the First the Last, My Everything.

Selama karir musiknya, dia telah berhasil membuat sebanyak 20 album dan beberapa versi kompilasi dirilis diseluruh dunia juga berhasil mendapatkan sertifikasi gold, termasuk 41 diantaranya bersertifikasi platinum.

Selain itu, 20 single Barry White berhasil meraih sertifikasi Gold, 10 platinum dan meraih penjualan diseluruh dunia hingga 100 juta rekaman, sehingga menjadi salah satu artis musik terlaris sepanjang masa.

Ayah Barry White bernama Melvin A. White dan ibunya bernama Sadie Marie Carter. Namun demikian, kedua orang tuanya tidak pernah menikah secara resmi.

Ketika usianya 11 tahun, Barry White sering bermain piano dengan single hit milik Jesse Belvin tahun 1956 Goodnight My Love. Namun demikian, Barry White menyangkal telah menulis atau mengaransemen lagu tersebut.

Ketika remaja 16 tahun, Barry White melakukan perbuatan melanggar hukum karena mencuri ban Cadillac sehingga dia dihukum penjara.

Ketika menginjak usia 18 tahun, Barry White menemukan moment inspirasi untuk bekerja di Hollywood di industri hiburan. Meskipun pada waktu itu, Barry White belum dapat membaca dan menulis musik.

Pada tahun 1960, Barry white keluar dari penjara dan memulai kehidupan baru dengan meninggalkan kehidupan gengnya.  Dia merilis Too Far to Turn Around untuk pertama kalinya pada tahun 1960.

Selain itu, di awal tahun 1960 an, dia juga merekam single yang diberi nama single Barry White dengan didukung oleh grup vokal The Atlantics dan The Majestics.

Barry White juga memproduseri Fell Aw Right pada tahun 1965 dan pada tahun 1966 merekam single debutnya yang berjudul Man Ain’t Nothin / I Don’t Need It yang dirilis dengan nama Lee Barry.

Barry White juga berpartisipasi dalam menulis lagu Together Forever pada tahun 1967 yang dirilis oleh Pat Powdrill & Powerdrill. Selain itu, dia juga bekerja dengan beberapa label sebagai penulis lagu, sesi musisi dan arranger.

Lagu I Feel Love Comin’On dari penyanyi Felice Taylor ditulis oleh Barry White dengan Paul Politi berhasil sukses besar di Inggris.

Selain itu, lagu yang ditulis oleh mereka berdua dengan judul It May Be Winter Outside (But in My Heart It’s Spring) dan Under the Influence of Love berhasil menjadi hit charting.

Single pertama Barry White All in the Run of a Day diproduksi oleh Keane dan White, demikian juga dengan lagu Doin’ the Banana Split yang ditulis oleh Barry White dipakai untuk aksi permen karet TV The Banana Splits pada tahun 1968.

Barry White membuat terobosan besar dengan meproduksi sebuah grup cewek Love Unlimited yang mencontoh gaya girl grup Motown The Supremes pada tahun 1972.

Grup ini belajar kemampuan bakatnya selama 2 tahun dengan Barry White hingga grup ini berhasil mendapatkan tanda tangan kontraknya dari sebuah label Uni Records.

Grup ini pada tahun 1972, atas bantuan biaya dari Larry Nunes berhasil membuat album From A Girl’s Point of View We Give to You ... Love Unlimited.

Lagu balada soul klasik Barry White Walkin’ in the Rain with the One I Love yang diproduseri, ditulis dan diaransemen dirinya sendiri berhasil melejit di urutan 14 di tangga lagu Billboard Hot 100 Pop dan peringkat di tangga lagu R&B Billboard di tahun 1972.

Single ini juga berada di urutan 12 di chart Inggris dan menjadi single terlaris pertama bagi Barry White sebagai penulis lagu dan produser.

Disepanjang tahun 1970 an, Barry White berhasil merekam beberapa single hit antara lain I Belong to You yang menduduki tangga lagu Billboard R&B pada tahun 1974 dan Under the Influence of Love Unlimite berada diperingkat 3 di tangga album Billboard Pop.

Barry White menikah dengan Glodean James yaitu seorang penyanyi utama grup pada tanggal 4 Juli 1974.

Barry White The Love Unlimited Orchestra

Barry White mendirikan The Love Unlimited Orchestra yang beranggotakan 40 personil pada tahun 1973. Pada awalnya, grup orkestra ini digunakan sebagai band pendukung dari gril grup Love Unlimited.

Single Love’s Theme yang ditulis oleh Barry White ditampilkan di orkestra ini dan lagu ini berhasil menduduki urutan 1 di tangga lagu Billboard Pop. Album pertama The Love Unlimited Orchestra Rhapsody in White dibuat tahun 1974.

Untuk selanjutnya bersama dengan orkestra ini Barry White telah meraih kesuksesan melalui albumnya Rhapsody in White, Satin Soul, Forever in Love, Midnight groove, My Sweet Summer Suite.

Pada tahun 1983, grup orkestra ini sudah tidak membuat album lagi tetapi masih menjadi pendukung penampilan Barry White dalam karir solonya.

Karir solo Barry White

Karir solonya dimulai pada tahun 1970 an setelah sebelumnya dia bekerja dengan artis lain. Atas desakan dari Nunes supaya Barry White merilis ulang beberapa lagu demo yang dibuat untuk penyanyi pria lain.

Semula Barry White tidak menyetujuinya tetapi akhirnya merilis lagu lagunya untuk dirinya sebagai artis rekaman solo dan ditambah lagi dengan beberapa lagu yang ditulisnya lagi yang akan dimasukkan kedalam album musiknya secara keseluruhan sebagai album pertamanya.

Semula album solo pertama Barry White ini, akan diberi nama White Heat, namun akhirnya menggunakan nama aslinya Barry White.  

Hit tangga lagu solo pertama Barry White antara lain I’m Gonna Love You Just a Little More Baby. Lagu ini melejit diperingkat 1 di tangga lagu Billboard R&B dan diperingkat 3 di tangga lagu Billboard Pop pada tahun 1973.

Lagu Barry White lainnya yang menjadi hit ditangga lagu antara lain :

- Never, Never Gonna Give You Up, lagu ini menduduki peringkat 2 R&B dan peringkat 7 Pop pada tahun 1973.

- Can’t Get Enought of Your Love, Babe, lagu ini berada diperingkat 1 Pop dan R&B pada tahun 1974.

- You’re the First, the Last, My Everything, lagu ini menduduki peringkat 1 R&B dan peringkat 2 Pop pada tahun 1974.

- What Am I Gonna Do With You, lagu ini berada diperingkat 1 R&B dan peringkat 8 Pop pada tahun 1975.

- Lagu Barry White Let the Music Play berhasil menduduki peringkat 4 R&B pada tahun 1976.

- It’s Ecstasy When You Lay Down Next to Me, lagu ini berada di peringkat 1 R&B dan peringkat 4 Pop pada tahun 1977.

- Your Sweetness Is My Weakness, lagu ini menduduki peringkat 2 R&B pada tahn 1978.

Penggemar setia Barry White di Inggris juga ada, sehingga di negara ini terdapat 5 hit top 10 yang dapat diukirkan dan peringkat 1 untuk lagu You’re the First, the Last, My Everything.

Barry White di Inggris mendapat julukan The Walrus of Love karena dia memiliki tubuh yang besar, di wajahnya banyak ditumbuhi rambut dan memiliki suara yang dalam.

Sedangkan di AS mendapat julukan Dr. Love, Mr. Love, Prince of Pillow Talk, Duta Romantis, Raja Disco, Sang Maestro atau Guru Cinta.

Akhirnya Barry White memiliki label sendiri dannlimited Gold menggunakan CBS/Columbia Records.

Pada tahun 1980 an masa kepopuleran musik pop mulai redup, seiring dengan selesainya era disco. Namun demikian, Barry White bisa mempertahankan penggemar setianya disepanjang karir musiknya.

Selanjutnya untuk 3 tahun berikutnya, Barry White merilis album album lainnya tetapi tidak dapat mengulangi kesuksesan album sebelumnya. Hanya 1 single Change yang berhasil berada di urutan 12 di Billboard R&B Top 20.

Usaha label milik Barry White akhirnya ditutup pada tahun 1983 karena tidak menguntungkan dan menyebabkan kerugian finansial yang besar bagi dia. Dengan demikian, dia dapat fokus terhadap kegiatan turnya.

Barry White The Right & Barry White dirilis pada tahun 1987 dan salah satu singlenya Sho’ You Right berhasil bertengger di peringkat 17 di Billboard R&B.

Untuk selanjutnya, album The Man Is Back dirilis pada tahun 1989 dan menghasilkan 3 single yang berada di 40 tertinggi di tangga lagu Billboard R&B diantaranya :

- Super Lover berada diperingkat 34

- I Wanna Do It Good to Ya berada diperingkat 2

- When Will I See You Againt berada diperingkat 32

Pada tahun 1990 an, Babbry White kembali mengalami arus popularitas baru karena trend nostalgia tahun 1970 an.

Album Barry White Put Me in Your Mix berhasil melejit diperingkat 8 di chart Billboard R&B Album dan lagu dari album ini bertengger di peringkat 2 di chart single R&B Billboard pada tahun 1991, sehingga mencapai kesuksesan lebih dari album sebelumnya.

Album Barry White The Icon Is Love dirilis pada tahun 1994 dan berhasil melejit diperingkat 1 di tangga album R&B Billboard.

Single dari album ini, Practice What You Preach juga berada diperingkat 1 di tangga lagu R&B Billboard sebagai single peringkat untuk pertama kalinya bagi Barry White setelah berjalan 20 tahun karirnya.

Duet Barry White Tina Turner melalui lagu In Your Wildest Dreams dirilis pada tahun 1996, diikuti dengan merilis Space Jam dan soundtracknya serta duet Barry White Chris Rock melalui remake Basketball Jones karya Cheech & Chong.

Album Barry White Staying Power merupakan album terakhir yang dirilis tahun 1999, album ini menghasilkan single hit Staying Power yang berada di urutan 45 di tangga lagu Billboard R&B.

Selain itu, juga berhasil meraih 2 Grammy Awards untuk kategori Penampilan Vokal R&B Pria Terbaik dan Penampilan Vokal R&B Tradisional Terbaik.

Sebuah otobiografi Love Unlimited hasil karya Marc Eliot diterbitkan pada tahun 1999 oleh Broadway Books.

Barry White juga menekuni karir akting dengan mengisi suara untuk televisi, iklan maupun memerankan film. Diantaranya mengisi suara karakter Brother Bear pada film Coonskin dan memerankan karakter Sampson serta film lainnya.

Iklan yang diperankan oleh Barry White diantaranya iklan Prodigy, iklan campuran saus salad Good Seasons, iklan Arby’s Restaurant, iklan iBook Apple, iklan mobil Oldsmobile dan Jeep.

Ketika Barry White berusia 19 tahun, dia menikah dengan kekasih masa kecilnya yang bernama Mary, tetapi mereka bercerai pada tahun 1969. Selanjutnya Barry White menikah kembali dengan Glodean James pada tahun 1974.

Barry White meninggal pada tahun 2003 dan dia dikaruniai 9 orang anak, 2 anak dari istrinya Mary dan 4 orang anak bersama Glodean James, anak dari asisten pribadinya dan anak adopsi lainnya.

Barry White memiliki tubuh kelebihan berat badan dan menderita masalah kesehatan. Selain itu, dia merupakan perokok berat.

Pada tahun 1995, Barry White mengalami stroke karena tekanan darah tinggi sehingga harus dirawat di rumah sakit karena tidak sadar selama 4 hari, tetapi akhirnya bisa sadar kembali.

Pada tahun 2002, Barry White kembali dirawat di rumah sakit karena menderita gagal ginjal yang disebabkan karena tekanan darah tinggi kronis, dan diperkirakan juga menderita diabetes.

Barry White harus melakukan cuci darah sambil menunggu transpalasi ginjal, dia menderita stroke berat sehingga harus pensiun dari aktivitas publiknya.

Karena kesehatannya tidak stabil maka dia tidak dapat menjalani penerimaan ginjal baru sampai akhirnya Barry White meninggal dunia pada tanggal 4 Juli 2003 pada usia 58 tahun.

Barry White dilantik kedalam Dance Music Hall of Fame secara anumerta pada tahun 2004 dan pada tahun 2013 dianugerahi bintang ke 2.506 di Hollywood Walk of Fame secara anumerta dalam kategori rekaman.

Majalah Rolling Stones menempatkan Barry White di urutan 56 dari 200 daftar Penyanyi Terbesar Sepanjang Masa.

Album album Barry White

- I’ve Got So Much to Give,  Stone Gon’ (tahun 1973)

- Can’t Get Enought (tahun 1974)

- Just Another Way to Say I Love You (tahun 1975)

- Let the Music Play, Is This Whatcha Wont? (tahun 1976)

- Barry White Sings for Someone You Love (tahun 1977)

- The Man (tahun 1978)

- I Love to Sing the Songs I Sing, The Message Is Love (tahun 1979)

- Sheet Music (tahun 1980)

- Barry & Glodean, Beware! (tahun 1981)

- Change (tahun 1982)

- Dedicated (tahun 1983)

- The Right Night & Barry White (tahun 1987)

- The Na Is Back! (tahu 1989)

- Put Me in Your Mix (tahun 1991)

- The Icon Is Love (tahun 1994)

- Staying Power (tahun 1999)

Lagu balada soul klasiknya yang berhasil dirilis, berjudul : 

- "Walking in the rain with the one I Love" berhasil menduduki peringkat 14 di Billboard Hot 100 pop Chart, peringkat 12 di Inggris Chart.
- "I belong to you" meraih peringkat 1 di Billboard R&B
- "Under the influece of love" meraih peringkat 3 di Billboard pop

Album solo pertamanya berjudul :

- "I've got so much to give" berhasil meraih peringkat pertama di Billboard R&B
- "I'm gonna love you just a little mone baby" berhasil meraih peringkat 3 di Billboard pop

Single-single yang menjadi hit chart, diantaranya adalah :

- "Never, never gonna give ya up" berhasil menduduki peringkat ke 2 R&B dan peringkat 7 pop.
- "Can't get enought of your love babe" berhasil menduduki peringkat 1 pop dan R&B
- "You're the firstthe last my everything" berhasil menduduki peringkat 1 R&B dan peringkat 2 pop
- "What am I gonna do with you" berhasil menduduki peringkat 1 R&B dan peringkat 8 pop
- "Let the music play" berhasil menduduki peringkat 4 R&B
- "It's cstasy when you lay down next to me" berhasil menduduki peringkat 1 R&B dan peingkat 4 pop
- "Your sweetness is my weakness" berhasil menduduki peringkat 3 R&B

Pada tahun 1980 kesuksesannya ditangga lagu pop mulai memudar, karena melambat dan berakhirnya era disko serta bergantinya trend musik saat itu. 
 
Namun demikian, Berry White masih dapat bertahan dikarir musiknya, terbukti  dari mulai masuknya kembali albumnya yang berjudul "Chane" ke urutan 12 Top di Billboard R&B dan single solonya "She you right" juga berhasil mencapai urutan ke 17 di tangga Billboard R&B.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BARRY WHITE, PENYANYI POP AMERIKA BERSUARA KHAS TAHUN 1970 AN, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita dan terima kasih juga kalau sudah dibantu share kepada teman-teman lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar