Suling, Perpaduan Nada Yang Harmonis Dan Lembut


Gambar suling atau seruling

Suling sunda, alat musik tradisional Indonesia

Suling merupakan alat musik tiup, alat musik tradisional suling Sunda. Alat musik suling ini sering dikolaborasikan dengan musik tradisional Sunda sehingga perpaduan suara musik yang dihasilkan sangat lembut dan menyejukkan hati setiap orang yang mendengarnya.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Alat Musik Suling

Suling atau seruling merupakan alat musik tiup yang dapat terbuat dari bahan kayu, bambu ataupun pada jenis suling modern bisa terbuat dari perak, emas ataupun campuran perak dan emas.
 
Selain itu, dalam pembuatannya suling bisa juga terbuat dari bahan nikel - perak atau logam yang dilapisi dengan perak, seperti yang sering kita jumpai pada suling jaman sekarang.

Dalam suatu konser, biasanya menggunakan suling konser standar yang mempunyai talakan nada C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari midle C. Selain itu dapat juga digunakan suling yang mempunyai kunci tambahan, sehingga suling tersebut bisa mencapai nada B dibawah midle C.


Suling yang mempunyai tambahan kunci ini, merupakan salah satu alat musik yang digunakan dalam suatu orkes, suling tersebut dapat menghasilkan nada tinggi. Suling yang mempunyai nada tinggi ini dinamakan Piccolo.

Piccolo merupakan suling yang dapat menghasilkan nada lebih tinggi jika dibandingkan dengan suling biasa, bentuknya kecil tetapi mempunyai nada 1 oktaf lebih tinggi dari pada suling konser standar, dan hanya digunakan dalam orkes.

Suling konser modern ada 2 macam : 

1.  Thumb Key B Flat Standar

Thumb key B flat standar, suling ini diciptakan dan dirintis oleh Briccialdi

2.  B Foot Joint

B foot joint, merupakan suling pilihan ekstra untuk golongan menengah keatas dan profesional

Dilihat dari letak lubangnya, suling dibedakan menjadi :

1.  Suling Open

Suling open - holed atau French Flute, beberapa kuncinya mempunyai lubang ditengah sehingga pemain harus menutupnya dengan jari.

2.  Suling Closed

Suling closed - hole plateau key, yaitu suling yang menggunakan penutup lubang sementara dengan jari, sampai pemain dapat menguasai penempatan jari dengan tepat, biasanya untuk jenis ini sering digunakan oleh pelajar.
 
Kalau melihat dari kualitas suaranya, suling open - holed akan mempunyai kualitas suara yang yang lebih kuat dan lebih jelas untuk nada-nada rendahnya.

Jika ditinjau dari era penggunaan dan jenis suling yang digunakan, dapat dikelompokan dalam 3 macam era :

- Era tahun 1750, adalah suling konser era klasik dan pada era itu banyak menggunakan suling blok.
 
- Era tahun 1750 - 1820, adalah era romantis dimana banyak yang menggunakan suling Albert yaitu suling yang terbuat dari kayu hitam yang berlubang dan dilengkapi dengan klep.
 
- Era tahun 1820, adalah era setelah era romantis dimana banyak digunakan suling Boehm yaitu suling yang terbuat dari kayu hitam atau metal yang dilengkapi dengan klep.

Di negara Indonesia khususnya untuk musik keroncong era Stambul menggunakan suling Albert, sedangkan untuk keroncong era keroncong Abadi menggunakan suling Boehm.

Terima kasih telah berkunjung blog yang berisi artikel SULING, PERPADUAN NADA YANG HARMONIS DAN LEMBUT, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita dan dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber dari : Wikipedia

0 komentar