Cara Sederhana Dan Mudah Menstem Gitar

Menstem gitar adalah untuk mengencangkan atau mengendorkan senar gitar dengan cara memutar peg tuner agar supaya mendapatkan nada diinginkan

Menstem gitar penting untuk menghasilkan nada yang pas

Menstem gitar merupakan bagian terpenting sebelum kita memulai bermain gitar. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menstem terlebih dahulu senar senar gitarnya agar memperoleh suara yang pas dan tidak sumbang.

Bermain gitar memang sangat mengasyikkan, apabila semua itu didukung oleh suara gitar yang pas dan kemahiran kita dalam memainkan gitar tersebut. 
 
Namun demikian, apabila kita dapat bermain gitar dan tidak dapat menstem gitar sepertinya kurang sempurna sehingga dianalogikan bagaikan masakan tanpa garam sehingga akan hambar rasanya. Demikian juga dengan gitar maka akan mengeluarkan nada yang sumbang.

Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menstem gitar, antara lain :

- Dengan menggunakan pendengaran atau feeling.
 
- Dengan menyamakan suara senar-senar gitar yang sudah pas nadanya secara langsung atau dapat juga dengan menggunakan suara alat musik lain,  seperti misalnya dengan membandingkan suara senar gitar dengan suara tuts-tuts pada piano ataupun organ.
 
- Dengan menggunakan garpu tala

Yang akan saya bahas disini adalah cara mudah menstem gitar dengan menggunakan pendengaran atau felling kita.

Ayo Kita Coba, Langkah-Langkah Untuk Menstem Gitar Kita Secara Sederhana :

- Pertama putarlah senar nomor 1 (satu) secara perlahan-lahan, dan jangan terlalu kencang karena senar nomor 1 itu biasanya paling kecil dan mudah terputus.
 
- Kemudian petiklah senar nomor 1 dengan los senar (tanpa ditekan), lalu disamakan dengan senar nomor 2 (dua) yang ditekan pada kolom 5 (lima). Senar nomo 1 (satu) dan nomor 2 (dua) dibunyikan, dengarkan dengan seksama dengan menggunakan feeling kita dan harus menghasilkan suara yang sama.
 
- Selanjutnya petiklah senar nomor 2 (dua) los senar, suara yang dihasilkan harus sama dengan senar 3 (tiga) yang ditekan pada kolom 4, dan suara yang terdengan adalah suara b.
 
- Dilanjutkan lagi dengan senar nomor 3(tiga)  los senar kemudian petiklah maka suara yang dihasilkan harus sama dengan senar nomor 4 (empat) yang ditekan pada kolom 5.
 
- Dilanjutkan lagi dengan senar nomor 5 (lima) los senar, kemudian petiklah maka suara yang dihasilkan harus sama dengan senar nomo 6 (enam) yang ditekan pada kolom 5.
 
- Dilajutkan lagi dengan senar nomor 5 (lima) los senar, kemudian petiklah maka suara yang dihasilkan harus sama dengan senar nomor 4 (empat)  yang ditekan pada kolom 5.
 
- Yang terakhir adalah senar nomor 6 (enam) los senar, kemudian petiklah maka suara yang dihasilkan harus sama dengan senar nomor 4 (empat) kemudian ditekan pada kolom 2.
 
Nah, ketujuh langkah tadi dapat kita coba lakukan dalam menstem gitar agar supaya dapat menghasilkan suara dengan nada E.
 

Setelah semua senar berhasil kita stem dengan benar, maka selanjutnya marilah kita coba meneliti suara senar gitar yang telah berhasil kita stem tadi dengan mencoba memainkannya. 
 
Misalnya kita mencoba memainkan chord A-D atau chord C, dan chord-chord lainnya, apakah sudah sesuai dengan yang kita inginkan.

Kita mainkan feeling dari pendengaran kita, cobalah untuk mendengarkan dengan seksama suara yang keluar dari senar-senar tersebut satu persatu. Apabila suara yang dihasilkan masih kurang enak atau masih sumbang maka senar-senar tersebut masih perlu distem ulang.

Selain kita belajar menstem gitar sebelum memainkannya, ternyata  belajar menstem gitar juga mempunyai banyak manfaatnya karena secara tidak langsung kita akan melatih kemampuan pendengaran terhadap suara gitar yang benar dan sekaligus dapat melatih feeling kita.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang CARA SEDERHANA DAN MUDAH DALAM MENSTEM GITAR, semoga bermanfaat dan terima kasih jika sudah dibantu share ke teman-teman yang lain.

Selamat mencoba !!

1 komentar: