Robert Cray music, gitaris blues dan soul terbaik Amerika

Robert Cray, gitaris dan penyanyi blues Amerika dan band yang dikomandaninya berhasil memenangkan 5 Grammy Awards

Robert Cray seorang gitaris dan penyanyi blues

Kepiawaian permainan gitar bluesnya atau suara soulnya, telah menjadi pembujuk kuat Robert Cray terhadap para fans fansnya atau penggemarnya? hingga kesuksesannya dalam meraih beberapa Grammy.
 
Yang jelas Robert Cray merupakan seorang gitaris terbaik asal Amerika dan sekaligus juga sebagai seorang penyanyi dengan jenis musik blues dan musik soul.
 
Dengan prestasi Robert Cray yang cukup luar biasa ini maka telah membuatnya berhasil meraih 5 kali Grammy Awards dan telah menjadi landasan yang kuat untuk menjalani karir solo yang cukup baik juga. 

Baca juga artikel : B B King, King Of The Blues Dan Legenda Musik Blues

Dia adalah salah satu pemusik blues yang berbakat dan mempunyai visi serta berhasil mengantarkan pendengarnya ke arah musik pada abad ke 21. 
 
Robert Cray juga telah melakukan loncatan yang cukup berarti yakni dengan memulai musik blues kontemporer yang akhirnya karya musik bluesnya berhasil meledak dan berhasil memegang kekuatan tersendiri hingga sekarang ini. 

Jenis suara dari Robert Cray yang sangat soulful inilah, yang seolah olah mengajak kita kembali ke era tahun 1960 an. Selanjutnya, dengan dukungan dari permainan gitarnya yang cukup simple akhirnya dia telah berhasil memimpin dan berhasil meraih kepopuleran ditingkat internasional.
 
Kesuksesan yang berhasil diraihnya dibidang musiknya ini, sungguh merupakan kepuasan tersendiri bagi Robert Cray. 

Sekilas Tentang Karir Musik Robert Cray

Robert Cray lahir di Columbus, Georgia, Amerika Serikat pada tanggal 1 Agustus 1953. Dia mempunyai istri bernama Susan Turner Cray (m. 1990) dan dia mulai aktif di dunia musik pada tahun 1974 sampai dengan sekarang. 

Robert Cray sudah mulai menyukai untuk bermain gitar sejak dia mulai menginjak usia remaja dan setelah dia menyaksikan konser dari pahlawan yang bernama Albert Collin, Freddie King dan Muddy Waters.
 
Hal inilah, yang membuat Robert Cray mulai berkeinginan untuk membuat grup band sendiri. Pada awalnya, Robert Cray sangat tertarik dengan musik bergenre soul dan musik rock tetapi kemudian dia mulai beralih kemusik blues khususnya Telecaster.
 
Sejak saat itu, dia tidak pernah lagi untuk berhenti dan terus bereksperimen melalui musik agar supaya dapat terus memimpin genre musik blues dan soul. 

Robert Cray tertarik untuk membuat band sendiri setelah dia menyaksikan sebuah konser dan dia melihat Albert Collins, Freddie King dan Muddy Waters yang dianggap sebagai pahlawan dari Robert Cray.

Akhirnya pada tahun 1970 dibentuklah Robert Cray band, band ini berkolaborasi dengan Curtis Salgado di Cray Hawks.
 
Ketika itu dia masih tinggal di Eugene, Oregon. Semula grup bandnya hanya bermain di pesta rumah Otis Day dan Knights saja. Namun demikian, setelah berjalan beberapa tahun akhirnya grup band mereka menjadi grup band yang cukup terkenal sebagai grup band local setempat. 

Ternyata anggota personil dan mantan anggota personil dari Robert Cray band cukup banyak juga karena terdiri dari 21 anggota personil.

Nama anggota personil Robert Cray band tersebut, diantaranya adalah : 

Robert Cray sebagai gitar / vokal, Les Falconer sebagai drummer, Dover Weinberg sebagai pemain keyboard, Richard Cousins ​​sebagai gitar bass, Peter Boe sebagai Keyboard, Al Chez sebagai pemain Trumpet, Kevin Hayes sebagai pemain Drum, Wayne Jackson sebagai pemain Trumpet, Tim Kaihatsu sebagai pemain Gitar, Andrew Cinta sebagai pemain Saxophone, Ed Manion sebagai pemain Saxophone, Rocky Manzanares sebagai pemain Harp, Tom Murphy sebagai pemain Drum, David Olson sebagai pemain drum, Mark Pender sebagai pemain Trumpet, Jimmy Keyboard sebagai Pugh, Warren Rand sebagai Alto Saxophone, Curtis Salgado sebagai Harp, Carl Sevareid sebagai Bass, David Stewart sebagai pemain Keyboard, Mike Vannice sebagai pemain Saxophone.

Pada tahun 1980, Robert Cray berhasil merilis album Who’s Been Talkindan sebagai grup band lokal yang mulai terkenal band ini mulai mendapatkan penawaran kontrak dari Mercury Records pada tahun 1982.

Hal ini, karena band ini mampu menghasilkan 2 album yang berjudul Bad Influence dan Faise Accusations pada pertengahan tahun 1980. 

Kedua albumnya tersebut telah berhasil meraih kesuksesan di Amerika dan Eropa, dimana mereka telah berhasil meningkatkan performanya di dunia musik sebagai seorang artis life. Hal inilah, yang telah membuat Robert Cray menjadi semakin mencuat namanya.
 
Kesuksesan dari kedua albumnya tersebut telah memberikan semangat bagi band ini untuk membuat album-album selanjutnya. 
 
Album Showdown! dirilis pada tahun 1985 melalui pahlawannya yang bernama Albert Collins dan Johnny Copeland.

Album keempat Strong Persuader diproduseri oleh Dennis Walker dan dirilis setelah mendapatkan tanda tangan kontrak dengan Mercury Records pada tahun 1986. Album ini berhasil mendapatkan Grammy Award.

Untuk album Crossover menghasilkan single berjudul Smoking Gun, dimana singel ini telah menarik perhatian secara luas dan pengenalan nama. Menggunakan nama samaran Night Train Clemons dan pada tahun 1986 merekam bersama dengan Ted Hawkin.

Robert Cray mendapat undangan dari Keith Richard untuk ikut bersama sama mendukung Chuck Berry dalam film tahun 1987 yang berjudul Chuck Berry: Hail! Hail! Rock ‘N’ Roll dengan sutradara Taylor Hackford.

Selanjutnya, Robert Cray diundang oleh Tina Turner untuk berpartisipasi di acara khusus televisi Break Every Rule pada tahun 1987.

Kesempatan bagus juga diperoleh Robert Cray untuk tampil sebagai artis pembuka bintang top seperti Eric Clapton karena pada saat itu ticket telah terjual habis untuk penampilan artis solo setenar Eric Clapton tersebut.

Penampilan Cray pada saat itu menggunakan gitar Fender (Telecasters dan Stratocasters) dan didampingi 2 model signatur Robert Cray Fender Stratocasters yang disediakan dari Fender.

Untuk Robert Cray custome shop stratocaster dibuat di AS yang hampir sama dengan gitar yang dimainkan Cray saat ini.

Di albumnya yang berjudul Boom Boom, Robert Cray berkesempatan bermain bersama John Lee Hooker dengan memainkan solo gitar untuk lagu Same Old Blues Again.

Selain itu, Robert Cray juga ikut tampil pada album Hooker The Healer dengan memainkan solo gitar untuk lagu Baby Lee.

Album Hooker ini didukung oleh semua personil Robert Cray Band untuk lagu utama album tahun 1992 yang berjudul Mr. Lucky. Pada saat itu, Robert Cray bermain sebagai gitaris utama, bernyanyi serta bercanda dengan Hooker.

Robert Cray Band juga ikut tampil didalam 2 lagu dari album duet BB King tahun 1993 Blues Summit yaitu duet antara BB King dengan Robert Cray dan Playin’ With My Friends yaitu duet antara BB King dengan John Lee Hooker (You Shook Me).

Rober Cray membawakan Sweet Home Chicago di Alpine Valley Music Theater di Eats Troy, Wisconsin, dia bermain bersama dengan Eric Clapton, Buddy Guy, Jimmie Vaughan serta Stevie Ray Vaughan.

Penampilan ini, merupakan penampilan Robert Cray yang terakhir kalinya sebelum dia tutup usia karena mengalami kecelakaan helikopter pada malam itu.

Robert Cray berhasil dilantik menjadi RockWalk Hollywood di Guitar Center pada tahun 2005. Untuk selanjutnya, dia terus melakukan rekaman dan turnya

Pada tahun 2006 sampai 2007, dia tampil di Crossroads Guitar Festival dan Robert Cray ikut mendukung tur dunia Eric Clapton.

Robert Cray kembali dilantik kedalam Blues Hall of Fame pada tahun 2011 dan pada tahun 2017 berhasil mendapatkan Americana Music Lifetime Achievement Award for Performance.

Robert Cray band tour 2022, dimana dia membatalkan partisipasinya dalam tur Eropa Eric Clapton pada tahun 2022 tersebut. Hal ini karena telah terjadi kontroversi dengan Eric Clapton mengenai lirik lagu Stand and Deliver yang dibawakan oleh Van Morrison.

Didalam lagu berjudul Sweet Home Chicago milik grup band Blues Brothers, Robert Cray bermain bersama dengan Eric Clapton, Buddy Guy, Jimmie Vaughan dan Stevie Ray Vaughan di Alpine Valley Music Theater di East Troy Wiscosin.

Di dalam menggarap lagu tersebut merupakan lagu terakhir dan kinerja terakhir bagi Stevie Ray Vaughan sebelum dia meninggal karena kecelakaan helikopter. 

Robert Cray juga pernah diundang di acara konser Guitar Legends yang diselenggarakan di Seville, Spanyol, Expo pada sekitar tahun 1992 untuk bermain gitar dengan lagu berjudul Phone Booth. 
 
Rekaman dari berbagai macam tur Robert Cray yang telah digelar dalam bermain gitar terus berlanjut dan Robert Cray akhirnya tampil di Festival Gitar Crossroads di Fargo, North Dakota, pada tur dunianya yang telah didukung oleh Eric Clapton.

Baca juga artikel tentang : Eric Clapton, Sebagai Gitaris Terbesar Sepanjang Masa

Atas prestasi dan kepiawaiannya Robert Cray dalam bermain gitar dan atas usahanya yang terus menerus untuk bereksperimen didalam musik blues dan musik soul, akhirnya Robert Cray berhasil di masukkan kedalam Balai Blues Of Fame pada tahun 2011.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Robert Cray, gitaris musik blues terdaftar di Balai Blues of Fame tahun 2011, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya, jika kita bisa mempunyai kesempatan untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar