Buddy Guy Chicago, gitaris Amerika eksponen blues Chicago

Buddy Guy, gitaris dan penyanyi Amerika yang berhasil meraih 5 nominasi Grammy Award

Buddy Guy gitaris Amerika yang gaya bermain gitarnya unik

Seorang gitaris legends dan penyanyi blues yang berasal dari Amerika Serikat ini sudah berkarir di bidang musiknya sejak tahun 1957. Dia merupakan gitaris blues yang mempunyai nama sejak lahir George "Buddy" Guy dan lebih dikenal dengan nama Buddy Guy. 
 
Gaya bermain gitar Buddy Guy sangat unik karena mampu menjembatani antara musik blues dengan rock and roll.

Dia juga menjadi eksponen blues Chicago karena Buddy Guy Chicago ini yang telah banyak mempengaruhi gitaris-gitaris terkenal seperti Jimi Hendrix, Eric Clapton, Jimmy Page, Keith Richards, Jeff Beck, John Mayer dan Stve Ray Vaughan. 

Prestasi dan kemampuan tehnik bermain gitarnya memang tidak diragukan lagi karena dia telah berhasil memenangkan nominasi dalam 5 kali Grammy Award.
 
Selain itu, dia telah memenangkan 7 Grammy Awards untuk hasil karyanya pada gitar listrik dan akustik untuk jenis kontemporer dan tradisional musik blues. Oleh sebab itu, tehnik bermain gitarnya juga banyak memberikan konstribusi terhadap jenis musik rock and roll.
 
Hal ini, karena gaya permainan gitar dari Buddy Guy merupakan jenis permainan gitar yang keras dan agresif, gitar solo yang panjang, memiliki pergeseran volume dan tekstur serta banyak di dorong oleh emosi dan impuls. 

Sehingga karakter bermain gitar seperti ini mulai diterapkan di era baru tahun 1960 an oleh pemusik Inggris dan akhirnya digunakan menjadi atribut dasar dari musik blues rock dan keturunannya, hard rock serta musik heavy metal

Eric Clapton sendiri mengakui bahwa permainan gitar dari Buddy Guy memang tidak ada duanya karena cara bermain gitarnya sangat mantap sekali, tanpa ragu sehingga Buddy Guy merupakan pemain gitar live yang paling baik diantara pemain-pemain gitar legendaris yang lain.
 
Atas dasar orisinalitas dan vitalitasnya karena dia berada di posisi campuran dalam bermain gitarnya sehingga Buddy Guy berhasil dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. 

Baca juga : Eric Clapton Sebagai Gitaris Terbesar Sepanjang Masa

Buddy Guy juga telah masuk ke peringkat ke 30 dari 100 gitaris terbesar sepanjang masa di majalah Rolling Stones. Salah satu dari Buddy Guy songs yang berjudul Stone Crazy berhasil meraih peringkat ke 78 dalam daftar 100 Songs Gitar Greates of All Time di majalah Rolling Stones 

Sekilas Tentang Buddy Guy

Buddy Guy lahir di Lettsworth, Lousiana, Amerika Serikat, pada tanggal 30 Juli 1936, dengan seorang istrinya yang bernama Jennifer Guy (m 1991 – 2002). Dia dikaruniai seorang anak bernama Shawnna, pekerjaannya sebagai musisi atau gitaris dan juga sebagai penulis lagu. 

Dia belajar gitar dengan menggunakan 2 senar busur diddley yang dibuatnya sendiri, kemudian Buddy Guy diberi sebuah harmony gitar akustik. 
 
Dari sinilah, dia mulai bermain gitar di band-band yang ada di Baton Rouge sambil bekerja di Louisiana State University sebagai Kustodian di sekitar tahun 1950 an. Kemudian, pada  tahun 1957 dia mulai pindah ke Chicago. 

Setahun kemudian sejak kepindahannya ke Chicago, Buddy Guy mulai mengikuti kompetisi dan mulai mendapatkan kontrak rekaman dengan mulai mencatatkan namanya di Cobra rekaman.
 
Akhirnya, karir musik Buddy Guy sebagai seorang gitaris diawali dengan bermain bersama Muddy Waters sebagai gitaris di Chess Record pada tahun 1960. Lima tahun kemudian yaitu tahun 1965, dia sudah mulai mengikuti tur Eropa Amerika Folk Blues Festival.
 
Pada tahun 1969, dia mulai tampil di panggung Supershow di Staines, Inggris bersama-sama dengan Eric Clapton, Led Zeppelin, Jack Bruce, Stephen Stills, Buddy Miles, Glenn Campbell, Rolland Kirk, Jon Hiseman, tetapi sayang karirnya setelah itu mulai mengalami kesuraman. 

Sampai akhirnya Buddy Guy mulai bergairah lagi untuk bermusik, yaitu di era kebangkitan blues pada akhir tahun 1980 dan awal tahun 1990. 
 
Selain itu, juga disebabkan karena permintaan dari Clapton supaya Buddy Guy mau tampil menjadi bagian dari 24 Nights all star lineup gitar blues di Royal Albert Hall, London. 

Gaya musik dari Buddy Guy sering dianggap sebagai Buddy Guy Chicago blues. Hal ini, karena dia mempunyai gaya yang unik, bervariasi dari yang paling tradisional, radikal blues, rock avant, soul hingga free jazz. 
 
Sehingga dia dianggap sebagai  tokoh legendaris yang berhasil menjembatani antara musik  blues dengan rock and roll, Selain itu, dia juga  menjadi hubungan sejarah antara blues Chicago dengan musisi populer seperti Eric Claptoc, Jeff Beck, Jimi Hendrix dan Jimmy Page. 
Akhirnya Buddy Guy mulai menulis buku pada tahun 1999 dan pada tahun 2012 telah diterbitkan otobiografi dari Buddy Guy. Hal ini, karena dia sebagai seorang gitaris legendaris dengan gaya bermain gitarnya yang telah dipakai oleh gitaris-gitaris terkenal di era setelahnya

Cerita lengkap Buddy Guy

Buddy Guy merupakan seorang legends asal Amerika yang berprofesi sebagai seorang gitaris dan penyanyi blues.

Selain itu, dia merupakan eksponen Chicago yang telah mempengaruhi gitaris gitaris terkenal seperti Eric Clapton, Jimi Hendrix, Jimmy Page, Keith Richards, Stevie Ray Vaughan, Jeff Beck, Gary Clark Jr, John Mayer.

Buddy Guys bekerja bersama dengan Muddy Waters, dia sebagai gitaris sesi di Chess Records pada tahun 1960 an dan mengawali kerjasama di bidang musik dengan virtuoso harpa blues Junior Well sepanjang Masa (Buddy Guy and junior wells).

Menurut majalah Rolling Stone, Buddy Guy sebagai seorang gitaris berada di urutan ke 23 dari 100 Gitaris Terhebat Sepanjang Masa.

Lagu Buddy Guy berjudul Stone Crazy juga berhasil berada di urutan ke 78 dalam daftar majalah Rolling Stone dari 100 lagu Gitar Terbaik Sepanjang Masa.

Buddy Guy merupakan seorang gitaris dengan permainan gitar terbaik yang hidup, hal ini diungkapkan oleh Clapton.

Selain sebagai gitaris dan penyanyi blues, pada tahun 1999 Buddy Guy bersama dengan Donald Wilcock juga menulis buku berjudul Damn Right I’ve Got the Blues. Kemudian, otobiografi Buddy Guy yang berjudul When I Left Home: My Story dirilis tahun 2012.

Masa muda Buddy Guy

Buddy guy dibesarkan di Lettsworth, Lousiana sebagai anak seorang petani bagi hasil. Sewaktu kecil, Buddy Guy terkadang memetik kapas dengan upah $ 2,5 per 100 pon.

Pertama kali belajar bermain gitar, Buddy Guy menggunakan dissley bow dua senar yang dia buat sendiri.

Kemudian, Buddy Guy mendapatkan gitar akustik Harmony hasil pemberian dan gitar yang digunakan sepanjang karir Buddy Guy. Namun, akhirnya gitar tersebut disumbangkan ke Rock and Roll Hall of Fame.

Karir Buddy Guy

Buddy Guy mulai bermain gitar bersama dengan band band yang ada di Baton Rouge, diantaranya dengan Big Papa Tilley dan Raful Neal di sekitar pertengahan tahun 1950 an. Buddy Guy juga pernah bekerja menjadi seorang penjaga di Universitas Negeri Louisiana.

Baru pada tahun 1957, Buddy Guy mulai merekam demonya sebanyak 2 demo yang rencananya akan dipergunakan untuk DJ lokal di Baton Rouge dan untuk Ace Records.

Buddy Guy hijrah ke Chicago pada bulan September 1957, namun dia menjadi jatuh atau merosot karirnya karena dia terpengaruh oleh lagu Muddy Waters.

Setahun kemudian, tepatnya tahun 1958 terdapat kompetisi bersama gitaris West Side Magic Sam dan Otis Rush yang memberikan kontrak rekaman kepada Buddy Guy. Akhirnya, Buddy Guy berhasil merekam dengan menggunakan label Cobra Record.

Buddy Guy bekerja sama dengan Ike Turner untuk membantu membuat rekaman kedua yang berjudul You Sure Can’t Do/ This Is The End. Di dalam lagu ini di dukung oleh permainan gitar Buddy Guy serta menggubah pada bagian terakhirnya.

Setelah membuat rekaman keduanya melalui label Cobra Records, untuk selanjutnya Buddy Guy mendapatkan tanda tangan kontrak dengan Chess Records.

Namun demikian, melalui label barunya ini justru karir Buddy Guy menjadi terhambat karena Chess Records menolak merekam gaya baru bermain Buddy Guy untuk pertunjukan langsungnya.

Buddy Guy menggunakan label ini dari tahun 1959 sampai dengan 1968. Pendiri Chess Records yang bernama Leonard Chess tidak menyukai permainan gitar guy, katanya hanya membuat bising saja.

Tahun 1960 awal, Leonard Chess merekam Buddy Guy sebagai artis solo dengan jenis balada r&b, instrumental jazz, lagu soul serta new dance. Namun, tidak ada satu rekamanpun yang dirilis sebagai single.

Album Catur Guy yang berjudul I Left My Blues merupakan satu satunya album yang dirilis di San Francisco pada tahun 1967.

Di dalam album ini, lagunya banyak dipengaruhi oleh emosi jiwa pada saat itu dan disertai dengan orkestrasi oleh Gene Barge dan Charlie Stepney.

Catur Guy bekerja sama dengan Buddy Guy khususnya sebagai gitaris sesi yang mendukung Muddy Waters, Howlin’Wolf, Little Walter, Sonny Boy Williamson, Koko Taylor serta personil lainnya.

Buddy Guy telah bekerja sebagai sopir truk derek sambil bermain di klub klub malam sampai tahun 1967.

Selama tahun 1965 dan 1966, Buddy Guy dan Junior Wells bermain blues dengan membuat rekaman sesi bersama. Mereka berdua menggunakan nama Friendly Chap, dimana pada saat itu Buddy Guy masih menjabat dengan Catur.

Buddy Guy juga ikut dalam tur Eropa American Folk Blues Festival pada tahun 1965.

Kemudian pada tahun 1969, Buddy Guy tampil di Supershow di Staines, Inggris dimana di acara tersebut tampil juga Eric Clapton, Led Zeppelin, Jack Bruce, Stephen Stills, Buddy Miles, Glenn Campbell, Roland Kirk, Jon Hiseman dan Misunderstood.

Buddy Guy bekerja sama dengan L.C. Thurman dengan mendirikan The Checkerboard Lounge pada tahun 1972, dengan tujuan supaya karir Buddy Guy bangkit kembali seiring dengan mencuatnya blues pada akhir tahun 1980 an dan awal tahun 1990 an.

Kebangkitan Buddy Guy ini didorong oleh kemauan Clapton supaya Buddy Guy mau ikut seta dalam 24 Nights all-star blues guitar lineup yang diselenggarakan di Royal Albert Hall London.

Tahun1991, Buddy Guy mendapatkan tanda tangan kontrak dengan Silvertone Records untuk merekam album terobosan mainsteam berjudul Damn Right, I’ve Got the Blues.

Pada tahun 2009, Buddy Guy juga ikut berperan dalam film kriminal In the Electric Mist dan berperan sebagai Sam “Hogman” Patin.

Pada tahun 2019, Buddy Guy juga telah tampil sebanyak 130 kali di klub malam dalam setahun, diantaranya dia telah tampil selama 1 bulan di klub blues Chicago atau Buddy Guy blues club sebagai Buddy Guy’s Legends.

Penggemar musik blues Inggris yang bernama Alan Harper, telah merilis buku berjudul Waiting for Buddy Guy: Chicago Blues at the Crossroads pada tahun 2015.

Dengan gaya unik dalam bermain musiknya sehingga Buddy Guy sering diberi julukan Chicago blues, selain itu musik Buddy Guy dapat sangat bervariasi diantaranya dari musik yang paling tradisional, blues sampai gumbo blues yang kreatif.

Permainan musik Buddy Guy kadang kala tidak terduga serta radikal, avant rock, soul serta jazz sehingga sangat bebas dan dapat berganti ganti dalam setiap penampilannya.

Sehingga pada tahun 2005, seorang kritikus musik New York Times yang bernama Jon Pareles telah menorehkan catatan bahwa Mr. Guy, 68 telah memadukan anarki, keahlian, blues yang benar benar blues serta hammy shtick sehingga akan membuat semua penonton tertuju kepadanya.

Permainan musik Buddy Guy adalah menyukai sesuatu yang ekstrem, seperti penurunan tiba tiba dari suara keras menjadi lembut. Dia adalah pemain solo gitar yang apik dan berkesinambungan yang diikuti oleh kecepatan serta vokal yang tinggi serta serak.

Vokal bernyanyinya cenderung lembut dan meliukkan kurva baru hingga menjadi suatu nada blues. Buddy Guy sangat terampil dalam mengatur suara keras dan pelepasannya serta setiap impuls bandelnya yang sangat menarik.

Ketika Buddy Guy diwawancarai oleh stasiun perguruan tinggi Cleveland WRUW-FM pada tahun 2000.

Buddy Guy mengatakan bahwa dalam bermain musik, dia hanya mempunyai tujuan untuk mencoba memainkan jenis musik rock supaya dapat diputar untuk dapat menemukan dirinya sendiri dan berharap akan mendapatkan nada yang tepat.

Mungkin akan menempatkannya pada salah satu tempat yang dinamakan klasik. Hal ini, akan terjadi jika Eric Clapton memainkan lagu Muddy Waters maka otomatis orang akan menyebutnya dengan klasik, sehingga Anda tidak akan pernah mendengar lagu Muddy Waters yang aslinya.

Pengakuan & penghormatan gitaris Buddy Guy

Eric Clapton memuji permainan musik dari Buddy Guy ketika Buddy Guy masuk kedalam Rock and Roll Hall of Fame. Eric Clapton mengatakan bahwa dia tidak mempermasalahkan seberapa bagus lagu yang akan dimainkan oleh Buddy Guy karena Eric Clapton pasti akan menemukannya.

Buddy Guy sangat piawai dan terlihat dalam permainan musik campurannya karena orisinalitas dan vitalitas permainan musiknya yang luar biasa.

Ketika Beck dan Vaughan bermain musik bersama Buddy Guy di salah satu klub Buddy Guy’s Legends di Chicago. Menurut Beck, peristiwa itu paling luar biasa yang pernah dia dengar dalam hidupnya.

Pada saat itu mereka bertiga macet sehingga sangat mendebarkan sekali, ternyata Guitar Legends tidak lebih bagus dari Buddy Guy. Hal ini, membuat Buddy Guy dipuji dan dicintai oleh para penggemarnya karena Buddy Guy mampu membuat gitar berbicara dan menangis.

Kemampuan penguasaan gitar Buddy Guy sangat luar biasa sehingga hampir dikatakan tidak ada satu gitarispun yang mampu menirukan permainan gitarnya. Buddy Guy juga telah mempengaruhi gaya musik dari artis Reggie Sears dan Jesse Marchant dari JBM.

Buddy Guy pada bulan Februari 2012, tampil dalam suatu konser di gedung putih untuk presiden Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama.

Dan pada akhir konser, Buddy Guy meminta sang presiden untuk menyanyikan beberapa baris dari lagu Sweet Home Chicago.

Penghargaan Buddy Guy

Buddy Guy dilantik kedalam Hollywood Rockwalk Guitar Center pada bulan September 1996.

Buddy Guy mendapatkan 8 Grammy Awards untuk karyanya pada gitar listrik dan akustik, untuk bentuk musik blues kontemporer dan tradisional, dan Lifetime Achievement Award.

Buddy Guy mendapatkan National Medal of Arts dari presiden Amerika Serikat atas kontribusi yang luar biasa pada penciptaan, pertumbuhan serta dukungan seni di Amerika Serikat, pada tahun 2003.

Pada tahun 2004, majalah Billboard memberikan 23 W.C. Handy Awards, Century Award untuk pencapaian artistik yang luar biasa serta gelar Gitaris Electric Blues Hidup Terhebat.

Pada bulan Maret 2005, Buddy Guy dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame oleh Eric Clapton dan B.BKing.

Eric Clapton memang sangat terkesan dengan teknik permainan gitar Buddy Guy ketika melihat penampilan Buddy Guy di London’s Marquee Club pada tahun 1965.

Pada saat itu, Buddy Guy memetik gitar dengan menggunakan giginya dan memainkan gitar diatas kepalanya. Kedua teknik bermain gitar Buddy Guy ini mempengaruhi Jimi Hendrix.

Buddy Guy juga dilantik kedalam Louisiana Music Hall of Fame pada tahun 2008 dan dia tampil di Texas Club di Baton Rounge untuk memperingati acara tersebut.

Dalam acara konser ulang tahun ke 25 di Rock & Roll Hall of Fame pada bulan Oktober 2009, Buddy Guy bersama dengan Jeff Beck membawakan lagu Let Me Love You Baby.

Buddy Guy membawakan set live untuk Guitar Center Sessions di DirecTV pada bulan November 2010.

Buddy Guy mendapatkan penghargaan Kennedy Center 2012 pada bulan Desember 2012. Dalam acara pelantikan ketua Kennedy Center yang bernama David Rubenstein.

Dia mengatakan bahwa Buddy Guy merupakan titan of the blues karena berpengaruh sangat besar terhadap hampir semua orang yang telah membeli gitar listrik dalam setengah abad terakhir.

Vokal blues Beth Hart bersama dengan gitaris Jeff Beck membawakan I’d Almost Go Blid.

Pada acara tersebut untuk penghormatan musik kepada Buddy Guy, dan kepada aktor lainnya.

Aktor tersebut diantaranya adalah Dustin Hoffman dan anggota personil band rock Led Zeppelin yang masih hidup yaitu John Paul Jones, Jimmy Page dan Robert Plant, komedian dan pembawa acara TV larut malam David Letterman, Balerina prima serta koreografer Natalia Makarova.

Buddy Guy dilantik kedalam Musicians Hall of Fame and Museum pada bulan Januari 2014. Tahun berikutnya, Buddy Guy mendapatkan Grammy Lifetime Achievement Award dari National Academy of Recording Arts and Sciences.

Melalui Born to Play Guitar, Buddy Guy berhasil meraih Grammy Award untuk Best Blues Album pada tahun 2016. Pada tahun yang sama, Buddy Guy mengadakan tur ke pantai timur AS sebagai pembuka untuk Jeff Beck.

Atas konstribusi Buddy Guy di bidang musik maka pada tanggal 8 Desember 2018 oleh pejabat Louisiana ditetapkan sebagai Hari Buddy Guy. Selain itu, Mississippi dan jalur Highway 418 yang melalui Lettsworth ditetapkan sebagai Buddy Guy Way.

Buddy Guy juga dihargai sebagai penanda di Mississippi Blues Trail di Pointe Coupee Parish, Louisiana pada tahun 2018.

Selain itu, Buddy Guy juga mendapatkan Golden Plate Award dari American Academy of Achievement yang diberikan oleh anggota Dewan Penghargaan Jimmy Page.

Keluarga Buddy Guy

Orang tua Buddy Guy bernama Sam dan Isabel Guy, yang tinggal di Lettsworth, Louisiana. Buddy Guy terlahir dengan nama Beorge Guy sebagai anak pertama dari 5 bersaudara. Saudara Buddy Guy yang bernama Phil Guy adalah seorang musisi blues.

Istri Buddy Guy bernama Joan Guy, mereka menikah pada tahun 1959 dan dikaruniai 6 orang anak yang bernama Charlotte, Carlise, Colleen, George Jr, Gregory dan Geoffrey. Putranya yang bernama Greg Guy juga sebagai pemain gitar blues.

Pada tahun 1975, Buddy Guy menikah lagi dengan Jennifer Guy, tetapi akhirnya berpisah pada tahun 2002. Mereka dikaruniai 2 orang anak bernama Rashawnna dan Michael. Rashawna Guy merupakan seorang rapper dengan nama panggung Shawnna.

Buddy Guy bertempat tinggal di Orland Park, Illinois, di pinggiran Selatan Chicago.

Buddy Guy songs :

- I left My Blues in San Francisco (tahun 1967)

- A Man and the Blues (tahun 1968)

- Hold That Plane! (tahun 1972)

- The Blues Giant/ Stone Crazy! (tahun 1979)

- Breaking Out (tahun 1980)

- DJ Play My Blues (tahun 1982)

- Damn Right, I’ve Got the Blues (tahun 1991)

- Feels Like Rain (tahun 1993)

- Slippin’ In (tahun 1994)

- Heavy Love (tahun 1998)

- Sweet Tea (tahun 2001)

- Blues Singer (tahun 2003)

- Bring ‘Em In (tahun 2005)

- Skin Deep (tahun 2008)

- Living Proof (tahun 2010)

- Rhythm & Blues (tahun 2013)

- Born to Play Guitar (tahun 2015)

- The Blues Is Alive and Well (tahun 2018)

Buddy Guy dan Junior Wells :

- Hoodoo Man Blues (tahun 1965)

- Chicago/ The Blues/ Today!, Vol. 1 (tahun 1966)

- It’s My Life, Baby! (tahun 1966)

- Coming at You (tahun 1968)

- Buddy and the Junior (tahun 1970, juga dengan Junior Mance)

- Southside Blues Jam (tahun 1970)

- Play the Blues (tahun 1972)

- Pleading the Blues (tahun 1979)

- Going Back (tahun 1981)

- Better Off with the Blues (tahun 1993)

Buddy Guy dan Phil Guy :

- Buddy & Phil (tahun 1981)

- The Red Hot Blues of Phil Guy (tahun 1982)

- All Star Chicago Blues Session (tahun 1994)

- He’s My Blues Brother (tahun 2006)

Buddy Guy dan Memphis Slim :

- Southside Reunion (tahun 1971)

Buddy Guy juga sebagai :

- Buddy Guy’s Legends

- Checkerboard Lounge

- Chocago Blues Festival

- Montreux Jazz Festival

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Buddy Guy Chicago, gitaris Amerika eksponen blues Chicago, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Sangatlah bagus, jika kita mempunyai kesempatan untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar