Musik Heavy Metal, Bagaimana Perkembangan Dan Karakternya ?

Musik heavy metal
(sumber gbr : penulispro.net)

Lambang metal

Musik heavy metal, karakter permainan gitarnya cepat

Aliran musik metal memiliki akar musik yang berasal dari blues rock dan psychedelic rock yang ditandai dengan karakter permainan gitar yang sangat kuat dan solo gitar yang panjang serta tempo permainan yang cepat.

Perkembangan Musik Metal

Pada tahun 1970 an aliran musik metal dan musik rock mulai berkembang dengan akar musik yang berasal dari musik blues dan psychedelic rock.
 
Pada waktu itu aliran heavy metal dipelopori oleh grup band populer seperti Led Zeppelin, Black Sabbath dan Deep Purple. Band band ini aliran bluesnya masih sangat dipengaruhi oleh aliran blues yang kental.

Gitaris Black Sabbath Toni Lommi, yang terkenal dengan peletak dasar permainan gitarnya. Sekarang dikenal dengan "Heavy metal" melalui lagu Paranoid, Iron man dan War pigs. 
 
Kemudian gitaris Led Zeppelin  memberikan andil dalam penciptaan beragam riff-riff dasar dari musik metal, salah satu karyanya intro dari  "Kashmir" terinspirasi oleh progresi musik orkestra.

Pada perkembangannya unsur blues tersebut mulai dihilangkan dan lebih mengandalkan distorsi, tempo yang lebih cepat dan harmoninya, semua ini dikembangkan oleh Judas Priest.
 
Oleh sebab itu, muncullah New Wave of British Heavy Metal atau disingkat dengan NWOBHM, pelopornya adalah Motorhead. NWOBH merupakan aliran musik yang menggabungkan unsur punk dan heavy metal.

Pada awal 1980 an akhirnya Heavy metal mulai bercampur lagi dengan musik pop dan memunculkan genre glam metal. Glam metal berhasil menerobos menjadi daftar musik papan atas sehingga membuat heavy metal menjadi lebih cepat tersebar keseluruh dunia.

Munculnya band-band baru seperti Megadeth, Metallica, Slayer dan Antrax mengembangkan tempo lagu yang cepat sehingga mereka dijuluki dengan Big Four of trash. Aliran ini kemudian dimainkan oleh grup band seperti testament dan exodus,  Overkill di New Jersye, Sepulture di Brazil.

Ada beberapa Jenis-Jenis musik under ground metal yang lain,  yaitu :

1. Speed Metal

Speed metal adalah aliran metal yang dimainkan lebih cepat dan bertenaga, aliran ini dimainkan oleh grup band seperti Motorhead, Iron Angel, Antrax

2.  Trash Metal

Trash metal adalah aliran yang berasal dari Eropa. Aliran Trash Metal sering dimainkan oleh band dari Jerman yaitu Kreaton dan Destruction.

3.  Death Metal

Death metal aliran metal ini mulai muncul pada awal tahun 1980 an yang diprakasai oleh band-band seperti Venom, Hellhammer, Celticfrost dan Bathory dan pada akhir tahun 1980 an dipelopori oleh Mayhen dan Burzum.

4.  Power Metal

Power metal adalah aliran yang lebih bersemangat dan vokalisnya banyak dipengaruhi oleh Robhalford dan Bruce Dickinson, kebanyakan dari Eropa dan Asia diantaranya adalah Europe dari Swedia, Iron Maiden dari Britania Raya, dan Hellowen dari Jerman.

5.  Doom Metal

Doom metal merupakan aliran yang lebih mengutamakan penekanan lirik dengan tempo dibawah rata-rata dari subgenre extreme metal lainnya. Aliran ini terinspirasi oleh Black Sabbath.

6.  Gothic Metal

Gothic metal adalah aliran yang merupakan evolusi dari Doom metal dan banyak mengandalkan harmoni antara karakter vokal pria dan wanita, serta ditambahkan growl.

Pada awal tahun 1990 Alternatif metal merupakan subgenre yang paling terkenal, sehingga banyak digunakan oleh grup band seperti Faith no more, Rage Against, The machine dan Jane's Addiction.

Aliran Alternatif metal diantaranya adalah :

1.  NU Metal

NU metal adalah genre alternatif metal yang terakhir merupakan jenis metal yang modern yang bermain dengan nada industrial. 
 

2.  Grunge

Grunge merupakan campuran antara heavy metal dengan post punk dan hardcore.

Pada tahun 2000, musik metal mempunyai perbedaan yang cukup besar karena musik metal sudah bercampur dengan berbagai aliran seperti NU metal, Sumphonic metal, death core, metal core, melodic death metal dan folk metal.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel MUSIK HEAVY METAL, BAGAIMANA PERKEMBANGAN DAN KARAKTERNYA ??, semoga bermanfaat dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

0 komentar