Yuk telusuri, pop punk songs dan pop punk bands terkenal

Sejarah pop punk bermula di pertengahan menuju akhir tahun 1970 an, dimana dalam pergerakannya punk ini didominasi oleh anak anak yang berasal dari kelas pekerja di London, Inggris

Yuk telusuri apakah sebenarnya jenis musik pop punk songs

Jenis musik pop punk songs merupakan jenis musik yang telah menggabungkan antara 2 unsur musik yaitu unsur punk rock dengan musik pop

Selain itu, terlihat juga di dalam cara menggabungkan antara tempo punk yang cepat, perubahan chord serta penggunaan suara gitar yang keras dengan melodi pop yang banyak  dipengaruhi oleh tema lagunya.

Munculnya gaya musik jenis pop yang satu ini sangat dipengaruhi oleh punk rock sehingga gaya musiknya hampir sama dengan gaya power pop. Gaya musik pop punk ini, mulai ada disekitar pertengahan tahun 1970 an. 

Pada tahun 1980, muncul juga beberapa pop punk band hardcore yang bergabung dengan musik pop. Hal ini, untuk membentuk jenis musik baru yaitu pop tetapi dengan tempo yang lebih cepat dan suara punknya seperti  Nasty, Driver Nip, TSOL, Social Distortion dan Descendents.

Jenis musik Pop Punk mulai berkembang di Amerika dan mulai terkenal di California sekitar pertengahan sampai  dengan di akhir tahun 1980 an.

Kemudian pada tahun 1994, jenis musik pop punk terlihat mengalami pertumbuhan dengan cepat di popularitas maistream. 

Namun demikian, genre musik pop punk pada dekade pertama abad 21 ini, tepatnya tahun 1990 an sudah mulai menurun ketenarannya dalam popularitas maistreamnya.

Kalau dicermati mengenai karakteristik pop punk seperti yang telah kita bahas diawal artikel ini, bahwa karakteristik dari keseluruhan musik pop punk merupakan suatu musik rock alternatif yang sudah menyatu dengan punk rock baik tempo, perubahan chord dan suara gitar yang keras.

Nah !! sekarang kita akan menelusuri kapan sebenarnya istilah dari jenis musik pop punk pertama kali dipakai?.   

Memang secara kepastian mengenai kapan dimulainya penggunaan istilah dari pop punk tersebut masih belum begitu  jelas. Tetapi mengenai munculnya aliran pop yang dipengaruhi oleh punk rock ini sudah dapat diketahui dan sudah ada sejak pertengahan hingga akhir tahun 1970 an.

Namun demikian, pada saat itu banyak band band yang mulai meletakkan dasar musiknya yang dipergunakan oleh kelompok musiknya kedalam jenis band pop punk.

Diantaranya adalah :

- Pada akhir tahun 1960 dan awal tahun 1970 an muncul Protopunk dan Power pop

- Tahun 1974, mulai muncul awal punk rock dengan Ramones

- Tahun 1960, mulai muncul Beach Boys dengan Bubblegum pop

- Tahun 1979, mulai muncul band Amerika Serikat Bad Religion dengan pop punk kontemporer, band di Southern California dengan punk hardcore

Dalam perkembangan dari pop punk, band-band seperti The Vandal dan Gultermouth telah berpartisipasi ikut ambil bagian dalam memciptakan gaya yang dikombinasikan antara melodi pop dengan lirik lagu yang lucu dan ofensif,.

Oleh sebab itu, grup band pop punk ini dapat menginspirasi munculnya band-band baru untuk meraih popularitas maistreamnya.

Selama periode era musik pop punk, ada beberapa produser rekaman yang berhasil mencapai kesuksesannya secara komersial pada masa itu.

Produser rekaman tersebut antara lain adalah :

- Tahun 1987 : Epitaph Record dan lookout Record

- Tahun 1990 : Fat Wreck Chords

Perkembangan pop punk terus berlanjut pada periode tahun 2005 sampai dengan tahun 2009. Kemudian muncul lagi hibrisasi pop punk yang bernama Emo pop yaitu genre fusi yang menggabungkan emo dengan pop punk. Emo pop ini berhasil terkenal disekitar pertengahan tahun 2000.

Beberapa band  terkenal yang berhasil memetakan pop punk sebagai genre musiknya pada tahun 2008 adalah Simple Plan, The All American. Selanjutnya pada tahun 2000 Panic! At the Disco merupakan band pop punk yang sangat mengidolakan The Beatles

Panic At the Disco  berani mengambil arah yang berbeda, demikian pula dengan kelompok-kelompok musik yang lain yang bereksperimen dengan genre musik lain seperti glam rock, rock blues dan musik R&B.

Hal ini, tentu saja pada awalnya sempat membuat penggemarnya menjadi agak bingung dengan warna musik hasil eksperimennya tadi.

Namun demikian, dengan berjalannya waktu, warna musik hasil eksperimennya tersebut mampu mengangkat kepopuleran band band tersebut.

Demikian sekilas penelusuran kita tentang APAKAH SEBENARNYA JENIS MUSIK POP PUNK?.

Terima kasih juga sudah berkunjung dan sudah membaca artikel YUK TELUSURI, POP PUNK SONGS DAN POP PUNK BANDS TERKENAL, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar