Simple Plan, I'm Just A Kid membuat namanya mendunia


Simple Plan, grup band bergenre musik pop punk asal Montreal Quebec, Kanada dan hebatnya grup band ini tidak pernah terjadi pergantian personilnya

Simple Plan, grup band pop punk dari Kanada

Simple Plan adalah sebuah grup band pop punk terkenal yang berasal dari Kanada ini, dari sejak awal berdirinya sampai dengan sekarang ini, mereka masih setia dengan warna musik yang dipakai sejak dari awal dibentuknya yaitu pop punk.

Tepatnya grup band ini dibentuk di Montreal, Quebec, Kanada pada tahun 1999, dengan anggota team awalnya terdiri dari 4 orang anggota personil.
 
Dengan masing-masing anggota personilnya bernama Pierre Bouvier sebagai vokal, Jeff Stinco sebagai gitar, lead, Sebastien Lefebvre sebagai gitar rhytm, backing vokal, Chuck Comeau sebagai drumer, perkusi dan David Desrosiers sebagai bass, backing vokal, sedangkan sebagai vokalis utamanya adalah Pierre Bouvier. 

Warna musik dari Simple Plan ini bergenre pop punk dan alternatif rock. Didalam taking one for the team, semua anggota dari Simple Plan seperti Warner Pierre, Chuck Comeau, Jeff Stinco, Sebantian Lefebvre dan Davis Desrosiers ini, tidak pernah berpindah pindah ke kelompok band yang lain.
 
Mereka semua tetap setia dalam mempertahankan warna musiknya dengan menampilkan lagu lagu yang mempunyai warna musik pop punk yang ringan sehingga dapat dinikmati dan diterima oleh telinga kita. 
 
Mereka mengemas lagu lagunya dengan menggunakan warna musik pop punk yang ringan yaitu melalui salah satu lagunya yang berjudul I don’t wanna be sad. 

Simple Plan juga telah mencoba untuk melakukan eksperimen dengan sedikit keluar dari genre musik awalnya.  Mereka telah mencoba dengan menggunakan gaya yang benar benar murni musik pop yaitu melalui lagunya yang berjudul I don’t wanna go to bed.
 
Akhirnya mereka berkolaborasi dengan penyanyi yang bernama Nelly, dimana seluruh albumnya kebanyakan berisi lagu-lagu yang riang gembira dan dapat menimbulkan semangat bagi penikmat album tersebut. 
 

Kelompok musik Simple Plan ini, termasuk kelompok musik yang dapat mempertahankan keutuhan anggota personilnya dari awal terbentuknya sampai dengan band ini berhasil merilis 4 albumnya.
 
Anggota personil mereka mempunyai anggota team yang tetap sama dengan anggota personil di awal terbentuknya grup band ini.

Keempat album Simple Plan yang telah berhasil dirilis adalah :

1.  Tahun 2002 : No Pads, No Helmets, Just Balls

Album ini dirilis di Amerika yang berisi 12 lagu, diantaranya lagu lagunya tersebut berjudul I’m Just a Kids, I’d Do Anything, Addisted dan Perfect. Didalam albumnya ini Simple Plan menggunakan warna musik awalnya yaitu murni pop punk. 
 
Album Simple Plan ini telah berhasil terjual hingga mencapai 4 juta copy diseluruh dunia, sehingga album ini merupakan album tersukses secara komersial dari band Simple Plan. 

2.  Tahun 2004 : Still Not Getting Any

Didalam album keduanya ini berisi lagu-lagu seperti Welcome to my life, Shut Up!, Untitled (How Could This Happen to Me? dan Crazy. 
 
Mereka sudah tidak lagi membatasi karyanya lagi. Hal ini, agar musiknya tidak murni pop punk lagi melainkan sudah dibebaskan mengalir dengan apapun warna musik yang akan dihasilkan oleh mereka. 

Akhirnya album ini dapat terlihat perubahan yang cukup dramatis dari gaya bermain Simple Plan yang sebelumnya. Hal ini, karena mereka dapat keluar dari standard genre pop punk murni yang diusungnya sejak awal terbentuknya band ini.
 
Mereka mulai mencoba menyertakan rock klasik dan tendensi untuk membentuk suatu musik rock modern yang dapat diwujudkan secara rapi dan apik. 

3.  Tahun 2008 : Simple Plan

Di album ketiganya ini, single pertamanya yang berjudul When I’m Gone berhasil menduduki posisi chart pertama di Inggris pada tanggal 17 Pebruari 2008.
 
Beberapa tur Simple Plan promosional telah diselesaikan oleh mereka dan pada saat mengadakan konser gratis di Quwbec City yaitu di acara Canada Day pada tanggal 1 Juli 2008.
 
Pada penampilannya itu, mereka banyak menarik perhatian pengunjung sehingga dihadiri oleh penonton hingga mencapai 150.000 penonton. 

4.  Tahun 2011 : Get Your Heart On!

Di album keempatnya ini mereka berkolaborasi dengan artis lain seperti Rivers Cuomo, Beding field, K’naan dan Alx Gaskarth dan diproduseri oleh Brian Howers. Album ini mempunyai single yang berjudul Jet Lag dan menjadi single pertama yang dirilis dengan versi Inggris dan Perancis. 

Kemudian tahun 2013, album ke empatnya dirilis lagi dengan judul Get Your Heart On – The Second Coming!.

Simple Plan dibentuk oleh mereka secara kebetulan dan tidak direncanakan sebelumnya, dengan anggota personilnya yang semuanya merupakan teman-teman semasa SMA.
 
Nama Simple Plan yang digunakan untuk nama grup band mereka, semula asal usul nama tersebut kurang begitu jelas karena mereka biasanya akan menjawab dengan tidak serius ketika membetuk grup band mereka ini, karena hanya bertujuan untuk menghindari bekerja di restoran cepat saji.

Tetapi akhirnya dapat juga diperoleh jawaban yang pas mengapa mereka menggunakan nama grup bandnya dengan nama Simple Plan yaitu nama yang diambil dari sebuah judul film yang berjudul “A Simple Plan" atau lagu yang berjudul Just a Simple Plan ciptaan Piebald. 

Grup band Simple Plan ini berhasil berada di puncak popularitasnya pada awal tahun 2000 hingga pertengahan dekade tersebut. 

Salah satu lagu hit Simple Plan yang telah membuat grup band Simple Plan ini namanya mendunia yaitu melalui lagu I'm Just A Kid dari album perdana No Pads, No Helmets, Just Balls yang dirilis tahun 2002.

Tur Simple Plan dan album album band Simple Plan lengkap

Salah satu grup band rock terkenal asal Kanada yang bernama Simple Plan ini telah berhasil merilis album studio sebanyak 6 buah album. Kelompok band ini dibentuk pada tahun 1999 dengan anggota personil pertama kalinya terdiri dari 4 orang.

Formasi awal terbentuknya Simple Plan ini, beranggotakan 4 orang personil yang masing masing sebagai vokalis dan bass dipegang oleh Pire Bouvier, drumer dipegang oleh Chuck Comeau, gitaris utama dipegang oleh Jeff Stinco dan gitar ritme, backing vokal dipegang oeh Sébastien Lefebvre.

Anggota personil baru yang bernama David Desrosiers bergabung dengan Simple Plan pada tahun 2000 sebagai pemain bass dan backing vokal. Namun, akhirnya dia keluar dari band ini pada bulan Juli 2020 karena tuduhan pelecehan seksual.

Keenam album studio yang telah berhasil dirilis oleh Simple Plan pada tahun 2002, 2004, 2008, 2011, 2016 dan 2022, diantaranya adalah album berjudul No Pads, No Helmets...Just Balls, Still Not Getting Any..., Simple Plan, Get Your Heart On!, Taking One for the Team dan Harder Than It Looks.

Selain itu Simple Plan juga telah merilis EP pada tahun 2013 dengan judul Get Your Heart On-The Second Coming! dan merilis 2 album live pada tahun 2003 dan 2005 dengan judul album Live in Japan 2002 dan MTV Hard Rock Live.

Penampilan kelompok band ini tercatat :

- Tahun 1999 sampai tahun 2005, tahun 2011, 2013, 2015 dan tahun 2018 mereka tampil di Vans Warped Tour.

- Tahun 2010, bersama dengan The X Factor Australia tampil di upacara penutupan Olimpiade Musim dingin 2010.

- Tahun 2012, tampil di festival perguruan tinggi Bombay di Mumbai, India, di Mood Indigo.

- Tahun 2004, ikut berpartisipasi pada film berjudul New York Minute

- Tahun 2016, menampilkan O Canada di NHL Winter Classic 2016 dan menampilkan musik tema untuk ditampilkan di episode What’s New, Scooby-Doo?.

Awal terbentuknya Simple Plan

Vokalis dan drummer Simple Plan yang bernama Piere Bouvier dan Chuck Comeau merupakan mantan anggota personil dari band Reset pada tahun 1993.

Chuck Comeau berjumpa dengan teman teman sekolah menegahnya diantaranya seorang gitaris Jeff Stinco dan Sébastien Lefebvre pada pertengahan tahun 1999 untuk merencanakan penggabungan mereka dan membentuk band baru.

Di sebuah konser Sugar Ray, Comeau berkenalan dengan Bouvier dan mengajaknya untuk meninggalkan band Reset untuk bergabung dengan kelompok band yang akan mereka bentuk.

David Desrosiers yang menggantikan Bouvier sebagai vokalis latar di band Reset, akhirnya ikut bergabung di Simple Plan sebagai vokalis merangkap bassis utama band. Dia keluar dari band Reset setelah bergabung di band Reset selama 6 bulan lamanya.

Nama Simple Plan dipilih setelah mendapat masukan dari anggota personil band ini, yang semula hanya diartikan dengan sebuah rencana sederhana untuk menghindari bekerja di McDonald’s atau restoran cepat saji lainnya.

Namun untuk jawaban serius, bahwa nama Simple Plan bisa juga berasal dari film dan novel tahun 1998 yang memiliki nama sama. Penampilan pertama kali Simple Plan di Edgefest II di Toronto pada ahun 2001.

Simple Plan album No Pads, No Helmets ... Just Balls

Album studio debut Simple Plan berjudul No Pads, No Helmets..Just Balls ini, dirilis tahun 2002. Album ini menghasilkan beberapa single diantaranya single berjudul I’m Just a Kid, I’d Do Anything, Addicted dan Perfect.

Album ini merupakan sebuah album pop punk murni dari Simple Plan, dimana pada awalnya dirilis di Amerika Serikat yang berisi 12 lagu. Kemudian album ini disempurnakan dan dirilis ulang dalam beberapa versi yang tidak sama, berisi 12 lagu plus ada tambahan 2 lagu lagi.

Di album rilis ulang ini, Simple Plan menggandeng 2 penyanyi pop punk yaitu vokalis bernama Mark Hoppus dari Blink-182 pada lagu I’d Do Anything dan menggandeng vokalis Joel Madden dari Good Charlotte pada lagu berjudul You Don’t Mean Anything.

MTV Networks menampilkan single Addicted yang merupakan penampilan terbaik dari band ini pada tahun 2003 di Amerika Serikat. Single Addicted ini menjadi tema dari Fraternity Life dan dibuat film di University at Buffalo di Western New York.

Band Simple Plan ini terus meroket di tangga lagu Amerika Serikat dan seiring dengan banyaknya permintaan pertunjukannya diseluruh dunia.

Simple Plan juga merekam sebuah lagu tema yang dipakai untuk sekuel ulang dari franchise Scooby-Doo, What’s New, Scooby-Doo?. Intro band Simple Plan dipakai sepanjang pertunjukan hingga tahun 2006.

Band ini tampil sebagai headliner di Vans Warped Tour pada tahun 2003 dan penampilan ini dimasukkan kedalam film komedi slasher, Punk Rock Holocaust yang menceritakan 4 dari 5 anggota band yang terbunuh.

Selain itu, Simple Plan menjadi band pembuka untuk Avril Lavigne di tur Try To Shut Me Up pada tahun 2003, dan menjadi band pembuka untuk Green Day dan Good Charlotte.

Album No Pads, No Helmets..Just Balls ini, menjadi album paling laris karena mencapai penjualan hingga 1 juta kopi pada awal tahun 2003 dan 4 juta kopi di seluruh dunia.

Simple Plan album Still Not Getting Any ...

Album kedua band ini berjudul Still Not Getting Any... dirilis tahun 2004. Album ini menghasilkan beberapa single berjudul Welcome to My Life, Shut Up, Untitled (How Could This Happen to Me?), Crazy dan Perfect World.

Album ini hanya memiliki 1 review bagus dimana band ini telah mempertahankan gaya lirik downbeat dengan musik upbeat, dimana album ini telah berhasil melewati genre pop punk standard.

Namun demikian, beberapa kritikus mengelompokkan album ini kedalam elemen rock klasik atau mainstream yang lebih menekankan hiperaktivitas punk pop untuk sebuah rock modern. Dimana, band ini telah membuatnya dengan bagus dan luwes.

Versi sampul dari Cheap Trick;s Surrender muncul di album soundtrack untuk film superhero, Fantastic Four pada tahun 2005. Kemudian lirik lagu dari Welcome to My Life digunakan dalam edisi 97 komik web xkcd A Simple Plan.

Simple Plan album Simple Plan

Setelah berlangsung satu setengah tahun lamanya untuk mendukung album Still Not Getting Any... maka tur Simple Plan ini berakhir pada bulan Februari 2006. Selanjutnya band ini mulai mengerjakan album studio ketiganya yang berjudul Simple Plan.

Single pertama dari album Simple Plan ini berjudul When I’m Gone, lagu ini telah berhasil memposisikan band ini mencapai single charting tertinggi di Inggris dengan menduduki urutan ke 26.

Prestasi album ini melebihi pencapaian 2 album Simple Plan sebelumnya, yang hanya masuk top 40 Inggris saja.

Setelah tur Simple Plan keliling dunia untuk mendukung album ketiga ini diselesaikan. Selanjutnya pada tahun 2008, mereka melanjutkan tur promosinya dengan memainkan triple bill di Camden Town, London dan tampil 4 pertunjukan di AS serta menyelesaikan tur Eropa.

Konser gratis diadakan oleh Simple Plan pada bulan Juli 2008 di Québec City’s Plains of Abraham dan berhasil menarik penonton sebanyak 150 ribu orang.

Tur Simple Plan dilanjutkan kembali dengan memainkan Cross Canada Tour bersama dengan Faber Drive, Cute is What We Aim For dan Metro Station. Kemudian memainkan tur ke Jerman, Meksiko dan Australia, Estonia dan Polandia hingga ke Tel Aviv dan Dubai.

Simple Plan album Get Your Heart On!

Album ke 4 Simple Plan ini berjudul Get Your Heart On! dirilis tahun 2011. Album ini juga menggandeng artis lain untuk berkolaborasi dengan band ini.

Artis tersebut adalah Rivers Cuomo milik Weezer, Marie-Mai, Natasha Bedingfiled, K’naan dan Alex Gaskart dari All Time Low.

Jet Lag dibuat Simple Plan dengan menggunakan versi bahasa Inggris dan Perancis dan menampilkan 2 penyanyi yang bernama Natasha Bedingfield dan Marie-Mai.

Untuk mendukung album ini, pada tahun 2011  mengadakan tur di Australia dengan band pendukung Tonight Alive dan New Empire. Sementara tur di Eropa yang diadakan pada tahun 2012 didukung oleh We the Kings.

Selama tur di Eropa pada tahun 2012, didukung oleh We The Kings. Lagu berjudul Last One Standing digunakan di soundtrack NASCAR The Game: Inside Symphony House.

Pada bulan September 2011, band ini tampil bersama dengan Montreal Symphony Orchestra di Montreal Symphony House di Montréal, Quebec, Kanada, mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar $500 ribu untuk anak anak yang sakit dan orang muda yang membutuhkan.

Sebuah DVD Simple Plan yang disutradarai Peter John dari Epik Films direkam untuk saluran YouTube milik Simple Plan dan dapat dilihat secara gratis sebagai hadiah kepada para penggemar Simple Plan.

Simple Plan album Taking One for the Team

Band ini merekam demo untuk pertama kalinya pada tahun 2014 dan gitaris ritme My Chemical Romance Frank Iero mulai bekerja dengan Simple Plan untuk album berikutnya.

Lagu berjudul Saturday dirilis pada bulan Juni 2015, namun lagu ini tidak akan dimasukkan kedalam album kelimanya ini.

Penampilan band ini ditahun 2015 diantaranya tampil bersama penyanyi Andee di Tur Piala Dunia Wanita FIFA di MUCH di Toronto, kemudian mengadakan tur di Vans Warped.

Single berjudul Boom dirilis pada bulan Agustus 2015, lagu ini untuk album kelima band ini. Dan sekaligus juga merilis video musik yang berisi cuplikan penampilannya di Tur Vans Warped 2015, The Alternative Press Music Awards dan di Montreal di New City Gas.

Video tersebut menampilkan akting yang apik dari beberapa anggota band seperti, MxPx, All Time Low, New Found Glory, PVRIS, Pierce the Veil, The Summer Set, Silvestein, Black Veil Brides, Parkway Drive dan Issues.

Lagu kedua dan ketiga untuk album kelima ini berjudul I Don’t Wanna Be Sad dan I Don’t Wanna Go Bed dirilis pada bulan Desember 2015 dan band ini menggandeng rapper Nelly untuk lagu ketiganya ini.

Baca juga : Chris Brown, r&b Rapper Papan Atas Dunia Asal Amerika

Akhirnya judul untuk album kelimanya ini diungkapkan dengan judul album Taking One for the Team, sementara lagu pertamanya berjudul Kiss Me Like Nobody’s Watching dibocorkan oleh Piere Bouvier pada bulan Oktober 2015.

Album ini rencana akan dirilis bersama dengan sampul album dan tur pertamanya pada tanggal 19 Februari 2016, dengan jadwal ke negara negara Eropa.

Single kedua dan ketiga dari album kelimanya ini, berjudul Opinion Overload dan Singing in the Rain yang dirilis pada bulan Februari 2016 dan bulan April 2016. Dimana single ketiganya ini dirilis secara internasional.

Album Taking One for the Team dirilis pada bulan Februari 2016, dimana album ini benar benar murni musik pop punk yang menyenangkan bagi para penggemar musik pop punk klasik tentunya.

Pada tahun 2017, Simple Plan merilis Christmas Everyday dengan single pertama berjudul My Christmas List. Album Natal ini merupakan album Natal mereka, setelah selama 15 tahun merilis album Natal terakhir.

Pada tahun yang sama, band ini mengadakan tur yang dinamakan No Pads, No Helmets...Just Balls, edisi Tur Ulang Tahun ke 15. Tur ini diadakan, dalam rangka untuk mendukung ulang tahun album ini.

Simple Plan album Harder Than It Looks

Selama bulan Mei 2017 sampai dengan bulan Juni 2019, David Desrosiers telah hiatus dari tur karena untuk memulihkan dirinya dari depresi.

Sementara posisinya selama tur Simple Plan, digantikan oleh Chady Awad sebagai bassis, sedangkan bagian vokalnya digantikan secara bergantian oleh Bouvier dan Lefebvre.

Band ini juga mulai mengerjakan album barunya pada awal tahun 2018. Di tahun 2018 ini, Simple Plan tampil dalam adegan musikal punk rock dengan judul Summertime Dropouts sebagai film fitur yang dirilis di tahun 2019.

Lagu berjudul Bigger dirilis oleh Simple Plan pada bulan November 2018, yang digunakan untuk soudtrack film La course des Tuques.

Akhirnya Desrosiers bergabung kembali dengan Simple Plan pada bulan Juni 2019, hal ini menandakan secara resmi masuk kembali ke band ini. Namun pada bulan Juli 2020, dia kembali meninggalkan band ini, karena dituduh melakukan pelecehan seksual di media.

Simple Plan berkolaborasi dengan State Champs dan We the Kings dengan lagu berjudul Where I Belong dan melakukan tur bersama pada  bulan Oktober 2019.

Chandy Awad juga meninggalkan band ini, 5 hari menyusul Desrosiers, hal ini disebabkan karena dia mendapatkan tuduhan seksual.

Bulan Juli 2021, Simple Plan merekam ulang What’s New, Scooby-Doo? sebagai lagu tema yang tersedia untuk streaming.

The Antidote merupakan single pertama dari album keenam band ini yang dirilis pada bulan November 2021. Kemudian, Simple Plan melanjutkan merilis single kedua berjudul Ruin My Life pada bulan Februari 2022 dengan menggandeng Deryck Whibley dari Sum 41.

Selanjutnya, Simple Plan mengadakan tur AS bersama dengan Sum 41 dengan nama tur Blame Canada.

Album keenam band ini berjudul Harder Than It Looks yang dirilis pada bulan Mei 2022, sekaligus juga merilis single ketiga dan keempat yang berjudul Congratulations dan Wake Me Up (When This Nightmare’s Over).

Band ini memiliki gaya musik pop punk, rock alternatif, pop rock, power pop, emo serta punk rock. Namun demikian, Pihak Atlantic Records menggambarkan bahwa Simple Plan mempunyai gaya energi punk klasik dan sonic pop modern.

Baca juga : Ed Sheeran lagu pertama, The A Team sukses di Inggris

Anggota Simple Plan telah membuat wadah Simple Plan Foundation yang mengkhususkan diri tentang masalah remaja diantaranya menyangkut tentang bunuh diri, kemiskinan dan masalah kecanduan narkoba.

Single berjudul Save You dirilis khusus di iTunes pada bulan Oktober 2008, hal ini untuk memberikan manfaat kepada yayasan dengan video komposit khusus yang memperlihatkan para menyintas kanker.

Lagu Save You Simple Plan ini, terinspirasi oleh perjuangan melawan kanker dari saudara laki laki Bouvier Jay.

Yayasan yang dibentuk band ini, juga memberikan donasi sebesar $10 ribu kepada gempa bumi 2011 yang terjadi di Jepang.

Pada waktu ulang tahun ke 10 band ini pada tahun 2012, sebuah buku Simple Plan: The Official Story dirilis untuk menggalang dana bagi Simple Plan Foundation.

Album album studio Simple Plan

- No Pads, No Helmets...Just Balls (tahun 2002)

- Still Not Getting Any... (tahun 2004)

- Simple Plan (tahun 2008)

- Get Your Heart On! (tahun 2011)

- Taking One for the Team (tahun 2016)

- Harder Than It Looks (tahun 2022)

Anggota personil Simple Plan sampai dengan sekarang

- Pierre Bouvier sebagai vokal utama, gitar tambahan dan perkusi

- Chuck Comeau sebagai pemain drum dan perkusi

- Jeff Stinco sebagai gitar utama

- Sébastien Lefebvre sebagai gitar ritme dan vokal latar

- Chady Awad (pengganti tur) sebagai pemain bass

- David Desrosiers hanya sampai tahun 2020 sebagai pemain bass, vokal latar dan perkusi tambahan.

Penghargaan yang pernah diraih oleh Simple Plan

- Memenangkan CASBY Award pada tahun 2002

- Memenangkan Allan Waters Humanitarian Award pada tahun 2012

- Memenangkan Juno Fan Choice Award pada tahun 2006

- Memenangkan Won MuchMusic Video Award pada tahun 2003, 2004, 2005, 2006, 2008 dan 2009

- Memenangkan NRJ Music Award pada tahun 2012

- Memenangkan Teen Choice Award pada tahun 2005

- Memenangkan Artiste québécois s’étant le plus illustré hors Québec pada tahun 2006

- Memenangkan Album de l’année – Anglophone

Demikian pembahasan kami tentang perjalanan karir musik dari Simple Plan yang merupakan salah satu kelompok musik pop punk terkenal yang berasal dari Kanada.

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Simple Plan, I,m Just A Kid membuat namanya mendunia, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : wikipedia)

0 komentar