Musik Rock Dan Sejarah Perkembangannya

Pengertian dari musik
Musik rock, musik yang mulai dikenal pada pertengahan tahun 1950 an
(sumber gbr dari : devianarhesic)

Musik Rock mulai populer sekitar tahun 1950 an

Musik rock pada awalnya hanya berfokus pada permainan gitar listrik yang biasanya menghasilkan suara meraung raung dan dengan speed yang cepat. Akhirnya gambaran ini sebagai bentuk dari musik rock modern pada sekitar tahun 1950 an.

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa musik rock adalah sekelompok musik yang mempunyai ritme permainan musik dengan menggunakan tempo cepat, dengan back beat yang konsisten serta lebih menonjol dan menggunakan melodi yang sangat menarik. 

Genre musik rock ini berasal dari musik milik bangsa kulit hitam, yang pada saat itu mempunyai jenis musik yang beraneka macam diantaranya adalah rhytm & blues, musik rohani dengan country & western. 
 
Sehingga pada tahun 1951 muncullah seorang DJ asal Cleveland Ohio yang bernama Alan Freld. Dia telah berhasil  memainkan musik rhytm & blues yang disusun oleh multi ras sehingga pada saat itu dia merupakan DJ yang  pertama kalinya menggunakan frase rock and roll untuk musik DJ nya.

Menurut pendapat dari Robert Christgan, dia mengkarakteristikkan musik rock sebagai musik yang keren tingkat menengah karena musik rock biasanya berisi lirik lagu yang sangat sederhana dengan refrain yang diulang-ulang serta fungsi utama dari musik rock adalah kebisingan.

Apakah benar demikian? tentu saja terserah dari pendapat masing-masing dari kita semua sebagai pecinta musik ya. 
 

Menurut saya pribadi tidak semua musik rock memberikan fungsi utama dengan kebisingan. Kondisi ini, akan tergantung dari kemampuan para pencipta lagunya dan musisi yang mengaransemen lagu tersebut, serta keahlian dari pemain musik dalam mengekpresikannya.  

Banyak juga musik rock yang bisa kita nikmati dengan enak dan bahkan dapat menambah semangat dari hidup kita. Namun demikian, memang benar ada juga yang tidak dapat kita nikmati dengan enak dan bahkan hanya berisi kebisingan yang akan kita peroleh.

Pada umumnya, musik rock menggunakan ritem yang sederhana dan biasanya akan berulang-ulang, dalam penggunaan liriknya.  Alat musiknya kebanyakan memakai alat musik seperti gitar elektrik, gitar bas, drum dan kibor. 
 
Dalam perkembangannya, genre musik rock ini mulai populer dan mulai dikenal diseluruh dunia sekitar tahun 1950 an.

Biasanya kelompok musik rock ini beranggotakan 2 sampai dengan 5 orang personil. Mereka masing masing akan berperan sebagai vokalis, gitaris utama, gitaris ritme, gitaris bass dan drummer, bahkan ada yang menambah pemain untuk berperan sebagai pemain kibor dan pemain musik lainnya.

Apabila diselenggarakan suatu pertunjukan musik rock, pasti akan terjadi suasana yang hingar bingar, meriah dan akan menarik banyak penonton untuk datang sambil hanyut menikmati semangat dari musik rock tersebut.
 
Untuk menikmati musik rock ini, para penonton ada yang mengekspresikannya dengan berjingkrak-jingkrak, melompat-lompat atau bergaya apapun yang akan mereka ekspresikan sambil hanyut menikmati pertunjukan musik rock tersebut.

Bunyi khas dari musik rock dapat kita nikmati dari cabikan gitar listrik dan penggunaan beat back yang akan sangat terasa pada rhythm section penggunaan gitar bassnya, serta pukulan dari drum dan kibornya yang bertenaga penuh.

Musik rock merupakan musik yang bersumber dari kebudayaan pada sekitar awal tahun 1960 an di Inggris dan Amerika, dan sudah banyak dipengaruhi oleh genre musik lain seperti rhythm & blues, country serta musik rakyat (folk musik), jazz dan musik klasik.

Sehingga pada pada akhir tahun 1960 an,  musik rock mulai berkembang menjadi beberapa jenis musik yang sudah bercampur dengan musik rock, misalnya :

- Dari folk bercampur menjadi folk rock
- Dari blues bercampur menjadi blues rock
- Dari jazz bercampur menjadi jazz rock fusion

Sampai akhirnya pada tahun 1970 musik rock mulai menggabungkan pengaruhnya dengan musik lainnya, sehingga berkembang lagi menjadi berbagai macam subgenre seperti : musik soft rock, musik glam rock, musik heavy metal, musik hard rock, musik progresive rock dan musik punk rock.

Pada tahun 1980 muncul subgenre musik rock baru seperti musik new wave, musik hardcore, musik hardcore punk dan musik alternatif rock. 
 
Kemudian subgenre rock bertambah lagi pada tahun 1990 sehingga muncul subgenre baru lagi seperti musik grunge, musik brit pop, musik indie rock dan musik nu metal. 

Terima kasih sudah berkunjung diblog ini yang berisi artikel tentang Musik rock dan sejarah perkembangannya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : wikipedia)

0 komentar