Jethro Tull, Band Rock Generasi Kedua Inggris Berpenampilan Eksentrik

Jethro Tull, band rock asal Inggris yang dibentuk tahun 1967, pada awalnya memainkan musik blues rock dan musik jazz fusion

Jethro Tull grup band rock progresif terhebat

Jethro Tull merupakan kelompok musik rock British Inggris dan menjadi salah satu dari kelompok generasi kedua band progresif yang cukup terkenal melalui album album Jethro Tull Aqualung dan Stand Up dan Aqualung.

Ulasan singkat grup band Jethro Tull

Kelompok band rock asal Inggris ini dibentuk pada bulan Desember 1967, di Luton, Bedfordshire, Inggris. 
 
Pada awalnya grup band ini beraliran blues rock saja tetapi kemudian mereka berubah menjadi berbagai macam aliran yang bergabung seperti Folk dan hard rock, dengan berjalannya waktu grup band ini kemudian lebih menitik beratkan pada rock progresif.

Jethro Tull, Ian Anderson, Jeffrey Hammond dan John Evans, mereka berempat merupakan teman semasa sekolah dasar. 
 
John Evan merupakan salah seorang dari penggemar  berat dari The Beatles sehingga pada saat tampil di Granada Television mereka menyanyikan lagu milik The Beatles yang berjudul "Love me do". 

Pada saat itu John Evans lebih memilih bermain drum meskipun sebenarnya dia adalah seorang pianis, sedangkan Ian Anderson memegang gitar spanyol. Akhirnya mereka berdua memutuskan untuk membentuk grup band dengan merekrut Jeffrey Hammond yang dipercaya sebagai bassis.

Pada awalnya grup band ini beranggotakan 3 orang personil saja dan dalam hal bermain musik, salah satu personilnya yang bernama John Evans memang sangat dipengaruhi oleh Georgie Fame dan The Animals.
 
Akhirnya John Evans mulai beralih ke alat musik lain yaitu organ dari yang semula dia memegang drum, dan untuk menggantikan posisinya maka direkrutlah drumer yang bernama Barrie Barlow. 

Dengan demikian anggota personilnya bertambah 2 anggota lagi karena masuknya anggota baru yaitu seorang gitaris yang bernama Mike Stevens, mantan gitaris dari Band Atlantik, dan juga masuk gitaris lainnya yang bernama Christ Ricky,  sehingga anggota band mereka berubah menjadi 6 orang. 

Setelah Jethro Tull direkrut oleh Johny Taylor, mereka mulai tampil di Utara dan Barat Inggris dengan memainkan band yang beraliran campuran dari blues dan motown. 
 
Dengan kondisi band baru yang belum terkenal dan sulit mendapatkan tawaran main, serta dengan jumlah personilnya yang saat itu dianggap terlalu banyak.
 
Oleh sebab itu, anggota personil grup band mereka  dianggap tidak praktis. Grup band ini kemudian mulai merubah namanya dari John Evan band, John Evan Smash, Evan dan sampai akhirnya  diberi nama "Jethro Tull".

Mereka pertama kali merekam single berjudul "Sunshine day" dan "Aeroplan" dan album Jethro Tull This was. 
 
Album ini mencapai peringkat 10 di tangga lagu termasuk juga album tradisional "Cat Squirrel" yang dikenal dengan gaya blues progresif. Melalui album inilah yang telah membuat bakat permainan suling Jethro Tull Ian Anderson semakin tumbuh.

Ellis dan Wright Asked Anderson merupakan penulis lagu yang tetap dan berhasil menulis lagu hit seperti  "Living in the past". Lagu ini berhasil mencapai nomor 3 di UK single chart dan nomor 11 di Amerika Serikat.

Jethro Tull Ian Anderson merupakan satu satunya anggota tetap band ini dan juga sebagai pentolan band ini, sekaligus menempati posisi sebagai vokalis, merangkap sebagai pemain suling dan gitaris. 
 
Di Jethro Tull Ian Anderson bersama dengan beberapa anggotanya yang lain seperti gitaris Martin Barre, Keybaordis John Evan, drummer Clive Bunker, Doane Perry, Barriemore Barlow dan bassis Glenn Cornik, Jeffrey Hammond dan Dave Pegg.

Album Jethro Tull Stand Up dirilis pada tahun 1969 dan merupakan album musik blues folk tinged yang berhasil mendapatkan sukses secara komersial dan menduduki peringkat pertama di tangga lagu Inggris, sehingga mereka mendapat kesempatan tampil secara rutin di Inggris dan Amerika.

Jethro Tull merilis album "Aqualung",  "Thick as a brick" dan "A passion play". Ketiga  album ini cenderung bergenre rock progresif.
 
Untuk selanjutnya, arah musik grup band ini  mulai bergeser ke hard rock yang bercampur dengan folk rock dengan 2 lagu yang dihasilkan berjudul "Songs from the wood" dan "Heavy horses"

"Aqualung" telah terjual lebih dari 60 juta album diseluruh dunia dan juga berhasil mendapatkan 11 emas, 5 platinum. Oleh majalah Rolling stones, band ini dicatat sebagai band yang paling berhasil secara komersial dan merupakan band rock progresif yang berpenampilan eksentrik.

Pada tahun 1972 Jethro Tull Living in the past dirilis Album ini merupakan album kompilasi dan berhasil sukses, sehingga New Musical Express menyebutkan bahwa Jethro Tull merupakan generasi ke 2 band progresif yang penting di Inggris.

Pada tahun 1974, album "War Child" berhasil masuk ke urutan 2 tangga lagu Billboard dengan singlenya yang berjudul "Bungle in the jungle", "Skating away" (On the thin ice of the new day) dan Only Solitaire".

Jethro Tull telah berhasil mendapatkan 6 emas dari RIAA untuk penjualan album seperti "Stand Up" (1969), "Aqualing" (1971), "Thick as a brick" (1972), "Living the past" (1972), "A passion play" (1973) dan "Minsreal in the gallery".

Untuk album trio folk rock yang berhasil dirilis adalah "Song from the wood" (1977), "Heavy horses" (1978) dan "Storm watch" (1979). 

Sampai pada tahun 2014, Lan Anderson mulai berkonsentrasi pada karir solonya sehingga pada saat itu dia mengatakan bahwa Jethro Tull telah berakhir.

Perombakan formasi anggota personil band ini telah dilakukan secara besar besaran dan ini terjadi pada tahun 1980.

Selain itu arah musiknya mulai berubah ke rock elektronik dengan menghasilkan beberapa album, antara lain album berjudul :

- A dirilis tahun 1980

- The Broadsword and the Beast dirilis tahun 1982

- Under Wraps dirilis tahun 1984

Jethro Tull berhasil memenangkan Grammy Award satu stunya melalui album Crest of a Knave yang dirilis pada tahun 1987. Melalui album ini, Jethro Tull mulai kembali ke genre musik awalnya yaitu hard rock.

Dalam karir musiknya, band ini sudah mampu menjual 60 juta album di seluruh dunia dan mengantongi 11 album gold dan 5 album platinum.

Jethro Tull tour terus dilakukan oleh band ini sampai bubarnya grup band Jethro Tull pada tahun 2011, meskipun kegiatan rekaman studio sudah tidak dilakukan sejak tahun 2000.

Setelah bubarnya band ini, selanjutnya Ian Anderson dan Bare tetap melalukan rekaman dan tur tetapi sebagai artis solo. Mereka memakai nama band Jethro Tull and Ian Anderson.

Pada tahun 2014, Ian Anderson menyatakan bahwa Jethro Tull sudah berakhir. Namun demikian, Ian Anderson menghidupkan kembali nama Jethro Tull pada tahun 2017 dan telah merilis album studio baru pada tahun 2020.

Jethro Tull menjadi band pendukung Jimi Hendrix ketika tampil di Skandinavia setelah bergabungnya Barre di grup band ini. Untuk selanjutnya, Jethro Tull menjadi band pendukung Led Zeppelin dan Vanilla Fudge ketika tur ekstensif di AS.

Salah satu lagu Living in the Past yang ditulis oleh Anderson sebagai penulis lagu utama di band ini, berhasil menjadi single hit band ini karena melejit diperingkat 3 di UK single chart tahun 1969 dan peringkat 11 di AS.

Tahun 1980, 3 orang personil Jethro Tull yang bernama Barlow, Evan dan Palmer keluar dari band ini.

Alasan Barlow keluar dari band ini karena depresi setelah meninggalnya Glascock, sedangkan Evan dan Palmer kuatir dengan masa depaannya karena Anderson ingin bersolo karir.

Akhirnya Rvan dan Palmer berkolaborasi membentuk grup band pop/rock klasik yang diberi nama Tallis.

Album Jethro Tull A banyak menonjolkan synthesizer dan album ini dirilis pada pertengahan tahun 1980. Untuk selanjutnya video musik Jethro Tull mengembangkan video musik bertajuk Slipstream.

Video cuplikan konser utama Jethro Tull ketika tampil di Los Angeles Sport Arena di Amerika dirilis tahun 1980, disutradarai oleh David Mallet yaitu yang telah menutradarai video Ashes to Ashes untuk David Bowie.

Pada tahun 1982, Jethro Tull tampil bersama dengan Phil Collins pada konser pertama Prince’s Trust dan bermain bersama dengan Paul Burgess pada tur Broadsword and the Beast di AS.

Album solo Anderson merupakan hasil kolaborasi dengan Vettese yang berbentuk Walk into Ligh antara lain Fly by Night, Made in England dan Different Germany. Album ini muncul tahun 1983 dengan lebih menonjolkan musik elektronik.

Album Jethro Tull Under Wraps dirilis tahun 1984, album ini juga merupakan salah satu album dengan musik elektronik.

Untuk selanjutnya tahun 1987 dirilis album Crest of a Knave, di album ini mereka menampilkan gaya gitar listrik dari Martin Barre. Album ini berhasil meraih kesuksesan baik secara kritis maupun komersial.

Jethro Tull berhasil memenangkan Grammy Award untk Penampilan Vokal atau Instrumental Hard Rock/ Metal Terbaik melalui album ... And Justice for All dan berhasil mengalahkan band Metallica.

Drumer Metallica Lars Urich berterima kasih kepada Jethro Tull ketika metallica memenangkan Grammy untuk kategori Hard rock/ Metal karena Jethro Tull tidak mengeluarkan album pada tahun 1992.

Pada ajang Grammy tahun 1991, Paul Simon juga menyatakan hal yang sama dengan Lars Urich karena berterima kasih kepada Stevie Wonder karena memenangkan Grammy juga.

Di album Crest of a Knave jangkauan vokal Anderson sempat dibanding bandingkan dengan Dire Straits karena jangkauan vokalnya lebih rendah dari Dire Straits.

Jethro Tull 20th anniversary box set dirilis tahun 1988 yang berisi lagu lagu live langka band ini yang diambil dari sejarah perjalanan musik Jethro Tull.

Untuk selanjutnya rock Island dirilis Jethro Tull pada tahun 1989 tetapi tidak berhasil mraih kesuksesan seperti album Crest of a Knave.

Jethro Tull Christmas album dirilis tahun 2003, album ini berisi lagu upbeat Another Christmas song yang direkam ulang di album tersebut.

Album Catfisf Rising dirilis tahun 1991, dalam pembuatan album ini memakai alat musik seperti mandolin dan gitar listrik, namun sedikit menggunakan keyboard. Album ini menelurkan lagu populer termasuk Rocks on the Road dan Still Loving You Tonight.

25th Anniversary Box Set merupakan rilisan pertama band ini yang berisi permainan seruling Anderson yang direvisi tahun 1993.

Album Jethro Tull yang kurang berbasis rock apabila dibandingka dengan album Crest of a Knave yang dirilis tahun 1987 dan Catfish Rising yang dirilis tahun 1991.

Album kurang berbasis rock tersebut diantaranya adalah album Roots to Branches yang dirilis tahun 1995 dan J-Tull Dot Com yang dirilis tahun 1999.

Sedangkan album yang menggambarkan Anderson sebagai seorang rocker tua  adalah album Out of the Noise dan Hot Mango Flush. Album ini menelurkan lagu Another Harry’s Bar, Wicked Windows dan Wounded, Old and Treacherous.

Pada saat penampilan untuk DVD Living with the Past tahun 2002, formasi anggota personil asli Jethro Tull tahun 1967 kembali bersatu, antara lain Anderson, Abrahams, Cornick dan Bunker.

Album Christmast Jethro Tull merupukan kumpulan lagu Natal tradisionil dan lagu lagu Natal yang ditulis sendiri oleh Jethro Tull, dirilis tahun 2003. Album studio terakhir bagi Jethro Tull ini menjadi sukses besar bagi band ini selama hampir 20 tahun berkarir.

Jethro Tull Aqualung tampil secara live di tur AS dirilis sebagai album Live dan hasil penjualannya akan disumbangkan ke badan amal tunawisma. Selain itu, album Aqualung ini menjadi album terpenting dan abadi dari semua album album Jethro Tull yang telah direkam.

Album akustik terbaik Jethro Tull berisi kumpulan lagu lagu penampilan akustik Tull dan Anderson yang berjumlah 24 lagu, album ini dirilis tahun 2007.

Pada tahun 2015, Barre mengatakan bahwa tidak akan pernah and Jethro Tull lagi tetapi akan ada 2 band solo yang bernama Ian Anderson band dan Martin Barre band.

Album solo Ian Anderson Homo Erracticus dirilis pada tahun 2014, untuk selanjutnya dia juga akan merilis semua musiknya dengan namanya sendiri. Oleh sebab itu Jetro Tull dinyatakan telah berakhir.

Jetro Tull tour tahun 2016 tampil di negara Eropa, Australia dan Amerika. Namun demikian, pada tahun 2017 tur Anderson dengan menggunakan nama Jethro Tull by Ian Anderson.

Rencana Jethro Tull 50th Anniversary untuk memperingati 50 tahun album pertama Jethro Tull This Was telah diumumkan pada September 2017.

Untuk selanjutnya Jethrotull.com diterbitkan pada awal tahun 2018 merupakan sebuah gambar yang berjudul IA.

Koleksi 50 lagu yang menampilkan semua dari 21 album band ini dan diberi judul 50 for 50, dalam rangka untuk merayakan ulang tahun ke 50 Jethro Tull. 50 for 50 akan menjadi album baru solo Ian Anderson.

The Prog Years Tour yang akan tampil di semua negara Inggris yang direncanakan pada bulan September dan Oktober 2020 ditunda karena pandemi COVID-19.

Album studio Jethro Tull The Zelot Gene diumumkan oleh Anderson pada bulan Maret 2021 dan untuk perilisannya pada tahun 2022. Album studio ke 23 Jethro Tull RökFlöte dirilis pada bulan April 2023.

Musik Jethro Tull banyak dipengaruhi oleh musisi Steve Harris dari Iron Maiden, Bruce Dickinson, Blackie Lawless dari WASP, Eddie Vedder dari Pearl Jam, John Myung dari Dream Theater, Blind Guardian’s Marcus Siepen, Joe Bonamassa, Jenny Conlee dari Desemberis serta band folk doom metal Blood Ceremony.

Geddy Lee dari Rush merupakan penggemar berat Jethro Tull karena terpesona dengan penampilan Ian Anderson.

Jethro Tull dianggap sebagai band terhebat dalam sejarah rock progresif, hal ini disampaikan oleh Derek Shulman dari Gentle Giant.

Album album Jethro Tull

- This Was dirilis tahun 1968

- Stand Up dirilis tahun 1969

- Benefit dirilis tahun 1970

- Aqualung dirilis tahun 1971

- Thick as a Brick dirilis tahun 1972

- A Passion Play dirilis tahun 1973

- War Child dirilis tahun 1974

- Minstrel in the Gallery dirilis tahun 1975

- Too Old to Rock ‘n’ Roll: Too Young to Die! dirilis tahun 1976

- Songs from the Wood dirilis tahun 1977

- Heavy Horses dirilis tahun 1978

- Stormwatch dirilis tahun 1979

- A dirilis tahun 1980

- The Broadsword and the Beast dirilis tahun 1982

- Under Wraps dirilis tahun 1984

- Crest of a Knave dirilis tahun 1987

- Rock Island dirilis tahun 1989

- Catfish Rising dirilis tahun 1991

- Roots to Branches dirilis tahun 1995

- J-Tull Dot Com dirilis tahun 1999

- The Jetro Tull Christmas album dirilis tahun 2003

- The Zealot Gene dirilis tahun 2022

- RökFlöte dirilis tahun 2023

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang JETHRO TULL, BAND ROCK GENERASI KEDUA INGGRIS BERPENAMPILAN EKSENTRIK, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat di share ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar