Bryan Adams, Penyanyi Rock Kanada Sukses Secara Internasional

Bryan Adams, penyanyi rock asal Kanada, gitaris, pencipta lagu dan fotografer

Lagu Bryan Adams dan albumnya hit di dunia

Bryan Adams merupakan seorang penyanyi rock asal Kanada yang berhasil mencapai sukses besar lewat lagu Bryan Adams In Heaven, Please Forgive Me, (Everything I Do) I Do It For You.

Ulasan tentang karir musik Bryan Adams

Bryan Adams selain sebagai penyanyi dia juga berprofesi sebagai gitaris, penulis lagu dan fotografer, dia lahir di Kingston, Ontario, Kanada, pada tanggal 5 November 1959. 
 
Dia mempunyai seorang istri bernama Alicie Grimaldi (2004 - ), dengan dikarunai dua orang anak yang bernama Mirabella Bunny Adams dan Lula Rosyka Adams.

Sejak tahun 1950,  kedua orang tuanya sudah pindah dari Inggris ke Kanada, ayahnya adalah seorang perwira Sundhunest di angkatan darat Inggris yang bergabung dengan angkatan darat Kanada.
 
Pekerjaan ayahnya untuk selanjutnya, menghabiskan waktu sebagai penjaga perdamaian pengamat PBB di Kanada yang akhirnya bertugas sebagai seorang diplomat dinas luar negeri Kanada.

Pada usia 14 tahun, dia sudah bekerja sebagai pencuci piring, sehingga penghasilan yang diperolehnya dari bekerja sebagai pencuci piring tersebut dikumpulkannya sedikit demi sedikit untuk bisa membeli sebuah gitar. 
 
Melalui sebuah gitar yang diperoleh dari jerih payah kerjanya tersebut, Bryan Adams mulai belajar gitar sampai akhirnya dia mulai mencoba mengikuti audisi sebagai gitaris. 
 
Pada saat itu dia juga mulai berlatih band di rumah kontrakan ibunya di Vancouver Utara dan akhirnya dia diminta sebagai penyanyi tidak tetap, sampai diperoleh vokalis yang tepat untuk grup band tersebut.

Pada usia 15 tahun, dia sudah berhasil merilis sebuah lagu berjudul  "I wishes were horses" dan menginjak usia 17 tahun dia sudah mengikuti tur dan bertugas sebagai backing vokal CBC. 
 
Setahun kemudian tepatnya pada usia 18 tahun dia berhasil bertemu dengan Jim Vallance yaitu seorang drumer dan penulis lagu sebuah band rock Vancouver. 
 
Melalui Jim Vallance, akhirnya Bryan Adams diperkenalkan dengan temannya sehingga dia berhasil mendapatkan tawaran tandatangan kontrak.

Warna musiknya cenderung bergenre musik soft rock, hard rock, album oriented musik rock dan musik pop rock. 
 
Karir musiknya mulai menanjak dan populer di Amerika Utara lewat album Bryan Adams Cuts Like a Knife. Album ini berhasil menduduki ranking pertama Top Ten record di US, sampai akhirnya dia berhasil menjadi bintang global melalui album "Reckless".

Lagu "I'm ready" dan "Remember" merupakan lagu demo dan lagu cover dari artis lain yang sudah ada sebelum album pertamanya dirilis. Dia juga mempunyai lagu disco yang berjudul "Let me, take you dancing" yang bisa masuk. Kanada RPM chart.

Album ke 2 "You want it you got it" berhasil diputar selama 2 minggu di New York city dan "Lonely Nights" berhasil menjadi hit dan mendapat pengakuan internasional dan berhasil populer.

Dia juga bekerjasama dengan beberapa artis lain, yang menghasilkan lagu lagu hit, diantaranya adalah :

- "Remember" dan "Watsin' time" bekerjasama dengan penulis Jim Vallance, berhasil mendapatkan sertifikat emas di Kanada.
 
- "Rekless" bekerjasama dengan Bob Clearmountain, berhasil menempati ranking pertama Billboard 200 melalui 6 singlenya, yaitu single yang berjudul "Run to you", Summer of 69" juga berhasil masuk urutan 10 di Billboard Hot 100. 
 
"Heaven" sukses ditangga lagu pop, urutan 6 di mainstream rock chart dan masuk keurutan pertama di Billboard Hot 100, serta 3 single sisanya berjudul "One night love affair", "Somebody" dan "It's only love" (berduet dengan Tina Tunnner).
 
- "Under a raging moon" bekerjasama dengan Roger Daltrey, merupakan album tribute untuk The Who.
 
- Album "Waking up neightbours" bekerjasama dengan Mutt Lange, menduduki peringkat 6 di Billboard 200, dan berhasil menduduki peringkat pertama di Eropa, Inggris dan Jerman serta peringkat pertama di Billboard Hot 100 melalui single "(Everything I do) I do it for you.
 
- "All for love" bekerjasama dengan Rod Steward & Sting, berhasil mencapai puncak tangga lagu di seluruh dunia

Beberapa penghargaan dan peringkat lagu yang berhasil diraihnya, seperti :

- "It's only love" masuk nominasi Grammy Awaed untuk Best Rock Vokal Performance untuk Dou atau Group. Merupakan album terlaris dan bersertifikat Platinum sebanyak 5 kali.
 
- Masuk nominasi untuk Best male rock Performance
 
- Memenangkan Grammy Award untuk Best song written specially for a motion picture or for televition
 
- Mendapatkan Sertifikat dari RIAA untuk album berjudul "18 til I die" dan masuk urutan 30 di Billboard 200 di Amerika Serikat selama 3 minggu, bersertifikat platinum 3 kali di Kanada dan Australia, platinum 2 kali di Inggris.
 
- "One day like to day" dan "You want it you got it" bersertifikasi RIAA dan masuk top 5 di Jerman serta bersertifikat platinum di Inggris.
 
- "Back to you" dan "I'm ready" dengan versi akustik masuk ranking 10 di Jerman dan mencapai 20 besar di Inggris.
 
- "The best of me"mencapai top 10 di Jerman dan bersertifikat platinum di Inggris dan menjadi hit.
 
- "Never gonna break my faith" untuk film The Guardian berhasil mendapatkan Golden Globe.

MTV uplugged dirilis tahun 1997, melalui 3 single barunya "Back to you", "A little love" dan "When you love

Tahun 2000, dia menulis dan menyanyikan lagu Chicane dari album Behind the sun, yang dikenal dengan "Do not give up". 
 
Dua tahun kemudian tepatnya tahun 2002 merilis lagu untuk film animasi Dream Works, dengan single terlaris "here I am", single ini berhasil masuk British top 5, top 20 hit Jerman, Golden gold Award ke 3 dan nominasi untuk Best song dari motion picture.

Tahun 2004 "Room service" memuncak di Jerman & Swiss, peringkat 4 di Inggris dan dapat terjual mencapai 440.000 kopi dalam minggu pertama di Eropa, dengan single "Open road" merupakan single tersukses.

Album "11" melalui single "I thought I'd seen everything" mencapai urutan 1 di Kanada, urutan 2 di Jerman, dan urutan 10 di Amerika Serikat.

Dia berduet dengan Nelly Furtado menyanyikan "One World , One Flame" pada acara pembukaan Olimpiade 2010 yaitu olimpiade musim dingin di Vancouver, British Columbia.

Bryan Adams, seorang penyanyi yang mempunyai suara serak-serak basah, sungguh sangat luar biasa dengan prestasi musik yang berhasil diraihnya selama masa karirnya.

Lagu Bryan Adams dan album albumnya

Penyanyi kelahiran tahun 1959 ini telah berhasil menjual lebih dari 100 juta rekaman dan singlenya di seluruh dunia. Pada tahun 2010, lagu Bryan Adams banyak diputar di radio Kanada.

Selain itu, Bryan Adams telah menempatkan dirinya dalam daftar artis musik terlaris dan 25 singlenya berada didalam 15 besar di Kanada serta banyak lagi yang populer di AS, Inggris dan Australia.

Berkarir sebagai penyanyi utama band glam rock Sweeney Todd pada usia 15 tahun untuk menggantikan Nick Gilder dan sudah bisa merilis album debutnya pada usia 20 tahun.

Album Bryan Adams Cuts Like a Knife merupakan album yang mampu bertengger di urutan 10 besar di Amerika Utara pada tahun 1983. Selain itu, lagu balada Straight From the Heart telah menjadi Bryan Adam Geatset hit 10 besar pertama di AS.

Album Bryan Adams Reckless merupakan album musisi Kanada pertama yang berhasil melejit ke peringkat pertama AS dan berhasil mendapatkan sertifikasi diamonds.

Enam single yang menduduki tangga lagu telah menjadilan Bryan Adams menjadi bintang global.

Single Bryan Adams Dummer of ’69 dan Run to You menduduki peringkat 10 besar hit di AS dan Kanada, sedangkan power ballad Bryan Adams Heaven menjadi hit peringkat 1 di AS.

Album Bryan Adams Into the Fire yang dirilis tahun 1987 telah menelurkan lagu Heat of the Night yang berada di peringkat 10 besar AS dan peringkat 2 di Kanada serta beberapa negara lainnya.

I do for You Bryan Adams dirilis pada tahun 1991 dan berhasil melejit di uritan pertama di 19 negara termasuk di Inggris dan menjadi single terlaris sepanjang masa dengan pencapaian penjualan mencapai 15 juta kopi diseluruh dunia.

Lagu ini dimasukkan kedalam album Bryan Adams Waking Up the Neighbors dan menjadi album peringkat 1 di seluruh dunia dengan pencapaian penjualan hingga 16 juta kopi dan mendapatkan sertifikasi diamond di Kanada.

Album Bryan Adams greatest hit lainnya adalah Can;t Stop This Thing We Started karena menjadi hit peringkat 1 di Kanada dan hit peringkat 2 di AS serta masuk peringkat 10 besar di beberapa negara lainnya.

Single Bryan Adams Please Forgive Me, Allfor Love yang dirilis pada tahun 1993 dan Have You Ever Really Loved a Woman? Yang dirilis tahun 1995 menjadi lagu hit urutan 1 dan 2 diseluruh dunia serta berada di urutan pertama di Biiboard Hot 100 AS..

Album Bryan Adams So Far So Good merupakan album kompilasi Bryan Adams greatest hit pada tahun 1993 karena menduduki puncak tangga lagu di beberapa negara dan mencapai penjualan hingga 13 juta kopi di seluruh dunia.

Selain itu, album ini telah memperoleh sertifikasi platinum sebanyak 6 kali di Kanada, sertifikasi platinum sebanyak 5 kali di AS dan sertifikasi platinum sebanyak 14 kali di Australia.

Album Bryan Adams 18 til I Die dirilis tahun 1996, album ini masuk urutan 5 besar di beberapa negara tetapi di AS hanya mendudi peringkat 31.

Untuk lagu I Finally Found Someone, Bryan Adms berduet dengan Barbra Streisand. Lagu ini dirilis tahun 1996 dan menjadi hit top ten terakhirnya di AS.

Sedangkan untuk lagu When You’re Gone, Bryan Adams berduet dengan Melanie C, lagu ini dirilis tahun 1998 dan berhasil menduduki urutan ke 5 hit internasional tertinggi.

Selama karir musiknya dari tahun 1999, Bryan Adams berhasil mengantongi 3 album berada di peringkat 1 di Kanada dan 3 album berada di peringkat 3 di Inggris, Jerman serta negara lainnya di Eropa.

Penghargaan yang telah diperoleh Bryan Adams antara lain :

- Masuk kedalam daftar artis top sepanjang masa di Billboard Hot 100 di urutan ke 48.

- Meraih 20 Juno Awards dan Grammy Award untuk penulisan lagu terbaik untuk media visual.

- Dilantik kedalam Hollywood Walk of Fame, Walk of Fame Kanada, Hall of Fame Penyiaran Kanada, Hall of Musik Kanada dan Hall of Fame Penulis lagu Kanada.

- Pada tahun 2002 menerima Queen’s Golden Jubilee Medal dan menerima Queen’s Diamond Jubilee Medal pada tahun 2012.

- Pada tahun 2010, menerima penghargaan Gubernur Jendral dalam Seni Pertunjukan – Prestasi Artistik Seumur Hidup atas konsrtibusinya selama 30 tahun di bidan seni.

- Pada tahun 2010, menerima penghargaan Kemanusiaan Allan Waters karena perannya dalam berbagai macam konser amal.

- Dianugerahi Beasiswa Kehormatan oleh Royal Photographic Soceity pada tahun 2015.

- Masuk nominasi untuk dilantik kedalam Songwriters Hall of Fame pada tahun 2023.

Bryan Adams menyukai band band seperti CCR dan Deep Purple dan mengikuti konser dari Led Zeppelin, T. Rex, Elton John dan Tina Turner.

Bryan Adams sudah menjadi vokalis band glam rock Sweeney Todd pada usia 15 tahun untuk menggantikan Nick Gilder. Album pertama band ini berjudul Roxy Roller.

Kemudian disusul dengan album kedua If Wishes Were Horses. Di album ini, Bryan Adams dijuluki sebagai Bryan Guy Adams.

Setelah Bryan Adams meninggalkan band ini maka melalui pertemuannya dengan Jim Vallance telah menjadi awal kerjasama yang baik sepanjang tahun 1980 an.

Mereka berdua bersama sama menulis lagu untuk Bryan Adams sendiri maupun untuk artis lain seperti Kiss, Tina Turner, Joe Cocker, Johnny Hollyday, Bonnie Raitt, Rod Stewart, Loverboy, Carly Simon dan Neil Diamond.

Sebuah lagu disco Let Me Take You Dancing berhasil masuk tangga lagu RPM Kadana pada tahun 1979 bersama dengan lagu Don’t Turn Me Away.

Album debut self title Adams berhasil mendapatkan sertifikasi gold di Kanada tahun 1986. Album ini menelurkan single Give Me Your Love, Remember dan Hidin’ from Love. Namun demikian, album ini tidak berhasil menduduki peringkat di Billboard Hot 100 AS.

Album Bryan Adams You Want It You Got It merupakan album keduanya yang dirilis tahun 1981. Lagu Lonely Nights berhasil menempati peringkat 1 di tangga lagu US Album Rock Tracks.

Perjalanan tur untuk album ini telah membuat album ini berhasil menyebar keseluruh Amerika Serikat. Untuk selanjutnya Bryan Adams menjadi tur pembuka untuk Kinks dan Foreigner.

Album Bryan Adams Cuts Like a Knife merupaakn album terobosan baru baginya yang dirilis tahun 1983.

Album ini menghasilkan single Straight from the Heart yang menduduki peringkat 10 di Billboard Hot 100, peringkat 20 di chart RPM Top 40 Kanada dan peringkat 1 di Canadian Adult Contemporary Chart.

Melalui Bonnie Tyler yang merilis album studio Faster Than the Speed of Night versinya pada tahun 1983. Album ini juga menempati peringkat 8 di chart album Billboard 200 dan mearih 3 kali platinum di Kanada, platinum di AS dan gold di Australia.

Hal ini, telah berhasil mendongkrak single Cuts Like a Knife menjadi peringkat 15 di Billboard Hot 100, peringkat 6 di US Album Rock Tracks Chart dan peringkat 12 di Canadian RPM Top 40 Chart.

Lagu ke 3 album ini, This Time telah berhasil menjadi single hit 30 besar di AS dan Kanada. Selain itu, 2 single terakhir album ini juga menembus Top 20 hits di Selandia Baru dan Staright From the Heart dan This Time mampu mencapai 50 besar di Inggris.

Single lainnya seperti Take Me Back, I’m Ready dan The Only One menduduki tangga lagu US Album Rock Tracks dan diputar secara terus menerus di radio rock Amerika Utara.

Album Bryan Adams Reckless yang dirilis tahun 1984 berhasil melejit di puncak Billboard 200, Canadian Album Chart, peringkat 2 di Australia serta peringkat 7 di Inggris.

6 single yang dihasilkan album ini, keenam lagu ini telah memposisikan di Top 15 Billboard Hot 100 AS.

Lagu lagu Bryan Adams dari album Reckless tersebut antara lain :

- Run to You mencapai urutan 6 di AS dan urutan 4 di Kanada

- Somebody mencapai urutan 1 di AS

- Heaven mencapai urutan 1 di AS dan urutan 11 di Kanada

- Summer of 69 mencapai urutan 5 di AS dan urutan 11 di Kanada dan meraih kesuksesan di Inggris, Belanda dan Belgia.

- One Night Love Affair mencapai urutan 7 di AS.

- It’s Only Love mencapai urutan 14 di AS, lagu ini dinyanyikan oleh Bryan Adams berduet dengan Tina Turner.

Album Reckless ini berhasil memperoleh sertifikasi diamons di Kanada, sertifikasi platinum sebanayak 5 kali di AS dan sertifikasi platinum sebanyak 3 kali di Inggris, dengan pencapaian penjualan hingga 12 juta kopi diseluruh dunia.

Selai itu, album ini juga berhasil memenangkan penghargaan Juno untuk album terbaik tahun ini pada tahun 1985.

Tears Are Not Enough merupakan single amal yang direkam tahun 1985 oleh Bryan Adams untuk pengumpulan dana dalam rangka membantu kelaparan tahun 1983-1985 di Ethiopia.

Lagu ini melejit di puncak tangga lagu Top 40 Kanada  dan meraih triple platinum dan dimasukkan kedalam album full-length We Are the World.

Untuk 2 lagu dari album solo keenam Daltrey Under a Raging Moon : Let Me Down Easy ini ditulis oleh Bryan Adams dan album ini dibuat untuk menghormati drummer The Who yang bernama Keith Moon yang sudah meninggal dunia pada tahun 1978.

Album Bryan Adams Into the Fire dirilis tahun 1987, album ini menelurkan lagu lagu hit Heat of the Night dan Hearts on Fire yang berhasil masuk 10 besar di Kanada dan AS.

Album kompilasi A Very Special Christmas ini Bryan Adams menyumbang single Run Rudolph Run pada tahun 1987. Album ini berhasil mendapatkan sertifikasi platinum sebanyak 4 kali dari RIAA dengan pencapaian penjualan sebanyak 4 juta kopi.

Selain itu, album ini menjadi albumNatal terlaris di Amerika Serikat dan berada dipisisi ke 19. Band Adams pada tahun 1988 menerima pemain keyboard yang bernama Tommy Mandel.

Untuk selanjutnya dia menjadi pengisi vokal latar untuk merekam ulang lagu hit Smoke On The Water dari band Deep Purple dalam rangka membantu korban gempa bumi Armenia tahun 1988.

Bryan Adams juga menjadi vokal latar pada album Dr. Feelgood Möntley CrĂĽe dan juga mengisi vokal latar untuk album Charlie Sexton Don’t Look Back.

Album live pertama Bryan Adams Live! Live! Live! Direkam langsung pada festival Rock Werchter di Werchter, Belgia pada tahun 1988.

Dalam sebuah melodi River Of Love hasil karya David Foster, Adams menambahkan trek vokal. Untuk selanjutnya, lagu Young Lust dan Empty Spaces milik Pink Floyd dibawakan oleh Adams yang diproduksi konser The Wall – Live in Berlin Roger Waters.

Lagu (Everything I Do) I Do It For You digunakan untuk soundtrack Robin Hood: Prince Of Thieves dan lagu ini direkam oleh Adams pada tahun 1991.

Lagu Nature Of The Beast semula akan diberikan ke Tina Turner, namun akhirnya direkam oleh The Law, lagu ini ditulis oleh Adams dan Vallance.

Album Bryan Adams Waking Up the Neighbours dirilis tahun 1991 dan lagu ini berhasil mencapai puncak tangga lagu  di seluruh dunia termasuk di Inggris, Kanada, Australia dan Jerman.

Selain itu, juga berhasil berada diurutan 6 di Billboard 200 dan merupakan album keduanya yang memperoleh sertifikasi diamond di Kanada dan sertifikasi platinum sebanyak 5 kali di AS dengan pencapaian penjualan hingga 16 juta kopi di seluruh dunia.

Album dari Kanada Waking Up the Neighbours ini menjadi album pertama milik orang Kanada yang mampu mencapai peringkat tertinggi tangga album di Inggris sejak album Harvest milik Neil Young tahun 1972.

Lagu lagu lainnya dari album ini seperti :

- Can’t Stop This Thing We Started peringkat 2 di AS dan peringkat 1 di Kanada

- Do I Have to Say the Words? Peringkat 11 di AS dan Inggris, peringkat 1 di Kanada

- Thought I’d Died and Gone to Heaven peringkat 8 di AS

- There Will Never Be Another Tonight peringkat 2 di Kanada

Album ini juga berhasil memenangkan Grammy Award untuk Lagu Terbaik yang ditulis untuk Film, Televisi atau Media Visual Lainnya pada tahun 1992.

Bryan Adams tour di Stadion Wembley menggandeng Little Angels dan Extreme sebagai pembuka telah menyedot penonton terbanyak dengan jumlah penonton sekitar 80 ribu di tur ini.

Single All for Love yang digunakan untuk soundtrack film The Three Musketeers, Bryan Adams berkolaborasi dengan Rod Stewart pada tahun 1993. Lagu ini berhasil melejit di peringkat 1 tangga lagu di seluruh dunia,

Album kompilasi So Far So Good telah mendapatkan sertifikasi platinum sebanyak 6 kali di AS, 3 kali sertifikasi platinum di Inggris, 6 kali sertifikasi platinum di Kanada dan 11 kali sertifikasi platinum di Australia.

Lagu Please Forgive Me  menduduki peringkat 2 di Inggris, peringkat 7 di AS dan menjadi salah satu lagu terpopuler urutan ke 10 di Australia pada tahun 1993.

Bryan Adams menjadi artis Barat pertama yang tampil di negara Vietnam setelah James Brown tampil disana pada taun 1971.

Salah satu lagu favoritnya Hound Dog dibawakan pada konser penghormatan Elvis Presley di Memphis pada tahun 1994.

Untuk selanjutnya, Adams membawakan lagu Please Forgive Me dan All for Love pada konser amal Pavaroti & Friends. Di konser ini menampilkan Luciano Pavarotti, Andrea Bocelli, Nancy Gustafson dan Giorgia Todrani.

Lagu Bryan Adams Have You Ever Raelly Loved a Woman berhasil menjadi lagu hit urutan 1 di AS, Kanada dan Australia. Selain itu, juga menjadi lagu hit 5 besar di Inggris dan Jerman.

Album Bryan Adams 18 til I Die menelurkan lagu The Only Thing That Looks Good on Me Is You, Let’s Make a Night to Remember dan You Ever Really Loved a Woman. Ke 3 lagu ini berada diperingkat 1 di Kanada.

Albu ini kurang sukses di AS tetapi mendapatkan sertifikasi platinum, di Australia berada di urutan 2 dan mendapatkan sertifikasi platinum sebanyak 3 kali, di Inggris berada di urutan 22 dan mendapatkan 2 kali sertifikasi platinum, di Kanada mendapatkan 3 kali sertifikasi platinum.

Lagu I Finally Found Someone dirilis tahun 1996 oleh Bryan Adams dan Barbra Streisand yang digunakan sebagai bagian dari soundtrackfilm The Mirror Has Two Faces. Lagu ini melejit di peringkat 8 di Billboard Hot 100.

Lagu Jean-Jacques Goldman Puisque tu pars dibuat ulang dengan lirik baru oleh Adams pada tahun 1997 dengan judul Let’s Talk About Love, lagu ini direkam oleh Celine Dion.

Bryan Adams Unplugged  dirilis tahun 1997 dan menelurkan single baru Back to You, A Litle Love dan When You Love Someone.

Untuk selanjutnya album Bryan Adams Cuts Like A Knife versi akustik telah berhasil menjadi album peringkat 10 di Jerman, sedangkan singlenya bertengger di 20 besar di Inggris.

Album Bran Adams On a Day Like Today dirilis tahun 1998 dan berhasil sukses secara internasional karena bertengger di 5 besar di Jerman dan Kanada serta memperoleh sertifikasi platinum di Inggris.

Album ini menelurkan lagu Cloud Number Nine dan When You’re Gone, kedua lagu ini bertengger di 10 besar Inggris.

Kumpulan dari lagu lagu terlengkap dirilis dengan judul The Best of Me dengan menyertakan 2 lagu baru The Best of Me dan Don’t Give Up.

Lagu Don’t Give Up bertengger di peringkat 1 di Inggris , sedangkan albumnya bertengger di 10 besar di Jerman serta mendapat sertifikasi platinum 3 kali di Kanada dan 1 kali di Inggris.

Selain itu, single ini menjadi single hit di beberapa negara kecuali di AS dan di tahun 2000, single ini mencapai peringkat 10 di Canadian Singles Chart.

Bryan Adams bersama dengan Elton John membawakan lagu Sad Songs (Say So Much) pada tahun 2000 yang dimasukka kedalam album live Elton John One Night Only – The Greatest Hits.

Bryan Adams juga berkonstribusi tampil di acara konser amal The Who & Apecial Guest: Live di Royah Hall dengan membawakan lagu Behind Blue Eyes dan See Me, Feel Me dengan Eddie Vedder.

Single Bryan Adams yang digunakan untuk soundtrack film paling sukses adalah Here I Am karena masuk kedalam 5 besar hit Inggris dan 20 Top Jerman.

Bryan Adams mengantongi 4 single peringkat 1, 10 hit tertinggi dan 17 hit Top 10 sehingga dia masuk di urutan 13 di chart ARC Weekly artis pop top selama 25 tahun terakhir pada tahun 2004.

Album Bryan Adams Room Service dirilis tahun 2004, album ini melejit dipuncak tangga lagu di Jerman dan Swiss, peringkat 4 di Inggris dan mencapai penjualan hingga 440 ribu kopi.

Open Road merupakan single dari album ini yang bertengger di peringkat 1 di Kanada dan peringkat 20 di Inggris..

Lagu gospel Never Gonna Break My Faith ditulis oleh Adams yang ditujukan buat Aretha Franklin. Lagu ini berhasil memenangkan Grammy Award pada tahun 2006.

Dua lagu yang digunakan untuk film Disney Bridge to Terabithia ditulis oleh Adams pada tahun 2007 dengan judul A Place for Us dan Another Layer.

Album Bryan Adams 11 dirilis di AS pada tahun 2008 dan menelurkan single pertama I Thought I’d Seen Everything. Tur akustik Eropa Bryan Adam dilakukan untuk mempromosikan album ini.

Album ini mencapai peringkat 1 di Kanada, peringkat 2 di Jerman dan peringkat 80 di AS. Dalam tur ke AS ini, Adams tampil bersama dengan Foreigner dan Rod Stewart.

One World, One Flame dirilis pada tahun 2010. Pada tahun yang sama dilanjutkan dengan merilis album akustik Bare Bones yang berisi 20 lagu, dalam rangka memperingati 30 tahun karir musiknya.

Bryan Adams dan Michael Bublé merilis After All pada tahun 2013, lagu ini ditulis oleh Adams dengan Alan Chang, Steven Sater dan Jim Vallance.

Album cover Bryan Adams Track of My Years dirilis untuk merayakan 30 tahun album Reckless. Album ini berisi lagu cover dan lagu asli yang ditulis oleh Bryan Adams dan Jim Vallance. Album ini berada diurutan 1 di chart album Kanada.

Di album yang bertajuk Get Up dirilis tahun 2015, album ini merupakan album pertama bagi Bryan Adams yang berisi materi baru hasil karya Bryan Adams dan Jim Vallance.

Album kompilasi Bryan Adams Ultimate dirilis tahun 2017, album ini menghasilkan 2 lagu baru Please Stay dan Ultimate Love. Untuk mempromosikan album ini, dia mengadakan the Ultimate tour ke Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, India, AS dan Kanada.

Selama Reputation Tour, Bryan Adams berduet dengan Taylor Swift dengan membawakan Summer of ’69.

Untuk selanjutnya album Bryan Adams Shine a Light dirilis tahun 2019, di album ini berkolaborasi dengan Ed Sheeran dan Jennifer Lopez. Album ini mencapai peringkat 1 di Canadian Albums Chart dan menjadi album ke 11 yang masuk 10 besar tangga lagu Kanada.

Selain itu, album ini berada di urutan ke 2 di UK Albums Charts dan menjadi album ke 10 nya yang masuk chart album Top 10 Inggris, peringkat 2 di Swiss, Austria dan Selandia Baru, peringkat 3 di Jerman.

Album ini juga mendapatkan sertifikasi gold di Kanada dan memenangkan penghargaan Juno untuk album kontemporer dewasa Terbaik pada tahu 2020.

Dalam peringatan ke 155 tahun berakhirnya perbudakan di AS maka Never Gonna Break My Faith versi solo dirilis oleh Aretha Franklin pada tahun 2020.

Bryan Adams merilis EP khusu untuk Natal yang berisi 5 lagu antara lain 1 lagu baru Joe and Mary, 3 lagu yang dirilis sebelumnya yaitu Christmas Time, Reggae Christmas, Merry Christmas dan 1 lagu interprestasi baru Must Be Santa.

Lagu Must Be Santa merupakan lagu Natal tahun 1960 an yang dibawakan oleh Bob Dylan. Untuk selanjutnya album The Christmas Present hasil karya Robbie Williams dirilis oleh Bryan Adam pada tahun 2019.

Di album ini, Bryan Adams berduet dengan Robbie Williams untuk lagu Christmas (Baby please Come Home.

Serangkaian konser Bryan Adams 2020 di Inggris setelah jeda cukup lama dari Shine a Light Tour akibat pandemi COVID-19 serta tejadi pembatalan tur Bryan Adams dan Bon Jovi tiketnya sudah terjual habis di AS.

Album Bryan Adams So Happy It Hurts dirilis tahun 2022, album ini masuk nominasi Grammy Awards 2023 untuk kategori untuk kategori Best Rock Performance.

Lagu Pretty Woman: The Musical versi baru dirilis Bryan Adams pada tahun 2022, untuk selanjutnya album Classic dirilis Bryan Adams pada tahun 2022 diikuti dengan Classic Pt II.

Gaya musik Bryan Adams bergenre musik rock dari hard rock dan arena rock sampai pop rock dan soft rock.

Dalam karir musiknya Bryan Adams banyak dipengaruhi oleh penyanyi Elvis Presley dan Bob Dylan dan ketika masih anak anak dipengaruhi oleh musik pop dan rock yang didengarkannya melalui radio.

Selain itu, permainan gitarnya dipengaruhi oleh gitaris seperti Jimmy Page, Eric Clapton, Mick Ronson, Jeff Beck, Peter Frampton serta Eddie Van Halen.

Artis yang menjadi artis favorit Bryan Adams antara lain Alice Cooper, Black Sabbath, Humble Pie, Bob Marley, Bob Seger, Chuck Berry, David Bowie, Jackie Wilson, Joe Cooker, John Lennon, Led Zeppelin, Leonard Cohen, Ray Charles, Sam Cooke, The Beatles, The Who, The Beach Boys, The Rolling Stones serta Van Morrison.

Bryan Adams juga memiliki band pendukung ketika tampil live maupun di studio, bandnya dikenal dengan nama The Dudes of Leisure atau Bryan Adams band. Dia mulai bersolo karir sejak tahun 1979.

Dalam band ini Bryan Adams berperan sebagai penyanyi, gitar ritme, serta anggota personil lainnya sebagai anggota tetap band ini sampai akhir tahun 1990 an, antara lain bernama Keith Scott sebagai gitaris, Mickey Curry sebagai drummer dan Dave Taylor sebagai Bassist.

Sedangkan musisi musisi yang bergabung band ini sebagai anggota tidak tetap antara lain :

- Tommy Mandel sebagai pemain keyboard bergabung dengan band ini dari tahun 1980 hingga tahun 1981.

- John Hanaha sebagai pemain keyboard dari tahun 1981 hingga tahun 1988.

- Jimmy Wesley sebagai drummer dari tahun 1981 hingga tahun 1983.

- Frankie LaRocka dari tahun 1983 hingga tahun 1985, Pat Steward dari tahun 1985 hingga tahun 1987 dan Danny Cummings dari tahun 1996 hingga tahun 1998.

- Selanjutnya dari tahun 1999 hingga tahun 2001, anggota personilnya terdiri dari Scott sebagi pemain gitar, Curry dan Bryan Adams sebagai pemain bass. Pada tahun 2002, Norm Fisher sebagai pemain bass dan Gary Breit sebagai keyboardist.

- Untuk selanjutnya para musisi sesi yang menjadi pengiring konser bass secara bergantian sejak tahun 2016, antara lain Mark Wilson, Richard Jones, Phil Thornalley dan Solomon Walker.

Album Bryan Adams antara lain :

- Bryan Adams dirilis tahun 1980

- You Want It You Got It dirilis tahun 1981

- Cut’s Like A Knife dirilis tahun 1983

- Reckless dirilis tahun 1984

- Into the Fire dirilis tahun 1987

- Walking Up the Neighbours dirilis tahun 1991

- 18 til I Die dirilis tahun 1996

- On a Day Like Today dirilis tahun 1998

- Spirit Stallion of the Cimarron dirilis tahun 2002

- Room Service dirilis tahun 2004

- 11 dirilis tahun 2008

- Tracks of My Years dirilis tahun 2014

- Get Up dirilis tahun 2015

- Shine a Light dirilis tahun 2019

- So Happy It Hurts dirilis tahun 2022

- Pretty Woman: The Musical dirilis tahun 2022
 
Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BRYAN ADAMS, PENYANYI ROCK ASAL KANADA SUKSES SECARA INTERNASIONAL, semoga bermanfaat dan dapat di share kepada teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar