CCR, Grup Musik Rock Populer Tahun 1960 an

(dok.adioslong.com)

CCR, Grup Musik Rock Populer Tahun 1960 an

CCR ADALAH SINGKATAN DARI CREEDENCE CLEAR WATER REVIVAL, MERUPAKAN SALAH SATU GRUP BAND ROCK  ASAL AMERIKA SERIKAT YANG TERKENAL SEKITAR TAHUN 1960 AN DAN AWAL TAHUN 1970 AN.

Sekilas Tentang Grup Band CCR
Grup band rock ini dibentuk sejak tahun 1967 tepatnya di bulan Desember , dengan vokalis utamanya yang bernama John Fogerty.
Personil CCR terdiri dari 4 orang yaitu :
- John Fogerty sebagai vokalis dan lead gitar
- Tom Fogerty sebagai gitaris
- Doug Clifford sebagai instrumen musik perkusi, drummer
- Stu Cook sebagai bass
Grup musik CCR  ini irama musiknya bergenre roots rock, swamp rock, blues rock dan hard rock.

Semua anggota kelompok personil ini ternyata sudah bermain bersama sejak tahun 1959, tetapi meraka mulai aktif di grup musik CCR sejak tahun 1967 dan terus bersama sampai akhirnya grup ini bubar pada bulan Juli 1972.

CCR merupakan grup musik yang paling sukses di Amerika Serikat, dalam perjalanan karir musiknya grup musik ini membuat musik pop San Francisco dengan lirik tentang bayous, catfish dan sungai mississipi serta mempunyai gaya rock yang menyerukan unsur-unsur yang masih hangat di bagian Selatan Amerika karena liriknya berisi kritikan untuk perbaikan, politik, sosial termasuk juga mengenai perang vietnam.

Karena dalam setiap karya dan penampilannya, CCR yakin bahwa musik yang mereka buat selalu berbeda dengan grup musik dari grup band lain, dan kalau kita cermati secara seksama akan terlihat bahwa musik hasil karya CCR dapat membuat semangat bagi perkembangan musik di Amerika Serikat.

Album Yang Berhasil Dirilis
Sejak berkarir musik melalui CCR, kelompok musik rock ini sudah banyak menelurkan album-album dan juga telah meraih prestasi musik dan penghargaan dari tahun 1968 sampai dengan tahun 1993, diantaranya adalah :

Pada tahun 1968 dengan album pertamanya berjudul Creedence Clearwater, dengan single pertamanya berjudul Susie Q dan I Put a Spell on You Walk on the water. Album ini dirilis pada bulan Juni dan berhasil mendapatkan First Gold Record, karena penjualan albumnya mampu menghasilkan lebih dari $ 1 juta.

Pada tahun 1969 telah mendapatkan berbagai penghargaan diantaranya adalah 
- Pada Album keduanya berjudul Bayon Country, mampu terjual lebih dari 1 juta copy dan berhasil mendapatkan  First Platinum Record Award dan merilis single gold pertama dengan lagu berjudul Proud Mary atau Born on the bayon.
- Single gold ke 2 dirilis bulan April dengan judul Bad moon atau Commotion.
- Single gold ke 3 dirilis bulan Juli dengan judul Green rivers atau Commotion.
- Album ke 3 dirilis bulan Agustus berjudul Green river, berhasil mendapatkan Platinum Reward Award.
- Single gold ke 4 dirilis bulan Oktober berjudul Down on the corner atau fortunate son.
- Album ke 4 dirilis bulan November berjudul Willy and the poorboys, berhasil mendapatkan Platinum Reword Award yang ke 3 kalinya.
- Berhasil mendapatkan Top single award pada tahun 1969 dan menurut Billboard berhasil menjadi Trendstter award, dan Best American Band di majalah Rolling Stone.

Pada tahun 1970, juga mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya adalah 
- Gold single ke 5 dirilis pada bulan Januari dengan judul Travelin band atau Who'll stop the rain.
- Tour pertamanya ke Eropa, menjadi kan gold single ke 6 yang berjudul Up around the bend atau Run throught the jungle dan berhasil menjadi populer di surat kabar dan publik Eropa.
- Bulan Juli merilis album ke 3 yang berjudul"Cosmo's factor, album ini mampu terjual mencapai 3 juta copy dan berhasil mendapatkan Platinum Record Award yang  ke 5 kalinya.
- Di bulan ini juga merilis single gold ke 6 yang berjudul Lookin out my back atau long as I can see the light.
- Merilis album yang ke 6 pada bulan Desember dengan judul Pendulum.

Pada tahun 1971, penghargaan yang berhasil diraih adalah
- Merilis single gold yang  ke 8 dengan judul Have you ever seen the rain atau Hay tonight.
- Pada bulan Februari, Tom Fogerty meninggalkan CCR untuk bersolo karier dan padabulan Juli merilis single yang ke 9 dengan judul Sweet Hitch Hiker atau Door to door, pada bulan ini CCR juga mengadakan tour ke US.

Pada tahun 1972, kegiatan grup band CCR adalah 
- Bulan Februari melakukan tour ke Australia dan Jepang.
- Bulan Maret, CCR merilis single terakhir yang berjudul Someday never cames atau Tearis up the country.
- Sampai akhirnya grup band CCR ini bubar pada bulan Juli 1972.

Di Amerika Serikat sendiri, album CCR mampu terjual sampai 26 juta copy dan pada tahun 1993 telah menempatkan CCR sebagai Rock & Roll Half of Fame. Dan benduduki urutan ke 82 dari 100 artis terbesar sepanjang masa, karena CCR mampu mempengaruhi berbagai macam genre musik termasuk souterm rock, grunge, roots rock dan blues.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang CCR, GRUP MUSIK ROCK YANG BERASAL DARI AMERIKA SERIKAT, POPULER TAHUN 1960 AN, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar