Bob Marley, Penyanyi Jamaika Terkenal Dengan Lagu No Woman No Cry

Gambar Bob Marley, dia adalah musisi, pencipta lagu reggae asal Jamaika yang paling dikenal di seluruh dunia dalam musik reggae
(dok.youtube.com)

Bob Marley, Penyanyi Reggae Asal Jamaika Terkenal Dengan Lagu No Woman No Cry

BOB MARLEY ADALAH SEORANG PENYANYI REGGAE DARI JAMAIKA YANG DIAKUI PERANNYA SEBAGAI SEORANG YANG TELAH BERHASIL MEMPOPULERKAN DAN MENYEBARKAN MUSIK REGGAE, TERKENAL DENGAN LAGU LAGU REGGAE YANG BERJUDUL "NO WOMAN NO CRY", "ONE LOVE" DAN "GET UP STAND UP".

Sekilas Tentang Bob Marley

Bob Marley mempunyai nama asli Nesta Robert Marley, tetapi lebih terkenal dengan nama Bob Marley. Lahir di Nire Mile Cairst Ann, Jamaika, pada tanggal 6 Februari 1945. Dia mempunyai seorang istri yang bernama Rita Marley yang dinikahi oleh Bob Marley pada Februari 1966.

Bob Marley aktif didunia musik sejak tahun 1962 sampai dengan tahun 1981, arah musiknya bergenre musik reggae, ska dan rocksteady. Bob Marley selain berkarir sebagai penyanyi, dia juga berkarir sebagai penulis lagu, musikus, gitaris dan aktivis.

Dia mengawali karir musiknya di grup musik yang bernama The Wailers, yang dibentuk pada tahun 1963 bersama-sama dengan Peter Tosh dan Bunny Living.

Pada tahun 1976, Bob Marley pindah ke Inggris, dan sejak pindah ke Inggris maka kreatifitas musik Bob Marley semakin berkembang sehingga dia berhasil merilis album yang berjudul "Exodus". Album Exodus ini berhasil menduduki tangga lagu di British Charts selama 56 minggu, kemudian diikuti juga dengan album "KAYA" yang berhasil membawa musik regae masuk ke dunia Barat.

Pada tahun 1978, Bob Marley lembali lagi ke Jamaika karena dia terkena penyakit kanker kulit, namun demikian pada tahun 1979 dia masih berhasil merilis album "Survival" yang diikuti dengan sukses turnya keliling Eropa.

Bob Marley meninggal pada tanggal 11 Mei 1981 di Miami, Florida, Amerika Serikat, disebabkan oleh penyakit kanker kulit yang dideritanya yang sudah menyebar ke otak, paru-paru dan lambungnya. 

Penyanyi raggae ini menghembuskan nafasnya yang terakhir, di Miami Hospital pada usia 36 tahun dengan meninggalkan 1 orang istri dan 5 orang anak. Pada saat itu, dunia sangat kehilangan sosok penyanyi yang telah  mempopulerkan musik reggae tersebut.

Sebelumnya, penyakit yang diderita Bob Marley tidak pernah dipublikasikan, meskipun sebenarnya penyakit tersebut sudah dideritanya sejak tahun 1977.  Bob Marley sebetulnya akan tampil di 2 pertunjukan di Medison Square Garden dalam rangka mengumpukan warga kulit hitam yang berada di Amerika Serikat. 

Namun pada tanggal 21 September 1980, ketika masih melakukan jogging di NYC's Central Park, Bob Marley pingsan dan langsung dilarikan ke Miami Hospital tetapi nyawanya tidak dapat tertolong dan dia meninggal dunia.

Bob Marley dengan rambut gimbalnya menjadi ciri khas dari musik reggae itu sendiri dengan warna khas kuning, merah dan hijau menjadi warna khas dari musik reggae. Bob Marley diakui dunia sebagai orang yang berhasil menyebarkan dan mempopulerkan musik Jamaika dan gerakan Rastafari ke seluruh dunia.

Pada tahun 2016 telah diselenggarakan Bob Marley tribute concert 2016 di Meghalaya yaitu suatu konser yang bertajuk musik reggae.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BOB MARLEY, PENYANYI JAMAIKA TERKENAL DENGAN DENGAN LAGU NO WOMAN NO CRY, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar