UB40 Terkenal Dengan Kingston Town Dan Penampilan Reggae Terbaik

UB40, kelompok musik reggae yang dibentuk tahun 1978 di Birmingham
(dok.8notes.com)

UB40 Terkenal Dengan Kingston Town Penampilan Reggae Terbaik

UB40 ADALAH KELOMPOK MUSIK REGGAE YANG BERASAL DARI NEGARA INGGRIS TERKENAL DENGAN LAGU REGGAE YANG BERJUDUL "KINGSTON TOWN".

Sekilas Tentang Grup Band UB40

Grup Band ub40 ini dibentuk sejak tahun 1978 di Birmingham, Britania Raya, Inggris oleh Ali Campbell dan Brian Travers. dengan beberapa anggota personilnya bernama :
- Jimmy Brown, Robin Campbell, Earl Falconer, Norman Hassan, Brian Travers, Lawrence Parry, Tony Mullins.

Mantan anggota personil ub40 adalah :

- Ali Campbell, Terence Wilson, Mickey Virtue
Ali Campbell (1978 - 2008) dan Ducan Campbell (sejak 2008) merupakan vokalis utama  grup band UB40, arah musiknya selain bergenre reggae juga bergenre pop, dub dan ska.

Pemberian nama ub40 diambil dari nama formulir untuk orang tuna karya yaitu Unemployyment Benefit, form 40 sehingga disingkat dengan ub40. Grup band ini dibentuk oleh Ali Campbell dan Brian Travers, Usaha yang dilakukan keduanya untuk memperkenalkan grup band ub40 adalah dengan berkeliling di kota Birmingham sambil menempelkan poster ub40 disetiap tempat  yang mereka lewati.

Pada awal pembentukan grup band ub40 ini, mereka membeli peralatan musiknya dengan harga £ 4000, uang tersebut diperoleh dari hasil kompensasi Campbell setelah mengikuti perkelahian di bar dalam pesta ulang tahunnya yang ke 17.

Konser pertama ub40 diadakan di The Hare & Hounds Pub, King Health pada saat acara pesta ulang tahun teman mereka, pada tanggal 9 Februari 1978, dan UB40 mulai terkenal sejak penampilannya pada saat diundang oleh Chrissie Hynde dimana UB40 menjadi grup band pembuka The Pretenders.

Single pertama yang berjudul "King/ Food for throught" dari album yang berjudul "Signing Off", berhasil menduduki peringkat ke 4 selama 72 minggu di UK Single Chart. Kemudian pada tahun 1983 album "Labour Of Love" sukses juga di Amerika Serikat, album ini berhasil menduduki peringkat pertama di UK dan peringkat ke 8 di Billboard top 200.

Single yang terlaris dari ub40 adalah single yang berjudul (I can't help) in love with you yaitu cover lagu Elvis Presley yang dimasukkan dalam sountreck film "Silver", single ini berhasil menduduki peringkat pertama di Eropa dan Amerika Serikat.

Perhargaan yang berhasil diperoleh ub40 adalah :

- NME untuk artis baru terbaik dan NME untuk penampilan reggae terbaik

Lagu-lagu terbaik dari grup musik reggae ub40 merupakan album The Best, semua lagu-lagunya enak untuk dinikmat.  

Lagu lagu reggae hit terbaik tersebut adalah :

- Breakfast in bed
- Where did I go wrong?
- I would do for you
- Homely girl
- Here I am (come and take me)
- Kingston town
- Wear you to the ball
- Can't help falling in love
- Higher ground
- Bring me your cup
- c'est la vie
- Reggae music
- Superstition
- Until my dying day

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang UB40 TERKENAL DENGAN KINGSTON TOWN DAN PENAMPILAN REGGAE TERBAIK, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar