Kapan Kelahiran Dari Musik Reggae??

(dok.hiburankitaa.blogspot ..)

Kapan Kelahiran Dari Musik Reggae??


MUSIK REGGAE MULAI TERBENTUK SEJAK TAHUN 1968, KARENA PADA SAAT ITU TERJADI PERUBAHAN SELERA MUSIK MASYARAKAT JAMAIKA DARI SKA DAN ROCK STEADY MENJADI BERALIH KE MUSIK REGGAE.

Sekilas Asal Mula Musik Reggae
Musik Raggae mulai digemari oleh kaum muda dan masyarakat Jamika kemudian menjadi populer sekitar tahun 1960 an, kemungkinan penyebab musik reggae menjadi digemari karena musik reggae mempunyai tempo irama yang lebih lambat dan tidak terlalu hingar bingar, apabila dibandingkan dengan musik ska dan rock steady, sehingga musik reggae sangat cocok dengan kondisi masyarakat Jamaika yang pada saat itu sedang mengalami kondisi sosial dan ekonominya yang masih penuh dengan tekanan. Paling tidak dengan hadirnya musik reggae ini dapat membuat perasaan mereka menjadi sedikit lebih rilek dan dapat mengurangi perasaan tertekan dari masyarakat Jamaika dan kaum mudanya.

Dapat dibaca artikel  lain tentang : BOB MARLEY, TERKENAL DENGAN LAGU NO WOMAN NO CRY

Kata "Reggae" berasal  dari logat bicara masyarakat Afrika yaitu "Ragged", yang mempuntai arti gerakan dan hentakan orang menari yang diiringi dengan musik ska atau biasa orang menyebutnya dengan reggae.

Irama musik reggae banyak dipengaruhi oleh elemen-elemen musik seperti R&B (musik ini lahir di New Orleans), Soul, Rock, ritmik afro caribian (seperti calipso, merengue, rhumbia) dan musik rakyat Jamaika yang diberi nama mento. Musik mento sangat kaya dengan irama dari daerah Afrika.

Dalam memainkan alat musiknya para musisi musik reggae banyak mencontoh gaya dan tehnik permainan musik dari musisi ska dan rock steady, tetapi dengan tempo irama yang lebih lambat serta lebih menonjolkan dentuman bass dan rhytm gitarnya dan biasanya vokalisnya mempunyai karakter suara yang lebih berat dengan jenis lagu dan liriknya seperti pepujian (chart).

Musik reggae melejit dengan cepat dan dapat keluar dari negara asalnya Jamaika serta dapat menjadi terkenal di dunia,  setelah pada tahun 1972 berhasil diluncurkan album yang berjudul "Catch a fire" oleh Bob Marley and The Wailers. Kondisi ini didukung pula oleh film yang berjudul "The Harder They Come" yang dimaikan oleh musisi Eric Clapton, Paul Simon, Lee "Scratch" Perry dan UB 40, sehingga kepopuleran reggae menjadi bertambah lagi di Amerika Serikat.

Demikian sekilas mengenai asal mula dan pengertian dari musik reggae, dimana musik tersebut mulai dikenal oleh dunia musik sekitar tahun 1960 an tersebut.

Silahkan baca artikel tentang : UB 40 TERKENAL DENGAN PENAMPILAN REGGAE TERBAIK

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan sudah membaca tentang artikel KAPAN KELAHIRAN DARI MUSIK REGGAE??, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar