Black Sabbath, Pelopor Musik Heavy Metal Terkenal Dengan Paranoid, Black Sabbath

Black Sabbath, kelompok musik asal Inggris sebagai pendiri aliran musik heavy metal

Black Sabbath logo

Black Sabbath, Pelopor Musik Heavy Metal Terkenal Dengan Paranoid Dan Black Sabbath

BLACK SABBATH MERUPAKAN KELOMPOK MUSIK YANG BERASAL DARI INGGRIS,   DIANGGAP SEBAGAI PELOPOR MUSIK HEAVY METAL YANG TERKENAL DENGAN ALBUM "PARANOID" DAN "BLACK SABBATH".

Sekilas Tentang Black Sabbath

Black Sabbath adalah kelompok musik yang berasal dari Aston, Britania, Inggris, dibentuk pada tahun 1968 oleh Ozzy Osbourne sebagai  vokalis,  Tony Lommi sebagai gitaris, Geezer Butle sebagai bass dan Billward sebagai drummer. Kelompok musik ini aliran musiknya  cenderung bergenre heavy metal.

Pada awal dibentuknya grup band ini beraliran blues rock, lirik lagunya terinspirasi oleh hal-hal gaib yang bernuansa horor, ketidak stabilan sosial, korupsi, politik, bahaya penggunaan obat-obatan terlarang dan perang yang menakutkan serta penggunaan gitarnya  dibuat nada down.

Pemberian nama "Black Sabbath", bermula dari suatu kejadian pada tahun 1963, pada saat mereka latihan, diseberang jalan tempat latihan tersebut ada sebuah bioskop yang sedang memutar film horor yang berjudul "Black Sabbath" yang dibintangi oleh Borris Karlos. Disitu Greezer Butler mencatat suatu hal yang aneh, karena orang mau membayar mahal hanya untuk melihat film yang menakutkan.

Sehingga Ozzy Osbourne dan Greezer Butler terinspirasi untuk membuat lagu yang berjudul "Black Sabbath" dan akhirnya pada tahun 1969, "Black Sabbath" dijadikan sebagai nama grup bandnya.

Pada tahun 1979 terjadi pemecatan Ozzy Osbourne, karena Ozzy terjerat oleh narkoba dan alkohol, tempatnya digantikan oleh Ronnie James Dio yang merupakan mantan vokalis grup band "Rainbow". Pergantian dari personil di grup band ini sering dilakukan dari tahun 1980 - 1990, termasuk juga  vokalis Ian Gillan, Glenn Hughes, Tony Martin serta beberapa drummer dan pemain bass yang keluar dari Black Sabbath.

Pada tahun 1992, Tony Lommi, Greezer Butler, James Dio dan Vinny Appic kembali bergabung lagi dengan Black Sabbath untuk merekam album "Dehumanizer", kemudian tahun 1997 diikuti oleh Ozzy Osbourne yang mulai bergabung lagi, sehingga berhasil merilis album live "Reunion"

Black Sabbath dianggap sebagai pelopor heavy metal karena telah berhasil  merilis Black Sabbath album populernya seperti :

"Black Sabbath", dirilis tahun 1970 berhasil meraih ranking ke 8 album Chart di Inggris dan merupakan album tersukses secara komersial. 

Kemudian dilanjutkan dengan album "Paranoid", dimana album Paranoid Black Sabbath ini menurut MTV berhasil masuk peringkat dan menjadi Greatest Metal Band sepanjang masa, dan masuk peringkat 2 untuk VH1'S 100 Greatest Artist Of Hard Rock di majalah Rolling Stones, serta masuk 10 besar Master of reality di Inggris dan Amerika, dan bersertifikat emas.

Grup band Black Sabbath juga berhasil masuk peringkat ke 85 di 100 Greatest Artist Of All Time, karena telah berhasil menjual lebih dari 70 juta kopi di seluruh dunia, 

Pada tahun 2005, grup band ini telah ditetapkan sebagai "Music Hall Of Fame", setahun kemudian tepatnya tahun 2006 berhasil menjadi "Rock And Roll Hall Of Fame", dan berhasil memenangkan Grammy Award untuk "Best Metal Performance".

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BLACK SABBATH, PELOPOR MUSIK HEAVY METAL TERKENAL DENGAN  PARANOID, BLACK SABBATH, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari Wikipedia)

0 komentar