Yes, Grup Band Progresif Rock Terkenal Dengan Owner Of A Lonely Heart

Yes, kelompok musik progresif rock yang paling terkenal di dunia dan dibentuk tahun 1968 di Inggris.

Yes, Grup Band Progresif Rock Terkenal dengan Owner Of A Lonely Heart

YES MERUPAKAN GRUP BAND PROGRESIF ROCK YANG PALING TERKENAL DIDUNIA, DENGAN LAGU HIT YANG BERJUDUL "OWNER OF A LONELY HEART.

Sekilas Tentang  Kelompok Musik Yes

Grup band ini dibentuk pada tahun 1968 di London, Britania Raya, Inggris, dibentuk oleh Jon Anderson, Chris Squire, Peter Banks, Tony Kaye dan Bill Bruford.

Album pertama dari Yes adalah "Swanama", album ini berisi komposisi original dan versi cover dari artis lain.

Cover yang terbaik adalah cover dari lagu "Every little thing" dari The Beatles, Yes telah melakukan perubahan sedemikian rupa sehingga sangat berbeda dengan lagu aslinya, karena ditambah dengan intro yang rumit dan jumming ditengah lagunya.

Album "Survival" menjadi album yang memperkenalkan karakter dari grup band Yes untuk era kedepannya, karena Yes melakukan perubahan pada aransmennya yang lebih menonjolkan kemampuan dari masing-masing anggota personilnya.

Yes juga mempunyai album yang banyak dipengaruhi oleh berbagai aliran musik seperti country, klasik dan blues, yaitu album yang berjudul "Time and a word" dengan lagu yang dihasilkan adalah  "Every days".

"Starship Trosper" merupakan lagu wajib yang sering digunakan oleh grup band ini untuk menutup setiap konser yang dilakukan,  bahkan lagu bagian terakhir yang berjudul "Wurn" menjadi ajang solo gitar dan keyboard yang dimainkan dengan saling berbalas.

Grup band Yes sering mengalami pergantian anggota personilnya, sehingga sudah ada 14 orang yang tercatat sebagai anggota dan mantan dari anggota grup band ini. Dari sekian banyak anggota personil yang berganti-ganti tadi, Rick Wakeman adalah anggota yang paling sering keluar masuk ke grup band Yes.

"Close to the edge" merupakan album terbaik dari Yes, karena album ini dianggap cukup kontrovesial  karena berdurasi yang tidak wajar, pada umumnya lagu hanya berdurasi 5' saja sedangkan album Yes ini berdurasi 18'50, menghasilkan lagu "I You and I" berdurasi 10'09 dan "Siberian Khatru" berdurasi 18'53.

Album "90125" merupakan album paling laris dari Yes yang dianggap sebagai kelompok musik progresif rock, dengan menghasilkan single hits "Owner of a lonely heart", tetapi para fans Yes tidak suka karena mereka merasa terabaikan oleh Yes yang tidak lagi  merilis lagu-lagu epik yang telah dilakukan oleh  Yes pada masa 1970 an.

Rekaman yang akan dilakukan di album "Generator", terasa sulit bagi Yes karena para anggotanya saling mengalami perselisihan sehingga Yes gagal mempertahankan momentum kesuksesan yang diraih oleh album "90125", pada saat itu Yes sudah hampir terlupakan oleh fansnya sejak 3 tahun diluncurkannya album Great Genator ini.

Grup band Yes ini merupakan grup band yang paling kreatif, karena sejak tahun 1970 telah menghasilkan 10 lagu top hit diantaranya :

- America - single 1971
- Heart of the sunrise - Fragile 1971
- The gates of delirium - Relayer 1974
- I you and I - Close to the edge 1972
- Long distance runaround - Fragile 1971
- Starship trooper - The Yes 1971
- Close to the edge - Close the to edge 1972
- I've seen all good people - The Yes 1971
- Roundabout - Fragile 1971
- Time and a word - Time and a word 1970.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang YES, GRUP BAND PROGRESIF ROCK TERKENAL DENGAN OWNER OF A LONELY HEART, semoga bermanfaat dan menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar