Joe Cocker, Penyanyi Rock Terkenal Setelah Mengaransemen Ulang Lagu The Beatles


Joe Cocker, penyanyi asal Inggris yang terkenal di era 60an

Joe Cocker populer setelah menampilkan lagu The Beatles

Joe Cocker merupakan penyanyi berkebangsaan Inggris yang dikenal memiliki jenis suara grifty serta gerakan tubuh yang spasmodik ketika membawakan lagu dari The Beatles With a Little Help from My Friends. 

Penyanyi Inggris yang memiliki suara gritty, blues ini, memiliki ciri khas penampilan panggung yang dinamis dan gerakan tubuh yang ekspresif. Lagu Joe Cocker yang paling populer adalah Feelin’ Alright? dan Unchain My Heart.

Selama karir musiknya selama 43 tahun, Joe Cocker berhasil merilis album studio sebanyak 22 album. 

Ulasan tentang karir musik Joe Cocker

Dia mempunyai nama asli John Robert Cocker tetapi lebih dikenal dengan nama Joe Cocker, lahir pada tanggal 20 Mei 1944 di Sheffield,West Riding of Yorkshire, Inggris, Britania Raya. 
 
Dia anak terakhir dari Harold Cocker dan Madge Cocker Nee Lee.  Selain sebagai penyanyi dia juga sebagai seorang musisi, yang aktif didunia musik sejak tahun 1961 sampai dia meninggal dunia pada tanggal 22 Desember 2014 di Crawford, Colorado, Amerika.  
 
Arah musiknya bergenre blues, rock, blues rock, blue-eyed soul dan alat musik yang sering digunakan adalah harmonika.

Warna musiknya banyak terpengaruh oleh Ray Charles dan Lonnie, dia sudah mulai bernyanyi sejak usia 12 tahun dan tampil pertama kalinya ketika kakaknya yang bernama Victor mengundangnya untuk menyanyi dipanggung pada saat tampilnya kelompok Skiffle.

Penyanyi berkebangsaan Inggris ini mulai terkenal setelah menyanyikan lagu utama dari grup musik terkenal The Beatles dengan judul "With a little help from my friends" dengan menata ulang aransementnya, lagu ini mencapai puncak tangga lagu Inggris pada tahun 1968. 

Sehingga pada tahun 1969 dia bisa tampil di Woodstock dan mendapat kesempatan diundang di The party at the palace untuk Golden Jubill of Elizabeth II pada tahun 2002. 
 
Setelah tampil di Woodstock, Joe Cocker merilis album ke 2 berjudul "Joe Cocker!", album ini menghasilkan lagu berjudul "She came in through the bathroom window" dan "Something".
 
Melalui ke 2 lagu yang dinyanyikan oleh Paul Mc Cartney dan George Harrison berhasil sukses mencapai urutan ke 11 tangga lagu AS. Sedangkan lagu "Delta lady" masuk urutan ke 2 UK hit yang dinyanyikan oleh Leon Russel.

Sejak tahun 1960, Joe Cocker sudah berganti-ganti menjadi anggota kelompok musik, dari Vance Arnold, Grease band sampai akhirnya membentuk grup band yang bernama Mad Gogs & English Men. 
 
Joe Cocker mempunyai arah musik yang mulai berevolusi, dari semula rock menjadi blues dan dia berhasil menerima kritikan positip atas perubahan arah musiknya tadi.

"Cry me a river" dan "Feelin alright" melalui Dave Mason menduduki entri grafik di AS, sedangkan "The Letter" berhasil menjadi hit pertama di US Top ten. Tahun 1971 merilis "High time we went" berhasil mencapai urutan 22 di US Billboard hot 100.

Joe Cocker mendapat julukan "The mad dog", setelah terjadi penangkapannya dan 6 anggota kelompok musiknya di Adelaede pada saat tur di Australia. Hal ini,  karena kepemilikan ganja dan Joe Cocker diberi waktu 48 jam untuk meninggalkan negara tersebut. 
 
Oleh sebab itu, banyak penggemarnya yang protes atas penangkapan Joe Cocker dan  pada saat itu terjadi perdebatan tentang penggunaan dan legalisasi ganja di Australia.

Akhirnya Joe Cocker tenggelam dalam depresi  dan mulai menggunakan heroin dan minum minuman keras, tetapi untunglah dia mulai bangkit lagi dan berusaha melepas ketergantungan heroinnya, sehingga dia bisa kembali lagi kestudio untuk rekaman tetapi hasilnya tidak menggembirakan.

Tahun 1982, Joe Cocker berduet dengan Jennifer Warnes untuk sountrack film an officer and gentleman dengan lagu "Up where we belong", 
 
lagu ini berhasil menjadi hit internasional dan menduduki urutan pertama di Billboard hot 100 dan memenangkan Grammy Award untuk best performance untuk duo pop.

Lagu "You are so beautiful" berhasil meraih urutan ke 5 di AS dan dia juga berduet dengan Jenifer Warner dengan lagu "Up Where we belong", melalui lagu ini dia berhasil masuk nominasi Brit Award untuk Best British Male dan tahun 2007 berhasil mendapatkan perunggu.

Lagu-lagu Joe Cocker yang masuk 10 top hit diantaranya adalah :

1. Delta Lady - album Joe Cocker (1969)
2. Unchain my heart - album Unchain my heart (1987)
3. When the night comes - album One night of sin (1989)
4. She came in through the bathroom window -  album Joe Cocker (1969)
5. You can leave your hat on - album Cocker (1986)
6. You are so beautiful - album I can stand a little rain (1974)
7. Don't let me be misunderstood - album With a little help from my friends (1969)
8. The letter - album mad dogs and englishmen (1970)
9. With a little help from my friends - album With a little help from my friends (1968)
10. Felin' alright - album With a little help from my friends (1968).

Demikian 10 lagu top hit atau hit the top yang dapat dijadikan referensi buat penggemar lagu lagu lama, untuk dapat dicari dan  dinikmati.

Album pertama Joe Cocker menampilkan rekaman With a Little Help from My Friends milik The Beatles. Lagu ini melejit di puncak di Inggris pada tahun 1968 sehingga lagu ini menjadi lagu wajib di setiap penampilan livenya.

Album keduanya juga sukses karena kembali menampilkan lagu The Beatles She Came in Through the Bathroom Wondow.

2 album live Mad Gogs & Englishmen dihasilkan dari tur AS Joe Cocker tahun 1970 dengan menggandengan band all-star.

Untuk selanjutnya, lagu You Are So Beautiful tahun 1974 berhasil menduduki peringkat 5 di AS  sehingga menjadi lagu khas Joe Cocker.

Sedangkan lagu Up Where We Belong menjadi lagu terlaris yang menduduki peringkat 1 AS. Lagu ini dinyanyikan berduet Joe Cocker dengan Jennifer Warnes dan berhasil memenangkan Grammy Award 1983.

Dia masuk niminasi dalam penghargaan Brit tahun 1993 untuk Pria Inggris Terbaik. Pada tahun 2007 mendapat plakat perunggu Shelffield Legens di tempat kelahirannya dan dianugerahi OBE pada tahun 2008.

Ray Charles dan Lonnie Donegan merupakan artis yang mempengaruhi musik Joe Cocker ketika dia masih dalam bertumbuh. Pengalaman pertama Joe Cocker tampil disepan umum, ketika berusia 12 tahun di pertunjukan grup Skiffle.

Joe Cocker membentuk grup Cavaliers bersama 3 orang temannya, tetapi hanya berjalan 1 tahun saja. Kemudian grup ini bubar dan tahun 1961 Joe Cocker membentuk grup baru lagi bernama Vance Arnold and the Avengers.

Nama kombinasi grup barunya Vince Everettmerupakan karakter ElvisPresley di Jailhouse Rock dan penyanyi country Eddy Arnold. Grup barunya ini sering membawakan lagu lagu ChuckBerry dan Ray Charles.

Oleh sebab itu, Joe Cocker berusaha mengembangkan musik bluesnya dengan mempelajari rekaman John Lee Hooker, Muddy Waters, Lightnin’ Hopkins dan Howlin’ Wolf.

Grup baru Joe Cocker tampil untuk mendukung Rolling Stones di Balai Kota Sheffield pada tahun 1963.

Tahun berikutnya, Joe Cocker merilis single pertama I’ll Cry Almost milik The Beatles bersama dengan Big Jim Sullivan dan Jimmy Page. Namun demikian, rekaman ini tidak berhasil.

Kemudian Joe Cocker membentuk grup baru bernama Blues Band Joe Cocker dan merekam EP Rag Goes Mad at the Mojo yang diberikan kepada The Sheffield College.

Tahun 1966, Joe Cocker bekerjasama dengan Chris Stainton membetuk Grease Band, band ini berhasil menarik perhatian produser Procol Harum, Moody Blues, Denny Cordel dan Georgia Fame.

Band ini merekam single Marjorine, setelah itu band ini dibubarkan  karena Chris Stainton dan Joe Cocker pindah ke London.

Joe Cocker berhasil meraih kesuksesan secara komersial melalui lagu With a Little Help from My Friend milik The Beatles yang diaransemen ulang dan lagu ini dipakai untuk lagu pembuka The Wonder Years pada tahun 1968.

Didalam lagu ini mempertontonkan Jimmy Page sebagai gitaris utama, BJ Wilson sebagai drumer, Sue dan Sunny sebagai vokal latar dan Tommy Eyre sebagai pemain organ.

Single ini masuk diperingkat 10 besar UK Singles Chart dan menduduki urutan 1 pada tahun 1968 dan peringkat 68 di tangga lagu AS.

Grease band dibentuk kembali dengan gitaris utama Henry McCullough yang pernah bermain bersama McCartney’s di Wings. Pada tahun 1968 band ini tampil bersama Who pada saat tur Ingggris. Tahun berikutnya bermain bersama Gene Pitney dan Marmalade.

Tur Grease band pertama ke AS pada tahun 1969 merupakan tur pertama band ini, setelah itu mereka merilis album With a Little Help from My Friends dan album ini berhasil mendapatkan sertifikasi gold serta berada diperingkat 35 tangga lagu Amerika.

Di festival Woodstock, Cooker and the Grease Band membawakan Feelin’ Alright?, Something’s Comin’ On, Let’s Go Get Stoned, I Shall Be Released dan With a Little Help from My Friends.

Pengalaman ini bagi Joe Cocker sangat istimewa karena banyaknya penonton sehingga rombongan mereka harus menggunakan helikopter untuk dapat sampai ke festival tersebut.

Album Joe Cocker Joe Cocker!

Album ini merupakan album keduanya yang terkesan dengan versi lagu With a Little Help from My Friends dan Joe Cockker menggunakan lagu She Came In Throught the Bathroom Wondow dan Something milik Paul McCartney dan George Harrison untuk album ini.

Album keduanya ini berhasil bertengger diposisi 11 di tangga lagu AS dan berhasil menjadi hit di Inggris melalui lagu Delta Lady milik Leon Russell.

Akhir tahun 1969, Grease Band akhirnya dibubarkan lagi oleh Joe Cocker karena Joe Cocker sudah tidak mau melakukan tur AS berikutnya.

Namun demikian, Joe Cocker membentuk band baru lagi dengan nama Mad Dogs & Englishmen yang beranggotakan lebih dari 20 musisi karena untuk memenuhi tur Amerika yang sudah dipesan.

Anggota Mad Dogs & Englishmen termasuk Leon Russell sebagai pentolan band ini yang memainkan piano, sebagai drumernya Jim Gordon, Jim Keltner dan Chuck Blackwell, Rita Coolidge dan Claudia Lennear sebagai vokalis pendukung.

Melalui band barunya ini, arah musik Joe Cocker bertambah menjadi musik rock yang lebih blues setara dengan musik Rolling Stones. Band ini mulai mengadakan tur ke 48 kota dan merekam album live.

Setelah tur berakhir pada Mei 1970, Joe Cocker mengalami depresi karena kelahan dan terjadi perselisihan dengan Russel karena masalah pribadi.

Lagu versi cover Feelin’ Alright dan Cry Me a River berhasil masuk ke entri tangga lagu di Amerika Serikat.

Lagu The Letter dari album live dan film Mad Dogs & Englishmen masuk 10 besar hit tertinggi AS untuk pertama kalinya.

Lagu High Time We Went dirilis tahun 1971, lagu ini berhasil menjadi hit dan menduduki urutan ke 22 tangga lagu Billboard Hot 100 AS. Namun demikian, lagu ini baru dimasukkan kedalam album Joe Cocker pada tahun 1972.

Joe Cocker mulai mengadakan tur kembali ke AS dan membawakan lagu lagunya yang sudah dipotong untuk masuk kedalam album terbaru Joe Cocker. Campuran lagu live dan album studionya ini menduduki peringkat 30 di tangga lagu AS.

Ketika tur ke Australia telah terjadi insiden karena Joe Cocker dan rombonganya ditangkap karena kepemilikan ganja pada tahun 1972, sehingga mereka harus meninggalkan negara tersebut.

Kejadian ini menimbulkan kemarahan dari para penggemarnya yang sebagian besar dari kalangan baby boomer dan menimbulkan perdebatan hebat mengenai penggunaan dan legalisasi ganja di Australia, sehingga Joe Cocker dijuluki the Mad Dog.

Tahun 1973, album Joe Cocker I Can Stand a Little Rain kembali dibuat dan dirilis tahun 1974. Album ini berada di peringkat 11 di tangga lagu AS dan single You Are So Beautiful milik Billy Preston menduduki peringkat 5.

I Can Stand a Little Rain, Jamaica Say You Will dirilis pada tahun 1975 bersama dengan merilis album keduanya. Pada tahun yang sama Joe Cocker menyumbangkan vokalnya untuk album all-star The 20th Anniversary of Rock ‘n’ Roll milik Bo Diddley.

Album Kingston, Jamaika, Stingray tidak sukses penjualannya dan hanya mencapai peringkat 70 di tangga lagu AS.

Kembali Joe Cocker membentuk band baru On the road dengan formasi Steve Gadd, Chuck Rainey, basis muda dari Skotlandia  Rob Hartley dan melakukan tur ke Amerika Utara untuk mempromosikan album Luxury You Can Affort.

Satu album baru Joe Cocker yang dipengaruhi musik reggae berjudul Sheffield Steel.

Duet Joe Cocker dengan Jennifer Warnes membawakan lagu Up Where We Belong. Lagu ini dipakai soundtrack untuk film An Officer and a Gentleman.

Selain itu, lagu ini menjadi hit internasional, melejit di puncak Billboard Hot 100, memenangkan Grammy Award untuk Penampilan Pop Terbaik oleh Duo dan memenangkan Academy Award untuk Lagu Asli Terbaik.

Joe Cocker bersama Ray Charles menyanyikan You Are So Beautiful di suatu acara televisi. Kemudian dia bergabung dengan sejumlah musisi seperti Jimmi Page, Eric Clapton, Jeff Beck, Steve Winwood dan Bill Wyman pada tur Ronnie Lane tahun 1983.

Tur ini dilakukan dalam rangka menggalang dana untuk organisasi Action for Research into Multiple Sclerosis di London.

Album studio ke 9 Joe Cocker Civilized Man dan album berikutnya didedikasikan untuk ibunya yang meninggal ketika Joe Cocker masih rekaman di studio.

Film 9½ Weeks tahun 1996 menggunakan lagu You Can Leave Your Hat On dari album ini dan album ini berhasil mendapatkan Platinum di tangga lagu Eropa. Sedangkan lagu Love Lives On digunakan film Harry and the Hendersons tahun 1987.

One Night of Sin berhasil sukses komersial dan menjadi hit Top 20 di Amerika Serikat, sedangkan When The Night Come yang dirulis oleh BryanAdams, Jim Vallance dan Diane Warren bertengger di peringkat 11 pada tahun 1990.

Lagu Nuovo, meraviglioso amico, in  rispetto untuk bluesman Inggris tercipta setelah bertemu dengan penyanyi Italia Zucchero Fornaciari tahun 1986.

Joe Cocker merupakan artis pertama yang mengadakan konser rock di Republik Demikratik Jerman, di Berlin Timur dan Dresden setelah Barclay James Harvest dan Bob Dylan. Untuk selanjutnya, lagu versi Feels Like Forever karya Bryan Adams menduduki Top 40 Inggris.

Joe Cocker membawakan With A Little Help From My Friends didampingi Phil Collins sebagai drumer dan Queen Brian May sebagai gitarisnya di konser Party at the Palace pada tahun 2002.

Untuk mendukung album Hymn for My Soul, Joe Cocker mengadakan tur ke Amerika Utara pada tahun 2009. Dilanjutkan mengadakan tur ke Eropa pada tahun 2010 untuk mendukung album Hard Knocks.

Joe Cocker menjadi artis pembuka tur Twenty Four Seven Tina Turner yang dilaksanakan di Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 2000.

Fire it up merupakan album studio terakhir Joe Cocker yang dirilis tahun 2012 dan diikuti dengan tur yang lebih ekstensif ke AS tahun 2012 dan Ke Eropa tahun 2013. Popularitas Joe Cocker diperolehnya ketika tur ke Jerman dengan 25 penampilan.

Paul McCartney dan Ringo Starr mantan anggota The Beatles memberikan penghormatan kepada Joe Cocker setelah kematiannya. Barrie Marshall juga memuji Joe Cocker sebagai seorang penyanyi rock/ soul yang pernah ada dari Inggris.

Joe Cocker meninggal dunia pada tanggal 22 Desember 2014 di Crawford di usia 70 tahun karena menderita kanker paru paru.

Buku memori Mad Dog dan Englishmen Joe Cocker dibuat oleh Linda Woll ketika diadakan konser penghormatan untuk Joe Cocker pada tahun 2015 dengan menampilkan beberapa artis seperti Dave Mason, Teneschi Trucks Band, Leon Russell dan artis lainnya.

Flm dokumenter panjang mengenai Joe Cocker berjudul Joe Cocker: Mad Dog with Soul dirlis tahun 2017. Untuk selanjutnya, film dokumenter panjang Learning ti Live Together dirilis tahun 2021 untuk mendokumentasikan konser reuni.

Penghargaan yang diperoleh Joe Cocker :

- Penghargaan Grammy Tahunan ke 25 tahun 1983, untuk Penampilan Pop Terbaik oleh Duo atau Grup dengan Vokal memalui Up Where We Belong berduet dengan Jennifer Warnes.

- Penghargaan Brit tahun 1993 untuk Pria Inggris Terbaik.

- Doctor kehormatandari Universitas Sheffield Hallam tahun 1994.

- OBE tahun 2007.

- 100 Penyanyi Terbaik Sepanjang Masa oleh Mojo di Britania Raya tahun 1999.

- 100 Penyanyi Terhebat Sepanjang Masa oelh Rolling stones di Amerika Serikat tahun 2008.

Album album Joe Cocker

- With a Little Help from My Friends, Joe Cocker tahun 1969

- Joe Cocker tahun 1973

- I Can Stand a Little Rain tahun 1974

- Jamaica Say You Will tahun 1975

- Stingray tahun 1976

- Luxury You Can Afford tahun 1978

- Sheffield Steel tahun 1982

- Civilized Man tahun 1984

- Cocker tahun 1986

- Unchain My Heart tahun 1987

- One Night of Sin tahun 1989

- Night Calls tahun 1992

- Have a Little Faith tahun 1994

- Organic tahun 1996

- Across from Midnight tahun 1997

- No Ordinary World tahun 2000

- Respect Yourself tahun 2002

- Heart & Soul tahun 2005

- Hymn for My Soul tahun 2008

- Hard Knocks tahun 2012

- Fire It Up tahun 2012

Terima kasih sudah berkunjung untuk membaca artikel JOE COCKER, PENYANYI ROCK TERKENAL SETELAH MENGARANSEMEN ULANG LAGU THE BEATLES, semoga bermanfaat dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar