Procol Harum, A Whiter Shade Of Pale, Album Pertama kali Sukses

Procol Harum kelompok band progresif rock asal Inggris yang dibentuk tahun 1960 an. Lagu Procol Harum  A Whiter Shade of Pale yang membuat grup band ini populer.

Procol Harum kelompok band progresif unik tahun 60 an 

Band cukup unik asal Inggris ini, berhasil mencuat pada album keduanya, sehingga berhasil memperoleh kesempatan bagus untuk bisa tampil di acara tour pertama kalinya. Band tahun 60 an ini, pertama kali berhasil dikenal melalui lagu Procol Harum A Whiter Shade Of Pale

Procol Harum dibentuk pada tahun 1960 dengan beraliran musik progresif rock, namun band ini  juga banyak dipengaruhi oleh beberapa genre musik lainnya, diantaranya musik klasik, blues serta pop.

Pada awalnya kelompok band ini menggunakan nama band The Paramounts dan di komandani oleh Gary Brooker bersama dengan Robin Trower. 
 
Namun kelompok band ini, akhirnya bubar pada tahun 1967 dimana Gary Brooker mulai membentuk kelompok band baru lagi yang bernama Procol Harum. Procol Harum first album  (album pertama) dirilis tahun 1967 berjudul Procol Harum.

Procol Harum didukung oleh beberapa anggota personil, anggota personil tersebut diantaranya adalah Gary Brooker, Robin Trower, Keith Reid, Matthew Fisher, Ray Rover dan David Knights. 
 
Mereka berhasil merilis lagu berjudul A Whiter Shade Of Pale pada tahun 1967, dimana lagu ini menjadi sebuah lagu yang berhasil membuat kelompok band ini menjadi dikenal. 

Keberhasilan dari lagu Procol Harum A Whiter Shade Of Pale ini, karena struktur musik dari lagu ini mampu mengingatkan kepada jenis musik baroque. 


Musik yang digunakan pada lagu berjudul A Whiter Shade Of Pale ini, merupakan sebuah musik tandingan yang dapat dilihat berdasarkan Jendral Orchestral JS Bach N dengan Not not balok kunci D Majornya.
 
Selain itu, lagu ini menampilkan organ Hammon oleh Fisher dan vokal oleh Gary Brooker dan dipadukan dengan lirik lagunya dari Reid.

Akhirnya single A Whiter Shade Of Pale berhasil memuncak diperingkat pertama di UK Single Chart serta Canadian RPM Magazinegrafik.
 
Sedangkan di Amerika Serikat berhasil menduduki peringkat ke 5 dan juga berhasil menduduki peringkat pertama di Australia selama beberapa minggu dan di Melbourne selama 8 minggu.

Kesuksesan dari single ini telah membuka kesempatan bagi kelompok band Procol Harum untuk pertama kalinya tampil pada tur bersama Jimi Hendrix, serta ditunjuk sebagai band pembuka dari tur tersebut. 

Gaya vokal dari Gary Brooker yang sangat melankolis menjadi sangat pas sekali dengan perpaduan antara permainan organ dari Fisher yang banyak dipengaruhi oleh Johann Sebastian Bach serta gaya vokal dari Gary Brooker, membuat kelompok band ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Sebagai band pembuka dari Jimi Hendrix, mereka menampilkan single follow berjudul Homburg, dimana single ini berhasil menduduki peringkat ke 6 di Inggris, kemudian menduduki peringkat ke 15 di Kanada serta peringkat ke 34 di AS. 

Dalam pembuatan album kedua Procol Harum Shine On Brightly ini dirilis tahun 1968 dan album ini hampir sama dengan album kedua dari Deep Purple, The Book of Taliesyn. 

Namun demikian, di album kedua Procol Harum ini terlihat sangat ambisius dalam menangkap imajinasi mereka untuk Shine On Brightly ini.

Dalam Shine On Brightly, gitaris Procol Harum Robin Trower merupakan gitaris rock yang piawai dalam memainkan gitarnya yang dipadukan dengan alunan piano dan organ yang sangat apik sehingga memanjakan pendengarnya.

Procol Harum A Salty Dog album, merupakan album ketiga yang dirilis tahun 1968. Album A Salty Dog ini laku keras di Inggris dan saat ini dianggap sebagai lagu rock klasik bagi penggemar grup band terkenal seperti The Beatles, Pink Floyd dan The Moody Blues.

Dalam pembuatan album Procol Harum A Salty Dog terjadi perubahan personil Procol Harum dan berbeda dengan personil yang membuat album sebelumnya,

Anggota personil tersebut, diantaranya didukung oleh Vokalis dan pemain piano Brooker, Penulis lirik lagu Reid, gitar dan vokal Trower, organ dan vokal Fisher, bassis Kinghts, drummer Wilson, dan Chris Copping bergabung sebagai pemain organ dan bass pada tahun 1970.

Dan team personil yang baru ini, telah mendukung dalam pembuatan album kelima Broken Barricades, namun Toer keluar dan digantikan oleh Dave Ball.

Meskipun Procol Harum sempat bubar pada tahun 1977, akan tetapi mereka dapat bergabung kembali pada tahun 1991 dengan anggota personilnya masih tetap sama dengan anggota personil sebelumnya yaitu Gary Brooker, Matthew Fisher, Robin Trower serta Keith Reid.

Album selanjutnya berhasil dirilis oleh Procol Harum Shine On Brightly, merupakan sebuah album yang mempunyai gaya rock progresif.
 
Untuk selanjutnya, dilanjutkan lagi dengan pembuatan album ketiganya yang dirilis pada tahun 1969 dengan judul A Salty Dog dimana album ini merupakan salah satu album yang cukup populer bagi fans dari Procol Harum.

Akhirnya Procol Harum berhasil meraih kesuksesan kembali melalui gaya rock simfoninya yang didukung oleh orkestra simfoni Edmonton pada saat konser live di Edmoton dengan single berjudul Conquistador. 

Single ini berhasil meraih peringkat di beberapa negara seperti AS, Kanada dan Inggris, sedangkan untuk albumnya berhasil menduduki peringkat ke 21 di Billboard 200 AS pada tahun 1973. Procol Harum merupakan satu satunya band yang berhasil merekam dengan orkestra penuh.

Karena banyak terjadi pergantian anggota personil dari Procol Harum, sehingga hal ini telah membuat kelompok band ini mengalami banyak penurunan kepopulerannya yang diikuti dengan penurunan penjualan album dan karya lagunya. 
 
Namun demikian, pada tahun 1975 mereka berhasil menelurkan single hit Top 20 di Inggris dengan single berjudul Pandora’s Box.

Pada tahun 1991, kelompok musik Procol Harum telah mengalami perubahan formasi anggota personilnya, karena salah seorang anggota personilnya yang bernama Wilson telah meninggal dunia pada tahun 1990. 

Sehingga anggota personil yang masih tersisa adalah Brooker, Fisher, Tower dan Reid. Dan dengan sisa personil yang ada saat itu, mereka telah berhasil merilis The Generigal Stranger. Akan tetapi, album ini tidak berhasil meraih kesuksesan.

Namun demikian, mereka berhasil menarik perhatian dari penggemarnya kembali, setelah mereka berhasil merilis single berjudul In Held Twas in I, dimana single ini muncul di album debut dari band Transatlantic.

Procol Harum in Denmark, album live yang direkam tahun 2009 adalah rekaman sewaktu konser dengan orkestra dan paduan suara suara konser Nasional Denmark. 

Album ini berisi lagu yang belum pernah dirilis oleh Procol Harum sebelumnya yaitu Symphathy fo the Hard of Hearing, lagu tentang perang dunia yang sebelumnya dirilis di album solo Gary Brooker berjudul Lead Me to the Water.

Procol Harum pada tahun 2010 telah mengunjungi negara negara seperti Kanada, Italia, Jerman, Polandia dan Inggris, sebelum akhirnya mereka kembali ke AS untuk mendukung album The Spirit Of Nokken.

Mulai tahun 2014, Procol Harum kembali menyelenggarakan tur di beberapa negara seperti Prancis, Swiss, Jerman, Kanada dan AS Timur. Pada tahun 2017, akhirnya Procol Harum berhasil merilis album ke 13 nya yang berjudul Novum. 

Procol Harum albums Studio

·         Procol Harum (dirilis tahun 1967)

·         Shine on Brightly (dirilis tahun 1968)

·         A Salty Dog (dirilis tahun 1969)

·         Home (dirilis tahun 1970)

·         Broken Barricades (dirilis tahun 1971)

·         Grand Hotel (dirilis tahun 1973)

·         Exotic Birds and Fruit (dirilis tahun 1974)

·         Procol's Ninth (dirilis tahun 1975)

·         Something Magic (dirilis tahun 1977)

·         The Prodigal Stranger (dirilis tahun 1991)

·         The Well's on Fire (dirilis tahun 2003)

·         Novum (dirilis tahun 2017)

Procol Harum Gratest Hits, berisi lagu lagu sebagai berikut : 

- A Whiter Shade of Pale 

- She Wandered Through the Garden Fence 

- Something Following Me 

- Mabel 

- Cerdes (Outside the Gates of) 

- Conquistador 

- Kaleidoscope 

- Salad Days (Are Here Again) 

- Repent Walpurgis 

- Homburg 

- Quite Rightly So 

- Shine on Brightly 

- Magdalene (My Regal Zonophone) 

- In the Wee Small Hours of Sixpence 

- A Salty Dog 

- The Devil Came from Kansas 

- Boredom 

- Whisky Train

- Whaling Stories

Lagu ini diambil dari album album Procol Harum, diantaranya 8 tracks dari album pertama, 3 dari album ke dua dan ketiga dan 2 dari album ke empat Procol Harum. 

Procol Harum tour 2021 dan 2022 masih terdapat jadwal konser diantaranya di negara Denmark, Italy, Finlandia, Netherlands, London. Tetapi karena pandemi Covid 19 maka sejumlah jadwal konser Procol Harum di cancel.

Namun demikian, Procol harum masih belum dapat masuk kedalam Rock n Roll  Hall of Fame meskipun sudah berhasil menelurkan lagu lagu yang unik, cerdas dan sempurna, sehingga beberapa lagunya telah mempunyai ciri khas sendiri pada masa tahun 60 an sampai 70 an.

Meskipun bagi para penggemarnya menganggap bahwa Procol Harum ini sebenarnya layak masuk ke dalam Rock n Roll Hall of Fame, setelah berkiprah sekian lama dan melihat hasil karya lagunya tersebut.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Procol Harum, A Whiter Shade Of Pale, Album Pertama kali Suksessemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar