Jimi Hendrix, Gitaris Legendaris Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Rock & Roll

Jimi Hendrix, seorang musisi, gitaris, penulias lagu dan tokoh budaya asal Amerika dn sebagai salah satu pemain gitar listrik yang paling berpengaruh dalam sejarah musik rock
(dok.theguardian.com)

Jimi Hendrix, Seorang Gitaris Legendaris Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Musik Rock & Roll

JIMI HENDRIX MERUPAKAN SEORANG GITARIS LEGENDARIS YANG BERHASIL MENGKOMBINASIKAN MUSIK ROCK & ROLL, MUSIK BLUES DAN FUNK, DENGAN GAYA BERMAIN MUSIK YANG UNIK.

Sekilas Tentang Biografi Jimi Hendrix

Jimi Hendrix mempunyai nama asli Johny Alien Hendrik, dan oleh ayahnya namanya diganti menjadi James Marshale Jimi Hendrix, tetapi lebih terkenal dengan nama Jimi Hendrix. Dia dilahir di Seatle, Washington, Amerika Serikat pada tanggal 27 November 1942. 

Kehidupan Jimi Hendrix selalu berada ditengah keluarga yang miskin, sehingga dia dikirim untuk tinggal dengan anggota keluarga lain. Kemudian pada tahun 1952 orang tuanya bercerai,  tetapi 6 tahun kemudian terjadi peristiwa menyedihkan dengan meninggalnya ibu Jimi Hendrix.

Jimi Hendrix meninggal di Kensington, London, Britania Raya pada tanggal 27 November 1970, dia meninggal cukup tragis karena meninggal disebuah hotel setelah semalam bersama sang pacar bernama Monika Dannemam. Diduga Jimi Hendrix meninggal karena over dosis obat-obatan, meskipun belum dipublikasikan secara resmi mengenai penyebab meninggalnya sang gitaris legendaris tersebut.

B.B.King, Muddy Waters, Albert King dan Howlin'Wolf adalah musisi yang berpengaruh dalam bermain musik dari Jimi Hendrix.

Gitaris legendaris Amerika Serikat Jimi Hendrix, terlahir di Seatle, Washingtong, Amerika Serikat pada tanggal 27 November 1942, dengan nama John Allen Hendrix. Kemudian namanya diganti oleh ayahnya menjadi James Marshall Hendrix dan Jimi Hendrix meninggal dunia pada tanggal 18 September 1970 di London, Inggris.

Ayah Jimi Hendrix sudah mengetahui kesukaan dari Jimi Hendrix dalam bermain gitar sejak Jimi Hendrix kecil, karena Jimi Hendrix selalu menggunakan sapu yang dianggap sebagai gitar kemudian memainkannya seolah olah sedang bermain gitar, sehingga ayahnya yang bernama Al membelikan ukulele. Hal ini dikemukakan oleh ayah Jimi Hendrix dalam situs jimihendrix.com.

Gitar Jimi Hendrix pertama kali adalah gitar akustik, gitar tersebut dibelikan oleh ayahnya pada tahun 1958, ketika Jimi Hendrix berusia 15 tahun.

Gitar Jimi Hendrix jenis elektrik baru bisa dimiliki setahun kemudian, setelah ayahnya menyadari bahwa gitar akustik sulit untuk memainkan musik rock maka jimi Hendrix dibelikan gitar elektrik oleh ayahnya, dengan merek Supro Ozark 1560S. Gitar ini digunakan Jimi Hendrix ketika masuk menjadi anggota The Rocking Kings.

Mengapa gaya bermain gitar Jimi Hendrix melegenda?

Gitaris rock asal Amerika ini sering dianggap sebagai Raja Rock. Jimi Hendrix merupakan penyanyi yang mencampurkan antara beberapa genre musik seperti musik blues, musik jazz, musik rock, musik soul serta musik funk. Namun, Gitar elektrik Jimi Hendrix mengawali musiknya pada musik blues dan musik rock.

Nama Jimi Hendrix sebagai gitaris menjadi melegenda, hal ini karena Jimi Hendrix seorang gitaris yang mempunyai gaya bermainn gitar elektrik yang berbeda dengan gitaris elektrik lainnya. Jimi Hendrix memainkan gaya bermain gitar rock blues yang menggunakan efek distorsi khusus dari gitar listriknya.

Ternyata Jimi Hendrix seorang kidal karena memainkan gitarnya dengan tangan kirinya. Dengan tangan kidalnya, Jimi Hendrix berhasil menemukan gaya bermain gitarnya dengan menyatukan suara fuzz, feedback serta distorsi dan temuan gaya bermain gitarnya ini menjadi warna musik baru.

Warna musik Jimi Hendrix ini mampu menjadi warna musik yang dicontoh oleh sederetan musisi modern seperti George Clinton, Miles Davis, Steve Vai serta John Mayer.

Gaya panggung Jimi Hendix juga unik dan keren karena dia bisa memainkan gitarnya yang berada dibelakang punggungnya, kemudian dibawah kakinya serta yang paling monumental adalah aksi Jimi Hendrix menghancurkan serta membakar gitar di panggung. Inilah gaya bermain gitar sang gitaris legendaris Jimi Hendrix.

Jimi Hnedrix juga pernah mendaftarkan diri sebagai tentara angkatan darat Amerika pada tahun 1962 dan masuk divisi pasukan terjun payung. Namun Jimi Hendrix cidera, pada saat terjun payung, sehingga harus kembali kerumah. Dengan demikian, Jimi Hendrix kembali melanjutkan karir musiknya sebagai gitaris pada tahun 1965 dan dimulai dari panggung kecil.

Karir Jimi Hendrix mulai menemukan jalannya, ketika anggota band Aninals yang bernama Chas Chandler membawa Jimi Hendrix ke London untuk berjumpa dengan 2 musisi Inggris Noel Redding sebagai bassis dan Mitch Mitchell sebagai drumer. Trio ini kemudian bergabung menjadi kelompok musik “The Jimi Hendrix Experience” namun biasa dinamakan dengan singkatan “The Experience” saja.

Chas Chandler inilah yang telah menjadi seseorang yang mempunyai andil besar dalam karir Jimi Hendrix, disamping telah membawa Jimi Hendrix ke Inggris juga ide cemerlangnya untuk menggantikan nama Jimi Hendrix dari Jimmy menjadi Jimi.

Nama Jimi Hendrix melejit melalui kelompok Experience ini dengan album pertamanya yang berjudul Are You Experienced dan telah menghasilkan beberapa lagu hit, diantaranya lagu hit berjudul Maniac Depression, Fire serta Hey Joe.

Album kedua dirilis tahun 1976 dengan judul Axis: Bold as Love dan melalui album ini muncul warna musik pop Jimi. Album ini juga menghasilkan lagu hit berjudul Little Wing, dimana lagu hit ini telah menjadi lagu yang pasti dimainkan oleh para gitaris yang akan menunjukkan kemampuan bermain gitar mereka.

Albu ketiga dari Experience merupakan album terakhir mereka dengan album bertajuk Electric Ladyland dan album ini telah menelurkan lagu legendaris yang berjudul Voodoo Chile.

Seeperti telah dituliskan diatas bahwa gaya bermain gitar Jimi Hendrix telah dipengaruhi oleh beberapa pemain musik seperti Eddie Cochran, Elvin James, Buddy Holly, Muddy Water serta BB King. Namun demikian, Jimi Hendrix sangat kreatif untuk memperhatikan serta menggabungkan gaya bermain gitar beberapa pemusik tadi hingga berhasil menemukan warna musik yang berbeda.

Jimi Hendrix mendengarkan permainan gitar pertama dari gitaris Muddy Waters dan ketika itu Jimi masih kecil sehingga Jimi Hendrix sangat terkagum kagum ketika itu. Selain itu, Jimi Hendrix juga mengidolakan Albert King karena permainan gitarnya sangat sempurna serta tidak berbelok belok pada aliran musik funk blues.

Kepiawaian Jimi Hendrix dala bermain gitar telah berhasil membuat Jimi menjadi arah musik rock, sehingga Rock and Roll Hall of Fame telah menamakan jimi sebagai instrumentalis terbaik dalam sejarah musik rock.

Namun, Jimi Hendrix harus berhenti karena telah meninggal dunia pada tanggal 18 September 1970 dengan usia yang masih dapat dikatakan masih cukup muda yaitu diusia 27 tahun, sehingga kematian Jimi Hendrix sangat mengejutkan sebagian besar orang.

Dari hasil pemeriksaan, diperkirakan Jimi Hendrix meninggal karena terselak yang akhirnya susah bernafas pasca meminum obat tidur dengan dosis tinggi.

Album-Album Jimi Hendrix

Album yang berhasil dirilis oleh Jimi Hendrix dari tahun 1967 sampai dengan tahun 1970, yaitu :
1967 - dirilis album yang berjudul Are you Experience, Axia bold as love
1968 - dirilis album yang berjudul Electric lady land
1969 - dirilis album yang berjudul Smash hits
1970 - dirilis album yang berjudul Band of gypays

Pada tahun 1966, Jimmy Hendrix juga pernah bergabung dengan grup band Psychedelic rock Inggris, di Amerika Serikat. Dan pada tahun 1967 monetery pop festival Jimi Hendrix digelar.

Dari sekian banyak album dan lagu-lagu yang telah berhasil dirilis inilah, yang telah berhasil membawa Jimmy Hendrix menjadi gitaris legenda dunia.

Grup band pertama Jimmy Hendrix yang pernah diikutinya adalah Velvetones kemudian dia berpindah ke grup band lainnya yang bernama Rocking Kings sampai akhirnya dia bergabung ke dalam kelompok musik yang bernama The Experience Axis.

Grup band terakhir ini berhasil merilis 4 buah album yang berjudul Are you love experience and axis, Bold love (1967), Electric lady land (1968), The cry of love (1971).

Keempat album tersebut berhasil menduduki peringkat 5 besar di tangga lagu Inggris dan Amerika Serikat, Electric lady land berhasil mencapai peringkat pertama di Amerika Serikat.

Untuk mengenang musisi legendaris Jimmy Hendrix ini, telah dibuat sebuah patung mirip  Jimmy Hendrix yang sedang memainkan gitarnya, yang terletak di Broadway Seatle.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang JIMMY HENDRIX, GITARIS LEGENDARIS PALING BERPENGARUH  DALAM SEJARAH ROCK & ROLL, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar