The Who, Grup Musik Rock Terkenal Di Inggris Dengan Penampilan Energiknya

The Who, kelompok musik rock legenda asal Inggris yang dibentuk tahun 1964
(dok.abcnewsradioonline.com)

The Who, Grup Musik Rock Terkenal Di Inggris Dengan Penampilan Energiknya

THE WHO ADALAH GRUP MUSIK ROCK DARI INGGRIS YANG TERKENAL DENGAN PENAMPILAN PANGGUNG YANG ENERGIK DAN PERTAMA KALI MENAMPILKAN ATRAKSI DENGAN MENGHANCURKAN ALAT MUSIK DIATAS PANGGUNG.

Sekilas Tentang The Who

The Who pertama kali dibentuk pada tahun 1964 di Shepherd's Bush, London, Inggris, dengan jumlah anggota personilnya terdiri dari 4 orang yaitu :
- Roger Daltrey sebagai Vokalis
- Pete Town Shend sebagai gitaris
- John Entwisle sebagai Bass
- Keith Moon sebagai drumer

The Who sudah beberapa kali berganti vokalis utamanya diantaranya Pete Town Shend, Roger Daltry dan vokalis vyang terakhir bernama John Entwistle (1962 - 2002). Genre musiknya adalah rock, musik hard rock, musik progressive rock dan musik protopunk.

Grup musik rock Inggris ini merupakan salah satu dari 3 grup band terbesar di Inggris yang seangkatan dengan grup musik besar lainnya seperti The Beatles dan The Rolling Stones. The Who adalah grup band yang dapat menempatkan 27 single topnya, yang berhasil menduduki tangga lagu Top 40 di Britania Raya dan Amerika Serikat, dan 17 albumnya yang bisa masuk kedalam tangga album Top 10 di Amerika Seikat.

17 piringan emas dan 12 Platinum serta 5 multi platinum berhasil diterima oleh The Who, karena menjadi grup band yang mempunyai album paling laris pada saat itu.

Puncak ketenaran The Who terjadi pada tahun 1965 di Britania Raya melalui lagu singlenya yang berjudul "I can't explain", karena lagu tersebut dapat menduduki tangga lagu di peringkat 10. Diikuti oleh album lainnya yang berjudul "My generation" dan "Quick One" masuk peringkat ke 5 tangga album Britania Raya.

Album The Who yang terkenal diantaranya :

- Happy Jack - masuk Top 40 Amerika Serikat
- I can see for miles - masuk Top 10
- Tommy - tahun 1969 merupakan awal dari rangkaian album Top 10 di Amerika Serikat
- Face dance - tahun 1981 berhasil masuk peringkat 5 tangga album di Amerika Serikat dan Britania Raya
- It's hand - tahun 1985 berhasil masuk peringkat 5 teratas tangga album di Amerika Serikat

Diantara album-album yang berhasil dirilis oleh The Who, album yang berjudul "Who are you" yang dirilis pada tanggal 18 Agustus 1976 menjadi labum tersukses dan terlaris yang berhasil masuk peringkat ke 2 dalam tangga lagu di Amerika Serikat.

Pemain drumer The Who yang bernama Keith Moon meninggal dunia pada tahun 1978, kemudian digantikan oleh Kenny Jones, meskipun sudah ada penggati drumernya grup band ini sempat bubar pada tahun 1983, sehingga pada tahun 2000 anggota personilnya yang masih tersisa 3 orang ini membicarakan kemungkinan pembuatan album barunya, tetapi rencana tersebut akhirnya batal karena pemain bass yang bernama John Entwistel meninggal.

Meskipun personilnya masih tersisa 2 orang, Town Shend dan Daltery masih melanjutkan The Who dengan merilis album yang berjudul "Endless Wire" pada tahun 2006, album ini dapat masuk ranking 10 teratas di Amerika Serikat dan Inggris.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan sudah mambaca artikel tentang THE WHO, GRUP MUSIK ROCK TERKENAL DI INGGRIS DENGAN PENAMPILAN ENERGIKNYA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat di bagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar