Wings, Band Folk Rock Inggris Mantan The Beatles

Wings band, dikenal dengan Paul Mc Cartney & Wings adalah grup musik rock asal Inggris yang dibentuk tahun 1971 oleh Paul Mc Cartney

Wings band on the Run, rock terhebat sepanjang masa

Wings band merupakan grup band folk rock asal Inggris yang populer dengan nama Paul Mc Cartney & Wings, band ini melejit melalui lagu Listen to What The Man Said dari album Venus and Mars.

Ulasan tentang Wings

Wings band adalah grup musik rock yang dibentuk pada tahun 1971 oleh Paul Mc Cartney, Denny Laine dan Linda Mc Cartney. Wings berasal dari Inggris , Britania Raya dan mempunyai arah musik yang bergenre musik rock dan musik soft rock.

Setelah The Beatles bubar pada tahun 1970, Mc Cartney mulai merekam 2 album yaitu "Mc Cartney" yang dirilis tahun 1970 dan "Ram" yang dirilis tahun 1971. 
 
Setelah merilis "Ram", Paul Mc Cartney memutuskan untuk membentuk grup band baru dan meminta Denny Seiwell dan Mc Cradien untuk bergabung, tetapi Mc Cradien akhirnya digantikan oleh Denny Laine karena performnya menurun.

Paul Mc Cartney mantan anggota The Beatles, bersama dengan istrinya Linda Mc Cartney dan drummer Denny Seiwell (mantan Moody Blues), serta gitaris Denny Laine membentuk anglo Amerika, band folk Rock Amerika yang bernama Wings.

Meskipun anggota personil Wings sering berganti-ganti, tetapi trio inti yang terdiri dari Paul Mc Cartney, Denny Laine dan Linda Mc Cartney tetap bertahan di grup band tersebut.

Tahun 1972, mereka merilis "Give Ireland back to the irish", album ini merupakan suatu respon terhadap peristiwa Bloody Sunday. 
 
Selain itu, lagu ini dilarang diputar di BBC Inggris yang diikuti oleh lagu "Hi, Hi, Hi" sebagai lagu ini yang juga dilarang diputar di BBC Inggris sehingga yang diputar adalah lagu berjudul "C moon", dan lagu ini berhasil masuk Top 5 di Inggris.

Tahun 1973, merilis album band on the run, album ini berhasil sukses secara komersial melalui 2 singlenya "Jet" dan "The title trect" dari  total 10 singlenya.

Pada tahun yang sama grup band ini berganti nama dari "Wings" menjadi "Paul Mc Cartney and Wings", dan berhasil merilis album "Red rose speedway", dan mencapai nomor 1 Hit di Amerika Serikat. 

Tahun 1975, merilis album "Venus and mars", album ini berhasil menduduki puncak tangga lagu di Amerika Serikat,  termasuk single "Listen to what the man said".
 
Kemudian diikuti dengan album berikutnya "Wings at the speed of sound" dan untuk lebih mendukung grup band ini maka mereka menampilkan single "Silly love song" dan "Let' em in".

Tahun 1977, merilis "Mull rhapsody" berhasil meraih urutan pertama di UK single dengan penjualan terbaik dalam sejarah.

Tahun 1978, merilis album "Back to the egg", album ini mengalami kegagalan karena single yang dihasilkan menerima kritik negatif dan dibawah performa.

Tahun 1979 melakukan tur keliling Inggris dan berhasil sukses dengan "Rockestra" melalui single "Coming up", setelah sukses dengan  turnya, grup band ini kemudian merilis album "Bandon the rion" dengan singlenya yang berjudul "Jet", "Hellen wheels", Let me roll it". 
 
Album ini sukses mencapai nomor 1 di Amerika Serikat. Meskipun mencapai final US urutan pertama untuk versi life dengan single "Coming up", tetapi grup band ini akhirnya bubar pada tahun 1981.

Paul McCartney and Wings

Paul McCartney and Wings merupakan band rock Inggris Amerika yang terbentuk atas inisiatif dari ikon The Beatles yang bernama Paul McCartney. Pentolan band ini kelahiran tahun 1942, merupakan seorang artis pop terlaris di tahu 1970 an.

Istri Paul McCartney bernama Linda McCartney kelahira tahun 1941 dan sudah meninggal dunia pada tahun 1998 yang lalu.

Ketika penampilan awal dari band ini tidak begitu bagus maka Paul McCartney menjadi seorang penulis lagu yang hebat dan mengantongi 27 lagu top AS, sehingga dia berhasil menyalip penyanyi Elton John yang telah mengantongi sebanyak 25 lagu.

Selain itu, Paul McCartney juga memiliki 5 album yang berada diperingkat 1 secara berturut turut diantaranya melalui Wings band on the Run dan Wings at the Speed of Sound pada tahun 1973 dan 1976.

Awal karir Paul McCartney setelah bubarnya The Beatles

Setelah The Beatles bubar, Paul McCartney berhasil merilis 2 albumnya yang berjudul McCartney dan Rama pada tahun 1970 dan 1971. Kemudian, dia bersama dengan istrinya mengadakan tur sehingga istrinya dilatih bermain keyboard untuk membentuk band baru.

Selain itu, Paul McCartney juga merekrut gitaris Denny Laine mantan anggota Moody Blues dan drummer RamDenny Seiwell untuk bergabung dengan mereka dan membentuk band yang bernama Wings.

Album Wings Wild Life

Album Wild Life merupakan album pertama band Wings yang dirilis tahun 1971, album ini bertujuan agar dapat memberikan nuansa life. Ternyata album ini, tidak mendapatkan kritikan bagus dari para kritikus.

Gitaris Henry McCullough mulai bergabung dengan band Wings pada tahun 1972. Setelah itu, band Wings mulai mengadakan tur untuk mempromosikan bandnya supaya menjadi lebih populer.

Hal ini, karena band ini hanya unjuk gigi di klub klub kecil dan di perguruan tinggi di Inggris dan mereka mulai membatasi dalam membawakan lagu lagu The Beatles.

Album Wings Red Rose Speedway

Album Red Rose Speedway dirilis pada tahun 1973, setelah nama band diganti namanya dari Paul McCartney menjadi Wings. Penggantian nama band ini bertujuan agar respon komersial band ini yang semula kurang baik akan menjadi lebih baik.

Red Rose Speedway menelurkan single My Love dan lagu My Love ini akhirnya berhasil menjadi lagu hit untuk pertama kalinya bagi band ini karena melejit di puncak tangga lagu di Amerika Serikat.

Untuk selanjutnya, Wings merilis Live and Let Die yang digunakan untuk tema sebuah film James Bond dan menjadi lagu pertama band ini yang masuk nominasi di Academy Award dan produser George Martin berhasil mendapatkan Grammy untuk aransemen orkentranya.

Wings band on the Run

Ketika merekam album band on the Run ditandai dengan keluarnya 2 orang anggota personil yang bernama McCullough dan Seiwell sehingga hanya anggota personil yang tersisa yang melakukan perjalanan ke Lagos, Nigeria untuk merekan band on the Run ini.

Album Wings band on the Run berhasil menjadi album tersukses bagi band ini sehingga masuk kedalam daftar rekaman rock terhebat sepanjang masa. Selain itu, single band on the Run berhasil melejit di peringkat 1 di Amerika Serikat.

Sedangkan untuk single lainnya yang dihasilkan album ini Jet dan Helen Wheels berhasil masuk di peringkta 10 besar. Selain itu, album ini juga memenangkan Grammy untuk penampilan vokal pop terbaik oleh sebuah grup.

Wings Venus and Mars dan Wings at the Speed of Sound

Wings kembali terjadi pembahan 2 orang anggota personil yaitu gitaris Jimmy McCulloch dan drummer Geoff  Britton. Namun demikian, ketika melakukan rekaman album Venus and Mars drummer Geoff Britton keluar dan digantikan oleh Joe English.

Album Venus and Mars dirilis tahun 1975 dan berhasil memuncak di Amerika Serikat melalui singlenya yang berjudul Listen to What the Man Said.

Selain itu album Wings at the Speed of Sound juga berhasil menjadi album peringkat pertama di Amerika Serikat. Album ini menelurkan single Let Em In dan Silly Love Songs, kedua lagu ini berhasil menjadi hit besar dengan dibawakan oleh vokalis Linda.

Untuk selanjutnya, Wings melakukan tur ke Amerika Serikat dengan nama Tur Wings over America dan Paul McCartney untuk pertama kalinya tampil live pada tur ini sejak konser terakhir dari The Beatles pada tahun 1966.

Album live Wings over America yang drilis tahun 1976 berhasil mendapatkan sertifikasi platinum di Amerika Serikat. Ketika itu, band ini membawakan lagu lagu The Beatles sehingga banyak menarik minat penonton.

Album Wings London Town

Single Wings Mull of Kintyre merupakan single yang dirilis tahun 1977 dan menjadi single paling sukses semasa karir musik Paul McCartney. Hal ini, karena single ini mampu mencapai penjualan melebihi single The Beatle di Inggris.

Band ini, kembali ditinggalkan oleh anggota personilnya English dan McCulloch sehingga anggota personil yang tersisa adala trio Paul McCartney, Linda McCartney dan Laine.

Kemudian, album Wings London Town dirilis tahun 1978 dan di album ini mereka bereksperimen dengan synth pop. Album ini menghasilkan single With a Little Luck dan berhasil mencapai puncak di Amerika Serikat tetapi albumnya reviewnya macam macam.

Album Wings Back to the Egg

Album Wings Back to the Egg dirilis tahun 1979 dengan menggunakan elemen punk dan new wave. Selain itu, album ini didukung dengan line up baru yang bernama Steve Holley sebagai drummer dan Lurence sebagai gitarisnya.

Namun demikian, album ini juga memperoleh tanggapan yang kurang bagus tetapi album ini berhasil memuncak di Rockestra Theme ketika direkam dengan band all star yang didukung oleh Pete Townshend dari the Who, David Gilmour dari Pink Floyd dan John Paul Jones dari Led Zeppelin.

Seleian itu, album ini akhirnya berhasil memenangkan Grammy untuk penampilan instrumental rock terbaik.

Bubarnya band Wings

Wing resmi dibubarkan oleh Paul McCartney pada tahun 1981, karena band ini telah didera oleh berbagai macam masalah pada tahun 1980.

Masalah masalah tersebut antara lain tur band Wings di Jepang yang dibatalkan karena Paul McCartney ditangkap di bandara Internasional Narita, Tokyo dengan tuduhan kepemilikan ganja.

Kemudian, Paul McCartney dilaporkan karena pembunuhan John Lennon sehingga dia menunda kembali penampilan publiknya.

Selain album album yang dirilis dengan band Wings, Paul McCartney juga memiliki album solo yang sukses berjudul McCartney McCartney II yang dirilis pada tahun 1980.

Untuk selanjutnya, Paul McCartney tetap membawakan lagu lagu dari reteptoar Wings Live and Let Die yang menjadi lagu utama konsernya, termasuk ketika dia tampil paruh waktu di Super Bowl XXXIX pada tahun 2005.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang WINGS, GRUP BAND FOLK ROCK INGGRIS ANGGOTANYA MANTAN THE BEATLES, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar