Victor Wood, Penyanyi Asal Filipina Dengan Gaya Griftynya

Victor Wood, penyanyi, aktor dan politikus asal Philipina. Melalui lagu Jukebox King dan Plaka King berhasil mendapatkan berbagai macam gelar pada tahun 1970 an.

Lagu lagu Victor Wood bertempo kombinasi lambat dan cepat

Victor Wood merupakan penyanyi yang berasal dari Filipina. Dia bernyanyi dengan gaya grifty dan bersemangat melalui lagu Be Bop a Lula. Musiknya beraliran musik rock n'roll yang penuh penjiwaan melalui lagu I'm Sorry My Love.

Ulasan tentang karir musik Victor Wood

Dia mempunyai nama asli sejak lahir Victor "Vic" Wood, dan terkenal dengan nama Victor Wood. Lahir pada tanggal 1 Februari 1946 di Buhi, Camarines Sur, Filipina. Dia meninggal dunia karena komplikasi COVID-19 pada tanggal 23 April 2021 di usia 75 tahun.
 
Dengan istri keduanya, dia dikaruniai 2 orang anak bernama Sydney Victoria Wood dan Simon Wood, dengan mantan istri bernama Ofelia Mercado Ponce. Selain sebagai penyanyi dia juga sebagai seorang aktor dan politikus.

Sebelum dia berhasil menjadi seorang penyanyi musik pop, Victor Wood pernah membintangi beberapa film yang diproduksi oleh Sampaguita Picture dan dia juga sebagai anggota dari Iglesia Nimanalo. 
 
Karir musiknya mulai menanjak pada tahun 1970 an dan langsung dikagumi oleh para penggemar dan media masa.

Lagu-lagunya sudah mulai populer dari tahun 1950 dan 1960 an, dan pada saat karir musiknya mulai naik Victor Wood dengan keluarganya pindah ke Amerika Serikat. Ditempat barunya, Victor Wood memiliki 4 pom bensin, real estate, landscaping dan memanage Palm Plaza Restaurant.

Pada tahun 1950, Album "Little Richard" dengan 3 lagunya berhasil menjadi hit awal dari Victor Wood. Lagu-lagu tersebut antara lain adalah "Jenny Jenny", "Rip it up" dan "Good golly miss molky". Lagu lagunya ini mempunyai tempo yang lambat dan cepat. 
 
Sedangkan untuk lagu balada dari album ini adalah "In Despair", "Vaya con dios", "Have a good time", "Hurt", dan "Return to me". Di album ini dia bernyanyi dengan sangat kuat, bergairah dan penuh penjiwaan.

Lagu dari penyanyi lain yang dinyanyikan dengan versi Victor Wood diantaranya "Pretty woman" yang ditambahi dengan nada khas dan lagu dari Del Shannon berjudul "Run away" lagu klasik yang dinyanyikan dengan lebih lambat dan lebih instroplektif.

Pada tahun 1974 merilis album "Ihilak" yang berisi lagu-lagu rakyat Filipina, yang menceritakan tentang seorang pria yang putus asa karena kehilangan cintanya, serta album-album hit lagu-lagu rakyat Filipina yang lain.

Selama masa karir musiknya terdapat 14 lagu-lagu dari Victor Wood yang paling laris, diantaranya adalah :

- I'm sorry my love
- Girl in the wood (Remember me)
- I went to your wedding
- Sweet caroline
- A poorman's rods
- Jamica farewell
- Little Darlin
- Fraulien
- Pearly shells
- Enternally
- Voice of love
- Carmelitta
- In despair
- Crying time

Lagu lagu barat hit ini dapat menjadikan referensi buat penggemar lagu barat lama untuk menikmati keindahan dan kelembutan suara dari Victor Wood.

Album ketiga Victor Wood na In Despair dirilis tahun 1972, album ini merupakan cover dari beberapa lagu berbahasa Inggris terkenal dari tahun 1950 an dan 1960 an dan berisi kombinasi dari labu lagu bertempo lambat dan cepat serta lagu lagu balada.

Lagu lagu balada tersebut antara lain In Despair, Vaya Con Dios, Have a Good Time, Hurt dan Return to Me. Lagu lagu balada ini banyak terdengar di tempat tempat karaoke malam pada saat itu.

Sedangkan lagu lagu yang upbeat dari album ini, antara lain lagu ciptaan Roy Orbison Pretty Woman, Lagu ciptaan Gene Vincent Be-Bp-a-Lula dan lagu ciptaan Del Shannon Runaway.

Album ini menelurkan 3 lagu Jenny Jenny, Rip It Up dan Good Astaga Miss Molly, ketiga lagu ini adalah hits orisinal dari Little Richard pada tahun 1960 an.

Khusus untuk album kesebelas Victor Wood Ihilak berisi lagu cinta tradisional Filipina yang dibawakan dalam bahasa Bisaya, album ini dirilis tahun 1974.

Salah satu lagunya Gugma Ko memakai melodi Song Sung Blue milik Neil Diamond dengan mengganti lirik lagu asli bahasa Inggris menjadi bahasa Visayan.

Pada tahun 1979, Victor Wood membawakan lagu Anak versi bahasa Indonesia dari Freddie Aguilar sebagai sesama penyanyi dari Filipina. Lagu ini berhasil menjadi lagu hit diseluruh dunia ketika dibawakan oleh Freddie Aguilar.

Album album Victor Wood

- I’m Sorry My Love, tahun 1970

- Mr. Lonely, tahun 1971

- In Despair, tahun 1972

- 14 Bestsellers

- Blue Christmas

- Memories

- Knock on Wood

- His Majesty, tahun 1973

- Victor Wood Music

- Wood, I Love You

- Ihilak, Pilipino, Kalyehon 29, tahun 1974

- Love Is, tahun 1975

- Wooden Heart

- Sincerely

- Follow Me

- Karon pr Visayan Hitsongs Collection Vol.2

- Moods

- Victor Wood

- Bintana ng Puso

- Kumusta Ka, Mahal

- If I See You Again

- Padre

- Inday ng Buhay Ko, tahun 1980

- Ngayon, tahun 2002

Album Kompilasi Victor Wood

- Malupit Na Pag-ibit, Mr. Lonely,  tahun 1994

- You Are My Destiny, tahun 2001

- 18 Greatest Hits: Victor Wood, tahun 2009

Album live Victor Wood One Man Show dan album kolaborasi bersama dengan Imelda Papin Jukebox King & Queen, tahun 1999.

Lagu lagu Victor Wood

Love Can Fly, Take My Hand for a While, Oh My Love, I Don’t Want Your Lovin’ Anymore, Here’s My Happiness, I’m Gonna Make You Mine, Smoke Gets in Your Eyes, The Great Pretender, Tiny Bubbles, The Miracle of Christmas, Young and Beautiful, For Mama, Rock Around the Clock, Rock Your Baby, Dick and Jane, Don’t Cry Joni, Where Can She Be, Pagbati (Feelings), Love Is a Pain in the Heart, Let’s Sing a Christmas Song, Anak (versi bahasa Indonesia, aslinya dalam bahasa Tagalog oleh Freddie Aguilar).

Terima kasih sudah berkunjung diblog yang berisi artikel VICTOR WOOD, PENYANYI ASAL FILIPINA DENGAN GAYA GRIFTYNYA, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.
(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar