Survivor, Eyes Of The Tiger Terkenal Untuk Tema Film Rocky 3


Survivor, grup musik rock yang dibentuk tahun 1978 di Chicago, Amerika Serikat oleh 2 musikus bernama Jim Peterik dan Frankie Sullivan

Survivor band sukses besar ditahun 1980 an

Survivor merupakan grup band rock  Amerika yang berhasil mendapatkan double platinum untuk lagu Survivor band Eye of the Tiger, lagu ini digunakan untuk tema film berjudul Rocky III.

Ulasan tentang karir musik Survivor

Band Survivor adalah grup musik rock yang berasal dari Chicago, Illinois, Amerika Serikat, dibentuk pada tahun 1978 oleh Jim Peterik. Grup band ini berhasil sukses besar pada tahun 1980 dengan warna musik rocknya sehingga banyak mengumpulkan single charting terutama di Amerika Serikat.

Sebelum memimpin Survivor, Jim Peterik adalah vokalis dan gitaris dari band The Ides of March, Jim Peterik bersama dengan drummer Gary Smith dan bassis Dennis Keith Johnson serta Bill Chase. Mereka berempat membentuk grup band baru yang bernama Survivor.

Salah satu inspirasi dari Jim Peterik untuk band barunya adalah setelah tampil sebagai tamu di konser Bill  Chase yang dijadwalkan untuk Jackson di Minnesota pada tanggal 9 Agustus 1974. 
 
Pada saat akan berangkat ke konser itu, dia tidak berada dipesawat yang jatuh dan menewaskan Bill Chase dan sebagian besar dari anggota bandnya sehingga Jim Peterik terhindar dari kecelakaan pesawat yang tragis tersebut. 

Disini Jim Peterik sebagai lone survivor yaitu satu satunya anggota grup musik tersebut yang berhasil selamat dari kecelakaan pesawat tragis tersebut.
 

Album pertama self titled Survivor dirilis di Atlantic Subsidiary Scotti Bros, menghasilkan Top 40 hit diantaranya "Some where in America", tetapi hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan karena hanya menduduki peringkat ke 70 saja.

Lagu "Eye of the tiger" berhasil mencapai peringkat pertama di US selama 6 minggu, diikuti dengan single hit atau lagu hit yang lain seperti "Burning heart" (peringkat 2 US), "The search is over" (peringkat 4 US), "High on you" (peringkat 8 US), "Is this love" (peringkat 9 US), "I can't hold bach" (peringkat 3 US).

Tahun 1982 Survivor membuat terobosan ketika diminta oleh aktor Sylvestre Stallone untuk membuatkan lagu yang hampir sama dengan lagu "Poor man's son".

Akhirnya Survivor berhasil membuat lagu yang berjudul Eye of the tiger" yang digunakan untuk tema film berjudul Rocky III. 
 
Lagu ini berhasil masuk Billboard Hot 100 Chart di peringkat pertama selama 4 minggu dan memenangkan Grammy Award untuk Best Rock Performance untuk duo atau grup dengan vokal.
 
Selain itu, lagu ini terpilih sebagai Best New Song untuk people's choise Award dan juga masuk Top 40 Hit di Amerika Serikat.

Tahun 1988, band ini merilis lagu dengan warna musik yang sedikit lebih berat berjudul "Too hot to sleep", karena promosinya yang sangat gencar, hampir saja lagu ini berhasil masuk Billboard 200 di Amerika Serikat. Hal ini membuat anggota Survivor mulai terjadi ketegangan dan terjadi perpecahan.

Meskipun demikian Jimi Jarrison tetap melanjutkan turnya dengan menggunakan nama  Survivor, dan pada tahun 2006 berhasil merilis lagu yang berjudul "Reach" dengan didukung oleh masuknya Robin Mc Auley untuk menggantikan Jamison Left.

Grup band rock legendaris Survivor ini mulai mengalami kemunduran, setelah vokalisnya yang bernama Dave Bickler menderita masalah vokalnya sehingga diharuskan untuk menjalani operasi.
 

Band rock Suvivor yang dibentuk oleh Jim Peterik dan Frankie Sullivan ini, band ini telah mencapai kesuksesannya di sekitar tahun 1980 an. Hal ini, karena banyak single single yang dihasilkan mereka telah berhasil masuk chart di Amerika Serikat.

Salah satu singlenya yang berhasil meraih double platinum di tahun 1982 adalah single Survivor band Eye of the Tiger. Hal ini, karena single ini berada diperingkat 1 di AS dan lagu ini dipakai untuk tema film Rocky III.

Single lainnya yang berhasil bertengger di tangga lagu AS, antara lain Burning Heart, The Search Is Over, High on You dan Is This Love yang menduduki peringkat 2, 4, 8 dan 9 di AS, untuk single I Can’t Hold Back tidak menduduki peringkat.

Album Survivor Survivor

Band The Ides of March merupakan album Jim Peterik band sebelum dibentuk band Survivor dan Jim Peterik sebagai vokalis dan gitarisnya. Setelah album Don’t Fight the Feeling dirilis tahun 1976 maka Peterik disebut dengan Survivor.

Nama Survivor ini, telah menginspirasi menjadi nama band barunya setelah Peterik terlepas dari maut karena dia tidak berada di dalam pesawat yang jatuh, yang telah menewaskan Bill Chase dan hampir semua anggota personil band.

Hal ini, karena Peterik tidak ikut tampil sebagai bintang tamu di konser Chase di Jackson, Minnesota pada tanggal 9 Agustus 1974.

Jim Peterik band bubar pada tahun 1978. Untuk selanjutnya, Peterik bertemu dengan gitaris Frankie Sullivan.

Setelah pertemuan pertama Peterik dengan Frankie Sullivan maka Peterik merekrut Johnson dan Smith serta mendatangkan penyanyi Dave Bickler, akhirnya terbentuklah band Survivor.

Pertama kali band Survivor tampil setelah mendapatkan tandatangan kontrak adalah di Haymakers Rock Club di Wheeling, Illiois pada tahun 1978. Album pertama Survivor berjudul Survivor yang dirilis pada tahun 1980.

Album ini menelurkan single Somewhere in America dengan penyanyi utama Dave Bickler tetapi single ini tidak berhasil menduduki Top 40 dan hanya berada diperingkat 70 saja.

Pada tahun 1981, telah terjadi pergantian personil Survivor karena dianggap terlalu jazzy sehingga Johnson dan Smith digantikan oleh drummer Marc Droubay dan bassis Stephan Ellis.

Album Survivor Premonition

Album ini dirilis tahun 1981 dan album ini menelurkan single Top 40 untuk pertama kalinya dan popularitasnya menjadi lagu dengan pencapaian tertinggi di Amerika dengan single berjudul Poor Man’s Son.

Selain itu, single kedua Summer Nights menampilkan jangkauan dari vokalis Bickler dan album ini juga terdapat beberapa non single favorit penggemar antara lain Heart’s A Lonely Hunter, Take You On A Saturday, Runway Lights dan Love Is On My Side.

Single Survivor band Eye of the Tiger

Suksesnya single Survivor Poor Man’s Son menjadi jalan bagi band Survivor untuk memulai terobosan baru ketika aktor Sylvester Stallone meminta untuk dibuatkan lagu untuk tema film Rocky III yang hampir sama dengan lagu Another One Bites the Dust milik Queen.

Akhirnya terciptalah sebuah lagu Eyes of the Tiger, lagu ini memiliki tempo yang lebih cepat tetapi tetap menggunakan gaya yang hampir sama jika dibandingkan dengan Poor Man’s Son.

Lagu ini sukses menembus puncak tangga lagu Billboard Hot 100, berada di Top 40, puncak tangga lagu Inggris serta mencapai peringkat 1 di Australia.

Selain itu, Eyes of the Tiger berhasil memenangkan Grammy Award untuk Penampilan Rock Terbaik oleh Duo atau Group dengan Vokal dan berhasil terpilih menjadi lagu terbaik oleh People’s Choice Awards.

Lagu ini masuk kedalam album Eyes of Tiger yang dirilis tahun 1982 yang juga menelurkan beberapa single hit Top 40 lainnya di Amerika Serikat.

Single single tersebut antara lain American Heartbeat, The One That Really Matters yang berada diperingkat 17 dan 74 di AS, sedangkan albumnya menduduku peringkat 2 di Amerika.

Kesuksesan album Survivor band Eyes of the Tiger berusaha dicontoh oleh Survivor untuk album berikutnya Caught in the Game yang dirilis tahun 1983.

Namun demikian, album ini tidak mencapai kesuksesan secara komersial dan hanya berada di posisi 82 di Billboard di AS da lagunya hanya mencapai peringkat 77.

Ketika vokalis Survivor Dave Bickler mengalami masalah dengan vokalnya sehingga harus menjalani operasi untuk menghilangkan nodul pita suaranya sehingga band ini mengalami penurunan performancenya.

Akhirnya Dave Bickler digantikan oleh Jimi Jamison yang berasal dari band Target dan Cobra.

Album Survivor bersama dengan vokalis Jimi Jamison

Lagu pertama yang dibawakan vokalis Jimi Jamison adalah The Moment of Truth, lagu ini sukses besar box office The Karate Kid pada tahun 1984 dan mencapai peringkat 63 di Billboard Hot 100.

Melalui album Survivak Vital Signs, band ini berhasil memperbaiki performancenya kemabli dengan memposisikan album ini di peringkat 16 di Billboard Album Chart.

Album ini menelurkan sejumlah lagu hits antara lain I Can’t Hold Back, High on You dan The Search Is Over, single ini berada di peringkat 13, 8 dan 4 di AS.

Survivor band bersama dengan Bryan Adams telah melakukan beberapa penampilan antara lain tur pada tahun 1985, konser di Auditorium War Memorial Nashvilee, Dallas Convention Center, San Antonio Convention Center yang tiketnya berhasil terjual habis dan Lakefront Arena di New Orleans.

Lagu hit Survivor Burning Heart merupakan lagu soundtrack Rocky IV, lagu ini berhasil menduduki peringkat 2 di Billboard Hot 100 tahun 1986.

Album Survivor When Seconds Count dirilis tahun 1986, album ini peringkat 49 di Billboard Album Chart, bersertifikasi gold dan terdapat hit yang menduduki peringkat 9 AS berjudul Is This Love.

Album ketujuh Survivor Too Hot to Sleep dirilis tahun 1988, album ini ditandai dengan pergantian anggota personil Ellis dan Droubay, digantikan oleh Mickey Curry dan Bill Syniar.

Namun album ini hanya mencapai peringkat 187 AS, karena hasilnya mengecewakan maka Jamison memutuskan untuk membuat album solo, sedangkan Peterik dan Sullivan memutuskan untuk menghentikan band ini pada tahu 1988.

Anggota personil lainnya Ellis dan Droubay memutuskan untuk membentuk grup Club MED bersama dengan gitaris Rod McClure.

Akhirnya pada tahun 1989 dirilis album kompilasi Greatest Hits dan Jamison masih terus melanjutkan tur dengan membawakan lagu lagu Survivor bersama dengan musisi lokal. Pada tahun 1992, ketika tur nama bandnya menjadi Survivor atau Jimi Jamison’s Survivor.

Tur Jamison ke luar negeri berhasil meraih kesuksesan sehingga Peterik, Sullivan dan Jamison berkumpul kembali untuk membuat materi baru di tur yang akan datang.

Namun karena terjadi pembicaraan kontrak yang tidak mulus sehingga Jamison memutuskan untuk bersolo karir kembali, sedangkan Peterik dan Sullivan menggandeng vokalis utama Dave Bickler untuk merilis album Greatest Hits pada tahun 1993.

Album Survivor Greatest Hits ini menelurkan 2 lagu Hungry Years dan You Know Who You Are, untuk selanjutnya mereka melanjutkan tur ke Eropa.

Sullivan kembali bermitra dengan Jamison pada tahun 2000 untuk merekam lagu Velocitized, lagu ini dimasukkan kedalam soudtrack film stallone berjudul Driven.

Sebuah lagu Natal berjudul Christmas is Here dirilis tahun 2002, lagu ini berhasil berada diperingkat 6 ke tangga lagu Natal Mediabase dan masuk kedalam soundtrack A Classic Rock Christmas.

Survivor band pada tahun 2004, memulai debutnya untuk iklan televisi Starbucks untuk minuman espresso Double shot, iklan ini meraih sejumlah penggemar dan masuk nominasi Penghargaan Emmy.

Album Survivor Reach dirilis tahun 2006, album ini berisi lagu lagu baru dan beberapa rekaman ulang dari Fire Makes Steel.

Anggota personil Survivor pada tahun 2010 terdiri dari Robin Mc Auley sebagai vokalis, Sullivan sebagai penulis lagu, pemain gitar dan vokal, drumer Marc Droubay, bass Billy Ozzelo dan anggota baru Mitchell Sigman sebagai pemain keyboard dan gitar.

Tahun 2011, Sulivan telah menyatukan kembali lineup Survivor bersama dengan Bickler dan mereka menampilkan semua lagu lagu hit bandnya. Selain itu, mereka berharap dapat kembali ke studio bersama.

Jimi Jamison meninggal dunia di usia 63 tahun pada tanggal 1 September 2014 karena serangan jantung dan hasil pemeriksaan medis Jamison menderita penyakit kardiovaskular dan penyempitan arteri.

Tetapi laporan menyebutkan penyebab kematian Jimi Jamison akibat stroke otak hemoragik dengan keracunan metamfetamin akut sehingga kematiannya dianggap sebagi kecelakaan.

Pada tahun 2019, disusul dengan kematian bassis Survivor yang bernama Stephan Ellis pada usia 69 tahun, menurut keluarganya Stephan Ellis meninggal dunia karena penyakit demensia yang sudah lama di deritanya.

Album album Survivor band

- Survivor dirilis tahun 1979

- Premonition dirilis tahun 1981

- Eye of the Tiger dirilis tahun 1982

- Caught in the Game dirilis tahun 1983

- Vital Signs dirilis tahun 1984

- When Seconds Count dirilis tahun 1986

- Too Hot to Sleep dirilis tahun 1988

- Reach dirilis tahun 2006

Survivor band merupakan band rock Amerika yang masuk kedalam List of best selling music artist dan Music of the United States.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang SURVIVOR, EYE OF THE TIGER TERKENAL UNTUK TEMA FILM ROCKY 3, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik rock kita dan dapat di share ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar