Ray Charles, Pioner Dalam Mengkombinasikan Genre Musik Soul

(dok.thebluesmobile.com)

Ray Charles, Pioner Dalam Mengkombinasikan Genre Musik Soul

RAY CHARLES ADALAH SEORANG PIANIS, YANG MENJADI PIONER MUSIK BERGENRE SOUL, DIA MENGKOMBINASIKAN MUSIK SOUL DENGAN RHYTM & BLUES, GOSPEL DAN BLUES.

Sekilas Tentang Ray Charles
Ray Charles merupakan seorang pianis yang berasal dari Amerika Serikat. Dia adalah seorang musikus yang beraliran soul. Dia mempunyai nama sejak lahir adalah Ray Charles Robinson dan lebih dikenal dengan Ray Charles. 

Ray Charles lahir pada tanggal 23 September 1930, di Georgia, Amerika Serikat, dia mempunyai istri yang  bernama Della Beatrice Howard Robinson dan Ellen Williams. Dan Ray Charles mengakhiri karirnya karena meninggal  pada tanggal 10 Juni 2004 di Beverly Hill, California, Amerika.

Dia mengalami buta sejak berusia 7 tahun, karena menderita penyakit glucoma. Dan bersekolah di Florida School di St. Augustine, yaitu sekolah yang disediakan untuk anak tuna rungu dan buta.

Ray Charles mulai belajar bermain piano dengan musik klasik dari Bach Mozart and Beethoven, dengan guru musiknya yang bernama Lawrence, guru musik inilah yang mengajarkan kepada Ray Charles bagaimana cara membaca musik dengan menggunakan huruf braille. 

Proses belajar musik bagi Ray Charles memang tidaklah mudah, karena tangan kirinya digunakan untuk membaca huruf braille sedangkan tangan kanannya digunakan untuk memainkan piano. Demikian juga sebaliknya apabila tangan kirinya digunakan untuk bermain piano maka tangan kanannya digunakan untuk membaca huruf braille. Meskipun demikian Ray Charlesmenikmatinya dan sangat menyukai bermain piano, sehingga kesulitan ini dapat diatasinya.

Dalam karir musiknya, Ray Charles selain sebagai penyanyi, dia juga sebagai musisi, penulis lagu komposer yang cukup terkenal, dan dia memulai karier musiknya dari tahun 1947 sampai dengan tahun 2001.

Karir Musik Ray Charles
Musik yang dimainkan oleh Ray Charles bergenre R&B, soul blues, jump blues, gospel, counry, jazz, vokal jazz, pop dan rock and roll.

Selama karir musiknya dari tahun 1950 sampai dengan tahun 2008, banyak prestasi yang berhasil diperolehnya, diantaranya adalah :
□ Tahun 1950, dia merupakan seorang yang jenius karena dia adalah orang pertama yang berhasil mengkombinasikan genre musik soul dengan rythm & blues, gospel dan blues sampai akhirnya dapat merilis rekamannya.
□ Tahun 1960, dia ikut berkonstribusi dalam menyatukan musik country dengan musik pop.
□ Sukses di ABC Record, Ray Charles menjadi satu-satunya dari musisi Amerika yang pertama kali yang dianugerahi Artistic Control oleh A Main  Stream Record Company.

Gaya musik Ray Charles mengikuti gaya dari penyanyi yang bernama Nat King Cole, dan permainan pianonya mencerminkan aliran dari musik country blues, barrelhouse bahkan terkadang keluar dari aliran tersebut. Dia termasuk musisi yang genius dalam mengikuti industri musik yang masih disukai saat itu.

□ Tahun 2004, Ray Charles mendapatkan peringkat ke 10 dari 100 artis tenar sepanjang masa.
□ Tahun 2008, di bulan November mendapatkan peringkat ke 2 dari 100 artis terkenal sepanjang masa.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, yang berisi artikel tentang RAY CHARLES, PIONER DALAM MENGKOMBINASIKAN GENRE MUSIK SOUL, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar