Taylor Swift 1989 Taylor's Version, Apa Yang Diharapkannya

Taylor Swift, penyanyi sekaligus penulis lagu yang lagu naratifnya sering menceritakan tentang kehidupan pribadinya

Taylor Swift penyanyi Amerika peraih 10 grammy

Album Taylor Swift 1989 (Taylor’s Version) ini merupakan album Taylor Swift 1989 yang dirilis di tahun 2014. Perilisan ulang ini dilakukan oleh Swift karena kesuksesan album ini sebelumnya. 
 
Album rekaman ulang ini diharapkan dapat menjadi rekaman ulang keduanya pada tahun 2021. Album Taylor Swift 1989 yang direkam ulang ini, apakah dapat mengulang sukses dari album 1989 pada saat diluncurkan tahun 2014. Kita tunggu saja ya ...

Taylor Swift merupakan seorang penyanyi sekaligus berprofesi sebagai penulis lagu yang berasal dari Amerika. Dia adalah penyanyi cantik yang mempunyai nama asli Taylor Alison Swift dan mulai meniti karir musiknya sewaktu berusia 14 tahun. 
 
Dia hijrah ke Nashville, Tennessee, dengan harapan dapat mengembangkan genre musik country sebagai genre musik awalnya.

Dalam album studio Taylor Swift Reputation yang dirilis tahun 2017 lebih cenderung ke musik pop elektronik serta mengkombinasikan dengan hip hop

Album ini menelurkan 2 lagu yaitu Look What You Made Me Do yang melejit ke peringkat tertinggi Di Billboard Hot 100 dan lagu Taylor Swift Lover.  Selain itu, album ini menjadi album terlaris di dunia di tahun 2019.

Album Taylor Swift Folklore merupakan album studio kedelapan yang dirilis tahun 2020, untuk kali ini Taylor Swift memilih aliran indie folk dan rock alternatif untuk lagu lagunya tersebut. 

Salah satu lagu Taylor Swift Cardigan, merupakan lagu utamanya yang berhasil menjadikan Taylor Swift sebagai artis pertama yang berada di puncak Billboard 200 dan Billboard Hot 100 secara beriringan.

Taylor Swift juga menjadi salah satu artis musik terlaris sepanjang sejarah karena telah berhasil menjual lebih dari 200 juta kopi di seluruh dunia.

Selain itu, Taylor Swift telah mendapatkan penghargaan 10 Grammy Award, 1 Emmy, 7 Guinness World Record, 32 American Music Awards sebagai artis pemenang terbanyak, 23 Billboard Music Award.

Taylor Swift juga masuk kedalam daftar Greatest of All Time Artists Chard versi Billboard dan berada di urutan ke 8. Sebagai sebagai penulis lagu, pada tahun 2015 Taylor Swift juga di masukkan dalam daftar 100 penulis lagu terbaik oleh majalah Rolling Stone.

Taylor Swift juga diakui untuk masuk kedalam daftar yang prestisius lainnya diantaranya :

- 100 orang paling berpengaruh  di dunia tahun 2010, 2015 dan 2019 oleh majalah Time

- Celebrity 100, berada di urutan pertama pada tahun 2016 dan 2019 oleh majalah Forbes

- Ditetapkan sebagai Woman of the Decade tahun 2010 oleh Billboard

- Ditetapkan sebagai Artist of the Decade tahun 2010 oleh American Music Awards

- 2 dari albumnya masuk daftar 500 Album Terbaik Sepanjang Masa tahun 2020 oleh majalah Rolling Stones

Masa kecil Taylor Swift :

Taylor Swift terlahir dengan nama Taylor Alison Swift, lahir pada tanggal 13 Desember 1989 di Reading, Pennsylviania, Amerika Serikat. 
 
Sebelum dia pindah ke Nashville bersama keluarganya, Taylor Swift dibesarkan di Wyomissing, Pennsylvania, dan arah musik awalnya cenderung ke genre musik country, pop dan pop rock.

Ibunya bernama Andrea Finlay adalah seorang ibu rumah tangga yang pernah bekerja di bidang keuangan, sedangkan ayahnya bernama Scott Kingsley merupakan seorang pialang saham. 

Kalau melihat pekerjaan dari kedua orang tuanya tidak ada yang bermusik, sehingga bakat musiknya bisa jadi diturunkan dari neneknya yang bernama Marjorie Finlay karena neneknya tersebut merupakan seorang penyanyi opera.

Setelah keluarganya pindah ke Nashville, Taylor Swift mulai menunjukan penampilan pertamanya di Blooburg Fair. 
 
Dalam menapaki karir musiknya, dia banyak dipengaruhi oleh penyanyi wanita terkenal  seperti Shania Twain, LeAnn Rimes, Tina Turner serta Dolly Parton dan arah musiknya pada awalnya  cenderung ke genre musik country.

Taylor Swift masih berdarah Skotlandia sehingga namanya mirip mirip dengan penyanyi dan penulis lagu James Taylor. Adik Taylor Swift yang bernama Austin Kingsley Swift terjun di dunia akting sebagai seorang aktor.

Taylor Swift mulai menyukai musik pada saat berusia 9 tahun dan untuk pertama kalinya tampil di Four Berks Youth Theatre Academy production. Selain itu secara rutin, Taylor Swift pergi ke New York untuk belajar vokal dan akting.

Namun, Taylor Swift memilih untuk berkonsentrasi ke musik country karena dia terinspirasi oleh lagu lagu dari penyanyi Shania Twain. Apa yang membuat Taylor Swift semangat untuk mengejar karir musik di Nashville, Tennesse, tidak lain adalah setelah dia menonton film dokumenter Faith Hill.

Pada usia 11 tahun, Taylor Swift dan ibunya mulai mengunjungi produser rekaman dan memberikan demo rekaman cover karaoke Dolly Parton dan Dixie Chick. Namun demikian, usaha Taylor Swift dan ibunya tidak berhasil.

Hal ini, karena penolakan yang diterima Taylor Swift. Oleh sebab itu, membuat Taylor Swift berpikir untuk membuat sesuatu yang berbeda dengan penyanyi lainnya. Akhirnya pada usia 12 tahun, Taylor Swift mulai belajar bermain gitar dengan Ronnie Cremer.

Ronnie Cremer inilah yang telah membantu Taylor Swift dalam menulis lagu pertama kali, dengan karya lagu pertamanya Lucky You. Akhirnya, pada tahun 2003, ibu Taylor Swift bekerja sama dengan manajer musik Dan Dymtrow berbasis di New York.

Atas bantuan Dan Dymtrow, Taylor Swift dapat menjadi seorang model untuk Abercrombie & Fitch yang merupakan bagian dari kampanye Rising Stars, dengan lagu orisinil miliknya dad didalam cd kompilasi Maybelline.

Setelah menyanyikan lagu lagu orisinil yang ditampilkan RCA Records maka Taylor Swift mulai mendapatkan kontrak pengembangan artis sehingga dia dan ibunya sering ke Nashville.

Ketika usia Taylor Swift 14 tahun, ayah Taylor Swift pindah ke kantor Merrill Lynch di Nashvilee. Hal ini, bertujuan supaya memudahkan Taylor Swift masuk ke musik country. 

Taylor swift akhirnya pindah sekolah dari SMA umum menjadi ke Aaron Academy yaitu homeschooling, sehingga dapat menyesuaikan jadwal tur Taylor Swift.

Perjalanan karir Taylor Swift :

Dia berhasil memperoleh penawaran kontrak pertama kalinya melalui label independen yang bernama Big Machine Record dan dia juga merupakan seorang penulis lagu termuda diantara orang orang yang pernah bekerja  di Sony/ ATV Music publising house.

Album studio debut Taylor Swift merupakan album terlama dalam menduduki Billboard 200, melalui lagu ketiganya Our Song. 
 
Hal ini, telah menjadikan Taylor Swift sebagai artis termuda dengan lagu yang ditulis serta dinyanyikannya sendiri dan berhasil menduduki puncak tangga lagu Billboard Hot Country Songs.

Melalui album debutnya yang dirilis pada tahun 2006 ini, dia juga berhasil menjadi bintang musik country melalui lagu Our Song. Lagu ini dan berhasil masuk nominasi Grammy Award pada tahun 2008 untuk kategori Best New Artist.

Album kedua Taylor Swift Fearless dirilis pada tahun 2008 bergaya country pop. Album ini berhasil menjadi album paling laku di Amerika Serikat di tahun 2009 dan mendapatkan seritifikasi diamond oleh RIAA. 
 
Album Fearless ini menjuarai Grammy Award sebagai album of the Year karena albumnya berisi lagu lagu seperti Love Story dan You Belong With Me dengan jenis musik campuran.

Kesuksesan album keduanya kemudian disusul dengan album ketiga Taylor Swift Speak Now yang dirilis pada tahun 2010. Album ini menelurkan lagu yang masuk ke 10 besar diantaranya lagu Mine dan Back to December, kedua lagu ini merupakan kombinasi dari musik rock dan pop. 

Kemudian dilanjutkan lagi pada tahun 2012 dirilis album studio keempat Taylor Swift Red, album ini merupakan musik eksperimen dari musik pop, rock serta elektronik. 
 
Album ini menelurkan lagu lagu yang masuk 5 besar, diantaranya lagu We Are Never Ever Getting Back Together dan I Knew You Were Trouble. 

Dimana salah satu lagu We Are Never Ever Getting Back Together berhasil melejit di peringkat pertama Billboard Hot 100.

Album ketiga dan keempat Taylor Swift ini juga telah berhasil mengikuti kesuksesan album sebelumnya karena mampu mencapai penjualan hingga mencapai lebih dari 1 juta kopi pada minggu pertama dirilis di Amerika Serikat. 


Album Speak Now melalui singlenya yang berjudul Mean berhasil meraih 2 Grammy Award dan album Taylor Swift Red melalui 2 singlenya yang berjudul We Are Never Ever Getting Back Together dan I Knew You Were Trouble berhasil menjadi lagu hit diseluruh dunia.

Album kelima Taylor Swift 1989, dirilis pada tahun 2014.  Album yang kelima ini berganti total ke musik pop dan telah berhasil mencapai penjualan hingga mencapai 1 juta kopi pada minggu pertama dirilis.
 
Hal ini, telah membuat Taylor Swift dapat menjadi artis pertama yang berhasil mengantongi 3 album sekaligus yang sukses terjual lebih dari 1 juta kopi yang dirilis pada minggu pertama.

Selain itu, Taylor Swift merupakan seorang artis solo wanita pertama yang berhasil menjadi pemenang Grammy Award untuk album of the Year sebanyak 2 kali dan mempunyai 3 lagu hit yang menduduki peringkat tertinggi di Billboard Hot 100 diantaranya lagu Shake It Off, Blank Space dan Bad Blood. 

Dalam menulis lagu lagunya, seringkali lirik lagu lagu Taylor Swift menceritakan tentang pengalaman pribadinya.

Beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh Taylor Swift yaitu :

- Mendapat penghargaan dari Nashville Songwriters Association dan Songwriters Hall Of Fame

- Meraih 7 Grammy Awards, 22 Billboard Music Awards, 11 Country Music Association, 8 Academy Of Country Music Awards serta 1 Brit Awards

- Salah satu Best Selling Artist Of All Time

- Telah berhasil menjual 40 juta album meliputi 27,1 juta di Amerika Serikat dan 130 juta dari download single

- Menjadi wanita termuda yang masuk dalam daftar Forbes pada tahun 2015 sebagai Most Powerful Women dan masuk ke urutan ke 64.

- Dia juga telah menjadi seorang aktor peran pendukung melalui film Valentine’s Day pada tahun 2010 dan The Giver pada tahun 2014. 

Pada awal karir Taylor Swift, bekerja dengan penulis lagu yang sudah makan asam garam di Musik Row diantaranya Troy Verges, Brett Beavers, Brett James, Mac McAnally serta The Warren Brothers.

Akhirnya di usia 14 tahun, Taylor Swift dikontrak oleh Sony/ ATV Tree publishing house. Taylor Swift berhasil menarik perhatian eksekutif dreamWork Record yang bernama Scott Borchetta, sehingga mereka membuat label rekaman independent yang bernama Big Machine Records.

Melalui label rekaman ini, dimulainya dalam membuat album Taylor Swift Taylor Swift dan menulis 3 lagu sendiri sedangkan lagu lainnya bekerja sama dengan penulis lain seperti Rose, Robert Ellis Orrall, Brian Maher dan Angelo Petraglia.

Lagu yang ditulis oleh Taylor Swift berada di peringkat 5 di Billboard 200 selama 157 minggu sehingga ini menjadi album terlama yang berada di tangga lagu di tahun 2000 an.

Tahun 2006, Big Machine Record sibuk mempromosikan Taylor Swift dengan tur radio serta penampilannya di Televisi. 

Akhirnya Taylor Swift mendapat kesempatan sebagai pembuka selama tur Rascal Flatts di tahun 2006, sebagai pengganti artis sebelumnya karena artis pembuka sebelumnya Eric Churh telah diberhentikan karena tampil melebihi batas waktu yang telah ditentukan dan tampil terlalu berisik.

Hal ini, menjadikan kesempatan emas bagi Taylor Swift untuk mengawali karirnya dan dia patut berterima kasih pada artis pembuka yang digantikannya tersebut.

Awal kesuksesannya, setelah merilis lagu Teardrops on My Guitar, Our Song, Picture to Burn dan Should’ve Said No. Ke 4 lagu ini sukses bertengger di tangga lagu, melalui lagu Should’ve Said No dan Our Song berhasil melejit di peringkat tertinggi Billboard Hot Country Songs.

Untuk lagu Teardrop on My Guitar, menjadikan Taylor Swift menjadi artis termuda yang menulis dan menyanyikan lagu hasil karyanya sendiri yang berhasil secara komersial moderat dan bertengger di peringkat 13 di Billboard Hot 100.

Tahun 2007, merilis album Holiday Taylor Swift Sounds of the Season: The Taylor Swift Holiday Collection dan disusul tahun 2008 dirilis EP Beautiful Eyes. Dalam setiap kesempatan sebagai pembukaan tur artis lain, Taylor Swift selalu mempromosikan albumnya tersebut.

Taylor Swift merupakan salah satu artis yang mendapatkan Nashville Songwrit Association Songwriter/ Artist of the Year tahun 2007 dan menjadi artis termuda yang mendapatkan perhargaan tersebut.

Selain itu, Taylor Swift juga dapat meraih Country Music Association Horizon Award sebagai Best New Artist, Academy of Country Music Awards Top New Female Vocalist serta penghargaan American Music Awards Favorite Country Female Artist, dan berhasil masuk nominasi Best New Artist di Grammy Awards tahun 2008.

Tahun 2008, dirilis album kedua Taylor Swift Fearless dengan lagu utamanya Love Story. Lagu Love Story ini menduduki urutan 4 di Billboard Hot 100 dan peringkat tertinggi di Australia.

Disusul dengan merilis 4 lagu lainnya yaitu White Horse, You Belong with Me, Fifteen, serta Fearless, 4 lagu ini dirilis antara tahun 2008 – 2009. Lagu You Belong with Me menduduki peringkat 2 di Billboard Hot 100.

Untuk album Taylor Swift Fearless sendiri menduduki peringkat 1 di Billboard 200 dan menjadi album paling laris di Amerika Serikat. Album ini dipromosikan lewat Fearless Tour yang merupakan tour pertama Taylor Swift.

Selain itu Taylor Swift Keith Urban, dia bekerja sama sebagai artis pendukung Escape Together World Tour Keith Urban.

Video musik Taylor Swift You Belong with Me dirilis tahun 2009 dan berhasil meraih MTV Video Music Award for Best Female Video dan Billboard juga menetapkan Taylor Swift sebagai Artist of the Year 2009.

Tahun berikutnya 2010, Taylor Swift juga meraih penghargaan di 52nd Grammy Awards untuk Fearless untuk Album of the Year dan Best Country Album. Sedangkan untuk lagu White Horse berhasil meraih Best Country Song dan Best Female Country Vocal Performance.

Prestasi Taylor Swift memang luar biasa, dengan usianya yang masih muda tetapi telah mampu meraih Entertainer of the Year dari Country Music Association.

Selain itu, dia juga mampu meraih album of the Year ketika membawakan lagu You Belong with Me dan Rhiannon bersama dengan Stevie Nicks. Meskipun banyak tanggapan kurang bagus dari media untuk penampilan vokalnya.

Dia juga bekerja sama dengan artis lain :

- Half of My Heart milik John Mayer dari album Battle Studies, menjadi vokal pendukung

- Menulis dan merekam lagu Best Days of Your Life dengan Kellie Pickler

- Menulis lagu latar You’ll Always Find Your Way Back Home da Crazier untuk Hannah Montana: The Movie

- Menulis lagu Two Is Better Than One untuk Boys Like Girls dan menyumbangkan vokalnya

- Ikut ambil bagian menulis lagu latar Valentine’s Day dan Today Was a Fairytale dan sukses meroket di peringkat pertama tangga lagu Canadian Hot 100

Pada tahun 2009, memulai debut akting Taylor Swift untuk episode dari CSI: Crime Scene Investigation di CBS. Kemudian tahun 2010 menjadi pembawa acara dan tamu musik dari Saturday Night Live.

Pada saat itu Taylor Swift dekat dengan Taylor Lautner. Namun, kedekatannya tersebut hanya seumur jagung, karena putus hanya berlangsung 3 bulan saja. Kemudian ganti dengan aktor Jake Gyllenhaal.

Agustus 2010, kembali dirilis Taylor Swift Mine. Lagu ini sukses berada di pringkat 3 di Amerika Serikat dan membuat dia menjadi artis wanita kedua dalam sejarah Hot 100 yang sebelumnya dipegang oleh Mariah Carey.

Pada waktu itu, Mariah Carey berhasil mendebutkan beberapa lagunya Today Was a Fairytale, lagu yang ditulisnya sendiri dan berhasil masuk ke peringkat 2 dari album Speak Now pada tahun 2010, peringkat 1 di Billboard 200 dan mencapai penjualan 1 juta.

Keberhasilan dari Taylor Swift, sehingga mendapatkan Guinness World Records 2010 dan rekor dari 10 lagunya, 3 lagu dari Speak Now masuk di Billboard Hot 100 sehingga Taylor Swift menjadi wanita pertama yang bisa seperti itu.

3 lagu Taylor Swift tersebut adalah

- Mean berada di 10 besar lagu di Kanada, menjuarai Best Country Song dan Best Country Solo Performance di 54th Annual Grammy Awards

- Mine sukses di AS

- Back to December menduduki 10 besar di tangga lagu Hot 100

Februari 2011 – Maret 2012, Taylor Swift menyelenggarakan Speak Now World Tour untuk mempromosikan album pertama Taylor Swift Speak Now World Tour: Live.

Taylor Swift juga ikut serta dalam pembuatan lagu Safe & Sound, lagu latar dari film The Hunger Games. Lagu ini direkam dengan The Civil Wars dan T-Bone Burnett dan Eyes Open.

Tahun 2012 ini, Taylor Swift dekat dengan Conor Kennedy. Kedekatan ini terjadi setelah Taylor Swift menyumbangkan vokalnya pada lagu Both of Us milik B.o.B, kedekatan ini juga tidak berlangsung lama hanya 3 bulan saja.

Agustus 2012, lagu Taylor Swift We Are Never Ever Getting Back Together untuk album studio ke 4 Red. Lagu ini sukses secara internasional karena menduduki peringkat 1 di AS, Selandia Baru dan di iTunes meraih rekor untuk Fastest Selling Single in Digital History dari Guiness World Records.

Album ke 2 Taylor Swift Begin Again dirilis tahun 2012, album ini masuk peringkat ke 7 di Billboard Hot 100. Lagu dari album ini, I Knew You Were Trouble menduduki peringkat 22 dan peringkat 2 di AS untuk Everything Has Changed, The Last Time dan Red.

Album Taylor Swift Red sukses secara komersial dan menduduki peringkat 1 di Billboard 200 dengan penjualan album mencapai 1,21 juta kopi. Lagi lagi Taylor Swift mendapatkan Rekor dari Guiness World Records.

Taylor Swift The Red Tour diselenggarakan pada Maret 2013 – Juni 2014 dan berhasil memecahkan rekor dalam penjualanTaylor Swift tickets sebesar 18 ribu dalam 60 detik di tiongkok.

Album Red juga meraih 4 nominasi di Grammy Awards ke 56 untuk Songwriter/Artist Award dari Nashville Songwriter Association untuk tahun ke 5 dan ke 6 secara berturut turut di tahun 2012 dan 2013.

Selain itu juga mendapatkan Association dengan Pinnacle Award, dimana Taylor Swift merupakan orang ke 2 yang mendapatkan penghargaan itu setelah Garth Brooks. Di tahun ini, Taylor Swift dekat dengan Harry Styles namun kedekatan ini hanya berlangsung selama 3 bulan juga.

Taylor Swift, tahun 2013 kembali ikut ambil bagian dalam menulis lagu Sweeter Than Fiction dengan Jack Antonoff yang digunakan untuk lagu latar film One Chance. Lagu ini masuk nominasi untuk Best Original Song di Golden Globe Awards ke 71.

Lagu Highway Don’t Care dari Tim McGraw, Taylor Swift menjadi vocal tamu dan fitur dengan gitar dari Urban. Kemudian bersama dengan The Rolling Stones, Taylor Swift membawakan lagu As Tears Go By di Chicago, merupakan tur 50 & Counting.

Lagu Cruise, dinyanyikan oleh Taylor Swift bersama dengan Florida Georgia Line di Pentas Country Radio Seminar 2013.

Bagi pecinta film animasi The Lorax, disini Taylor Swift menjadi pengisi suara Audrey tahun 2012, tahun 2013 sebagai kameo di komsit New Girl, tahun 2014 menjadi peran pendukung di film adaptasi dari The Giver.

Tahun 2014, dia membuat album ke 5 Taylor Swift 1989 bersama dengan beberapa penulis lagu seperti Antonoff, Martin, Shellback, Imogen Heap, Ryan Tedder dan Ali Payami. 

Album 1989 ini dipromosikan melalui kampanye mendatangkan penggemar untuk acara mendengarkan album secara rahasia atau 1989 Secret Sessions.

Album 1989 ini merupakan tanda perpindahan jenis musik Taylor Swift dari musik country ke musik pop, album ini dirilis Oktober 2014 dan mendapat tanggapan bagus. Album ini telah terjual hingga 1.28 juta dan memuncak di Billboard 200.

Hal ini membuat Taylor Swift menjadi orang pertama yang 3 albumnya terjual hingga 1 juta dalam minggu pertama dirilis, sehingga memperoleh Guinness World Record. Lagu pertama dari album ini Shake It Off menduduki peringkat 1 di Billboard Hot 100.

Lagu lainnya dari album ini Blank Space menduduki peringkat 1 dan Bad Blood featuring Kendrick Lamar. Lagu dari album ini yang berhasil masuk 10 besar antara lain lagu Style dan Wildest Dreams, Out of the Woods dan New Romantics.

Lagu Shake It Off, Blank Space dan Bad Blood berada di peringkat tertinggi di tangga lagu Australia dan Kanada. Blank Space dan Bad Blood berhasil meraih 4 penghargaan di MTV Video Music Awards 2015 dan juga untuk kategori video of the Year dan Best Collaboration.

1989 World Tour, di selenggarakan dari Mei – Desember 2015 menjadikan Tour Taylor Swift yang mendapatkan penghasilan terbanyak sepanjang masa.

Taylor Swift ditetapkan sebagai Woman of the Year 2014 oleh Billboard dan berhasil menjadi artis pertama yang meraih penghargaan sebanyak 2 kali. Selain itu Taylor Swift juga mendapatkan Dick Clark Award for Excellence di American Music Awards.

Lagu Shake It Off masuk nominasi 3 Grammy Awards, mendapatkan Record of the Year dan Song of the Year dan meraih Brit Award for International Female Solo Artist di tahun 2015.

Taylor Swift berhasil meraih 50th Anniversary Milestone Award di Academy of Country Music Awards 2015 dan menjadi salah satu dari 8 artis yang mampu mendapatkan penghargaan tersebut.

Taylor Swift berhasil meraih 3 Grammy Awards sebagai Album of the Year, Best Pop Vocal Album untuk album 1989 dan Best Music Video untuk Bad Blood.

Taylor Swift merupakan artis wanita pertama dan artis ke 5, yang berhasil meraih Album of the Year sebanyak 2 kali.

Penghargaan yang diraih Taylor Swift :

- Tahun 2014, ditetapkan sebagai Woman of teh Year oleh Billboard (artis pertama yang mendapatkan 2 penghargaan ini) di American Music Awards 2014

- Meraih Dick Clark Award for Excellence yang pertama

- Tahun 2015, meraih Brit Awards sebagai International Female Solo Artist

- Meraih Anniversary Milestone Award ke 50 di Academy of Country Music Award 2015

- Tahun 2016, meraih 3 penghargaan untuk Album of the Year, Best Pop Vocal Album dan Best Music Video untuk lagu Bad Blood di Grammy Awards ke 58.

Selama 3 bulan dari bulan Maret 2015 – Juni 2016, Taylor Swift dekat dengan DJ Calvin Harris. Oleh Forbes, Taylor Swift ditetapkan sebagai pasangan selebritas dengan penghasilan pertahun tertinggi di Juni 2015.

Taylor Swift dan DJ Calvin Harris sempat menulis lagu This Is What Yoy Came For yang merupakan fitur dengan penyanyi Rihanna

Belum lama putus dengan Calvin Harris, Taylor Swift mendapatkan teman dekat seorang aktor Tom Hiddleston. Namun, seperti biasanya hubungannya ini hanya berjalan sebentar saja dan mendapat ganti seorang aktor juga Joe Alwyn.

November 2016, Taylor Swift menulis lagu Better Man yang dimasukkan kedalam album ke 7 Litle Big Town. Lagu ini meraih penghargaan Song of the Year di CMA Award ke 51.

Bersama dengan Zayn Malik, taylor Swift merilis lagu I Don’t Wanna Live Forever. Lagu ini digunakan lagu latar pada film Fifty Shades Darker tahun 2017 dan lagu ini menduduki peringkat 2 di AS serta meraih penghargaan sebagai Best Collaboration di MTV Music Awards 2017.

Tahun 2017, merilis lagu Look What You Made Me Do sebagai lagu utama dari album ke 6 Taylor Swift Reputation yang dirilis November 2017. Lagu ini sukses bertengger di tangga lagu beberapa negara seperti Selandia Baru, Britania Raya dan Amerika Serikat.

Album Taylor Swift Reputation ini mengkombinasikan suara elektopop yang lebih tajam dengan pengaruh hip hop dan EDM. Aliran ini menjadi aliran baru dari Taylor Swift dan menduduki peringkat tertinggi Billboard 200 serta menduduki peringkat 1 di Britania Raya, Australia dan Kanada.

Album Reputation, menelurkan 6 lagu : Ready for It? masuk 5 besar di AS dan 3 lagu 20 besar yaitu End Game fitur dengan Ed Sheeran dan rapper Future, Gorgeous dan Delicate. Lagu lainnya New Year’s Day dirilis eksklusif di radio di AS dan lagu Getaway Car sebagai lagu pamungkas di Australia.

Taylor Swift juga menjadi fitur lagu Babe kepunyaan Sugarland yang berasal dari album Bigger.

November 2018, Taylor Swift menyelenggarakan Reputation Stadium Tour untuk mempromosikan album Taylor Swift Reputation. Taylor Swift berhasil meraih Tour of the Year, Artist of the Year, Favorite pop/Rock Female Artist serta Favorite Pop/Rock Album untuk album Reputation.

Taylor Swift merupakan pemenang wanita terbanyak di sejarah AMA, dimana sebelumnya menjadi milik Whitney Houston.

Tahun 2019, album studio ke 7 Taylor Swift Lover berhasil dirilis dan album ini menjadi album ke 6 yang mampu terjual lebih dari 500 ribu kopi dalam 1 minggu dan Taylor Swift merupakan artis wanita yang berhasil meraih pertama kalinya

18 lagu dari album Lover ini masuk Billboard Hot 100 dan menjadi rekor lagu terbanyak yang masuk secara serentak oleh artis wanita. 3 lagu dari album ini, Me, You Need to Calm Down dan Lover masuk 10 besar di Billboard Hot 100.

Lagu ke 4 The Man  masuk di peringkat 40 besar di Billboard Hot 100 dan lagu Me meraih Best Visual Effects di MTV Video Music Awards 2019. Lagu You Need to Calm Down meraih kemenangan Video of the Year.

Video for Good yang disutradarai Taylor Swift sendiri menjadikan Taylor swift menjadi wanita pertama yang meraih Video of the Year untuk video yang disutradarai sendiri. 

Selanjutnya Taylor Swift kembali ditetapkan sebagai artis terlaris secara global tahun 2019 oleh International Federation of the Phonographic Industry.

Taylor Swift meraih 6 penghargaan termasuk Artist of the Year dan Artist of Decade di American Music Awards 2019. Dalam film Cats tahun 2019, Taylor Swift memerankan Bombalurina pada film adaptasi musikal Andrew Lloyd Webber.

Lagu Beautiful Ghosts yang ditulis dengan Webber direkam dan dirilis November 2019 untuk lagu latar film, namun film ini mendapat tanggapan tidak bagus oleh kritikus. Desember 2019, merekam dan merilis lagu Natal Christmas Tree Farm.

Film dokumenter Miss Americana yang menceritakan bagian kehidupan dan karir Taylor Swift diputar perdana di Sundance Film Festival 2020. 

Dalam film ini menggunakan lagu Only the Young yang ditulis oleh Taylor Swift. Tahun 2019 konser City of Lover Swift di Paris ini untuk mempromosikan album Lover.

Juli 2020, album studio ke 8 Taylor Swift Folklore menjadi album kejutannya karena album ini direkam dan ditulis oleh Taylor Swift pada saat dia menjalani isolasi karena terkena Covid-19.

Album Taylor Swift Folklore merupakan hasil kolaborasi musik antara Bon Iver, Aaron Dessner dan Jack Antonoff. Album ini mampu terjual hingga 2 juta kopi di seluruh dunia dan berhasil memecahkan rekor di daring karena paling banyak didengarkan.

Lagu utama dari album Taylor Swift Cardigan mampu menduduki peringkat tertinggi di Billboard Hot 100 dan melalui lagu ini Taylor Swift menjadi seorang artis pertama yang album debut dan lagunya berhasil diperingkat tertinggi Billboard 200 dan Billboard Hot 100 untuk minggu yang sama. 

Lagu lagu lain dari album ini yaitu Exile dan The 1 berhasil masuk 10 besar di Billboard Hot 100 dan lagu Betty merupakan single radio country.

Taylor Swift di American Music Award 2020 berhasil meraih 3 penghargaan melalui Artis of the Year sebanyak 3 kali berturut turut.

Taylor Swift juga merilis film konser Folklore: The Long Pond Sudio Sessions yang disutradarai sendiri di Disney+ dan film ini berhasil masuk nominasi di Grammy Awards ke 63 dan Album of the Year.dari lagu Willow

Taylor juga terlibat dengan beberapa produk sponsor :

- Pada tahun 2020, dilanjutkan dengan merilis album Taylor Swift Evermore serta album video musik bersama dengan merilis album yang ke 9 Swift ini. Dalam mempromosikan album Evermore ini Swift muncul dengan kampanye Mobile Music  Verizon Mireless.

- Taylor Swift juga meluncurkan gaun tidur I.e.i di Wal Mart dalam jaman Fearless ini, selain itu dia juga membuat desain kartu American Greetings serta bonekanya Jaks Pacific. Kemudian menjadi pembicara pada kamera digital milik National Hockey League Nashville Predators serta Sony Cyber shot.

- Swift juga menjadi pembicara untuk Covergirl dan Taylor Swift parfum sebanyak 2 macam diluncurkan bareng dengan Elizabeth Arden, Wonderstruck dan Wonderstruck Enchanted.

- Dalam promosi album Taylor Swift Red, Swift diajak bermitra dengan target Papa John Pizza dan Walgreens

- Menjadi pembicara untuk Diet Coke dan sepatu sneaker oleh Keds

- Merilis parfum ke 3 bareng dengan Elizabeth Arden dengan nama parfum Taylor by Taylor Swift

- Swift bermitra dengan Air Asia, Qantas serta Cornetto, selama tour Taylor Swift di Asia dan Australia resmi menggunakan maskapai tersebut

- Tahun 2014, merilis parfum ke 4 Taylor Swift Incredible Things

- Tahun 2016 dikontrak oleh AT&T selama 2 tahun dan bermitra denga Fujifilm untuk edisi spesial kamera Instax bertanda tangan, mode-swafoto serta double exposure

Taylor Swift album :

- Taylor Swift (dirilis tahun 2006)

- Fearless (dirilis tahun 2008)

- Speak Now (dirilis tahun 2010)

- Red (dirilis tahun 2012)

- 1989 (dirilis tahun 2014)

- Reputation (dirilis tahun 2017)

- Lover (dirilistahun 2019)

- Folklore (dirilis tahun 2020)

- Evermore (dirilis tahun 2020)

- Fearless (Taylor’s Version) – dirilis tahun 2021

Taylor Swift film :

- Valentine’d Day (tahun 2010)

- The Lorax (tahun 2012)

- The Giver (tahun 2014)

- Cats (tahun 2019)

- Miss Americana (tahun 2020)

Taylor Swift cocert tour :

- Fearless Tour (dari tahun 2009 – 2010)

- Speak Now World Tour (dari tahun 2011 – 2012)

- Red Tour (dari tahun 2013 – 2014)

- 1989 World Tour (dari tahun 2015 – 2016)

- Reputation Stadium Tour (tahun 2018)

- Lover Fest (tahun 2021)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Taylor Swift 1989 Taylor's Version, Apa Yang Diharapkannyasemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : wikipedia

0 komentar