Zayn Malik, Mantan Boyband One Direction

Zayn Malik merupakan penyanyi asal Inggris yang pernah mengikuti audisi artis solo The X Factor untuk serial televisi Inggris

Zayn Malik mantan anggota One Direction, asal Inggris berdarah Irlandia

Zayn Malik populer setelah sukses membawakan sebuah lagu hit I Dont' Wanna Live Forever. Namun demikian, tidak banyak yang tahu kalau partner Zayn Malik yang bernama Gigi Hadid mempunyai keahlian memasak dan bahkan sering belajar memasak dari ibunya Zayn Malik. 
 
Zayn Malik album debut solo Mind Of Mine bergenre r&b, mampu menelurkan lagu Pillowtalk yang sukses melejit di peringkat pertama di berbagai negara.

Ibu Zayn Malik bernama Trisha Malik merupakan orang Inggris yang berdarah Irlandia dan ayahnya bernama Yasser Malik berdarah Pakistan. Zayn Malik dibesarkan sebagai Kristen dan masuk Islam setelah menikah.

Zayn Malik adalah mantan anggota Boyband One Direction, dia merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu asal Inggris. Sebagai salah seorang anggota dari sebuah grup band terkenal asal Inggris yang bernama One Direction. 

Pada tahun 2015, dia telah memutuskan untuk berhenti dari One Direction dan beralih untuk bersolo karier. Zayn Malik populer sebagai seorang penyanyi setelah membawakan single hit berjudul I Don’t Wanna Live Forever.

Zayn Malik mempunyai jenis suara tenor yang cukup tebal sehingga tehnik vokalnya sering dikenal dengan suara falsetto. Zayn Malik juga merupakan vokalis yang mempunyai jangkauan vokal paling luas dan paling bagus, dan penilaiannya ini diperolehnya ketika dia masih menjadi vokalis grup band.

Nama asli dari Zayn Malik adalah Zain Javadd, dia lahir pada tanggal 12 Januari 1993 di Bradford, West Yorkshire, Inggris, dan sejak masih muda dia sudah menyukai musik. 
 
Dalam mengawali karir musiknya, Zayn Malik mengikuti audisi sebagai penyanyi solo di ajang kompetisi musik Inggris The X Factor pada tahun 2010.

Karena tereliminasi di The X Factor maka dia bersama dengan kontestan lainnya yang senasib dengannya, sepakat untuk membuat Boy Band yang dikenal dengan nama One Direction. Setelah pada tahun 2015 Zayn Malik memutuskan untuk berpisah dengan One Direction. 

Dia mulai merilis album debut solonya pada tahun 2016 dengan judul Mind Of Mine, album solo pertamanya ini bergaya musik R&B serta menghasilkan single berjudul Pillowtalk. 


Zayn Malik merupakan seorang penyanyi pria pertama asal Inggris yang telah berhasil mencapai peringkat tertinggi di Inggris dan AS untuk album debut solonya tersebut, sehingga melalui albumnya ini telah berhasil meraih penghargaan American Music Award serta Billboard Music Award.

Ayah dari Zayn Malik bernama Yaser Malik sedangkan ibunya keturunan Irlandia bernama Tricia Brannan Malik, kedua orang tuanya berasal dari Inggris.
 
Sejak kecil Zayn Malik sering mendengarkan musik urban terutama untuk jenis musik R&B, hip hop, Bop, musik Hollywood serta musik reggae. Ini terjadi karena ayahnya juga menyukai jenis musik tersebut.

Album solonya berjudul Mind Of Mine dengan single Pillowtalk yang dirilis pada tahun 2016 telah sukses melejit di peringkat tertinggi di beberapa negara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, Norwegia, Swedia termasuk juga di UK Singles Chart serta US Billboard Hot 100. 

Demikian juga dengan penampilan dari Zayn Malik di album solonya tadi telah berhasil masuk di urutan ke 6 di Chart Billboard Artist 100, selain itu single keduanya yang berjudul Like I Would juga berhasil meraih peringkat pertama di Chart Billboard’s Dance Club Songs.

Beberapa singlenya juga dibuat remix dengan penyanyi lain , yaitu single yang berjudul :

- Pillowtalk, dengan penyanyi Lil Wayne (Remix)

- R&B, dengan penyanyi Christ brown (Remix)

- Back to Sleep, dinyanyikan oleh Usher dan Malik (Remix)

Album Mind of Mine ini telah memperoleh tanggapan yang cukup bagus dari pengamat kritikus musik baik mengenai vokal maupun mengenai jenis musiknya dinilai cukup bagus. 
 
Album Mind of Mine ini termasuk album yang cukup bagus dan terbukti bahwa album ini telah berhasil terjual hingga 157 ribu unit.

Pada tahun 2016, dia juga merilis Cruel dengan single I Do not Wanna Live Forever dimana Zayn Malik tampil bersama dengan Taylor Swift
 
Single I Do not Wanna Forever ini juga telah digunakan sebagai soudtrack untuk film Fifty Shades Darker, sehingga single ini berhasil meraih peringkat pertama di Swedia.

Selain itu Zayn Malik juga telah membuat film cameo untuk film berjudul Ocean’s Eight, dimana rencananya dirilis pada bulan Juni 2017. Kemudian dia juga telah menulis sebuah buku berjudul Zayn dan telah menemukan tulisan terapeutik.

Single yang dirilis pada tahun 2017 adalah sebuah single berjudul Still Got Time dan dilanjutkan dengan single keduanya yang dihasilkan oleh album berjudul Dusk Till Dawn, dan dalam single keduanya ini menampilkan Sia.

Dalam bermusik, dia sangat dipengaruhi oleh artist artist seperti Nusrat Fateh Ali Khan, R Kelly, Usher, Donell Jones, Pangeran, 2Pac, Biggie, Gregory Isaacs, Yellowman serta Christ Brown, sehingga semua artist inilah yang telah banyak menginspirasi pembuatan lagu lagunya.


Karya karya solo dari Zayn Malik lebih kearah genre musik R&B dan R&B Alternatif, namun demikian ada juga yang menggunakan genre musik yang lain selain musik R&B.

Karya karyanya yang menggunakan genre musik selain r&b diantaranya adalah :

- Pillowtalk, dengan genre musik hip hop

- Truth, dengan genre musik neo soul

- Do Something Good, dengan genre musik reggae

- Flower, dengan genre musik Qawwali ghazal yaitu menyerupai vokal elisions dan warbling

Zayn Malik juga dikenal dengan sebutan Bradford Bad Boy dari One Direction, sebutan ini diberikan kepadanya karena dia terlihat mempunyai gaya yang nakal dimana di tubuhnya banyak diberi tato serta dia mempunyai potongan gaya rambut seperti penyanyi rock.

Selain berprestasi dibidang musiknya, dia juga terpilih diluar bidang musiknya :

- Tahun 2011 masuk di urutan ke 27 dalam daftar pria Glamor World’s Sexiest Men

- Tahun 2014 terpilih sebagai pria berpakain terbaik Inggris GO

- Tahun 2015 terpilih sebagai Sexies Male In Pop di jaringan radio Inggris capital

- Tahun 2016 terpilih sebagai orang Asia terseksi di dunia oleh surat kabar Inggris Eastern Eye 

Zayn Malik album

- Mind of Mine (dirilis tahun 2016)

- Icarus Falls (dirilis tahun 2018)

- Nobody Is Listening (dirilis tahun 2021)

Film Zayn Malik

- One Direction: This Is Us (tahun 2013)

- Where We Are – The Concert Film (tahun 2014

- Ocean’s 8 (tahun 2018)

Demikian sekilas tentang mantan dari salah satu anggota grup band One Direction bernama Zayn Malik, dengan salah satu karyanya telah berhasil melejit di puncak tangga lagu di Inggris dan Amerika serta beberapa negara lainnya, melalui singlenya yang berjudul Pillowtalk.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Zayn Malik Mantan Boyband One Directionsemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar