Barbra Streisand, Penyanyi Musik Pop Diakui Sebagai Queen Of The Divas

Barbra Streisand, penyanyi, aktris teater dan film, komponis, produser film dan sutradara asal Amerika yang berhasil meraih 2 kali Academy Award 
 

Barbra Streisand, Penyanyi Musik Pop Yang Diakui Sebagai Queen Of The Divas

BARBARA STREISAND ADALAH PENYANYI MUSIK POP AMERIKA YANG MEMPUNYAI SUARA MEZZO SOPRANO, DIAKUI SEBAGAI IKON BINTANG DI BEBERAPA BIDANG HIBURAN DAN QUEEN OF THE DIVAS.

Ulasan Singkat Tentang Karir Musik Barbra Streisand

Dia mempunyai nama asli Barbara Joan Streisand dan lebih dikenal dengan nama Barbra Streisand. Lahir di Williamsburg, Brooklyn, New York, Amerika Serikat, pada tanggal 24 April 1942. 
Mempunyai 1 orang anak bernama Jason Gould, dengan suami bernama James Brolin (m 1998) dan Elliot Gould (m 1963 - 1971). Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai artis teater dan film, komponis, produser film dan sutradara. Dia mempunyai jenis suara Mezzo Sprano yang memilliki jangkauan sampai mencapai 3 oktaf.

Ayahnya bernama Emanuel Streisand yang berprofesi sebagai seorang guru Sekolah Dasar, sedangkan ibunya bernama Diana Ida Rosen hanya sebagai ibu rumah tangga. Ayahnya meninggal pada saat Barbra Streisand baru berusia 15 tahun, sehingga kehidupannya waktu itu sangat sulit.

Karena keadaan ekonomi keluarganya yang sulit, maka dia hanya lulusan SMA saja tanpa melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Sejak di sekolah SMA bakat menyanyinya sudah terlihat,  dia sudah aktif mengikuti paduan suara dan menyanyi bersama dengan Neil Diamond.

Ketika diusia 14 tahun, dia mendapat kesempatan tampil untuk pertama kalinya di Broadway, meskipun hanya mendapatkan peran kecil saja, tetapi dari peran kecil tadi Barbra Streisand akhirnya sukses menjadi seorang bintang didunia musik melalui album "I can get it or you wholesale". 

Melalui album "I can get it you wholesale", dia mendapatkan penawaran kontrak dari Columbia Record dan berhasil mendapatkan 2 Grammy Award sekaligus pada tahun 1963. Kemudian berlanjut dengan rekaman dan album selanjutnya bahkan 3 albumnya secara bersamaan berhasil masuk didaftar 10 terbaik album Billboard. Karena pada saat itu musik rock and roll dan The Beatles sangat mendominasi di dunia musik saat itu, maka kesuksesan dari dari Barbra Streisand merupakan suatu prestasi yang sangat luar biasa, karena alriran musiknya berbeda dengan yang sedang digemari saat itu.

Drama musik Funny Girl (1964) karya Juk Styne dan Merril yang dibuat berdasarkan kehidupan dari Fanny Brice, memang dibuat untuk Babra Streisand, karena Juk Styne sudah tertarik dan sangat terkesan dengan penampilan dari  Barbra Streisand dalam Wholesale.

Dia sudah merekam lebih dari 50 album studio dan karya-karya album yang berhasil dirilisnya pada tahun 1960 an, diantaranya adalah :
The second Barbra Streisand album, The Third album dan My name is Barbra.

Album "My name is Barbra" adalah sebagai penafsiran klasik teater dan standard cabaret, termasuk versi pensiol dengan tempo normal dari album "Happy days are here again".

Pada tahun 1970 namanya mulai mencuat karena lagu-lagunya bertengger ditangga lagu pop dengan rekaman nomor 1, diantaranya adalah : "The way we were", "Evergren", No more tears (Enough is enough)", "Woman in love", dan sebagian besar lagu-lagu ini berasal dari ilustrasi film-filmnya.

Pada tahun ini pula, dia disebut sebagai penyanyi perempuan paling suskses di Amerika Serikat, dimana gelar ini sebelumnya dipegang oleh Elvis Presley dan The Beatles yang pernah menjual album lebih banyak dari Barbra Streisand.

Pada tahun 1982 menurut kritikus yang bernama Stephen Holden, menuliskan bahwa Barbra Streisand adalah Penyanyi pop Amerika dengan arus utama yang paling berpengaruh sejak Frank Sinatra.

Pada tahun 1983 dirilis "denti", yang berhasil menjadikannya sebagai wanita pertama yang menulis, memproduksi dan membintangi film stusio besar dan berhasil memenangkan oscar untuk Best score dan Best motion picture musical, golden Golbe Awards untuk Best Director.

Akhirnya pada tahun 1985, Barbra Streisand mulai kembali seni awal yang pernah digelutinya yaitu kembali ke dunia teater musik melalui "The Broad way album", dan sungguh diluar dugaan karena album ini berhasil menduduki urutan pertama Billboard selama 3 minggu berturut-turut.

Album ini kemudian dikemas ulang oleh Stephen Soundheim, juga berhasil mendulang penghargaan Grammy Award ke 8 sebagai penyanyi perempuan terbaik.

Pada tahun 1991, album berjudul "Just for the records" merupakan gabungan dari seluruh karir Barbra Streisand. Salah satu acara dari Barbra Streisand merupakan konser pencarian dana, acara ini  mampu membuat Bill Clinton sukses memenangkan jabatan sebagai presiden.

Pada tahun 1992, karir Barbra Streisand mulai tersendat sehingga dia disarankan untuk  mengadakan tur-tur lagi. Sampai akhirnya turnya berhasil membuat dia memduduki peringkat pertama kembali  pada tahun 1993, melalui album "I have alone I one hand, one head" bersama dengan Johnny Mathis yang legendaris.

Selama karir musiknya, Barbra Straisand telah berhasil memenangkan 2 Academy Awards, 10 Grammy Awards termasuk Grammy Life time Achievement Award dan Grammy Legend Awards, 5 Emmy Awards termasuk 1 day tur Emmy, a special Tony Awards adalah an American Film institute Award yaitu hadiah dari Kennedy center horors, 4 Peabody Awards dan 4 Golden Globe

Dia juga merupakan artis terlaris sepanjang masa, karena albumnya telah berhasil terjual lebih dari 72,5 juta album di Amerika Serikat dengan total album terjual 245 juta di seluruh dunia.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini serta sudah membaca artikel BARBRA STREISAND, PENYANYI MUSIK POP DIAKUI SEBAGAI QUEEN OF THE DIVAS, semoga bermanfaat dan dapat dishare ke teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar