Triumph, Kekuatan Trio Hard Rock Kanada Melejit Di Tahun 1970 An

Triumph band hard rock Kanada yang dibentuk tahun 1975, berhasil membangun reputasi dan kesuksesannya sebagai live band

Logo Triumph 
(sumber gbr : pinterest.com)

Triumph band, Kelompok Trio Hard Rock Kanada

Triumph band merupakan grup musik rock asal Kanada yang mulai membangun kesuksesannya di Amerika Utara sebagai live band dan band ini mampu melejit disekitar tahun 1970 an.

Ulasan Singkat Perjalanan Musik Triumph Band

Grup band ini dibentuk oleh Toronto veteran musik Gil Moore sebagai drummer, Mike Levine sebagai bassis dan keyboard serta Rik Emmett sebagai gitaris. Triumph band dibentuk pada tahun 1975 di Missisauga, Kanada.

Triumph beranggotakan 3 orang personil atau biasa disebut dengan kelompok trio. Mereka merupakan grup band yang bergenre hard rock, rock progresif, heavy metal dan progresif metal, tetapi gaya musiknya lebih cenderung ke hard rock dan heavy metal.

Triumph merupakan persilangan dari beberapa grup band seperti Emerson, Lake & Palmer dan The Who, sehingga gaya penulisan lagu karya gitaris Rik Emmet lebih memperlihatkan adanya pengaruh dari rock progresif serta musik klasik.

Setiap album yang dirilis oleh grup band ini selalu menampilkan permainan solo gitar klasik Rik Emmet dan dikuatkan oleh permainan drum dari Gil Moore yang merangkap sebagai vokalis.
 
Penampilan ini terlihat dari banyak lagu lagu Triumph band yang diproduksi oleh band ini dan pada album awal tampak lebih berat dengan permainan bassis dan pianis dari Mie Levine.

Album pertamanya self title berubah menjadi In the begining, yang disesuaikan  dengan tempat mereka tampil di San Antonio dan tempat tersebut telah menjadi tempat populer untuk grup trio ini sepanjang karir musiknya.

Album ke 3 Triumph Just a game telah menghasilkan radio hit "Hold on", dan berhasil mencapai Top 40 dan berhasil mendapatkan sertifikasi gold di Amerika Serikat serta masuk di Billboard urutan ke 38.  
Kemudian lagu "Lay it on the line" juga berhasil mendapatkan penghargaan di radio AOR-FM diseluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Lagu dari album Triumph yang berjudul "Allied Forced" dan "Never Surrender", kedua lagu ini berhasil mendapatkan emas di Amerika Serikat, sedangkan untuk  lagu yang berjudul "Allied Forced" dapat terjual lebih dari 1 juta kopi.

Album Triumph Never Surender ini terinspirasi oleh Jimi Hendrix dan dirilis pada tahun 1984, sedangkan untuk Too Much Thunking mengambil contoh salah satu pidato kepresidenan Ronald Reagan.

Single Triumph All The Way dan Aworld of Fantasy menjadi lagu band ini yang memperoleh chart peringkat 1 di chart Top Rock Tracks. Album Never Surender ini memperoleh rekor dengan status gold di Amerika Serikat dengan pencapaian penjualan hingga 500 ribu kopi.

Album Triumph "Thunder Seven" telah dianggap gagal oleh mereka, meskipun demikian album ini dapat menghasilkan single hit yang berjudul "Spellbound: dan Follow your heart".

Triumph Stages dirilis tahun 1985 merupakan set live ganda dari 3 tur mereka sebelumnya tetapi lagu ini tidak berhasil menduduki tangga lagu di Kanada maupun di AS.

Tahun berikutnya, Triumph merilis album studio The Sport of Kings, album ini menghasilkan Somebody’s Out There yang bertengger di Top 40 Amerika diakhir tahun 1986 tersebut.

Untuk selanjutnya Surveillance dirilis pada tahun 1987 dan ini menjadi momen bagi band ini untuk kembali kegaya musik awalnya.

Tahun 1993, semua anggota personil Triumph yang masih ada telah dibubarkan pada akhir tahun 1993 karena hancurnya label rekaman mereka.

Sebuah album DVD live dirilis tahun 2003 dengan judul Live a the US Festival, festival ini berhasil menyedot penonton penggemar rock sebanyak 250 ribu. Festival ini juga menampilkan Van Halen dan The Clash.

Sebuah CD yang paling lengkap berisi beberapa hit Triumph band dengan judul Extended Versions Triumph dirilis tahun 2006.

Di ulang tahun ke 30 band ini, mereka membuat Allied Forces sebagai paket vinil pada tahun 2011. Untuk selanjutnya di tahun 2012 dirilis paket CD dan DVD dari konser reuni band ini tahun 2008 yang diadakan di Eropa, Kanada dan Amerika Serikat.

Sebuah film dokumenter Triumph: Rock & Roll Machine memulai debutnya di Festival Film Internasional Toronto pada tahun 2021. 

Prestasi yang berhasil diraih olehTriumph selama masa karir musiknya antara lain :

Triumph band telah berhasil mendapatkan 18 gold, 9 penghargaan platinum di Kanada dan Amerika Serikat, serta berhasil masuk nominasi untuk beberapa Juno Awards termasuk kelompok of the year awards pada tahun 1979, 1985, 1986 dan 1987.
 
Selain itu, pada tahun 2007, band ini dilantik kedalam Half of Fame Industri Musik Kanada, Walk of Fame Kanada tahun 2019. 
 
Pada tahun 2013, Triumph berhasil dilantik menjadi Legend Row pada upacara penyuluhan yang digelar di balai kota Mississauga.

Anggota personil Triumph untuk musik klasik antara lain :

- Rik Emmett, Mike Levine, Gil Moore

Mantan anggota personil Triumph :

- Phil X sebagai pemain gitar dan vokal latar

Anggota personil khusus tur :

- Rick Santers, Sebastian Bach, Dave Dunlop

Album album Triump band :

- In The Beginning (Triumph) dirilis tahun 1976

- Rock & Roll Machine dirilis tahun 1977

- Just a Game dirilis tahun 1979

- Progressions of Power dirilis tahun 1980

- Allied Forces dirilis tahun 1981

- Never Surrender dirilis tahun 1982

- Thunder Seven dirilis tahun 1984

- The Sport of Kings dirilis tahun 1986

- Surveillance dirilis tahun 1987

- Edge of Excess dirilis tahun 1992

Album album live Triumph band :

- Stages dirilis tahun 1985

- King Biscuits Flower Hour (In Concert) dirilis tahun 1996

- Live at the US Festival dirilis tahun 2003

- Live at Sweden Rock Festival dirilis tahun 2012

Video video Triumph band :

- Live at the US Festival dirilis tahun 2003

- A Night of Triumph dirilis tahun 2004

- Live at Sweden Rock Festival dirilis tahun 2012

Album album kompilasi Triumph band :

- Classics dirilis tahun 1989

- Livin’ For the Weekend Anthology dirilis tahun 2005

- Extended Versions: Triumph dirilis tahun 200

- Greatest Hits Remixed dirilis tahun 2010

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang Triumph, kekuatan trio hard rock Kanada melejit di tahun 1970 an, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Dikutip dari dari : Wikipedia)

0 komentar