Bruno Mars, penyanyi Amerika terkenal penampilan panggungnya

Bruno Mars, penyanyi, penulis lagu, multiinstrumentalis, produser rekaman dan penari asal Amerika

4 lagu Bruno Mars sukses diperingkat tertinggi

Bruno Mars merupakan seorang penyanyi pop, hip hop, soul dan r&b yang berasal dari Amerika. Dia mulai memperoleh perhatian setelah berduet dengan Bob melalui lagu Nothin On You. Dia sukses dengan 4 lagu dalam satu albumnya yang mampu bertengger diperingkat pertama.

Ulasan Karir Musik Bruno Mars

Dia mempunya nama asli Peter Gene Hernandez dan lebih dikenal dengan nama Bruno Mars, lahir di Honolulu, Hawaii, Amerika pada tanggal 8 Oktober 1985. Selain sebagai penyanyi, dia juga sebagai pencipta lagu.

Dia berasal dari keluarga berdarah seni karena ayahnya berasal dari Newyork dan merupakan seorang pemain perkusi, sedangkan ibunya adalah penari hula di Hawaii, sejak kecil Bruno telah diperkenalkan dengan berbagai genre musik seperti reggae, rock, hip hop serta R&B.

Nama tenar yang digunakan Bruno Mars, berasal dari parapan dia pada waktu kecil karena mempunyai  bentuk tubuh yang gempal mirip pegulat yang bernama Bruno Sammantino.
 
Ketika itu, dia sering dipanggil dengan nama Bruno, sedangkan Mars dipakainya ketika dia ingat bahwa banyak gadis yang mengatakan kalau dirinya bukan berasal dari bumi, sehingga seketika itu dia ingat planet Mars. Alhirnya digunakanlah nama Bruno Mars sebagai nama tenarnya.

Sejak usia muda sudah banyak usaha yang dia lakukan untuk melatih kemampuannya dibidang musiknya.
 
Oleh sebab itu, dari sejak usia muda dia bisa menirukan lagu-lagu dari Michael Jackson, Elvis Presley, Brothers dan The Temptation, bahkan dia lebih mendalami musiknya dengan belajar melalui Prince dan The Police.

Setelah menyelesaikan sekolahnya, dia mulai pindah ke Los Angeles pada tahun 2006, kemudian dia berkenalan dengan Aaron Schuck yang akhirnya dia berhasil mendapatkan penawaran kontrak dengan Atlantic Record, inilah awal dimulainya karir musik dari Bruno Mars.

Pertama kali dia menuliskan lagu yang diperuntukkan penyanyi lain, karya lagu-lagunya tersebut diantaranya adalah :

- Perfect dari Over come, oleh Alexandre Burke
- We'll be alright dari Lazarus, oleh Travie Mc Coy
- Long Distance dari Human, oleh Brendy
- 4 buah lagu dari album "Tomorow" milik Sean Kingston
- Mega hit "Right round" dari album "Roots", oleh Flores

Sebelum bersolo karir, dia membentuk grup dahulu yang beranggotakan 3 orang personil atau trio, dengan nama grup "The Smeezingtons", bersama dengan kedua anggotanya yang bernama Philip Lewrence dan Ari Levigne. 

Pertama kali tampil, dia hanya sebagai tamu untuk album "Far east movement", "Animals", dan disebut juga dengan Jaeson ma "Love". Dia mempunyai vokal yang cukut kuat dan sangat menggairahkan, sehingga membuatnya mulai dikenal oleh publik dan penggemar musik.

Single pertamanya berduet dengan Bob yang berjudul "Nothin' on you", membuat dia semakin yakin bahwa dia mampu dengan penampilan solonya. Akhirnya melalui lagu "Just the way you are" berhasil menempati tangga lagu dari beberapa negara didunia.

Yang sangat mengejutkan dan tidak diperkirakan sebelumnya adalah bahwa pada acara Grammy Award tahun 2010, Bruno Mars berhasil masuk dalam 6 kategori sekaligus, yaitu sebagai :

- Best Rap Song
- Best Rap/ Song Collaboration
- Record of the just year untuk "Nothin on you"
- Record of the year
- Song of the year
- F.K you

Selain itu dia juga berhasil mendapatkan berbagai macam gelar, diantaranya adalah :

- Best Male Pop Vocal Performance untuk lagu "Just the way you are"
- Producer of the year non classical untuk trio "The Smeezingtons"
- Creative Disc memilihnya sebagai Artist of the month dengan single ke 2 yang berjudul "Grenade", karena behasil menduduki peringkat pertama diberbagai negara seperti Eropa, Australia, Asia dan Amerika.

New Music atau musik terbaru dari Bruno Mars berupa video "Gorilla" Old School Hip Hop station radio online.

Bruno Mars I was Your Man adalah lagu yang dibawakan oleh Bruno Mars, lagu ini dirilis pada tahun 2012 dan ada didalam album kedua penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat ini dengan judul album Unorthodox Jukebox.

Dimana album unorthodox Jukebox ini berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard 200 Amerika Serikat, Kanada, Swiss dan Britania Raya. Selain itu, album ini juga berhasil memenangkan Grammy Award sebagai Best Pop Vocal Album.

Melalui lagu When I Was Your Man ini, Bruno Mars mengakui kesalahan dan penyesalannya ketika dia dan mantan kekasihnya masih pacaran. Bruno Mars juga mendoakan mantannya bahagia dengan pria lain.

Penyanyi yang satu ini sangat populer dengan penampilan panggungnya, sangat familiar dalam mempertontonkan penampilan retro dengan gaya musik bergenre pop, r&b, funk, soul, reggae maupun disco.

Band yang menemani penampilannya bernama the Hooligans dengan menggunakan alat alat musik seperti gitar listrik, bass, piano, keyboard, drum maupun terompet.

Lagu Nothin’ on You dan Billionaire menampilkan vokal Brono Mars sehingga dia bisa menjadi terkenal sebagai artis solo pada tahun 2010.

Album debut Bruno Mars Doo-Wops & Hooligans merupaka sebuah album perpaduan dari musik pop, reggae dan r&b.

Album ini berhasil menelurkan 3 single peringkat pertama internasional antara lain Just the Way You Are, Grenade dan The Lazy Song.

Album kedua Bruno Mars Unorthodox Jukebox dirilis tahun 2012, album ini melejit di peringkat 1 di Billboard 200 dan menghasilkan 2 single peringkat pertama Billboard Hot 100 berjudul Locked Out of Heaven dan When I Was Your Man.

Album ketiga Bruno Mars 24K Magic dirilis tahun 2016, album ini special r&b dan album ini berhasil memenangkan 7 Grammy Awards untuk kategori Album of the Year, Record of the Year dan Song of the Year.

Album ini menelurkan 5 single peringkat 1 di Billboard Hot 100 antara lain 24K Magic, That’s What I Like dan remix Finnese.

Album studio kolaborasi Bruno Mars dan Anderson, Paak berjudul An Evening with Silk Sonic dirilis tahun 2021, dengan single pertama Leave the Door Open berhasil mendapat 4 Grammy Awards untuk kategori Record of the Year dan Song of the Year.

Selama karir musiknya, Bruno Mars berhasil mencapai :

- Mencapai penjualan hingga 130 juta kopi di seluruh dunia.

- Menjadi salah satu artis musik terlaris sepanjang masa.

- 8 lagunya menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100.

- Tur konser Bruno Mars menjadi tur konser terlaris dalam sejarah.

- Memenangkan 15 Grammy Awards, 4 Brit Awards, 11 American Awards, 13 Soul Train Awards, 3 Guiness World Records.

- Pada tahun 2011, masuk kedalam daftar dan peringkat Penulis Lagu Terbaik Sepanjang Masa Music Week.

- Pada tahun 2019, masuk kedala daftar Artis Terbesar Sepanjang Masa Billboard.

- Menjadi artis pertama yang berhasil mendapatkan 6 lagu bersertifikasi Diamod di Amerika Serikat.

- Bruno Mars dianggap sebagai ikon pop.

Bruno Mars mewarisi darah seni dari kedua orang tuanya, karena ayahnya seorang pemain perkusi sedangkan ibunya penari Hula. Oleh ayahnya, dia dijuluki Bruno ketika berusia 2 tahun karena kesamaannya dengan pegulat profesional yang bernama Bruno Sammartino.

Sejak kecil, Bruno Mars memiliki beberapa alat musik versi kecil seperti set drum, gitar, piano serta beberapa perkusi sehingga dia dapat belajar memainkan alat alat musk tersebut.

Ketika mulai bermain gitar, Bruno Mars terinspirasi oleh gitaris rock Amerika yang bernama Jimi Hendrix.

Bruno Mars hijrah ke Los Angeles ketika berusia 17 tahun, kepindahannya ini untuk mendukung karir musiknya.

Sebelum berkarir musik sebagai artis solo, Bruno Mars merupakan produser musik yang terkenal diantaranya menulis lagu untuk Alexandra Burke, Adam Levine, Brandy, Sean Kingston dan K’naan.

Lagu hasil karyanya bersama dengan Lawrence yang berhasil menjadi hit besar pertama kalinya berjudul Right Round yang dibawakan oleh Flo Rida.

Selain itu, lagu hit lainnya Get Sexy oleh Sugababes, mengisi vokal di album Sweet 7 tahun 2010, membawakan Animal di album Far East Movement di tahun 2009, tampil di single hip hop Love milik Jaeson Ma dan single One at a Time milik raper Amerika Travie McCoy.

Bruno Mars mulai populer sebagai artis solo setelah setelah membawakan lagu Nothin’ on You pada tahun 2009 milik rapper Amerika BoB dan lagu Billionaire milik McCoy pada tahun 2010.

Hal ini, karena kedua lagu ini berhasil bertengger di urutan 10 besar di berbagai macam tangga lagu musik dan untuk lagu Nothin’ on You melejit diperingkat 1 di Billboard Hot 100 Amerika Serikat dan UK Singles Chart.

Album Bruno Mars  Doo-Wops & Hooligan pada tahun 2010 dengan single utama Just the Way You Are, lagu kedua Grenade dan lagu lainnya berjudul The Lazy Song.

Lagu Just the Way You Are, berhasil bertengger dipuncak tangga lagu di beberapa negara seperti Australia, Kanada, AS, Belanda dan Kanada.

Lagu Grenade melejit dipuncak Billboard Hot 100 Selandia Baru dan Inggris, sedangkan lagu The Lazy Song menduduki peringkat 4 di Billboard Hot 100 dan peringkat 1 di Inggris dan Denmark.

Sedangkan untuk albumnya menduduki peringkat 3 di Billboard 200 dan peringkat 1 di Inggris. Album ini meraih penjualan hingga 15,5 juta kopi di seluruh dunia.

Single lainnya dari album ini yang dirilis di Brazil Talking to the Moon berada di puncak Hot Pop Songs dan Hot 100 Airplay Billboard Brazil, single Marry You berada di 10 besar di berbagai negara dan single Count On Me merupakan single terakhirnya.

Lagu It Will Rain dirilis tahun 2011 oleh Bruno Mars untuk The Twilight Saga: Breaking Dawn soundtrack film bagian 1, lagu ini berada di urutan 3 di AS dan urutan 2 di Selandia Baru.

Selain itu, Bruno Mars juga tampil bersama duo hip hop Amerika Bad Meets Evil, rapper Amerika Lil Wayne dan artis hip hop Amerika Wiz Khalifa  dan Snoop Dogg dengan membawakan lagu Lighters, Mirror dan Young, Wild & Free.

Ketiga lagu ini menduduki pringkat 4, 1 dan 7 di AS serta masuk 20 besar di berbagai macam tangga musik.

Bruno Mars mempromosikan album debutnya dengan tampil sebagai band pembuka dari band Maroon 5 dan OneRepublic asal Amerika.

Selain itu, Bruno Mars juga melakukan tur konser pertamanya The Doo-Wops & Hooligans Tour untuk mempromosikan album debutnya tersebut dari tahun 2010 hingga 2012. Tur ini mampu membangun basis penggemarnya meskipun tur ini kurang menguntungkan.

Bruno Mars berhasil memenangkan Grammy Awards 2011 untuk pertama kalinya untuk Penampilan Vokal Pop Pria Terbaik. Namun demikian, Bruno Mars kalah dengan penyanyi Inggris Adele di ajang Grammy Awards 2012.

Selain itu, Bruno Mars juga untuk pertama kalinya memenangkan Penghargaan Musik Amerikauntuk kategori Artis Pria Pop/ Rock Favorit, Artis Solo Pria Internasional di Brit Awards serta Penghargaan Echo untuk Pria Internasional Terbaik.

Album Debut kedua Bruno Mars Unorthodox Jukebox dirilis pada tahun 2012, album ini melejit diperingkat 2 di Billboard 200 dan peringkat 1 tangga lagu di Australia, Kanada dan Inggris.

Lagu Locked out of Heaven dari album ini mencapai puncak tangga lagu AS dan Inggris, peringkat 2 di Inggris serta masuk 10 besar di berbagai negara. Selain itu, album ini menelurkan lagu When I Was Your Man, Treasure, Gorilla dan Young Girls.

Lagu When I Was Your Man melejit di peringkat 1 di Billboard Hot 100, peringkat 3 di Kanada, peringkat 2 di Inggris dan berada di 10 besar di berbagai negara.

Sedangkan Treasure bertengger di urutan 5 di Bilboard Hot 100 dan urutan 4 di Kanada tetapi kurang sukses di negara lain.

Bruno Mars kembali memenangkan Penghargaan Album Vokal Pop Terbaik di ajang Grammy Awards 2014 melalui Unorthodox Jukebox.

Lagu Uptown Funk yang dirilis oleh musisi Inggris Mark Ronson pada tahun 2014 menampilkan Bruno Mars dan lagu ini berhasil sukses secara komersial di beberapa negara termasuk Australia, Kanada dan Selandia Baru.

Selain itu, lagu ini melejit di puncak Billboard Hot 100 dan UK Single Chart dan telah menjadi fenomena dunia karena berefek besar terhadap budaya pop.

Melalui Uptown Funk, Bruno Mars berhasil memenangkan Grammy Awards 2016 untuk kategori Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik dan Rekor Terbaaik Tahun ini.

Bruno Mars tampil dengan Beyoncé ketika band Inggris Coldplay menjadi headline pada pertunjukan paruh waktu Super Bowl 50 pada tahun 2016 dan berhasil menyedot penonton terbanyak sepanjang penampilan Super Bowl tersebut dalam sejarah.

Untuk selanjutnya, Album studio ketiga Bruno Mars 24K Magic dirilis tahun 2014. Lagu Bruno Mars 24K Magic melejit di urutan 4 di AS dan peringkat 1 di Perancis dan Selandia Baru.

4 single eksklusif dirilis sepanjang tahun 2017 dan 2018 antara lain That’s What I Like, Vercase on the Floor, Chunky dan Finesse. Lagu That’s What I Like menjadi single dengan charting tertinggi di Billboard Hot 100 sedangkan Finesse di urutan ke 3.

Bruno Mars konser bertajuk Bruno Mars di Park MGM merupakan konser residensi kedua pada tahun 2016 dan tur konser Bruno Mars ke 3 24K Magic World Tour berlangsung dari Maret 2017 sampai dengan Desember 2018.

Bruno Mars mendapat 7 penghargaan di American Music Awards 2017 yaitu untuk Arstist of the Year, 2 untuk That’s What I Like dan 2 untuk 24K Magic. Di Soul Train Music Awards 2017, dia juga memenangkan Album/ Mixtape of the Year.

Di ajang Grammy Awards 2018, Bruno Mars berhasil memenangkan :

- Album Terbaik Tahun ini dan album R&B Terbaik untuk 24K Magic

- Rekor Tahun ini untuk judul lagu dan Lagu Terbaik Tahun ini

- Penampilan R&B Terbaik dan Lagu R&B Terbaik untuk That’s What I Like

Single Please Me dirilis Bruno Mars dan Cardi B pada tahun 2019, lagu ini berhasil bertengger di peringkat 3 di Billboard Hot 100 dan masuk diurutan 20 besar di 3 negara seperti Kanada, Inggris dan Selandia Baru.

Untuk selanjutnya Ed Sheeran, Chris Stapleton dan Bruno Mars berkolaborasi dalam pembuatan lagu Blow.

Kerjasama antara Bruno Mars dengan Disney terjadi pada tahun 2020, Bruno Mars akan membintangi dan memproduseri film ini.

Bruno Mars dan rapper Amerika Anderson Paak telah merekam album bersama An Evening with Silk Sonic yang dirilis pada tahun 2021 dan menggandeng musisi Amerika yang bernama Bootsy Collins.

Album ini bertengger di urutan ke 2 Billboard 200 dan masuk urutan 5 besar di Selandia Baru, Kanada dan Australia.

Lagu Bruno Mars versi cover Leave the Door Open dan Smokin out the Window berhasil melejit di urutan 1 dan ke 5 di Billboard Hot 100 di Selandia Baru, sedangkan untuk single versi cover Skate bertengger di urutan 1 di Billboard Adult R&B Songs.

Bruno Mars berhasil menyamai prestasi Toni Braxton dalam hal empat single dari satu album yang berhasil menduduki peringkat 1 di tangga lagu.

Di ajang Grammy Awards 2022, kolaborasi Bruno Mars dengan Silk Sonic berhasil menang untuk kategori Record of the Year, Song of the Year, Penampilan R&B Terbaik dan Lagu R&B Terbaik.

Selain itu, Silk Sonic juga memenangkan Album Terbaik Tahun ini dan Video Terbaik Tahun ini di BET Awards 2022. Di ajang Train Music Awards 2022 di Soul juga memenangkan Video of the Year.

Bruno Mars masih membuat album studio solo keempatnya dan ini diumumkan oleh Brody Brwon pada tahun 2023. Selain itu, Bruno Mars juga masih mempersiapkan tur sepanjang tahun 2024 dan 2025, untuk pertunjukan berskala besar, tiga dimensi.

Bruno Mars memiliki gaya musik R&B yang sangat dipengaruhi oleh Keith Swear, Jodeci dan R. Kelly. Dia juga sangat tertarik dengan Jimmy Jam dan Terry Lewis, Bobby Brown, Boyz II Men, Teddy Riley dan Babyface.

Selain itu, Bruno Mars juga sering mendengarkan musik rock ‘n’ roll tahun 1950 an, musik doo-wop serta Motown.

Ketika masih sekolah di SMA, dia juga sering mendengarkan grup rock klasik seperti Led Zeppelin dan The Beatles, penyanyi yang memiliki suara tinggi seperti Stevie Wonder dan FreddieMercury.

Sedangkan untuk akar reggaenya, dis terpengaruh oleh Bob Marley dan band band lokal Hawai. Untuk aksi hip hop, Bruno Mars banyak dipengaruhi oleh Jay-Z, The Roots dan Cody Chesnutt.

Bruno Mars juga mengangumi musik klasik dan terinspirasi dengan karya Janet Jackson, JimiHendrix, Amy Winehose, Sly Stone, Carlos Santana, George Clinton dan Usher.

Selain itu, Bruno Mars penggemar dari artis seperti Alicia Keys, Jessie J, Jack White, The Saturdays dan Kings of Leon.

Demikianlah sekilas ulasan tentang karir dan prestasi sebagai penyanyi dari Bruno Mars, yang membuat kita berdecak kagum atas semua prestasi yang berhasil diraihnya.

Terima kasih sudah berkunjung dan sudah membaca artikel Bruno Mars, penyanyi Amerika terkenal penampilan panggungnya, semoga dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat di share kepada teman-teman lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar