Emerson Lake & Palmer trilogy, album studio favorit band ini

Emerson Lake and Palmer (ELP), grup musik rock progresif Inggris tahun 70 an dengan anggota Keith Emerson, Greg Lake dan Carl Palmer.

Emerson, Lake And Palmer adalah grup musik rock progresif

Emerson, Lake & Palmer (ELP)  merupakan salah satu grup musik rock progresif yang cukup terkenal asal Inggris, grup band ini dibentuk di sekitar tahun 1970-an. Mereka telah berhasil menjual lebih dari 40 juta album dan telah berhasil mengadakan konser konser besar di seluruh dunia.

Jumlah anggotanya terdiri dari 3 orang atau biasa dinamakan dengan trio, dengan masing-masing anggotanya bernama Keith Emerson sebagai pemain kibor, Greg Lake sebagai pemain gitar, bas dan vokal serta Carl Palmer sebagai pemain drummer dan perkusi. 
 
Prestasi mereka ini cukup bagus juga karena mereka telah mampu meraih Penghargaan Grammy untuk artis pendatang baru terbaik.

Supergrup progresif asal Inggris yang bernama Emerson, Lake & Palmer ini disingkat dengan ELP, dan dibentuk pada bulan April 1970 di London. 

Anggota personil ELP dengan personil awal terdiri dari Keith Emerson sebagai pemain keyboard, Greg Lake merangkap sebagai vokal, bass, gitaris dan produser, sedangkan Carl Palmer sebagai pemain drum dan perkusi.

ELP telah mengantongi 9 album yang besertifikasi emas dari RIAA di AS dan albumnya telah terjual hingga 48 juta kopi diseluruh dunia. ELP juga merupakan salah satu dari band rock progresif yang paling terkenal yang sukses secara komersial di tahun 1970 an.

Jenis musik ELP merupakan bentuk dari musik klasik dengan unsur jazz serta symphonic rock, yang dikuasai oleh pemakaian flamboyan dari organ Hammond, Moog synthesizer serta permainan piano dari Emerson. Meskipun ada juga beberapa lagu akustik hasil karya tulisan Lake.

Band ELP ini menjadi terkenal setelah tampil di isle of Wight Festifal pada bulan Agustus 1970, sehingga mendapatkan tandatangan kontrak dari EG Record. EG Record inilah yang telah menyebarkan rekaman ELP melalui island Recork di Inggris Raya dan melalui Atlantic Record di Amerika Utara.

Hingga pada tahun 1970 ELP bisa merilis Emerson, Lake & Palmer dan tahun 1971 merilis Tarkus. Kedua album studio ini berada diperingkat 5 besar di Inggris. 

Sukses besar ELP ini diikuti dengan album selanjutnya diantaranya Pictures at an Exhibition yang dirilis tahun 1971, Trilogy dirilis tahun 1972 serta Brain Salad Surgery dirilis tahun 1973.

ELP beristirahat selama 3 tahun, setelah itu ELP kembali merilis Works Volume 1 dan Works Volume 2 pada tahun 1977, Love Beach dirilis tahun 1978. Namun demikian, akhirnya grup ELP ini bubar pada tahun 1979.

Pada tahun 1980, ELP melakukan reformasi terhadap grup bandnya dengan cara memunculkan Cozy Powell untuk menggantikan Palmer, Rober Berry menggantikan Lake dan Palmer membentuk trio pada tahun 1991.

Grup trio ini merilis album Black Moon pada tahun 1992 dan In the Hot Seat pada tahun 1994. Grup trio ini juga melakukan tur pada tahun 1992 dan 1998. 

Penampilan mereka di High Voltage Festival di London pada tahun 2010 merupakan penampilan terakhir mereka dalam memperingati ulang tahun ke 40 grup band ini.

Anggota personil dari ELP ini, 2 orang personilnya yang bernama Emerson dan Lake sudah meninggal pada tahun 2016 dan Palmer merupakan satu satunya anggota personil ELP yang masih hidup.

Emerson, Like & Palmer, Trilogy album ketiga dan Brain Salad Surgery :

Trilogy merupakan album ketiga dari Emerson, Like & Palmer yang direkam di Advision Studios dengan Offord antara bulan Oktober 1971 sampai Januari 1971. Dimana Cover artnya dibuat oleh Storm Thorgerson dan Aubrey dari Hipgnosis.

Album Trilogy dirilis tahun 1972, berhasil menduduki peringkat 2 di Inggris dan peringkat  5 di AS. Album ini menelurkan lagu balada akustik berjudul From the Beginning yang memunculkan solo synthesizer yang diperlebar. Lagu ini berada diperingkat 39 di AS.

Album Trilogy ini juga dipilih sebagai album studio favorit dari grup band ini. Album ini didukung oleh tur ke Amerika Utara pada bulan Maret dan April tahun 1972, termasuk tampil di Festival Pop Mary Sol di Manati, Puoto Rico.

Kemudian dilanjutkan dengan tur keseluruh Eropa , termasuk juga tampil di Italia, di festival konser 10, di Pocono Intrenational Raceway di Long Pond, Pennsylvania pada bula Juli 1972.

Emersol, Lake & Palmer membuat label sendiri dengan nama Manticore pada awal 1973 dan membeli bioskop yang sudah tidak dipakai di Fulham, London, yang selanjutnya tempat tersebut dipergunakan sebagai tempat latihan mereka.

ELP merekam Brain Salad Surgery di London di Advision and Olympic Studios dari bulan Juni sampai September 1973.

Dalam proses merekam album ini, Offord tidak datang karena masih bekerja dengan grup band Yes, sehingga menyerahkankan tugas teknik dan mixing kepada Chris Kimsey dan Geoff Young. 

Sedangkan tugas Lake bersama dengan Peter Sinfield adalah menulis lirik lagu, sampul album dan logonya dirancang oleh HR Giger.

Album ini menghasilkan lagu Yerusalem yang memunculkan debut Moog Apollo yaitu suatu prototipe synthesizer polifonik. 

Untuk selanjutnya lagu Toccata merupakan cover dari gerakan keempat dari Piano Concerto nomor 1 oleh komposer Argentina Alberto Ginastera dan diisi dengan perkusi yang disintetiskan dengan bentuk drum kit akustik yang dilengkapi dengan pick up yang mendorong suara elektronik.

Lagu Karn Evil 9 merupakan lagu terpanjang berdurasi 29 menit yang dihasilkan oleh album Brain Salad Surgery yang dirilis bulan November 1973. Lagu ini menduduki peringkat 2 di Inggris dan peringkat 11 di Amerika Serikat.

ELP menyelenggarakan tur ke Amerika Utara dan Eropa selama bulan November 1973 hingga bulan September 1974.

Tur ini, termasuk tempat spesial di Festival Jam California perdana yang diselenggarakan pada tanggal 6 April 1974 di Ontario Motor Speedway di Ontario, California yang dihadiri oleh 250 ribu penonton.

Pertunjukkan live ELP ini, disiarkan di seluruh AS dan mempertontonkan campuran dari musik virtuoso yang bukan ortodoks serta penampilan over the top yang mendapatkan banyak tanggapan.

Pada saat itu, Emerson tampil dengan memainkan piano yang berkeliling sampai keujung ujung lagu, demikian juga dengan Palmer, dia bermain drum dan organ Hammond diletakkan disekitar panggung untuk menciptakan umpan balik.

Emerson sering menggunakan taktik yang diberikan oleh Lemmy Kilmister yang sudah roadied untuk Nice, supaya tetap memaksa kunci pada organ untuk diturunkan. 

Hal ini, membuat Emerson tetap menggunakan synthesizer modular Moog besar diatas pangggungnya. Namun demkian, alat musik ini tidak bisa diandalkan karena jika kondisi panas akan mempengaruhi suaranya.

Hal ini, mengakibatkan ELP harus membawa peralatan musik seberat hampir 40 ton untuk turnya selama tahun 1973 sampai 1974. Dokumentasi tur dari ELP, berupa album live diantaranya adalah Welcome Back, My Friends, to the Show That Never Ends – Ladies and Gentlemen.

Dokumen album live ini dirilis pada bulan Agustus 1974 yang menjadi LP rangkap 3 dan album ini berhasil melejit di peringkat 5 di Inggris dan peringkat 4 di AS.

Perjalanan karir musik Emerson Lake & Palmer

Sebelum mereka membentuk grup musik yang bernama Emerson, Lake & Palmer, The Nice yaitu Keith Emerson sebagai Kibor dan King Crimson sebagai bas.
 
Mereka berdua bertemu dan bermain bersama untuk 2 kali pertemuan yaitu pada tahun 1969 di acara Festival Jazz dan Pop blues di Plumpton Inggris serta di Fairfiled Halls Croydon Inggris.

Setelah kesempatan untuk bermain bersama terlaksana dengan baik, akhirnya mereka berdua menyadari bahwa ciri khas dari permainan musik mereka ternyata bisa saling melengkapi satu sama lain, sehingga mereka sepakat untuk bekerjasama dan membentuk grup musik trio kibor-bas-drum. 

Karena untuk grup musik trionya tersebut, belum ada pemain drumnya sehingga mereka mulai mencari pemain drumer untuk dapat mewujudkan grup musik trio kibor-bas-drum tersebut.

Pertama kali pilihan jatuh ke pemain drumer bernama Mitch Mitchel Yang berasal dari Jimi Hendrix Experience, tetapi Mitch Mitchel tidak berminat bergabung dengan grup musik trio tersebut.
 
Akhirnya, kesempatan ini diberikan kepada Jimi Hendrix karena kebetulan dia sudah jenuh dengan bandnya yang sudah ada  dan ingin mencoba sesuatu yang baru bersama Lake And Emerson.

Baca juga : Bee Gees, Grup Band Yang Terkenal Dengan Harmoni Vokalnya

Sehingga oleh para media masa Inggris, kelompok ini diberi nama HELP yaitu huruf depan dari anggotanya yang bernama Hendrix, Emerson, Lake & Palmer, tetapi ternyata kelompok ini tidak dapat langsung terwujud karena mereka belum menemukan waktu yang tepat untuk bisa tampil bersama. 

Kelompok musik Help ini setelah Jimi Hendrix meninggal akhirnya mereka menamakan kelompok musiknya dengan menghilangkan huruf H menjadi ELP yaitu nama depan dari Emerson, Lake and Palmer.

Prestasi dari kelompok musik mereka untuk masa empat tahun pertama merupakan periode yang paling kreatif bagi mereka karena ELP telah berhasil merilis 5 dari 6 album pertamanya, dan album berjudul Brain Salad Surgery merupakan satu-satunya album yang dibuat bersama dengan Pete Sinfield.

Pada tahun 1970, mereka berhasil merilis album perdananya yang berjudul Emerson, Lake And Palmer dan dari album ini telah berhasil menelurkan lagu hit berjudul Lucky Man.

Setahun kemudian, tepatnya tahun 1971 mereka membuat sebuah album yang bertema tentang Evolusi Terbalik dengan judul album Tarkus dan mereka mengadakan rekaman konser juga pada tahun tersebut di Newcastle sehingga dirilis sebagai album Pictures At An Exhibition.

Album Picture At An Exhibition inilah yang berhasil sukses dan telah menghantarkan ELP menjadi semakin terkenal dengan memunculkan album selanjutnya dengan judul Trilogy pada tahun 1972 dan telah berhasil  menelurkan single paling laris berjudul From The Begining.

Tahun 1973, mereka berhasil merilis album berjudul Brain Salad Surgery yang menggunakan sampul album hasil kreasi H R Giger yang cukup mencolok dan album konsernya berisi 3 piringan hitam yaitu Welcome Back My Friends To The Show That Never Ends, Lady And Gentlemen.

ELP berhasil tampil di atraksi utama Festival California Jam yang ditayangkan secara nasional di Televisi Amerika Serikat pada tahun 1974, di acara tersebut ELP berhasil menyisihkan grup band besar seperti Deep Purple dalam memperebutkan tampil di atraksi utamanya. 

Musik ELP lebih banyak diwarnai dan dipengaruhi oleh musik klasik Eropa yang bercampur dengan jazz dan hard rock sehingga genre musik ELP termasuk kedalam kelompok musik yang bergenre Symphonic Rock.

Baca juga : Deep Purple Sebagai Salah Satu Pelopor Musik Heavy Metal Dan Hard Rock

ELP sempat vacum dengan alasan untuk beristirahat selama 3 tahun supaya dapat menghidupkan kembali musik mereka, akan tetapi masa istirahatnya ini justru telah  membuat ELP menjadi tertinggal dari kemajuan dunia musik saat itu.
 
Akhirnya, mereka mulai lagi untuk mengadakan konser di negara-negara seperti  Kanada dan Amerika Serikat pada tahun 1977 dan 1978. 

Dalam konsernya  mereka sering menggunakan dukungan iringan orkestra lengkap sehingga menimbulkan beban finansial bagi pendapatan konser mereka. 
 
Langkah ini dilakukan oleh mereka karena mereka juga harus bersaing dengan kelompok musik lainnya seperti disko, punk rock, arena rock dan New Wave.

Album terakhir mereka yang berhasil dirilis adalah Love Beach yang dirilis pada tahun 1978, didalam album ini berisi lagu-lagu pendek yang telah berhasil mencuat ke urutan ke 2 ditangga lagu pop yaitu melalui lagunya yang berjudul Memoirs Of An Officer And Gentleman.
 
Namun demikian, sangat  disayangkan karena grup musik ELP ini akhirnya bubar pada tahun 1979.

Pada tahun 1985, mereka membentuk grup band baru dengan nama Emerson Lake & Powel dengan pemain drumnya yang bernama Cozy Powell. Mereka berhasil merilis album Earthworks yang berhasil sukses menduduki puncak tangga lagu yaitu melalui lagunya yang berjudul Touch And Go.

Emerson, Lake & Palmer pada tahun 1991 kembali lagi bergabung dengan merilis sebuah album berjudul Black Moon serta mengadakan tur dunia dari tahun 1992 sampai tahun 1993 serta kembail merilis lagi album In The Hot Seat pada tahun 1994.

Tur reuni ELP terakhir diselenggarakan di Jepang, Amerika Selatan, Eropa, Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 1996, 1997 dan 1998, sedangkan konser terakhir mereka diselenggarakan di San Diego California pada tahun 1998.

Album Studio Emerson, Like & Palmer :

- Emerson, Lake & Palmer (dirilis tahun 1970)

- Tarkus (dirilis tahun 1971)

- Pictures at an Exhibition (dirilis tahun 1971, live)

- Trilogy (dirilis tahun 1972)

- Brain Salad Surgery (dirilis tahun 1973)

- Works Volume 1 (dirilis tahun 1977)

- Works Volume 2 (dirilis tahun 1977)

- Love Beach (dirilis tahun 1978)

- Black Moon (dirilis tahun 1992)

- In the Hot Seat (dirilis tahun 1994)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Emerson Like & Palmer trilogy, album studio favorit band inisemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar