Fleetwood Mac and Stevie Nicks, era Rumours album kedua

Fleetwood Mac, band rock Inggris-Amerika dibentuk oleh gitaris Peter Green, drummer Micx Fleedwood, gitaris Jeremy Spencer pada tahun 1967 menghasilkan album debut self Title

Fleetwood Mac band, beraliran rock British Amerika 

Fleetwood Mac band merupakan sebuah band beraliran musik rock yang dibentuk di London, Inggris, pada tahun 1967. 
 
Fleetwood Mac Rumours ini, merupakan salah satu Fleetwood Mac albums yang telah berhasil meraih Grammy Awards pada tahun 1978 dengan pencapaian penjualan lebih dari 40 juta kopi di seluruh dunia.
 
Selain itu, prestasi grup band rock ini cukup bagus karena telah berhasil menjual albumnya lebih dari 100 juta album di seluruh dunia, sehingga mereka merupakan salah satu band asal Inggris yang paling laris sepanjang masa. 
 

Setelah menjalani karir musiknya selama 31 tahun, akhirnya pada tahun 1998 anggota dari Fleetwood Mac berhasil dilantik kedalam Rock And Hall Of Fame serta berhasil meraih Brit Awards untuk Outstanding Contribution to Music.

Fleetwood Mac telah meraih kesuksesan puncaknya untuk dua periode yaitu pada periode pertama terjadi sepanjang tahun 1960 an ketika band mereka dipimpin oleh gitarisnya yang bernama Peter Green dimana waktu itu masih meledaknya blues British. 

Salah satu lagunya berhasil meraih puncak tangga lagu di UK melalui Albatross. Kemudian pada periode kedua terjadi dari tahun 1975 sampai dengan tahun 1987.
 
Ketika itu, mereka mulai beralih kearah musik pop dengan didukung oleh personilnya yang bernama Christine McVie, Lindsey Buckingham dan Steve Nick.

Melalui album keduanya yang berjudul Rumour, album ini berhasil menelurkan 4 single sekaligus di US Top 10 dan telah berhasil meraih posisi tertinggi di Chart album Amerika selama 31 minggu dan berhasil meraih posisi teratas di beberapa negara di seluruh dunia. 

Album Fleetwood Mac Rumours ini, selain telah berhasil terjual hingga 40 juta kopi di seluruh dunia juga telah menjadi album peringkat ke 8 untuk penjualan tertinggi sepanjang masa.

Perjalanan karir musik Fleetwood Mac band

Fleetwood Mac adalah salah satu grup band yang berasal dari London, Inggris dan merupakan band yang bergenre musik pop rock, soft rock, blues rock dan blues British. Band ini dibentuk pada tahun 1967 oleh salah seorang anggotanya yang bernama Peter Green dan Fleedwood.

Pada saat itu, Peter Green keluar dari bandnya yang bernama Blues British John Mayall & Bluesbreakers dan dia menggantikan Eric Clapton

Album mereka yang berjudul A Hard Road merupakan sebuah album yang banyak mendapatkan tanggapan positip dan pujian atas karyanya tersebut. 
 
Pada saat itu Bluesbreakers beranggotakan Green, Fleetwood, John Mcvie dan John Mayall dan McVie, dan konstribusi Green telah mempersembahkan 5 lagu instrumental

Baca juga : John Mayall, Penyanyi Blues Dan Rock Dari Inggris

Nah, setelah ke 5 lagu instrumennya dirilis maka Fleedwood menghubungi Green untuk membentuk sebuah grup band baru dan mereka memilih Mcvie sebagai gitar bassnya. 

Supaya Mcvie tertarik dengan ajakan Fleedwood dan Green, maka keduanya akan memberi nama grup band baru mereka tersebut dengan nama Fleedwood Mac.
 
Nah, lalu apa jawaban dari McVie? dia lebih memilih tetap bergabung dengan John Mayall dari pada harus bergabung dan mengambil resiko dengan grup band baru yang akan dibentuk. 

Akhirnya, untuk sementara anggota grup band baru mereka terdiri dari Jeremy Spencer sebagai gitaris, Bob Brunning sebagai bassis, Peter Green sebagai vokalis dan Fleedwood sebagai drummer. 

Mereka memulai debutnya di jazz Windsor dan blues festival pada tahun 1967. Namun dengan berjalannya waktu akhirnya John McVie setuju untuk bergabung dengan Fleedwood Mac dan John McVie berperan sebagai bassis permanennya.

Album pertama dari Fleetwood Mac berjudul Fleetwood Mac merupakan sebuah album blues yang dirilis pada tahun 1968. 

Album ini berhasil menduduki peringkat ke 4 di Inggris dan kedua lagunya mulai dirilis oleh grup band mereka dengan judul Black magic Woman yang berhasil menjadi lagu hit untuk Santana dan judul lagu satunya lagi berjudul Need Your Love So Bad.

Baca juga : Grup Band Santana Terkenal Dengan Lagu Rock

Sukses album pertamanya dilanjutkan lagi dengan merilis album kedua yang berjudul Mr Wonderful. Pada album keduanya, ini disajikan berbeda dengan album yang pertama karena album ini direkam secara live di studio. 

Ditambah lagi, mereka menggunakan amplifier miked dan juga menampilkan suara keyboard yang dimainkan oleh Christine yang sempurna, serta sistem PA sehingga dapat menghasilkan suara otentik vintage.

Dengan terjadinya pergantian personilnya di Fleetwood Mac untuk bagian gitarisnya, pergantian personil ini banyak dialami oleh grup band lainnya dan pergantian personil ini merupakan hal yang biasa terjadi. 

Grup band ini akhirnya menemukan seorang gitaris otodidak yang bernama Danny Kirwan dan gitaris inilah yang merupakan gitaris ketiga dengan gaya uniknya yang telah berhasil merilis sebuah single berjudul Albatross. Sehingga lagu Albatross ini berhasil mencuat ke urutan pertama di Eropa.

Fleetwood Mac kemudian melanjutkan lagi dengan merilis Man Of The World yang telah berhasil menjadi sebuah single hit di Inggris dan Eropa.
 
Untuk selanjutnya, singlenya seperti Ear Vince dan Valiant serta Somebody’s Gonna Get Their Head Kicked In Tonite telah menunjukan perubahan arah musiknya menuju ke rock n rollnya dengan suara yang lebih serak dan parau.

The Green Manalishi (With the Two-Prong Crown) merupakan lagu terakhir dari Green untuk Fleetwood dan merupakan lagu yang pertama kali dicatat di Boston Tea Party pada tahun 1970, dimana lagu ini akhirnya dipakai oleh Judas Priest.

Pada tahun 1997, Fleetwood Mac merilis album live yang berjudul The Dance akhirnya berhasil membawa Fleetwood Mac kembali menduduki puncak tangga album Amerika untuk pertama kalinya setelah 15 tahun serta kembali menjadi superstar untuk segi komersialnya.

Setahun kemudian yaitu pada tahun 1998, anggota Fleetwood Mac berhasil dilantik di Rock And Roll Hall Of Fame yaitu Mick Fleetwood, John McVie, Peter Green, Jeremy Spencer dan Danny Kirwan.

Selama masa karir musiknya, terdapat beberapa lagu terbaik sepanjang masa yang berhasil dirilis oleh Fleetwood Mac. 

Berikut lagu lagu Fleedwood Mac :

- Gypsy, Rattlesnake dari album The Play On

- Over My Head dari album Fleetwood Mac

- Blue Letter dari album Who’s The New Girl

- The Chain dari album Rumours

- Sisters Of The Moon dari album Tusk

- Hypnotized dari album Mystery To Me

- World Turning dari album Fleetwood Mac

- Gold Dust Woman dari album Rumours

- Bare Trees dari album Bare Trees

- I’m So Afraid dari album Fleedwood Mac

- Songbird dari album Rumours

- Landslide dari album Fleetwood Mac

- Tusk dari album Tusk

- Go Your Own Way dari album Rumours

- Oh, Well dari album Then Play On

- Rhiannon dari album Fleetwood Mac

- Don’t Stop dari album Rumours

- Dreams dari album Rumours

Fleetwood Mac telah berhasil dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame, selain itu anggota personil dari band ini juga dilantik kedalam Rock and Roll Hall of Fame.

Anggota personil tersebut adalah anggota personil band asli seperti Mick Fleetwood, John McVie, Peter Green, Jeremy Spencer serta Danny Kirwan, dan era Rumours seperti Christine McVie, Stevie Nicks dan Lindsey Buckingham.

Namun nama satu anggota personil yang bernama Bob Welch tidak masuk kedalam Rock and Roll Hall of Fame meskipun Bob Welch termasuk anggota yang mempunyai peran utama dalam menjaga band Fleedwood Mac tetap eksis selama tahun 1970.

Dalam upacara induksi dan program Grammy Awards, The Rumor versi era band Fleetwood Mac tampil sangat bagus, namun pada saat itu Peter Green tidak ikut tampil bersama dengan teman temannya yang lain. Jeremy Spencer dan Danny Kirwan juga tidak hadir di acara ini.

Peter Green memilih tampil untuk komposisinya lagu Black Magic Woman dengan Santana yang dilantik dengan waktu bersamaan pada acara tersebut.

Fleetwood Max sendiri telah memperoleh penghargaan Outstanding Contribution to Music di Brit Awards pada tahun tersebut.

Christine McVie keluar dari band ini pada tahun 1998 karena pindah ke Buckingham sehingga vokal utama digantikan oleh Nicks untuk album ke tujuh belas yang berjudul Say You Will yang dirilis tahun 2003. 

Namun demikian,  Christine McVie juga ikut menyumbangkan beberapa vokal latar serta keyboardnya untuk album ini.

Album Say You Will ini berada di peringkat 3 di chart Billboard 200 dan peringkat 6 di Inggris serta menelurkan lagu hit chart Peacekeeper. 

Promosi Fleetwood Mac tour ke seluruh dunia untuk album ini juga sukses selama tahun 2004. Turnya menduduki peringkat 21 dalam 25 tur terlaris di tahun 2004 tersebut.

Apakah Fleetwood Mac akan tur lagi? Dalam satu acara wawancara pada bulan November 2006 untuk mensupport album solonya yang berjudul Under the Skin.

Dalam kesempatan itu, Buckingham berkomentar bahwa rencana band ini untuk bersatu kembali dan merencanakan tur untuk tahun 2008, hanya masih dalam rencana saja.

Kemudian pada acara wawancara oleh surat kabar Inggris The Daily Telegraph pada bulan September 2007, Nick berkomentar bahwa dia tidak bersedia meneruskan bandnya tersebut tanpa masuknya kembali Christine McVie ke band ini.

Tahun 2008 telah diperbincangkan bahwa Sheryl Crow yang telah berkolaborasi dengan Stevie Nicks dimasa lalu akan bekerja dengan Fleetwood Mac pada tahun 2009. 

Namun demikian, akhir akhir ini Buckingham telah mengatakan bahwa potensi kolaborasi dengan Crow sudah kehilangan momentumnya dan ide kolaborasi tadi sudah ditinggalkannya.

Fleetwood Mac tour, Unleashed dan Extended Play

Fleetwood Mac kembali mengadakan tur Unleashed pada bulan Maret 2009, namun tanpa Christine McVie dan penampilan ini merupakan penampilan hits terbesarnya meskipun trek album dari Storm dan I Know I’m Not Wrong juga ditampilkan dalam tur tersebut.

Kemudian selama Fleetwood Mac tour di New Orleans pada bulan Juni 2009, Stevie Nicks dan Louisiana mempertunjukkan bagian perdana dari lagu lagu yang mereka tulis sendiri tentang Badai Katrina. 

Lagu ini dirilis dengan judul lagu New Orleans dan dimasukkan pada album Nicks yang berjudul In Your Dreams yang dirilis pada tahun 2011.

Fleetwood Max melakukan tur ke Eropa pada bulan Oktober 2009 dilanjutkan tur ke Australia dan Selandia Baru pada bulan Desember 2009. 

Selanjutnya album The Very Best of Fleetwood Mac dilakukan perilisan ulang dalam 2 disk, dirilis di AS pada tahun 2002 dan berhasil menduduki peringkat 6 di UK Albums Chart.

Film dokumentary one-hour, Fleetwood Mac: Don’t Stop disiarkan di Inggris, di BBC One pada awal bulan November 2009, dengan mendatangkan ke empat anggota personil band ini.

Nick memberikan ringkasan dari film dokumenter ini mengenai hubungan dia dengan Bickingham, bahwa ketika mereka berdua sudah 75 tahun dan Fleetwood Mac merupakan kenangan yang jauh, mereka mungkin berteman.

Pada saat penampilan terakhir tur Unleashed di Wembley Arena London, Fleetwood Mac mempertunjukan penampilan terakhir dari leg Eropa.

Pada saat itu Christine McVie ikut hadir diantara penonton sehingga Nick memberikan penghormatan kepada Christine McVie. Hal ini mendapatkan aplause meriah dari para penonton saat itu.

Nick mengatakan bahwa dia selalu memikirkan mantan teman satu team bandnya itu setiap hari dan mendedikasikannya pada penampilan malam itu lewat Fleetwood Mac Landslide pada malam itu.

Tur Unleashed di Selandia Baru yang dilaksanakan pada bulan Desember 2009, Fleetwood menampilkan pertunjukan keduanya dengan penjualan ticket Fleetwood Mac yang habis terjual semuanya, dalam 12 menit setelah dirilis ke publik.

Tur ini menduduki urutan ke 13 dalam tur dunia dengan pendapatan kotor tertinggi di tahun 2009. Fleetwood Mac mengadakan penampilan pribadi di Hotel Phoenician di Scottsdale Arizona untuk Texas Pacific Group pada bulan Oktober 2010.

Pada jaringan Fox, menyiarkan episode Glee berjudul Rumor pada bulan Mei 2011, dengan 6 lagu dari album band Fleetwood Max tahun 1977. Sehingga mendorong banyak orang yang mencari album ini dan album ini menjadi album tersukses secara komersial dari Fleetwood Max.

Album Fleetwood Mac Rumor juga berada di peringkat 11 di tangga lagu Billboard 200 dan bersamaan dengan album solo Nicks yang berjudul In Your Dreams menduduki peringkat 6. Menurut kutipan Billboard tentang Nicks, mengatakan bahwa bahwa album terbarunya adalah My Own Little Billboard.

Pada suatu acara wawancara pada bulan Juli 2012, Nicks mengatakan bahwa band Fleetwood Mac akan bersatu kembali untuk tur tahun 2013.

Anggota personil basis asli dari Fleetwood ada beberapa yang sudah meninggal dunia yaitu Bob Brunning yang meninggal dunia 18 Oktober 2011 pada usia 68 tahun.

Kemudian disusul dengan Bob Weston yang meninggal dunia pada 3 Januari 2012 pada usia 64 tahun dan dilanjutkan lagi dengan meninggalnya Bob Welch pada 7 Juni 2012 karena menembak diri sendiri pada usia 66 tahun.

Fleetwood Mac melakukan turnya pada tahun 2013 di 34 kota yang dimulai dari Columbus OH, menampilkan 2 lagu Sad Angel dan Without You. Kedua lagu ini paling disukai oleh Fleetwood Mac ini sejak Mirage.

Fleetwood Mac merilis album studio baru pertama berjudul Extended Play pada bulan April 2013. Album ini menduduki peringkat 48 di AS dan menelurkan 1 lagu berjudul Sad Angel. Christine McVie bergabung dengan band O2 London dengan lagu Don’t Stop pada tanggal 25 dan 27 September 2013.

Fleetwood Mac membatalkan penampilannya di Selandia Baru dan Australia karena John McVie telah diagnosa menderita kanker yang harus menjalani perawatan.

Penampilan Stevie Nicks di American Horror Story Coven menyanyikan lagu Fleetwood Mac berjudul Seven Wonders dan dimunculkan untuk latar belakang pada Oktober 2013. 

Akhirnya, Christine McVie berminat untuk bergabung kembali dengan Fleetwood Mac pada November 2013, dan menyatakan bahwa perkembangan John McVie sangat bagus.

Setelah John McVie bergabung lagi maka Fleetwood Mac mulai mengadakan tour On With the Show ke Amerika Utara di 33 kota, pada bulan Januari 2014 dan dimulai dikota Minneapolis, Minnesota. Setelah itu, dilanjutkan ke Inggris dan leg Australia karena permintaan yang banyak di Australia.

Buckhingham memberi saran pada bulan Januari 2015, bahwa album dan tur mereka mungkin akan menjadi yang terakhir kalinya untuk tampil bagi Fleetwood Mac, sehingga band ini berhenti melakukan kegiatan musiknya.

Buckingham dan Christine McVie merilis album baru Lindsey Buckingham/Christine McVie pada bulan Juni 2017 dan mengikutkan konstribusi dari Mick Fleetwood dan John McVie. Lagu utama dari album ini adalah In My Word.

Tur Fleetwood Mac yang ke 38 dimulai lagi dari tanggal 21 Juni sampai 16 November 2017, kemudian rencananya akan dilanjutkan tur nya lagi pada tahun 2018.

Dalam acara konser Classic west di Dodger Stadium, di Los Angeles pada 16 Juli 2017 dan konser klasik Timur, di New York’s Citi Filed pada 30 Juli 2017, Fleetwood Mac tampil menjadi headline.

MusiCares Person of the Year tahun 2018, anggota personil Fleetwood Mac bersatu kembali untuk membawakan beberapa lagu di acara Grammy untuk menghormati mereka. Selain itu artis lain seperti Lorde, Harry Styles, Little Big Town dan Miley Cyrus juga tampil disitu.

Lagu milik Fleetwood Mac Dreams merupakan lagu yang berhasil menduduki peringkat 16 tangga lagu Hot Rock Songs pada bulan April 2018, setelah ada meme viral yang membawakan lagu tersebut.

Ini terjadi setelah 40 tahun lagu ini menempati puncak Hot 100 dan hal ini bisa menolong Rumors menjadi naik peringkatnya dari peringkat 21 menjadi peringkat 13 di Top Rock Album chart.

Untuk kedua kalinya Buckingham cabut dari Fleet wood Mac, dia dipecat karena terjadi ketidak akuran masalah tur khususnya, karena Buckingham menginginkan tentang materi yang lebih baru dan kurang terkenal yang akan dimasukkan.

Stelah terjadi perselisihan antar anggota personil Fleetwood Mac, maka mantan gitaris om Petty and the Heartbreakers Mike Campbell dan Neil Finn dari Crowded House dipilih untuk menggantikan Buckingham.

Fleetwood Mac mengumumkan bahwa Fleetwood Mac dilahirkan kembali dengan anggota personil barunya dan berencana untuk mengadakan tur dan merekam musik baru bersama team barunya tersebut.

Fleetwood Mac memulai tur An Evening with Fleetwood Mac pada bulan Oktober 2018 dan mengeluarkan tur di iHearRadio Music Festival di T-Mobile Arena di Las Vegas, NV pada bulan September 2018.

Tahun ini terjadi berita duka karena gitaris dan penulis lagu yang merupakan anggota personil Fleetwood Mac pertama kali, yang bernama Danny Kirwan meninggal dunia di London, Inggris,  pada 8 Juni 2018 dalam usia 68 tahun.

Salah satu lagu ciptaan Danny Kirwan adalah Tell Me All the Things You Do yang masuk dalam album Kiln House tahun 1970 dan masuk dalam materi tru An Evening with Fleetwood Mactahun 2018 – 2019.

Lagu Find Your Way Back Home dirilis 28 Mei 2020 dengan memunculkan Nicks, McVie serta Campbell untuk gitarisnya. Lagu ini dirilis ditempat penampungan tunawisma Auckland, Selandia Baru, Auckland City Mission.

Tahun 2020 kembali satu personil Fleetwood Mac yang meninggal yaitu Peter Green, dia meninggal dunia pada 25 Juli 2020 dengan usia 73 tahun.

Tahun 2020 ini juga, album Fleetwood Mac yang berjudul Rumour berhasil mengulangi kesuksesannya masuk 10 besar Billboard. Album ini memperoleh dampak pisitif dari pengaruh sosial media, dimana album ini mendapatkan 30,6 juta streaming di platform streaming pada bulan Oktober 2020.

Berikut catatan Fleetwood Mac tour :

- Kiln House Tour (tahun 1970)

- Future Games Tour (tahun 1971)

- British Are Coming Tour (tahun 1972)

- Bare Tress Tour (tahun 1972)

- Penguin Tour – early (tahun 1973)

- Mystery to Me Tour – mid (tahun 1973)

- Heroes Are Hard to Find Tour (tahun 1974)

- Fleetwood Mac Tour (tahun 1975)

- Rumours Tour (tahun 1977)

- Tusk Tour (tahun 1979 – 1980)

- Mirage Tour (tahun 1982)

- Shake the Cage Tour (tahun 1987 – 1988)

- Behind the Mask Tour (tahun 1990)

- Another Link in the Chain Tour (tahun 1994 – 1995)

- The Dance (tahun 1997)

- Say You Will Tour (tahun 2003 – 2004)

- Unleashed tour (tahun 2009)

- Fleetwood Mac Live (tahun 2013)

- On with the Show (tahun 2014 – 2015)

- An Evening with Fleetwood Mac (tahun 2018 – 2019)

Demikianlah sekilas ulasan tentang grup band Fleetwood Mac asal London, Inggris yang merupakan salah satu grup band paling laris sepanjang masa, dengan prestasi beberapa lagunya yang berhasil menduduki peringkat teratas di Inggris, Amerika dan Eropa. 

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Fleetwood Mac and Stevie Nicks, era Rumours album keduasemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar