Bonnie Tyler, Penyanyi Wales Melejit Via Faster Than The Speed Of Night

Bonnie Tyler, penyanyi wales kelahiran Skewen

Bonnie Tyler, penyanyi Wales yang populer tahun 70 an

Bonnie Tyler merupakan seorang penyanyi wales yang mempunyai potensi suara khas serak yang memukau. Dia berhasil melejit lewat singlenya yang berjudul Faster Than The Speed Of Night.

Lagu lagu Bonnie Tyler dan albumnya

Bonnie Tyler memiliki nama asli Gaynor Hopkins dan lahir di Skewen, Britania Raya, Inggris, pada tanggal 8 Juni 1951. Dia mempunyai seorang suami yang bernama Robert Sullivan (m 1973) dan mulai karir sebagai penyanyi pada tahun 1975 dengan warna musik bergenre musik rock, pop dan country.

Saudara saudaranya mempunyai selera bermusik yang berbeda-beda dan Bonnie Tyler menyukai artis seperti Elvis Presley, Frank Sinatra dan The Beatles. Setelah dia berhasil memenangkan kontes di urutan ke 2 di kontes bakat lokal, membuat dia terinspirasi untuk mengejar karir menyanyinya.

Akhirnya dia berhasil menjadi penyanyi backing vokal untuk Bobby Wayne dan The Dixies. Untuk selanjutnya dia membentuk grup band yang bernama "Imagination". 
 
Setelah diundang oleh Davis ke London, telah membuat dia mendapatkan penawaran tandatangan kontrak dari RCA Record dan merekomendasikan untuk mengganti nama panggungnya menjadi "Bonnie Tyler".

Karir sebagai penyanyi dimulai dari menjadi seorang penyanyi dari pub ke pub yang berada di sekitar South Wales selama 7 tahun.
 
Kemudian karirnya mulai menanjak naik ketika dia berhasil merilis single country yang berjudul "Lost in France" dan "It's a heartache", single "Lost in France" berhasil masuk ke urutan ke 9 di UK Top 50. 

Salah satu lirik dari singlenya yang berjudul "More than a lover" telah menimbulkan kontrovesial dan sempat dilarang oleh BBC untuk dimunculkan, padahal single ini disenangi oleh beberapa kritikus. 
 
Oleh sebab itu, diputuskan untuk melakukan perbaikan lirik dari single tersebut, akibat perbaikan ini justru membuat single ini berhasil masuk ke urutan 27 di Inggris.

Hasil kolaborasi dengan Jim Steinman di album ke 5 dengan single berjudul "Faster than speed night" berhasil menjadi single pertama yang menjadi hit.
 
Single ini menjadi hit di peringkat pertama dan berhasil meraih nominasi 2 Grammy Awards, yaitu sebagai Best Female Pop Vocal Performance dan Best Female Rock Vocal Performance.

Kemudian dilanjutkan dengan album "Total Eclipse of the heart", album ini berisi International Chart Topper, dan juga merupakan salah satu single terlaris sepanjang masa karena telah mencapai penjualan lebih dari 6 juta album.

Bonnie Tyler juga telah menancapkan ketenarannya sampai ke daratan Eropa pada tahun 1990 dengan album "Hide your heart" yang dirilisnya sehingga mencapai keberhasilannya di Eropa.
 
Sedangkan untuk album debut "The World stars to night", meskipun album ini tidak sukses tetapi berhasil populer sedangkan untuk ke 2 singlenya dengan mendapatkan peringkat ke 2 di Swedia.

3 album studio Bonnie Tyler antara lain :

- "Natural Force" berhasil bersertifikat emas oleh RIAA dengan pencapaian penjualan lebih dari 500 ribu kopi, dengan singlenya yang hanya berhasil di Eropa.
 
- "Diamond Cut" dengan singlenya "My guns are loaded", "Too good to last" dan "(The world is full of) married men", single yang ke tiga ini digunakan sebagai lagu tema untuk film "Of the same name" dan berhasil menduduki peringkat ke 35 di UK Single Chart.
 
- "Doomed to be a one hit wonder" dengan singlenya "Goodbye to the island" berhasil menorehkan singlenya di Algarve, Rostugal.

Tur yang pertama kali diselenggarakan di Jepang, dan Bonnie Tyler mewakili Inggris di World Popular Song Festival yang diadakan di Tokyo berhasil memenangkannya melalui lagu "Sitting on the edge of the ocean", lagu ini ditulis oleh Scott dan Walfe.

Penghargaan yang berhasil diraihnya :

- Nominasi untuk Best British Female New Comer di BRIT Award 1977 melalui single "Lost in France"
 
- World Popular song Festival pada saat mewakili United Kingdom melalui single "Sitting on the edge of the ocean"
 
- Menerima penghargaan lokal di Wales

Penyanyi Bonnie Tyler dikenal sebagai penyanyi Welsh dan populer setelah merilis album pertama The World Stars Tonight pada tahun 1977. Dia merupakan penyanyi kelahiran 1951 yang memiliki suara serak yang khas dan terjun ke musik rock pada tahun 1980 an.

Album ini menghasilkan single It’s a Heartache yang berhasil melejit di peringkat 4 di UK Singles Chart dan peringkat 3 di Billboard Hot 100. Sedangkan 2 single lainnya yang dirilis berjudul Lost in France dan More Than a Lover.

Jim Steiman menuliskan lagu untuk Tyler yang berhasil menjadi hit besar Bonnie Tylor Total Eclipse of the Heart yang merupakan single utama dari album Faster Than the Speed of Night. Album ini berhasil bertengger di puncak tangga lagu Inggris tahun 1983.

Hit besar tahun 1980 an lainnya yang ditulis oleh Jim Steitman untuk Bonnie Tyler Holding Out for a Hero, sedangkan hit Bitterblue meraih kesuksesan di wilayah Eropa pada tahun 1990 an.

Lagu Bonnie Tyler Total Eclipse of the Heart direkam ulang pada tahun 2003 dan dibawakan bersama dengan penyanyi Kareen Antonn. Lagu ini berhasil melejit ke puncak tangga lagu Prancis.

Album Bonnie Tyler Rocks and Honey dirilis tahun 2013 dan pada ajang kontes lagu Eurovision 2013 di Malmö, Swedia, lagu ini mewakili negara Inggris dengan single berjudul Believe in Me.

Untuk selanjutnya album Bonnie Tylor The Best Is Yet to Come dan Between the Earth and the Stars dirilis pada tahun 2019 dan 2021.

Bonnnie Taylor berhasil mendapatkan penghargaan MBE dalam Penghargaan Ulang Tahun Ratu atas jasanya terhadap musik pada tahun 2022.

Keluarga Bonnie Taylor merupakan keluarga musik, kakak kakaknya memiliki selera musik yang tidak sama sehingga memperkenalkan Bonnie Taylor dengan penyanyi seperti Frank Sinatra, Elvis Presley, dan The Beatles.

Bonnie Tylor tampil di public untuk pertama kalinya ketika usianya masih kecil dengan membawakan himne Anglican All Things Bright and Beautiful.

Kemudian, dia mengikuti kontes bakat lokal dan berhasil menjadi juara ke 2 sehingga hal inilah yang menginspirasinya untuk berkarir di sebagai penyanyi.

Sebelum Bonnie Taylor membentuk band soul yang diberi nama Imagination, dia bekerja sebagai penyanyi latar untuk Bobby Wayne & the Dixies.

Setelah mendapatkan penawaran kontrak rekaman dari RCA Records maka Davis mengganti nama panggungnya dengan nama baru Bonnie Taylor. 

Album Bonnie Taylor The World Stars Tonight

Pada bulan April tahun 1976 single debutnya berjudul My! My! Honeycomb tetapi single ini tidak berhasil masuk tangga lagu di negara manapun.

Single kedua Bonnie Tyler Lost in France dirilis bulan Setember 1976 berhasil masuk single Top 10. Selanjutnya single More Than a Lover berhasil menempati urutan 27 di Inggris.

Dari album The World Stars Tonight ini menghasilkan 2 single populer, meskipun tidak sukses di Eropa tetapi bisa bertengger di peringkat 2 di Swedia.

Pada tahun 1978, nama Bonnie Tylor mulai menanjak kembali namanya melalui It’s a Heartache yang berhasil bertengger di urutan 4 di Inggris dan menjadi lagu hit Bonnie Tylor pertama di Amerika Serikat karena menduduki peringkat 3 di Billboard Hot 100.

Album Bonnie Tylor Natural Force

Natural Force merupakan album studio kedua yang dirilis pada tahun 1978, album ini berhasil mendapatkan sertifikasi Gold dari RIAA karena mencapai penjualan hingga mencapai 500 ribu kopi.

Single Here Am I merupakan single ketiga, tetapi tidak berhasil mempertahankan kesuksesan di Amerika Serikat dan Inggris dan hanya masuk tangga lagu selain di 2 negara tersebut.

Album Bonnie Tylor Diamond Cut

Album Diamond Cut merupakan album studio ke 3 Bonnie Taylor yang dirilis tahun 1979. Album ini berhasil hit di Norwegia dan Swedia namun hanya berada di urutan 145 di Billboard 200.

Album ini dideklarasikan sebagai titik tertinggi dari karir musik Bonnie Taylor dan menjadi album yang wajib dinikmati bagi penggemar musik country.

2 lagu lagu Bonnie Tyler yang dihasilkan oleh album ini antara lain My Guns Are Loaded dan Too Good to Last.

Selain itu, dia juga merilis lagu (The World Is Full of) Married Men untuk tema film berjudul sama dengan lagunya. Lagu ini menduduki urutan 35 di UK Singles Chart pada tahun 1979.

Tur Bonnie Tyler pertama kali diselenggarakan di Jepang pada tahun 1979 dan mewakili Inggris pada Festival Lagu Populer Dunia yang diadakan di Tokyo. Melalui lagu Sitting on the Edge of the Ocean, dia memenangkan festival tersebut.

Album Bonnie Tyler Goodbye to the Island

Single Bonnie Taylor I Believe in Your Sweet Love dirilis tahun 1979, single ini masuk dalam daftar sinlge minggu ini oleh Record Mirror.

Album ini merupakan album terakhir Bonnie Tyler yang dirilis tahun 1981 bersama RCA. Album ini diperkirakan akan menjadi one hit wonder oleh para kritikus.

Dengan pergantian produser maka Bonnie Tyler mencari produser baru antara lain Phil Collins, Jeff Lynne dan Alan Tarny yang menjadi pertimbangannya tetapi pilihannya jatuh ke Jim Steinman.

Meskipun pada awalnya Jim Steinman menolak tetapi setelah mendengarkan Bonnie taylor membawakan Total Eclipse of the Heart, akhirnya Steinman menerima sebagai produsernya. Lagu ini berhasil menjadi lagu terlaris sepanjang masa dan dirilis tahun 1983.

Album Bonnie Tylor Faster Than the Speed of Night

Album ini merupakan album ke 5 Bonnie Taylor dan berhasil melejit di peringkat 1 di UK Albums Chart, peringkat 3 di Cashbox dan peringkat 4 di Billboard 200 serta meraih penjualan hingga 1 juta kopi di Amerika Serikat.

Album ini berhasil mencapai kesuksesan komersial bagi Bonnie Tyler dan meraih 2 Grammy, 2 AMA dan BRIT Awards. Selain itu, dia dinobatkan sebagai Artis Rekaman Terbaik di Variety Club of Great Britain Awards dan memperoleh Goldene Europe.

Rekaman dari soundtrack Footloose dilakukan oleh Bonnie Tylor Holding Out for a Hero yang dirilis tahun 1984.

Untuk selanjutnya Here She Comes yang dipakai untuk restorasi film Metropolis tahun 1927 telah menjadikan Bonnie Tyler masuk nominasi Grammy untuk Penampilan Vokal Rock Wanita Terbaik.

Album Bonnie Tylor Secret Dreams and Forbidden Fire

Tylor Secret Dreams and Forbidden Fire merupakan album studio ke 6 Bonnie Tylor yang dirilis tahun 1986. Album ini menghasilkan lagu lagu Bonnie Tyler yang ditulis oleh Desmon Child dan Bryan Adams serta cover Band of Gold oleh Freda Payne.

Salah satu single yang dihasilkan oleh album ini If You Were a Woman (And I Was a Man) telah menjadikan album ini menjadi album paling sukses karena mencapai penjualan hingga 250 ribu kopi di Prancis.

Kolaborasi antara Bonnie Tyler Mike Oldfield pada album Island pada tahun 1987 dimasukkan kedalam album Tyler.

Untuk selanjutnya di album George Martin Under Milk Wood, Bonnie Taylor tampil di drama radio dengan memerankan Polly Garter. Musik dari album ini dikerjakan oleh Elton John yang menampilkan Tom Jones, Anthony Hopkins dan Mary Hopkins.

Album Bonnie Tylor Hide Your Heart

Hide Your Heart merupakan album ke 7 dari Bonnie Taylor yang dirilis pada tahun 1988. Didalam album ini terdapat kolaborasi antara Michael Bolton, Albert Hammond dan Diane Warren.

Album ini menelurkan 3 singel yang berhasil menjadi hits besar bagi artis lain, single tersebut berjudul Hide Your Heart, Save Up All Your Tears dan The Best.

Album Bonnie Tylor Bitterblue

Album Bitterblue merupakan album ke 8 Bonny Tylor yang dirilis pada tahun 1991. Album ini menjadi album sukses komersial Bonnie Tylor di Eropa karena berhasil menjadi top 40 hit di beberapa negara Eropa meskipun album ini tidak pernah dirilis di Inggris atau AS.

Lagu Bitterblue berhasil mencuat di puncak tangga lagu di Austria dan Norwegia dan meraih 4 kali platinum di Norwegia.

Untuk selanjutnya album Bonnie Tyler yang meraih sukses di Eropa adalah album Angel Heart dan Silhouette in Red yang dirilis tahun 1992 dab 1993.

Hal ini, menjadikan Bonnie Tyler sebagai Penyanyi Internasional Terbaik di Goldene Eropa Awards pada tahun 1993 dan Penyanyi Pop/Rock Terbaik di ECHO Awards pada tahun 1994.

Album Bonnie Tyler Free Spirit

Album Free Spirit Bonnie Tyler dirilis tahun 1995, di dalam album ini menampilkan kolaborasi dari banyak produser seperti David Foslter, Humberto dan Jim Steinman.

Single utama dari album ini Making Love (Out of Nothing At All) berhasil menempati peringkat 45 di UK Singles Chart pada tahun 1996. Selain itu, lagu ini dipakai sebagai tema tim Jerman di Olimpiade Musim Panas 1996 di Atlanta, Georgia.

Album Bonnie Tylor All in One Voice

Album Bonnie Tylor merupakan album studio ke 12 yang dirilis tahun 1998. Pada tahun yang sama, dia tampil dengan lagu Is Anybody There? di album orkestra Rick Wakeman Return to the Center of the Earth.

Selain itu, album ini juga menampilkan narasi dari aktor Star Trek Patrick Stewart serta vokal dari Ozzy Osbourne, Katrina Leskanich serta Justin Hayward.

Album Bonnie Tylor Greatest Hits

Album kompilasi Bonnie Tylor Greatest Hits ini berisi 17 lagu yang dirilis pada tahun 2001. Album ini menduduki urutan 18 di UK Albums Chart serta memperoleh sertifikasi silver oleh BPI serta menduduki Top 10 di 5 negara Eropa lainnya.

Album Bonnie Tylor Heart Strings

Album Heart Strings merupakan album studio ke 11 Bonnie Taylor yang dirilis tahun 2003. Untuk album ini, Bonnie Tylor mengambil 13 lagu dari U2, The Beatles serta Bruce Springsteen.

Untuk selanjutnya, Dia mengadakan tur di Jerman dan album ini masuk Top 50 di 5 negara di Eropa. Lagu ini diaransemen lagi oleh komposer Nick Ingman dan Karl Jenkins serta diiringi City of Prague Philharmonic Orchestra.

Eclipse of the Heart dirilis ulang dengan duet bilingual berbahasa Prancis dan Inggris, duet tersebut antara Kareen Antonn dengan Bonnie Tylor pada tahun 2003.

Versi bilingual ini berjudul Si demain ... (Turn Around) telah berhasil melejit di peringkat 1 di Belgia dan Prancis. Kesuksesan single ini dianggap telah kembalinya Bonnie Tyler di Prancis.

Album Bonnie Tyler Simply Believe

Album Simply Believe ini merupakan album studio ke 14 Bonnie Tylor yang dirilis tahun 2004. Album ini berisi 7 lagu lagu Bonnie Taylor baru, lagu lagu lama yang direkam ulang dan cover.

Lagu bilingual kedua,  berduet antara Antonn dan Bonnie Tylor berjudul Si Tout s’arrête (It’s Heartache) berhasil melejit diperingkat 12 di Perancis.

Album Bonnie Tyler Wings

Album Wings merupakan album studio ke 15 Bonnie Tyler. Album ini direkam di Paris, berisi 12 lagu baru. Album ini dipromosikan melalui tur ke Eropa, termasuk di Spanyol, Polandia dan Paris.

DVD Live Bonnie Tylor yang berisi cuplikan tur di Eropa tersebut dirilis tahun 2006. Untuk album Wings dirilis di Inggris pada tahun 2006 yang diberi judul Celebrate. Untuk selanjutnya pada tahun yang sama, dia tampil di televisi AS.

Pada tahun 2007, Total Eclipse of the Heart dirilis versi baru bersama dengan band punk BabyPinkStar dan merilis From the Heart: Greatest Hits. Rilisan ini berhasil menduduki peringkat 2 di Irlandia dan Pringkat 31 di Inggris.

Dalam rangkaian mimpi bersama dengan Camel McQueen, Bonnie Tylor membawakan Holding Out for a Hero dan tampil menjadi cameo Hollyoaks Future.

Pada tahun 2010, dia tampil di iklan televisi MasterCard membawakan parodi Total Eclipse of the Heart. Selanjutnya merilis Something Going On dan Making Love (Out of Nothing At All) bersama penyanyi country Wayne Warner dan Matt Pétrin.

Pada tahun 2011, Bonnie Tylor membawakan parodi dari lagu Jay Z dan Alicia Keys sebagai bintang tamu dalam video musik Newport (Ymerodraeth State of Mind) dalam rangka unomic Relirtuk badan amal Cef BBC.

Pada tahun yang sama, dia memperoleh penghargaan di BMI London Awards untuk It’s a Heartache yang telah diputar sebanyak lebih dari 3 juta kali di radio AS dan di televisi.

Selain itu, di tahun 2011 juga merilis album kompilasi yang berjudul Best of 3 CD yang menampilkan cover Eternal Flame oleh The Bangles yang direkam duet bersama Laura Zen dengan menggunakan bahasa Prancis dan Inggris.

Album Bonnie Taylor Rocks and Honey

Album Rocks and Honey merupakan album ke 16 Bonnie Taylor yang dirilis tahun 2013 dan lagu ke 3 Believe in Me dari album ini dipakai dalam Kontes Lagu Eurovision 2013 untuk dibawakan Bonnie Tyler mewakili Inggris.

Bobbie Tyler menjadi perwakilan Inggris pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan Radio Kontes Lagu Eurovision untuk Lagu Terbaik dan Penyanyi Wanita Terbaik.

Album Rocks and Honey berhasil berada di peringkat 52 di UK Albums Chart. Lagu yang dihasilkan oleh album ini antara lain Rock and Honey, This Is Gonna Hurt dan Love Is the Knife.

Album ini mengacu kepada suara kontras antara Bonnie Tyler dengan Vince Gill melalui duet mereka dengan lagu What You Need from Me.

Untuk selanjutnya, di tahun 2014, dia merilis Miserere untuk album Rhydian Robert, One Day Like This dan Fortune untuk album Spike, 100% Pure Frankie Miller.

Bonnie Tyler merilis single baru Love’s Holding On pada tahun 2017 bersama dengan band metal asal Jerman Axel Rudi Pell.

Pada tahun 2017, lagu Bonnie Tyler Total Eclipes of the Heart telah menduduki peringkat 13 di Billboard Digital Songs karena lagu ini mengalami kenaikan sebanyak 31 ribu download secara online.

Untuk merayakan ulang tahun ke 40 dari lagu It’s a Heartache, Bonnie Tyler mengadakan tur bersama dengan Sharron Levy di Jerman dan Austria pada tahun 2018.

Album Bonnie Tylor Between the Earth and the Stars

Album Between the Earth and the Stars merupakan album studio ke 16 Bonnie Tylor  dengan single utamanya Hold On dirilis pada tahun 2019. Album ini berada di peringkat 34 di tangga Album Inggris.

Album ini, terdapat duet antara Bonnie Tylor dengan Rod Stewart, Francis Rossi dan Cliff Richard.

Di konser Ben Zucker pada Mercedes-Benz Arena, Berlin, Bonnie Tyler menjadi bintang tamu dengan membawakan It’s a Heartache. Duet ini dirilis pada album live Wer Sagt das?! Zugabe! Pada tahun 2020.

Bonnie Tyler bersama dengan Lorraine Crosby merilis single Through Thick and Thin (I’ll Stand by You) pada tahun 2020, untuk membantu Teenage Cancer trust. Single ini mencapai peringkat 64 di tangga lagu unduhan Inggris.

Album Bonnie Tylor The Best is Yet to Come

Album ini merupakan album studio terbaru Bonnie Taylor yang dirilis tahun 2021. Selanjutnya, dia berduet dengan Mike Batt dengan lagu Into the Sunset.

Bonnie Tylor mengadakan tur pertamanya di tahun 2022, di Amerika Serikat termasuk di Brasil dan di Uruguay. Dia juga berharap dapat merilis album studio terbarunya pada tahun 2023 ini.

Dalam karir musiknya, dia banyak dipengaruhi oleh Janis Josplin dan Tina Turner. Selain itu, dia juga dipengaruhi oleh artis lainnya seperti Aretha Franklin, Wilson Pickett, Meat Loaf, Joe Cocker, Dusty Springfiled dan Tommy Steele.

Bonnie Tyler juga kagum kepada artis kontemporer seperti Guns N’ Roses, Anastacia, Toni Braxton, Duffy dan Eminem.

Bonnie Tyle juga berkeinginan untuk berkolaborasi dengan penyanyi Adele karena Adele merupakan penulis lagu, penyanyi serta pemain musik yang hebat.

Musik Bonnie Tyler sebagian besar mengusung unsur musik country, rock, pop, blues dan celtic. Suara Bonnie Tyler mirip dengan Rod Stewart sehingga disebut sebagai Rod Stewart perempuan karena Bonnie Tyler memiliki vokal bersuara serak.

Bonnie Tyler menikah pada tahun 1973 dengan Robert Sullivan, pasangan ini tidak dikaruniani anak karena Tyler pernah mengalami keguguran pada saat berusia 39 tahun.

Album album Bonnie Tyler

- The World Starts Tonight (tahun 1977)

- Natural Force (tahun 1978)

- Diamond Cut (tahun 1979)

- Goodbye to the Island (tahun 1981)

- Fater Than the Speed of Night (tahun 1983)

- Secret Dreams and Forbidden Fire (tahun 1986)

- Hide Your Heart (tahun 1988)

- Bitterblue (tahun 1991)

- Angel Heart (tahun 1992)

- Silhouette in Red (tahun 1993)

- Free Spirit (tahun 1995)

- All in One Voice (tahun 1998)

- Heart Strings (tahun 2003)

- Simply Believe (tahun 2004)

- Wings (tahun 2005)

- Rocks and Honey (tahun 2013)

- Between the Earth and the Stars (tahun 2019)

- The Best Is Yet to Come (tahun 2021)

Kiprahnya dibidang musik telah membuat Bonnie Tyler ditunjuk sebagai Anggota Ordo Kerajaan Inggris (MBE) dalam Penghargaan Ulang Tahun 2022 atas jasanya terhadap musik.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BONNIE TYLER, PENYANYI WALES MELEJIT VIA FASTER THAN THE SPEED OF NIGHT, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar