Cliff Richard and the shadow, grup musik tahun 1950 an

Cliff Richard, musisi kawakan asal Inggris populer tahun 1950 an - 1960 an, berhasil merilis albumnya yang ke 100 berjudul Fabulous Rock 'n' Roll Songbook 

Cliff Richard penyanyi pop terkenal tahun 1950 an

Cliff Richard merupakan seorang penyanyi pop kelahiran Inggris, dia adalah seorang penyanyi pop terkenal bergenre musik rock and roll, musik pop, musik pop rock dan musik gospel.
 
Namun demikian, Cliff Richard lebih terkenal sebagai penyanyi musik pop Britania dan dia mulai terkenal di sekitar tahun 1950 an akhir, serta awal tahun 1960 an.

Dia juga sebagai seorang pengusaha, musisi dan pencipta lagu yang berasal dari London, Inggris dan dia mempunyai nama asli Harry Roger Webb. Cliff Richard lahir pada tanggal 14 Oktober 1949 di Lucknow, India Britania.
 
Pada awalnya, dia bergabung dengan kelompok musik yang bernama The Shadows, kelompok musik ini arah musik dan lagu lagunya cenderung ke arah rock and roll.

Cliff Richard pelantun The Power of Love ini dijuluki Peter Pan of Pop. Dia mempunyai orangtua yang bukan berasal dari keluarga pemusik, karena orangtuanya mempunyai pekerjaan sebagai seorang manajer katering kontraktor, namun demikian neneknya merupakan keturunan Welsh dan Spanyol.

Pada mulanya Cliff Richard menyukai skiffle dan bernyanyi di Dick Teague Skiffle grup, melihat kesukaan dari Cliff Richard ini maka ayahnya membelikan dia sebuah gitar, sehingga Cliff Richard pada tahun 1957 mulai membentuk grup vokal Quintones.

Akan tetapi setelah kemunculan grup musik terkenal yang bernama The Beatles dan lagu lagu The Beatles ini mulai membahana dan terkenal di seluruh dunia. Oleh sebab itu, Cliff Richard mulai beralih ke lagu lagu yang lebih lembut dari yang semula rock and roll.

Prestasi dari Cliff Richard telah setara dengan Elvis Presley, dimana Elvis Presley telah berhasil menjadi peraih rekor single terbanyak yang berhasil masuk ke tangga lagu Britania dari tahun 1950 sampai tahun 2000. 

Sedangkan Cliff Richard telah memposisikan untuk 120 singlenya yang berhasil masuk ke urutan pertama tangga lagu atau album Britania serta berhasil mencapai penjualan hingga mencapai 250 juta album rekaman. 
 
Dia juga merupakan salah seorang artis terlaris di UK Single charts dan masuk ke dalam urutan ke 3 setelah The Beatles dan Elvis Presley. 


Cliff Richard semula merupakan seorang penyanyi yang sangat kontra dengan rock and roll karena dengan kelompok grup musiknya bernama The Shadows.
 
Dia lebih menguasai musik populer di Inggris di sekitar tahun 1950 akhir sampai dengan awal tahun 1958, dimana era diantara tahun tersebut merupakan tahun dimana era sebelum The Beatles muncul.

Dia berhasil menelurkan sebuah single hit berjudul Move It, dimana lagu ini dirilis pada tahun 1958 dan merupakan sebuah lagu rock and roll yang dianggap sebagai lagu rock and roll pertama di Inggris. 

Atas keberhasilan ini sampai membuat seorang penyanyi terkenal bernama John Lennon berkomentar dan mengungkapkan bahwa sebelum munculnya Cliff Richard dengan kelompok musiknya The Shadows maka tidak ada musik di Inggris yang layak untuk dinikmati.

Sir Clift Richard OBE terlahir dengan nama Harry Rodger Webb mempunyai kewarganegaraan Inggris dan Barbados, dia lahir pada tanggal 14 Oktober 1940. Penyanyi sekaligus seorang aktor asal Inggris ini juga sebagai seorang dermawan.

Rekaman Clift Richard semuanya telah terjual hingga 250 juta rekaman di seluruh dunia, sehingga dia merupakan seorang artis musik terlaris sepanjang masa. 

Di Inggris Raya saja, total penjualannya mencapai 21,5 juta dan Cliff Richard mejadi artis terlaris peringkat 3 dalam sejarah UK Single Chart setelah The Beatles dan Elvis Presley.

Pada awal karirnya, Cliff Richard lebih ke musik rock and roll. Namun demikian, sebagai penyanyi rok and roll pemberontak terhadap gaya Elvis Presley serta Little Richard. 

Grup pendukung Cliff Richard bernama The Shadows dan pada saat itu The Shadow cukup memimpin dunia musik populer Inggris selama tahun 1950 an sampai awal 1960 an.

Lagu Move It Cliff Richard berhasil menjadi lagu hit tahun 1958 dan merupakan lagu rock and roll pertama asli Inggris.

Cliff Richard mengembangkan sayapnya di bidang karir film pada awal tahun 1960 an, sebagai seorang aktor dengan membintangi film seperti The Young Ones dan Summer Holiday.

Musik Cliff Richard mulai melunak setelah fokus pada ke kristenannya sehingga diambil jalan tengahnya dengan berkelana ke musik kristen kontemporer.

Dengan karir musik Cliff Richard selama lebih dari setengah abad, dia telah memperoleh beberapa penghargaan emas dan platinum, termasuk Ivor Novello serta 3 Brit Awards. Cliff Richard sudah mengantongi lebih dari 130 lagu, album serta EP yang mencapai UK Top 20.

Sebanyak 67 lagunya berada di 10 besar Inggris sehingga menduduki urutan ke 2 sebagai seorang artis yang mempunyai lagu di 10 besar Inggris setelah Elvis Presley. Cliff Richard sebagai satu satunya artis yang mempunyai lagu yang berada di tangga lagu Inggris selama 6 dekade dari tahun 1950 – 2000 an.

Sebanyak 14 lagunya berada diperingkat 1 Inggris dan Cliff Richard menjadi satu satunya artis yang mempunyai lagu peringkat 1 di inggris selama 5 dekade berturut turut. 

Dia sebagai artis solo juga mempunyai 4 lagu peringkat 1 UK Christmas dengan lagu berjudul Mistletoe and Wine dan Saviour’s Day.

Namun demikian, Cliff Richar belum pernah meraih popularitasnya di Amerika Serikat. Tetapi untuk lagu Devil Woman dan We Don’t Talk Anymore berada di peringkat 8 single Top 40 AS.

Di Kanada, Cliff Richard sukses pada awal 1960 an, akhir 1970 an dan awal 1980 an dengan berhasil memperoleh sertifikasi emas dan platinum melalui lagu Devil Woman dan We Don’t Talk Anymore.

Cliff Richard mempunyai fans dibeberapa negara dan dia menjadi tokoh musik, film serta televisi populer di beberapa negara diantaranya di Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Eropa Utara serta Asia.

Sebelum pindah ke Amerika pada tahun 2019, Cliff Richard bolak balik untuk membagi waktunya ke Barbados dan Portugal, jika dia tidak melaksanakan tournya.

Ulasan tentang Cliff Richard and the Shadows

Cliff Richard terpilih untuk menjadi penyanyi utama dari grup musik rock and roll atas keinginan dari pengusaha Harry Greatorex pada tahun 1950. 

Pertama, karena nama awal Cliff sudah menggambarkan rock karena terdengar seperti cliff face dan akhirnya nama Cliff diadopsi untuk menjadi nama grup musik.

Lagu Move It yang ditulis oleh Ian Samwell menyarankan nama Richard untuk memberi penghargaan atas pahlawan musik Webb Little Richard. Akhirnya pada tahun 1958, nama Cliff Richrad di adopsi untuk nama grup musik dengan nama Cliff Richard and the Derbyshire.

Cliff Richard and the Derbyshire dengan 4 anggota personil bernama Harry Webb (sebagai vokalis yang pada saat tampil menggunakan nama panggung Cliff Richard), Ian Samwell sebagai gitaris, Terry Smart sebagai pemain drum dan Norman sebagai pemain gitar.

Keempat personil grup musik ini tidak ada satupun yang bermain dengan Shadows sehingga grup musik ini lebih dikenal dengan nama Shadows. Namun, akhirnya Samwell justru menulis lagu untuk karir musik Cliff Richard.

Penampilan grup ini di London akhirnya direkomendasi oleh agen George Ganjou ke pada Norrie Paramor untuk mengikuti audisi. 

Pada saat kesempatan sesi Cliff Richard, dia diberikan lagu berjudul Schoolboy Crush oleh Paramour, dimana lagu ini sebelumnya direkam oleh Bobby Helms dari Amerika.

Cliff Richard bisa merekam 1 lagunya sendiri yang berjudul Move It, lagu ini ditulis dan digubah oleh Samwell pada saat berada di dalam bis, pada saat perjalanannya kerumah Cliff untuk latihan.

Dalam merekam lagu Move It ini, Paramor memilih gitaris utama Ernie Shears dan Frank Clark sebagai pemain bass. 

Penampilannya ini merupakan penampilan pertama Cliff Richard di TV dan Cliff Richard menginginkan lagu Move It menjadi satu satunya lagu di acaranya sebagai saingan dari Schoolboy Crush.

Lagu Move It berada di peringkat 2 di UK Singles Chart, lagu ini juga dipuji oleh John Lennon sebagai rekaman rock Inggris pertama kalinya. Pada awal penampilannya, Cliff Richard meniru custom dan gaya rambut Elvis Presley.

Pada akhir tahun 1958 dan awal 1959, lagu Cliff Richard selanjutnya adalah High Class Baby dan Livin ‘Lovin’ Doll, kemudian diikuti dengan Mean Streak dan Living Doll yang menunjukan gairah dan kecepatan musik dari seorang rocker.

Susunan personil grup musik Cliff Richard and the Derbyshire bertambah dengan masuknya Jet Harris, Tony Meehan, Hank Marvin serta Bruce Welch, selanjunya nama grup musik tersebut berubah menjadi The Shadows.

Prubahan nama menjadi The Shadows dilakukan setelah terjadi kompilasi hukum dengan grup musik Amerika The Drifters karena masalah lagu Living Doll yang menduduki peringkat 40 besar di Amerika.

Lagu Living Doll dipakai untuk film debut Cliff Richard yang berjudul Serious Charge. Namun lagu ini bukan standard rock and roll tetapi diatur sebagai standard negara, karena grup musik The Shadows diangap bukan pendukung musik yang khas.

Akhirnya mereka terpisah secara kontrak dengan Cliff Richard dan The Shadows tidak menerima royalti untuk rekaman yang mendukung Cliff Richard. Tetapi The Shadows mendapat kontrak rekaman dari EMI pada tahun 1959 untuk membuat rekaman secara mandiri.

Pada tahun 1959, dia langsung merilis 3 lagu dan  memiliki beberapa lagu yang menjadi lagu cliff richard greatest hits. Untuk instrumental Shadows yang menggantikan lagu Richard berhasil menduduki puncak tangga lagu Inggris.

Lagu hit selanjutnya adalah Travellin’ Light dan I Love You berada di peringkat 1, lagu A Voice in the Wilderness diambil dari film Expresso Bongo serta lagu Theme for a Dream menjadikan Cliff Richard sebagai penghibur pop mainstream bersama dengan 2 penyanyi seangkatannya Adam Faith dan Billy Fury.

Untuk selanjutnya, lagu lagu hit Cliff Richard berhasil secara konsisten berada di posisi 5 besar. Pada acara pesta ulang tahun Cliff Richard yang ke 21 di kantor pusat, di London, di Manchester Square dipimpin oleh produser Norrie Paramour, yang diselenggarakan oleh EMI Records pada tahun 1961.

Momen dari foto foto ulang tahun Cliff Richard dimasukkan kedalam album Richard yang berjudul 21 Today.

Seperti biasanya, The Shadows menutup paruh pertama pertunjukan selama 30 menit lalu mendukung Cliff Richard selama 45 menit pada penutupan pertunjukkan. Hal ini, dilakukan dalam perilisan album CD restropektif Live at teh AMC Kingston 1962.

Keluarnya Tony Meehan dan Jet Harris dari The Shadows pada tahun 1961 dan 1962 digantikan oleh Brian Locking (dari tahun 1962 – 1963), kemudian diganti John Rostill (tahun 1963 – 1968), selanjutnya diganti Brian Bennett sebagai pemain drum secara tetap.

Perilisan album EP Cliff Richard dengan lagu balada yang didukung oleh Norrie Paramor Orchestra, pada tahun 1961 yang menghasilkan lagu pertama When the Girl in Your Aems Is the Girl in Your Heart.

Untuk selanjutnya setiap tahun Cliff Richard merilis 1 atau 2 lagu. Tahun 1963 meriliss cover  It’s All in the Game, tahun 1964 merilis lagu Constntly, tahun 1965 merilis Wind Me Up (Let Me Go) dan The Minute You’re Gone dimana lagu The Minute You’re Gone ini berada di puncak tangga lagu Inggris.

Tour Cliff Richard ke Amerika diselenggarakan pada tahun 1960, meskipun tournya mendapat tanggapan bagus namun rekaman di Amerika menunjukkan bahwa Cliff Richard mempunyai hambatan untuk kesuksesan jangka panjangnya.

Apache berhasil menduduki peringkat 2 di AS melalui versi cover oleh Jorgen Ingmann gitaris Denmark, membuat Shadows kecewa.  Karena hal ini tidak mampu merubah hit mereka di seluruh dunia.

Kemudian Cliff Richard tampil dengan The Shadows di The Ed Sullivan Show, dimana tempat ini sangat penting bagi The Beatles. Namun, hal ini tidak membantu Cliff Richard dan grup musiknya mendapatkan kesuksesan di Amerika Utara.

Cliff Richard and The Shadows tampil untuk 6 film fitur termasuk debut dalam film Serious Charge tahun 1959, tetapi yang paling terkenal adalah film The Young Ones, Summer Holiday, Wonderful Life dan Finders Keepers.

Film film ini melahirkan genre musik mereka sendiri yang dikenal dengan musik Cliff Richard, sehingga Cliff Richard ditetapkan sebagai atraksi box office bioskop urutan 1 di Inggris pada tahun 1962 dan 1963, menggeser James Bond.

Prestasi dari Cliff Richard selama karir musiknya, diantaranya adalah :

-  Banyak mengkoleksi emas dan platinum

- Penghargaan dari Brit Awards sebanyak 2 kali sebagai penyanyi Pria Terbaik Inggris dan untuk Outstanding Constribution To Music

-  Penghargaan 2 kali Ivor Novello Awards

Cliff Richard telah berhasil menelurkan lebih dari 130 single, dimana dia merupakan satu satunya penyanyi asal Inggris yang berhasil memiliki single yang menduduki urutan pertama selama 5 dekade secara terus menerus dari tahun 1950 sampai dengan tahun 1990.

Kesuksesan dari lagu lagu Cliff Richard tersebut hingga berhasil mencapai Top 40 single di Amerika, tampaknya tidak terlalu berpengaruh bagi Cliff Richard meskipun lagu Cliff Richard We Don’t Talk Anymore dan Devil Woman telah mencapai penjualan yang bagus.
 
Namun demikian, di negara Kanada justru dia telah berhasil lebih sukses karena telah berhasilnya meraih emas dan platinum.

Baca juga : Elvis Presley, Raja Rock And Roll Dan Penyanyi Legendaris

Yang perlu menjadi catatan prestasi tersendiri dari Cliff Richard, adalah bahwa pada tahun 1989 dia telah berhasil merilis singlenya yang ke 100 yaitu dengan single berjudul The Best Of Me.
 
Hal ini, menjadikan dia telah berhasil menjadi artis Inggris pertama yang telah mencapai prestasi tersebut dan single ini juga telah berhasil meroket di urutan kedua di Inggris.

Lagu The Best Of Me dari album berjudul Stronger dimana ada juga beberapa lagu lainnya yang berhasil masuk peringkat UK diantaranya adalah lagu berjudul :


- I Just Don’t Have The Heart – mendapat peringkat 3 UK

- Lean On You – mendapat peringkat 17 UK

- Stronger Than That - mendapat peringkat 14 UK

Ternyata nama panggung yang digunakan selama ini yaitu Cliff Richard. Nama pertama yaitu Cliff merupakan nama Cliff face karena Cliff mempunyai kesan seolah olah menunjukkan rock dan pada penampilan pertamanya pada tahun 1958. 

Mereka mengambil grupnya dengan nama Cliff Richard and the Drifters. Kelompok musik ini terdiri dari 4 orang anggota yang bernama Harry Webb, Ian Sammy Samwell sebagai gitaris, Terry Smart sebagai drummer dan Norman Mitham sebagai pemain gitar.

Kemudian nama yang kedua yaitu nama Richard, digunakan atas saran dari Ian Samwell untuk memberi penghormatan kepada pahlawan musik Webb yang bernama Little Richard, sehingga nama panggung yang digunakan oleh penyanyi yang mempunyai nama asli Harry Webb adalah Cliff Richard.

Cliff Richard mendapatkan gelar kebangsawaan Sir pertama kali merilis albumnya tahun 1959 yang beraliran Serious Charge, dan sepanjang karier musiknya telah merilis 47 album studio, 35 kompilasi, 11 album live dan 7 soundtrack film.

Dalam setahun, rata rata berhasil meluncurkan 2 album dan berhasil meraih 3 Brit Award. Ketika, dia bersama dengan band pengiringnya The Shadows, Cliff Richard dapat mendominasi dunia musik pop Britania pada akhir dekade 1950 an dan awam 60 an. 
 
Namun, setelah dia masuk Kristen maka musik Cliff Richard berubah menjadi lebih lembut dan tidak rock and roll lagi.

Cliff Richard telah menyamai rekor Elvis Presley sebagai pemegang rekor singel terbanyak yang masuk ke tangga lagu Britania selama 6 dekade dari tahun 1950 an sampai dengan 2000 an.
 
Hal ini, karena Cliff Richard pernah menempatkan sebanyak 120 single, album dan EP di peringkat 20 teratas tangga lagu atau album Britania serta telah berhasil menjual hingga lebih dari 250 juta rekaman.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini, dengan artikel tentang Cliff Richard and the shadow, grup musik tahun 1950 an. Semoga bermanfaat dan dapat dibagikan ke teman teman pecinta musik lainnya ya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar