Anthrax band, musik thrash metal top di Amerika Serikat

Anthrax American band, merupakan kelompok thrash metal New York Amerika Serikat, dan menjadi salah satu dari 4 besar thrash metal sekelas dengan Slayer, Metallica dan Megadeth

Anthrax grup band thrash metal dengan speed metal

The band Anthrax merupakan band pengusung speed metal dan musik thrash metal yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Kelompok musik ini dibentuk sejak tahun 1981 dan mereka baru mulai merilis album pertamanya pada tahun 1984. 
 
Kelebihan dari Anthrax band Amerika ini, karena mempunyai gitaris yang agresif dan penampilan metalnya lebih cepat, jika dibandingkan dengan band thrash metal lainnya.

Di album pertamanya tersebut terkenal dengan lirik lagu yang humor. Kelompok band Anthrax ini merupakan salah satu band thrash metal yang cukup terkenal dan merupakan salah satu dari empat besar band thrash metal terkenal dan sejajar dengan Metallica, Slayer, dan Megadeth.

Baca juga : Megadeth, Band Thrush Metal Asal Amerika Yang Telah Keluar Dari Jalur Musik Yang Seharusnya

Formasi anggota personil Anthrax yang sekarang masing masing bernama Scott Lan sebagai pemain gitar dan backing vokal, Charlie Benante sebagai pemain drum, Frank Bello sebagai pemain bass dan backing vokal, Joey Belladonna sebagai vokalisnya serta Jonathan Donals sebagai lead guitar dan backing vokal.

Selama karir musiknya, The band Anthrax telah berhasil merilis sebanyak 11 album studio, 5 album live, 7 album kompilasi, 10 album studio video, serta 26 single.  
 
Menurut Nielsen Soundscan bahwa The band Anthrax telah berhasil menjual albumnya sebanyak 2,5 juta album di Amerika Serikat dari tahun 1991 sampai dengan tahun 2004 dan sebanyak 10 juta album di seluruh dunia.

Band Anthrax merupakan salah satu band asal Amerika yang telah mengusung munculnya speed metal dan thrash metal. Hal ini, telah diperlihatkan pada penampilan band Anthrax untuk album album awalnya.

Perbedaan band Anthrax dengan band sejenis yang seangkatan dengan band ini adalah dari lirik lagunya karena lirik lagu dari Anthrax banyak mengandung unsur humor dan mengambil dari referensi dari buku komik. 

Rolling Stone mengatakan bahwa band Anthrax merupakan salah satu band metal yang memperoleh pujian kritis sepanjang tahun 1980 an.

Gitaris band Anthrax yang bernama Scott Ian dan Dan Spitz merupakan gitaris yang cukup agresif serta head pounding, power chords serta chugging. Permainan metal dari band Anthrax memiliki tempo yang lebih cepat karena juga terpengaruh oleh punknya.

Menurut majalah Guitar World, Brad Tolinski membuat catatan jika band Anthrax merupakan band yang speed metalnya selevel dengan Rolling Stones, maka band Anthrax yang berbasis di New York akan menjadi genre Beatles.

Album keenam band Anthrax Sound of White Noise yang dirilis tahun 1983, dalam menggarap album ini memasukkan grunge serta metal alternatif dengan nada yang lebih gelap, pada saat itu jaman vokalisnya bernama Bush.

Setelah kembalinya vokalis Joey Belladonna, ini telah memberi tanda kalau band Anthrax ini kembali ke thrash metal melalui album Worship Music.

Walaupun lagu lagu band Anthrax telah dikreditkan ke seluruh band sejak Spreading the Disease, dimana semua musiknya telah ditulis oleh Charlie Benante dan lirik lagunya oleh Scott Ian. Namun Josh Bush juga ikut andil dalam membuat liriknya untuk beberapa lagu dari band Anthrax ini.

Untuk Anthems EP nya, band Anthrax dipengaruhi artis rock klasik termasuk sampul band tahun 1970 an seperti Rush, Cheap Trick, AC/DC, Kiss, Queen, Thin Lizzy, Boston serta Journey.

Selain itu, band Anthrax juga dipengaruhi oleh band band punk seperti DRI, Suicidal Tendencies, Bad Brains, The Ramones, Sex Pistols, The Dead Kennedys, Black Flag, Agnostic Front, The Misfits, The Exploited dan Discharge.

Band band heavy metal yang mempengaruhi band Anthrax diantaranya adalah Black Sabbath, Judas Priest, Accept, Anvil, Iron Maiden, Motorhead, UFO serta Saxon.

Posisi band Antrax berada di urutan 4 besar band thrash metal bersama dengan band Megadeth, Metallica dan Slayer. Band Anthrax sering diangggap sebagai band pertama dari genre yang muncul dari pantai Timur yaitu rap metal dan nu metal, bersamaan dengan Overkill serta Nuclear Assault.

Album album band Anthrax berhasil terjual  hingga 2,5 juta kopi di Amerika Serikat pada periode tahun 1991 – 2004 dan terjual hingga 10 juta kopi di seluruh dunia.

Band Anthrax sendiri telah mempengaruhi beberapa band diantaranya Cannibal, Corpse, Pantera, Seputtura, Testament, Death Angel, Korn, Limp Bizkit, Papa Roach, Killswitch, Sevendust, Tennor serta Insane Clown Posse.

Lagu lagu band Antrax banyak yang mendasarkan pada karakter komik, diantaranya :

- I Am the Law mengambil karakter dari buku komik hakim Dredd

- Judul lagu album Among the Living mengambil novel Stephen King The Stand

- Lagu Randall Flagg mengambil karakter penjahat

- A Skeleton in the Closet mengambil dari Novela King Apt Pupil

- Efilnikufesin (NFL) dengan aktor John Belushi lagu Saturday Night Live

- Lagu The Constant iddasarkan pada episode Lost

Untuk selanjutnya band Anthrax ini memakai karikatur wajah pria botak sebagai maskotnya, wajah ini diambil dari mainan anak anak karet yang dinamakan Magic Monster.

Band Anthrax ini telah mengantongi 11 album studio serta 26 lagu termsuk lagu kolaborasi dengan kelompok hip hop Amerika Public Enemy. 

4 album studionya mendapatkan sertifikasi emas dari RIAA termasuk album ketiga Full Length Among the Living tahun 1987, sehingga band Anthrax menjadi band thrash metal tersukses.

Dalam perjalanan karirnya, band Anthrax sudah beberapa kali terjadi pergantian personilnya. Namun demikian, ada 1 orang personil yang menjadi satu satunya personil yang menjadi anggota tetap dari band ini

Sekilas Tentang Band Anthrax 

Sebagai band thrash metal asal New York, Amerika Serikat ini, grup band ini dibentuk pada tahun 1981. 
 
Mereka menggunakan nama Anthrax yang diambil dari buku pelajaran biologi oleh gitaris Scott Lan dan bassis Danny Liker.
 
Hal ini, karena mereka berdua menganggap bahwa nama Anthrax lebih terdengar sangat ganas sehingga dapat menggambarkan grup band mereka sebagai grup band yang beraliran thrash metal.

Empat tahun sejak dibentuknya, grup band ini baru berhasil merilis album debutnya yang berjudul Fistful Of Metal melalui label independen Megafore Record. 
 
Dengan bergabungnya vokalis Joey Belladonna dan bassis Frank Bello, Anthrax band dengan formasi barunya telah berhasil merilis album ketiganya yang berjudul Among The Living pada tahun 1987. 

Album ini merupakan album terobosan komersial yang cukup menjanjikan bagi Anthrax band, karena album ketiganya ini telah berhasil meluncur di urutan ke 62 di Billboard 200 serta telah berhasil meraih sertifikat emas dari RIAA dan perak dari Phonographic Industry Brirish.

Kesuksesan album ketiganya diikuti juga dengan kesuksesan album keempat yang dirilis tahun 1988 dengan judul album State Of Euphoria yang telah berhasil meroket pada peringkat ke 31 di Billboard 200 serta telah berhasil meraih sertifikasi emas di Amerika Serikat.

Seperti halnya dengan grup band yang lain, band Anthrax juga tidak dapat lepas dari seringnya terjadi pergantian formasi personilnya selama karir musiknya.
 
Hal ini, telah menjadikan ada beberapa vokalis yang pernah menjadi anggota personil band Anthrax, vokalis tersebut diantaranya adalah Neil Turbin, Joey Belladonna, Dan Nelson serta John Bush. 
 
Akan tetapi satu-satunya anggota personil yang selalu bersama dengan Anthrax band dalam setiap pembuatan albumnya adalah Scott Lan dan Charlie Benante.

Baca juga : Metallica Band, Grup Band Dengan Penampilan Terbaik

Band Anthrax merupakan salah satu band asal Amerika yang telah menjadi salah satu band yang bertanggung jawab terhadap genre musik speed metal dan thrush metal.
 
Kemampuan dari mereka telah dipertunjukan oleh Athrax band dengan lebih menonjolkan suara khas trush metalnya melalui album pertamanya yang berisi lirik-lirik humor. 

Album mereka ini, terinspirasi dengan buku komik yang berisi cerita humor, sehingga kekhasan lirik mereka inilah yang telah membedakan band Anthrax dengan grup band thrush metal lain semasanya.

Anthrax merupakan salah satu band heavy metal yang telah mendapat pujian dari para pengamat musik selama tahun 1980, hal ini dikemukakan oleh Rolling Stones. 
 
Karena Anthrax mempunyai anggota personil dengan kemampuan gitarisnya yang bernama Scott Lan dan Spitz yang mempunyai gaya yang agresif dengan power chords serta penampilan metal yang lebih cepat.

The band Anthrax ternyata banyak dipengaruhi oleh genre musik rock klasik dari seniman musik seperti Cheap Trick, AC/ DC, Thin Lizzy, Boston dan Journey, demikian juga grup band seperti Sex Pisols, Black Sabbath, Judas Priest, Iron Maiden. 

Band Anthrax telah banyak mempengaruhi grup band ini, sehingga The band Anthrax juga telah dianggap sebagai salah satu grup band yang telah meletakkan dasar untuk rap metal dan nu metal.

Berikut album-album yang telah berhasil dirilis oleh Anthrax band selama karir musiknya :


· Fistful Of Metal dirilis tahun 1984

· Spreading The Disease dirilis tahun 1985

· Among The Living diriis tahun 1987

· State Of Euphoria dirilis tahun 1988

· Persistence Of Time dirilis tahun 1990

· Sound Of White Noise dirilis tahun 1993

· Stomp 442 dirilis tahun 1995

· Volume 8: The Threat Is Real dirilis tahun 1998

· We’ve Come For You All dirilis tahun 2003

· Worship Music dirilis tahun 2011

· For All Kings dirilis tahun 2016

Band Anthrax berhasil memenangkan beberapa penghargaan :

- Pemenang Classic Rock Roll of Honour Awards, melalui Anthrax tahun 2012, untuk kategori metal guru

- Pemenang Kerrang! Awards, melalui Anthrax tahun 2004, untuk kategori Spirit of Rock Award

- Pemenang Metal Hammer Golden Gods Awards, melalui Anthrax tahun 2005, untuk kategori Best Metal Band

- Pemenang Metal Hammer Golden Gods Awards, melalui Anthrax tahun 2012, untuk kategori  Metal As Fuck

- Pemenang Metal Hammer Golden Gods Awards, melalui Anthrax tahun 2016, untuk kategori Inspiration Award

- Pemenang Metal Storm Awards, melalui For All Kings tahun 2016, untuk kategori Best Heavy/Melodic Metal Album

- Pemenang Revolver Music Awards, melalui Anthrax tahun 2016, untuk kategori Revolver Innovator Award

Album live serta DVD Kings Among Scotland berhasil dirilis pada tahun 2018 merupakan pertunjukan Antrax tour For All Kings di Glasgow, Scotland.

Di tahun 2018, band ini sibuk melakukan Anthrax tour sehingga mereka belum mulai benar benar mengerjakan album barunya, meskipun terdapat beberapa riff dan ide cemerlang dari Charlie.

Pada tahun 2019, Anthrax tampil bersama dengan Testament, Corrosion of Conformity, Armored Saint, DevilDriver, John 5, Doro serta Metal Chruch ketika berpartisipasi dalam pelayaran Megadeth yang diberi nama Megacruise.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Anthrax oleh Full Metal Jackie pada tahun 2020, mereka yang pasti telah siap untuk membuat rekaman di tahun depan yaitu tahun 2021. Namun demikian, perilisannya akan diundur di tahun 2022.

Pada tahun 2023, menurut mereka pada titik tertentu new Anthrax harus mempunyai rekor baru.

Anthrax tour 2022, merupakan penundaan tour Anthrax 2021 untuk menandai ulang tahun ke 40 band Anthrax band Amerika. Penundaan ini disebabkan karena pandemi COVID 19 yang melanda di seluruh dunia.

Anthrax tour ini dimulai bulan Juli di leg Amerika Utara yang didukung oleh Black Label Society dan Hatebreed. Kemudian Anthrax tour ini dilanjutkan ke Eropa, yang akan dimulai pada bulan September.

Antrax tour 2023, dimulai pada bulan Januari dan Februari 2023 dengan tur ke Amerika Utara kembali yang didukung oleh Black Label Society dan Exodus. Kemudian dilanjutkan merilis setlist livestream komplit dengan judul album live XL.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Anthrax band, musik thrash metal top di Amerika Serikatsemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : wikipedia)

0 komentar