Yuk Cari Tahu, Termasuk Jenis Yang Manakah Suara Vokal Kita??

(dok.anneahira.com)


Yuk Cari Tahu, Termasuk Jenis Yang Manakah Suara Vokal Kita??

SUARA VOKAL MANUSIA DIDALAM KESENIAN TERMASUK DALAM KELOMPOK SENI SUARA, DIMANA SUARA ATAU BUNYI YANG APABILA SUDAH BERBENTUK SEBUAH LAGU YANG DINYANYIKAN,  HASILNYA AKAN DAPAT MEMUASKAN PERASAAN SESEORANG.

Ulasan Singkat Tentang Jenis Suara Vokal Manusia
Kita sering mendengarkan penyanyi-penyanyi idola kita yang menyanyikan lagu kesukaan kita, tetapi terkadang kita tidak mengetahui, termasuk  jenis suara yang manakah warna suaranya?. Nah supaya setidaknya pengetahuan kita bertambah lagi, tentang ada berapa macamkah jenis suara seseorang?,  maka mari kita akan pelajari bersama-sama.

Dalam bernyanyi, suara dari  orang dewasa dapat digolongkan menjadi 3 macam saja, yaitu :

1.  Suara Tinggi


2.  Suara Sedang


3.  Suara Rendah


Tetapi untuk Jenis suara wanita dan pria,  ternyata dapat dibedakan dalam hal pemberian namanya.
Dalam bahasa Italia  jenis suara dapat dibedakan sesuai dengan pemilik suaranya yaitu sopran, mezo sopran, tenor, bariton dan bas.  

Adapun penamaan jenis suara yang dimiliki oleh wanita dan pria sebagai berikut :

- Suara Wanita :
Suara tinggi  dinamakan sopran, suara sedang dinamakan mezo sopran dan suara rendah dinamakan alt (alto)
- Suara Pria :
Suara tinggi dinamakan tenor, suara sedang dinamakan bariton dan suara rendah dinamakan bas (basso)

Nah, bagaimana cara menentukan suara seseorang??
Ternyata suara seseorang dapat dikelompokan sesuai dengan nada suaranya dan untuk menentukan wilayah dari nada suara manusia tersebut, kita sering bergantung juga pada besarnya suara dari orang itu sendiri. 

Pengelompokan suara seseorang adalah :

-  Dalam kenyataanya banyak sekali orang yang mempunyai suara tinggi sekali, tetapi karena suaranya berat maka dimasukkan kedalam jenis suara alt (alto).
- Sedangkan ada juga seseorang yang suaranya tidak begitu tinggi, tetapi suaranya terdengar ringan dan jernih, maka akan lebih baik jika dimasukkan  kedalam jenis suara sopran.
- Suara anak-anak biasanya mempunyai nada yang sama dengan suara wanita, dan nada suaranya dapat dimasukkan dalam suara wanita sedang (mezo sopran). Untuk anak-anak yang sudah menginjak usia 13 tahun, biasanya mempunyai suara yang terdengar tidak tetap dan berubah-ubah tetapi biasanya lama kelamaan suaranya akan menjadi tetap dan akan berubah menjadi suara orang dewasa.

Dalam seni suara vokal, istilah yang sering dan popular digunakan untuk menyebut seorang penyanyi adalah vokalis. Seseorang bisa disebut sebagai vokalis berarti dia merupakan seorang penyanyi yang mempunyai suara indah, suara khas dan sudah mampu menguasai teknik menyanyi yang baik, baik untuk tinggi rendah suara, pernapasan dan sebagainya. 

Seorang penyanyi profesional harus dapat menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai dengan nada yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.

Setiap vokalis harus  dapat menguasai 4 dari sifat-sifat nada, diantaranya : 

1.  Fitch

Fitch yaitu tentang ketepatan jangkauannya

2.  Durasi

Durasi yaitu tentang lamanya nada harus dibunyikan

3.  Intensitas Nada

Intensitas nada yaitu tentang keras lebutnya nada yang harus dibunyikan.

4.  Timre

Timre yaitu tentang warna suara, bahwa setiap orang akan mempunyai warna suara yang berbeda-beda.

Nah dari bahasan diatas, coba kita cermati sendiri dengan seksama, termasuk jenis suara yang manakah suara vokal kita.       

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang YUK CARI TAHU, TERMASUK JENIS YANG MANAKAH SUARA VOKAL KITA??, semoga bermanfaat dan dapat dishare kepada teman-teman lainnya.

(Sumber sebagian dari Wikipedia)         

0 komentar