Yuk Lihat, Bagian Bagian Dari Drum Set

https://plus.google.com/u/0/+musiciansfriend/posts?cfem=1
Drum set
(sumber gbr : rrs.cotland.com)

Yuk lihat bagian bagian drum det yang perlu diperhatikan

Seperti biasanya bahwa alat musik apapun yang akan kita pelajari maka sebaiknya kita kenali terlebih dahulu bagian bagian dari alat musik tersebut. 
 
Demikian juga dengan alat musik drum, seperti sudah kita ketahui bahwa drum merupakan salah satu alat musik perkusi yang keberadaannya sangat berpengaruh dalam menentukan genre musik dari sebuah band.

Tidak kalah menariknya, penampilan dari seorang pemain drum apabila dibandingkan dengan seorang pemain gitar ketika mereka beraksi di dalam penampilan panggungnya. Banyak juga drumer terkenal yang cukup sukses dalam memainkan drum setnya.
 
Dalam satu kelompok musik atau band, maka pemain drum akan menggebuk drum mereka dengan gaya mereka yang tidak akan sama antara drumer yang satu dengan drumer lainnya. Hal ini, akan terlihat baik dari ekspresinya maupun dalam aksi stick drumnya.
 
Para drumer akan memiliki ciri khas masing masing dalam beraksi dengan menggunakan sticknya maupun ketika beraksi dalam cara power mereka dalam memukul set drum yang diperlihatkan oleh para drummer tersebut.
 


Yuk kita lihat satu persatu, dari gambar diatas dalam 1 set drum,  sebenarnya ada bagian-bagian apa sajakah hingga dapat menjadi pengaruh dalam menentukan genre musik dalam suatu kelompok musik.
 
Hal ini, karena disetiap bagian set drum tersebut akan mempunyai fungsi, karakter dan cara penggunaan yang berbeda-beda. Cara memukul drum untuk jenis musik rock tentu saja akan berbeda dengan jenis musik jazz, musik pop, musik country atau jenis musik lainnya.

Ada beberapa bagian-bagian dari 1 set drum, diantaranya adalah :

1.  Cymbal

Bagian Cymbal merupakan alat pengatur tempo permainan, efek dan perlengkapan permainan drum set.

Cymbal dapat dibagi lagi menjadi beberapa bagian antara lain :

Hit hat, crash cymbal, ride symbal, chinese cymbal, spash symbal dan effect cymbal.

2.  Tom-Tom

Bagian tom-tom mempunyai fungsi sebagai bagian yang dapat memberikan warna variasi suara pada saat drum dimainkan.

Tom-tom dapat dibagi menjadi 2 bagian diantaranya adalah :

- Mounted/ Rack tom bagi yang menggunakan penopang
- Floor tom bagi tom-tom yang menggunakan kaki

3.  Share Drum

Share drum merupakan salah satu bagian pokok dari satu drum set karena share drum mempunyai frekuensi suara yang tinggi jika dibandingkan dengan bagian drum set yang lain. Share drum dilengkapi dengan 2 membrane yang berfungsi untuk menghasilkan suara pada saat dipukul.

Karakteristik yang keluar dari membrane ini tergantung dari tebal atau tipisnya ukuran membranenya, semakin tipis ukuran membranenya maka suara yang dihasilkan akan semakin kripsy (over tunes warm) dan sustainnya lebih panjang.

4.  Floor Tom-Tom

Bagian floor tom-tom mempunyai fungsi yang hampir sama dengan tom-tom dan pada umumnya diletakkan dibagian belakang drum set.

5.  Bass

Atau biasa disebut juga dengan bass drum yaitu bagian drum yang frekuensi suaranya paling rendah sehingga suara yang dihasilkan oleh bass drum tidak terlalu keras. Oleh sebab itu, fungsi dari bass drum adalah sebagai penanda berat atau ketukan dari permainan drum.

6.  Pedal

Bagian pedal adalah bagian yang mempunyai fungsi untuk memukul bagian dari bass drum, dan merupakan bagian vital dari drum set, karena mempunyai peran sebagai beat dalam permainan alat musik drum.

Pedal terdiri dari 3 bagian diantaranya adalah :

- Pegas/ per, beater/ pemukul, chain/ lantai penarik

Selain itu, ada tehnik-tehnik dasar yang perlu diketahui oleh seorang yang ingin belajar bermain drum secara otodidak , supaya dalam memukul drumnya mempunyai kekuatan yang baik.

Tehnik-tehnik tersebut diantaranya adalah :

1.  Tehnik Memegang Stick



Stick drum
 

Cara memegang stick pada umumnya ada 2 macam :

- Tradisional grip 
- Match grip yaitu memegang dengan close hand dan open hand

2.  Tehnik Menginjak Pedal



Pedal drum
(Sumber gbr : dailymotion.com)

Tehnik menginjak pedal dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu:

Hell up dan hell down

Tehnik dasar ini sangat perlu dilatih oleh para pemula yang ingin belajar bermain drum karena tehnik memukul drum merupakan bagian terpenting dalam memainkan drum. Tehnik yang benar akan mempengaruhi terhadap suara drum yang dihasilkan oleh pemain drum pemula.

Selain tehnik diatas, ada juga power dalam memukul yang perlu diperhatikan oleh pemain drum. Ada 3 porsi power dalam memukul drum, dan dapat didistribusikan dengan prosentase sesuai dengan bagian dari drum. 

3 porsi power tersebut, diantaranya adalah :

- Suara bass = porsinya 45 persen
- Suara share = porsinya 35 persen
- hit-hat = porsinya 20 persen
 Oleh sebab itu, total power dalam permainan drum  akan full 100 persen

Demikian sekilas dari bagian-bagian yang ada dalam satu drum set, tehnik-tehnik yang diperlukan serta porsi tenaga untuk memukul setiap bagian dari drum yang disarankan. Semoga dapat membantu bagi Anda yang akan mulai belajar bermain drum.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang Yuk lihat, bagian bagian dari drum set, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber : Wikipedia)

0 komentar