Saksophone, Siapakah Penemu Alat Musik Jazz Ini

Saksophone merupakan alat musik tiup kayu yang terbuat dari kuningan berbentuk seperti cangklong rokok dan merupakan salah satu dari alat musik jazz

Yuk cari tahu siapakah penemu alat musik saksophone ini

Sebelum kita mencari tahu, siapakah sebenarnya penemu salah satu alat musik jazz ini dan berasal dari manakah alat musik ini. Kita perlu tahu terlebih dahulu, alat musik saksophone ini dan termasuk  kedalam golongan instrumen apakah alat musik ini?

Yuk kita kupas satu persatu mengenai beberapa hal, diantaranya termasuk jenis alat musik apakah saxophone, sejarah perkembangan saxophone serta dari manakah sebenarnya asal ditemukan saxophone dan siapakah penemu alat musik saxophone.
 
Pemain saxophone atau biasa disebut dengan saxophonist, dimana alat musik ini biasa digunakan oleh musisi jazz di dalam genre musik jazz.

Yuk baca artikel lain : Ternyata Mudah Untuk Memainkan Saksofon

Termasuk Jenis Alat Musik Apakah Saksophone?

Setiap alat musik yang dimainkan oleh pemusik-pemusik di kancah musik dunia, tentu saja akan menghasilkan nada-nada suara yang indah. Dimana nada-nada indah yang dihasilkan itu pasti tidak akan terlepas dari keahlian para pemain musiknya.

Nah, apa jadinya jika alat musik tersebut tanpa pemain musik? Tanpa pemain musik untuk memainkannya, tentu saja alat musik ini tidak akan berarti apa-apa. 
 
Hal ini, karena peran dari pemain musik memang sangat berarti dalam menghasilkan warna musik yang khas untuk genre musik tertentu. Tanpa pemain musik maka alat musik ini tentu saja tidak akan dapat mengeluarkan suara khasnya masing-masing.
 
Oleh sebab itu peran dari pemain musik sangat penting disini ya. Selain itu, kualitas dari alat musik dan kepiawaian pemain musiknya juga akan sangat berpengaruh terhadap suara nada yang dihasilkan ya. 
 
Nah,  supaya nada-nada suara yang indah dapat diperoleh dari alat musik ini, sesuai dengan jenis alat musik tersebut. Oleh sebab itu,  peran dari pemaink  musiyang akan memainkan alat musik tersebut sangat besar.

Apapun alat musiknya, baik alat musik tiup, alat musik petik, alat musik yang dipukul, alat musik gesek, alat musik modern maupun alat musik tradisional maka diperlukan peran dari musisi dan pemain musiknya.
 
Suara musik yang dihasilkan, tentu saja akan sangat tergantung dari alat musik dan cara memainkannya.

Saxophone merupakan sebuah instrumen atau alat musik yang masih termasuk dalam golongan seperti :

1.  Aerophone

2.  Single-reed woodwind instrumen

Saxophone pada umumnya terbuat dari logam dan untuk memainkan alat musik ini dengan menggunakan single-reed. Dimana cara memainkan alat musik ini hampir sama dengan klarinet.
 
Saxophone sering digunakan pada sekelompok musik seperti popular music, big band music dan jazz. Meskipun demikian, pada awalnya saksofon ini hanya difokuskan pada instrumen orkestra dan band militer saja.

Siapa Penemu Saxophone Dan Dari Manakah Asalnya?

Nah, setelah kita mengetahui alat musik semacam apakah saksofon itu, maka kita perlu juga mengetahui dari manakah alat musik saksofon ini berasal?

Saxophone ternyata berasal dari Belgia dan alat musik ini dibuat oleh seorang pemain clarinet dan juga pembuat alat musik lainnya yang bernama Adolphe Sax. Saxophone dibuat oleh Adolphe Sax pada tahun 1840, sehingga alat musik hasil karyanya ini dinamakan Saxophone.

Tetapi menurut hasil penelitian telah menyebutkan bahwa saxophone mulai ada sejak tahun 1841 dan tepatnya pada saat Adolphe Sax mempatenkan hasil ciptaannya yaitu di sekitar tahun 1846.

Adolphe Sax telah mempatenkan 2 keluarga saksofon, yaitu :

1.  Keluarga Orkestra (in C dan in F)


2.   Keluarga Band (in Bb dan in Eb)


Perkembangan Alat Musik Saxophone

Kita semua tahu bahwa setiap alat musik yang berhasil diciptakan oleh penciptanya tentu saja alat musik tersebut tidak hanya diam ditempat saja ya. Tetapi dari waktu kewaktu pencipta alat musik ini, akan selalu berusaha untuk menyempurnakan ciptaannya tersebut hingga menjadi semakin sempurna.
 
Seperti halnya dengan alat musik lainya, alat musik saxophonepun juga demikian, alat musik ini telah mengalami beberapa perkembangan teknis.

Perkembangan teknis tersebut dapat terbagi menjadi 2 fase, yaitu :

1.  Fase pada saat hak paten Adolphe Sax masih berlaku

Pada fase ini terjadi perkembangan yang cukup lambat dan mekanisme saxophonepun menjadi lebih sederhana serta lebih menyerupai klarinet

2.  Fase setelah hak paten habis (sekitar tahun 1866)

Pada fase ini banyak bermunculan pembuat saxophone baru yang akhirnya dapat membuat perkembangan alat musik saksofon menjadi lebih cepat dari segi teknisnya.
 
Namun demikian, perkembangan teknis dari alat musik saxophone selama 150 tahun, tidak banyak merubah desain awalnya ataupun fondasi dasar dari saxophone tersebut.

Pada awal digunakan saxophone ini sampai dengan memasuki sekitar tahun 1900 an, alat musik saxophone banyak dipakai oleh kelompok band militer.
 
Namun demikian, dengan berjalannya waktu akhirnya secara lambat tetapi pasti, alat musik saxophone ini sudah mulai banyak digunakan pada penampilan vaudeville dan dance band. Dalam hal ini, saxophone digunakan sebagai pengganti dari alat musik violin.

Baca juga : Ayo Belajar Mengenal Alat Musik Saksofon

Akhirnya pada tahun 1920 an, melalui tokoh musisi seperti Sidney Bechet dan Coleman Hawkins,  alat musik saksofon mulai dilirik oleh para musisi jazz yaitu dengan mengaplikasikan phrasing dan attack dari trumpet.
 
Untuk selanjutnya, eksperimen alat musik saxophone ini disempunakan lagi oleh Lester Young pada tahun 1930 dan dilanjutkan lagi oleh Chalie Parker.

Eksperimen para musisi tadi dapat menghasilkan berbagai macam tone dan suara dari saxophone hingga mengarah ke teknik cara bermainnya.
 
Untuk selanjutnya, saksophone ini terus berkembang sampai akhirnya berhasil menjadikan alat musik saksophone menjadi salah satu alat musik yang sangat  terkenal seperti sekarang ini.
 

Pada umumnya saxophone yang sering digunakan untuk nada suara :

1.  Soprano (bb)

2.  Alto (Eb

3.  Tenor (Bb)

4.  Baritone (Eb)


Dalam penawaran alat musik saxophone yang berhasil dibuat, terdapat beberapa merk Saxophone yang telah beredar di pasaran, antara lain saksophone yang menggunakan merk seperti Selmer, Conn, Yamaha, Yanagisawa, L.A Sax, Jupiter, Lincoln, Weril, Lark dan Subaru. 
 
Beberapa pemain saxophone jazz legenda dunia antara lain Stanley Turrentine, Coleman Hawkins, Charlie Parker, Joe Henderson, Zoot Sims, Lester Youn, Anthony Braxton, Peter Brötzmann, Wayne Shorter dan Cannonball Adderley.
 
Namun demikian, apabila Anda ingin membeli sebuah alat musik saxophone maka sebaiknya pilihlah merk yang sesuai dengan selera Anda masing-masing ya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artikel tentang Saksophone, Siapakah Penemu Alat Musik Jazz Ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya, jika kita memiliki kesempatan kita untuk dapat berbagi  mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

(sumber : wikipedia)

0 komentar