Inilah 5 Pemain Saksofon Legendaris Dunia

Saksofon adalah alat musik tiup yang terbuat dari logam kuningan yang berbentuk seperti cangklong rokok, mempunyai mulut tiup buluh tunggal

5 pemain alat musik saksophone legendaris dunia yang terkenal

5 pemain alat musik saksofon legendaris dunia ini merupakan pemain saksofon terkenal dalam musik jazz dan mereka ini sudah meninggal dunia. Namun demikian, mereka telah berhasil mencatatkan namanya dikancah musik dunia sebagai musisi jazz hebat melalui permainan saksofonnya.
 
Alat musik saksofon ini merupakan salah satu alat musik terpenting didalam musik bergenre jazz. Dari beberapa macam alat musik tiup yang ada, maka alat musik tiup ini sudah banyak dipergunakan oleh berbagai macam genre musik lainnya.  
 
Saksofon juga merupakan sebuah alat musik yang termasuk kedalam kelompok alat musik tiup dan merupakan alat musik yang sudah sangat terkenal dan sering digunakan oleh genre musik jazz.

Seperti yang sudah kami ulas dalam artikel sebelumnya bahwa saksofon diciptakan oleh seorang pembuat alat musik yang berasal dari Belgia. Pencipta saksofon tersebut bernama Adolphe Sax dan saksofon diciptakan pada sekitar tahun 1846.
 
Dalam kenyatannya, meskipun alat musik saksophone diciptakan di Belgia, namun kemunculan pemain-pemain saksofon yang terkenal justru bukan berasal dari Belgia tetapi berasal dari luar negara Belgia.

Baca juga : Yuk Cari Tahu, Siapakah Penemu Alat Musik Saksofon

Alat musik tiup saksofon ini merupakan alat musik yang sering digunakan oleh genre musik jazz. Oleh sebab itu, bagi pecinta musik khususnya bagi pecinta musik jazz mengenai daftar nama-nama dari pemain saksofon legendaris ini, pasti sudah sangat dikenal dan sudah tidak asing lagi ditelinga mereka.
 
Namun demikian, tidak ada salahnya jika kami akan merefresh kembali nama-nama pemain saksofon legendaris tersebut. Meskipun bagi pecinta musik khususnya musik jazz maka mereka pasti sudah mengetahui dan tidak asing lagi ya. 
 
Oleh sebab itu, bagi yang belum mengetahuinya nama nama dari pemain saksofon legendaris yang terkenal di dunia ini maka Anda dapat membaca artikel ini sampai selesai ya.

  

Daftar 5 pemain alat musik saksofon legendaris yang terkenal di dunia, perlu Anda ketahui ya. Berikut penjelasannya :


1.  Coleman Hawkins

Coleman Hawkins

Pemain saksofon yang bernama Coleman Hawkins ini, mempunyai nama sejak lahir Coleman Randolph Hawkins. 
 
Dia merupakan salah seorang pemain saksofon legendaris kelahiran Saint Joseph, Missouri, Amerika, dan lahir pada tanggal 21 November 1904 dan telah meninggal dunia pada tanggal 19 Mei 1969 di kota New York, New York, Amerika.

Coleman Hawkins ini sering dipanggil dengan julukan Hawk atau Bean. Dia merupakan seorang pemain saksofon jazz tenor asal Amerika yang berhasil menjadi salah satu musisi jazz pertama pada instrumen yang cukup terkenal.
 
Selain itu, Cole Hawkins telah berhasil menjadi pemain jazz tenor yang berhubungan dengan musik swing sewaktu  era big band. Pada saat itu, dia sangat berperan dalam pengembangan bebop pada sekitar tahun 1940 an.

2.  Stanley Turrentine

Stanley Turrentine

Stanley Turrentine mempunyai nama sejak lahir Stanley William Turrentine. Dia merupakan seorang saxophonist jazz tenor asal Amerika.
 
Stanley Turrentine lahir di Pittsburg, Pennsylvania, Amerika pada tanggal 5 April 1934 dan telah meninggal dunia pada tanggal 12 September 2000 di kota New York, New York , Amerika.

Stanley Turrentine lahir dari keluarga musik, karena ayahnya yang bernama Thomas Turrentine juga sebagai seorang pemain saksofon, sedangkan ibunya yang bernama Al Cooper Savoy Sultans sebagai seorang pemain piano
 
Selain Stanley Turrentine yang berkiprah di jalur musik, kakaknya yang bernama Tommy Turrentine juga sama sama berkarir di jalur musik sebagai pemain terompet profesional.

Karir profesionalnya dimulai dengan bergabung bersama kelompok musik blues dan musik rhythm and blues. Ketika itu, Stanley Turrentine dalam memainkan saksofonnya masih sangat dipengaruhi oleh Illnois Jacquet.

Semula dia lebih menekuni jazz soul pada tahun 1960, tetapi akhirnya beralih untuk kembali ke musik jazz fusion pada tahun 1970 an. Namun demikian, pada tahun 1980 dan 1990 an, dia ternyata kembali lagi ke jazz soul yaitu jazz yang telah dia tekuni sejak awal bermusik.

3.  Charlie Parker

Charlie Parker

Charlie Parker merupakan seorang pemusik jazz yang berasal dari Amerika. Pada saat itu, dia berperan sebagai pemain saksofon dan seorang komponis.
 
Dia merupakan seorang komponis yang mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan musik jazz dan juga terhadap pemusik-pemusik dari generasi baru atau generasi muda saat ini.

Charlie Parker adalah seorang pemusik kelahiran kota Kansas, Kansas, Amerika pada tanggal 29 Agustus  1920 dan telah meninggal dunia  pada tanggal 12 Maret 1955 di kota New York, New York, Amerika.

Istrinya bernama Chan Parker (m. 1950 – 1955) dan mereka dikaruniai 2 orang anak yang bernama Pree Parker dan Baird Parker.

Sebagai seorang pemain saksofon yang hebat, Charlie Parker telah dijuluki dengan Bird atau Yardbird, dimana kemampuan bermain saksofonnya telah disamakan dengan musisi jazz legendaris seperti Louis Armstrong dan Duke Ellington.

Kemampuan dan kepiawaian Charlie Parker dalam memainkan saksofonnya memang tidak ada yang dapat menandinginya, terutama dalam hal berimprovisasi dengan alat musik saksofonnya.
 
Demikian juga dengan hasil pemikiran-pemikirannya yang cukup inovatif sehingga dia telah memberikan sesuatu tentang harmoni dan melodi yang dapat menjadi dasar bagi aliran bebop.

Dalam kenyataannya Charlie Parker tidak menyukai kalau musik yang dimainkannya oleh para kritikus diberi nama Bebop.
 
Sikap tidak suka Charlie Parker ini juga pernah dilakukan oleh musisi legendaris yang bernama Duke Ellington. Pada waktu, dia tidak pernah menyetujui kalau musik yang dimainkannya disebut dengan musik jazz, oleh para kritikus pada saat itu.

4.  Zoot Sims

Zoot Sims

Zoot Sims mempunyai nama asli sejak lahir John Haley “Zoot” Sims. Dia merupakan pemain saksofon jazz yang berasal dari Amerika, dan dalam setiap penampilannya biasanya dia selalu memainkan jazz tenor dan sopran.

Zoot Sims lahir di Inglewood, California, Amerika pada tanggal 29 Oktober 1925 dan telah meninggal dunia pada tanggal 23 Maret 1985. 
 
Ibunya bernama Kate Haley yaitu seorang voudeville hoofer sedangkan ayahnya bernama John Sims. Zoot Sims telah belajar bermain drum dan klarinet pada saat usianya masih muda sedangkan saudaranya yang bernama Ray Sims juga meupakan pemusik yang memainkan trombon.

Akhirnya Zoot Sims mengikuti jejak dari Lester muda dan dia berkembang menjadi seorang pemain saksofon tenor yang cukup inovatif disepanjang karir musiknya, sehingga dia berhasil bergabung dengan band-band besar pada saat itu.

Zoot Sims menyukai permainan saksofon dengan register lebih tinggi dan saksofon tenor. Namun demikian, dia juga menyukai bermanin alto. 
 
Dipenghujung karirnya dia menambahkan untuk bermain saksofon sopran disetiap penampilannya. Sehingga oleh teman-temannya, dia dikenal sebagai salah seorang swinger terkuat dilapangan dan sering memimpin combo sendiri.

5.  Joe Henderson

Joe Henderson

Joe Henderson merupakan seorang pemain saksofon jazz yang berasal dari Amerika. Dia lahir di Lima, Ohio, Amerika pada tanggal 24 April 1937 dan telah meninggal dunia di San Francisco, California, Amerika pada tanggal 30 Juni 2001.

Kedua orang tuanya bernama Irene Farley dan Dennis Lloyd Henderso,  dimana kedua orang tuanya inilah yang berhasil mendorong Joe Henderson dan kakaknya untuk belajar musik hingga Joe Hendersen berhasil menjadi seorang pemain saksofon yang legendaris.

Charlie Parker merupakan inspirasi terbesarnya dalam bermain saksofon bagi Joe Henderson sehingga dia menjadikannya sebagai pendekatan awal dalam bermain saksofon pada saat mulai belajar di sekolah tinggi dibawah bimbingan guru musiknya yang bernama Hebert Murphy.
 
Dengan kemampuan Charlie Parker dalam bermain saksofonnya dan untuk selanjutnya dia kembangkan lagi agar supaya menguasai ketrampilan komposisi dibawah bimbingan seorang gurunya yang bernama Larry Teal pada Teal School Music. 
 
Dalam karir musiknya Charlie Parker merupakan seorang pemain saksofon yang mempunyai pitch yang sempurna.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Inilah 5 Pemain Saksofon Legendaris Dunia, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya, jika kita memiliki kesempatan untuk dapat berbagi  mengenai informasi musik yang sudah kita dapat kepada teman-teman pecinta musik lainnya.


(sumber : wikipedia)

0 komentar