Simon & Garfunkel, Terkenal Dengan The Sound Of Silence

Simon and Garfunkel, duo penyanyi lagu folk asal Amerika Serikat beranggotakan Paul Simon dan Arthur "Art" Garfunkel

Simon and Garfunkel, Terkenal Dengan The Sound Of Silence


SIMON & GARFUNKEL ADALAH PASANGAN DUO PENYANYI FOLK ROCK YANG BERASAL DARI AMERIKA SERIKAT, TERKENAL DENGAN "THE SOUND OF SILENCE".

Sekilas Tentang Simon and Garfunkel

Simon dan Garfunkel adalah duo penyanyi folk rock yang berasal dari Forest Hills, New York, Amerika Serikat, mereka adalah penyanyi dan penulis lagu yang mempunyai nama asli Paul Simon dan Arthur Art Garfunkel.  

Duo ini sudah bertemu sejak masa anak-anak di Queen, kota New York pada tahun 1953 kemudian mereka mulai belajar untuk menyelaraskan kekompakan mereka dan mulai menulis lagu, kemudian tahun 1957 mereka tampil menggunakan nama "Tom & Jerry" untuk kelompok duonya. 

Karena terinspirasi oleh grup "Every brothers", maka mereka membentuk kelompok duo yang akhirnya menggunakan nama "Simon & Garfunkel". Meskipun masih remaja, mereka sudah dikenal dengan lagunya yang berjudul "Hei School Girl". 

Sebetulnya hubungan keduanya tidak harmonis, sehingga sering terjadi perselisihan artistik dalam karir musiknya yang menyebabkan mereka berulang kali harus berpisah. Pada tahun 1963 mereka berkumpul lagi karena ada tuntutan dengan berkembangnya musik rakyat saat itu, tetapi duo ini gagal sehingga mereka berpisah lagi.

Mereka adalah duo artis Folk rock yang paling sukses dan salah satu artis paling populer di era tahun 1960 an dan menjadi artis tadingan ikon revolusi sosial bersama dengan artis besar seperti The Beatles dan Bob Dylan.

Lagu-Lagu hit dari Simon & Garfunken yang berhasil menduduki peringkat pertama di single grafik diseluruh dunia diantaranya adalah :

- The sound of silence (1964/ 1965)
- Mr Robinson (1968)
- Bridge over troubled water (1969)
- The Boxer (1969)

Simon & Garfunkel conser setlist at Monterey pop festival 1967, adalah konser yang pernah diselenggarakan di Monterey, CA, USA pada 16 Juni 1967. 

Konser mereka yang diselenggarakan pada tahun 1981 merupakan konser yang paling terkenal bagi Simon & Garfunkel yaitu konser yang diselenggarakan di Central Park, karena konser ini dihadiri oleh lebih dari 500.000 orang sehingga menjadi konser yang jumlah kehadiran penontonnya masuk ke urutan ke 7 terbesar dalam sejarah.

Simon & Garfunkel berhasil memenangkan 10 grammy awards dan pada tahun 1990 duo ini dilantik menjadi  "Rock And Roll Hall Of Fame".

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang SIMON & GARFUNKEL, TERKENAL DENGAN THE SOUND OF SILENCE, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar