Level 42, Terkenal Dengan Running With Family

Level 42, kelompok musik jazz funk asal Inggris yang dibentuk tahun 1979

Level 42, Terkenal Dengan Running With Family

LEVEL 42 ADALAH KELOMPOK MUSIK POP ROCK DAN JAZZ FUNK YANG BERASAL DARI INGGRIS, TERKENAL DENGAN "RUNNING WITH FAMILY".

Sekilas Tentang Grup Band Level 42

Level 42 adalah grup musik pop rock dan jazz funk yang berasal dari pulau Wight, Britania Raya, Inggris, dibentuk pada tahun 1980. Dengan warna musiknya yang bergenre jazz funk, rock, sophisti pop, neo wave dan pop rock.

Grup band ini terbentuk, karena pertemanan Mark King dengan Phil Gould yang sudah dimulai sejak masa remaja. Mereka dibesarkan ditempat yang sama di Isle of Wight, dan selalu bermain band bersama diberbagai macam grup band pada masa remajanya.

Pada saat study di London, Phil Gould bertemu dengan pemain keyboard Mike Lindup pada saat kursus perkusi. Tahun 1979 Phil Gould bertemu dengan pemain keyboard Willy Badarou dan memperkenalkan dengan Mark King dan Mike Lindup, kemudian mereka berlatih bersama untuk mengembangkan jazz fusion yang akhirnya menjadi ciri khas dari band Level 42.

Anggota personil Level 42 untuk formasi dengan kondisi grup bandnya yang sudah mulai berkembang didukung oleh 4 orang, diantaranya :

- Mark King - gitar bass dan perkusi
- Mike Lindup - Keyboard dan drum
- Boon Gould - gitar, saksofon
- Phil Gould - drum

Level 42 merupakan band yang cukup populer di Inggris dan juga didunia, mereka terkenal diera tahun 1980 dan 1990 an. Grup band ini terkenal karena kemampuan bermain musik dari para anggota personilnya mempunyai kemampuan tehnik bermain musik tingkat tinggi,  

Grup band ini terkenal karena, seorang Mark King dengan permainan gitar bassnya yang sangat mendominasi dan mengendalikan grup band ini, demikian juga dengan kombinasi suara vokal dari Mark King serta Mike Lindup sebagai falseto backing vokal yang sangat serasi, serta pemain keyboard Mike Lidup yang luar biasa,  semuanya ini yang mampu membuat grup band Level 42 menjadi populer.

"Level 42" digunakan sebagai nama grup band tersebut dimana "42" adalah angka jawaban dari pertanyaan tentang kehidupan, alam semesta dan segala sesuatunya. Seiring dengan berkembangnya grup band ini maka mereka menunjuk Mark King dan Mike Lindup sebagai vokalis grup band mereka, keduanya mengembangkan gaya komplenter, Mike Lindup dengan suara falseto sedangkan sebagai suara chorus tenornya dipercayakan melalui vokal suara dari Mark King. 

Single pertamanya "Love games" dirilis tahun 1981 menjadi top 40, dan album debutnya berjudul "Self tittled" sukses diseluruh Eropa dan ditetapkan sebagai band faforit konser.

Pada tahun 1985, Grup band Level 42 sudah benar-benar berganti warna musiknya menjadi funk, power pop, mid tempo rock, yang menghasilkan single "The chart has begun" dan "Hot water", single tersebut berhasil masuk top 20 hit di Inggris dan top 5 hit di Belanda.

"Running With Family" yang dirilis tahun 1987, merupakan lagu hit internasional dan mencapai penjualan terbesar. Lagu ini menduduki peringkat 1 di Denmark, Jerman, Swiss dan Afrika Selatan, peringkat 2 di Italia, Belanda dan Swedia, peringkat 3 di Inggris dan Irlandia, peringkat 4 di Austria, peringkat 10 di Norwegia, peringkat 12 di Amerika Serikat, peringkat 18 di Selandia Baru, peringkat 22 di Perancis.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tantang LEVEL 42, TERKENAL DENGAN RUNNING WITH FAMILY, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar