The Commodores, Terkenal Dengan Lagu Easy

Commodores, band funk dan soul Amerika dan kelompok musik ini mencapai puncaknya diakhir tahun 1970 an sampai dengan pertengahan 1980 an

The Commodores, Terkenal Dengan Lagu Easy

THE COMMODORES ADALAH KELOMPOK MUSIK YANG BERASAL DARI AMERIKA, BERALIRAN MUSIK FUNK/ SOUL, TERKENAL DENGAN LAGU-LAGU BALADA "EASY", "THREE TIMES A LADY" DAN "NIGHT SHIFT".

Sekilas Tentang The Comodore

The Commodores berasal dari Tuskegee, Alabama, Amerika Serikat, merupakan band yang beraliran R&B, funk dan pop. Grup band ini mulai dikenal oleh publik setelah grup band mereka menjadi band pembuka di tur The Jackson 5 pada bulan November 1970.

The Comodore berasal dari mantan anggota 2 grup band yang bernama "Mistik" dan "Jays", salah satu dari grup band ini semula beraliran musik jazz. Dari keenam anggota personil The Comodore, dua diantaranya merupakan mantan anggota dari grup band Mistik dan Jays, mereka ingin merubah nama grup bandnya dengan nama baru, yang akhirnya disepakati menggunakan nama The Comodore.

Keenam anggota personil The Commodores tersebut diantaranya adalah :

Lionel Richie, Thomas Mc Clary, William King (dari Mistik), Andre Calahan, Michael Gilbert dan Williams (dari Jays).

Sebelum disepakati pemberian nama "The Commodores", pada awalnya William King memilih memberi nama "We Lucky" pada saat menceritakan kepada majalah people sambil tertawa, kemudian berkata bahwa kami hampir menjadi "The Commodores", maka sejak itu grup bandnya diberi nama "The Commodores".

Lagu instrumental "Machine gun" dari album debutnya, akhirnya lagu ini digunakan menjadi instrumen pokok di acara olah raga di Amerika.

Lagu lagu The Commodores seperti "Boogie night" dan "Loking Mr Godbar" banyak ditampilkan di film-film dan berhasil masuk ke peringkat 22 di Billboard hot 100 pada tahun 1975. 

Grup band ini mulai bergerak kearah suara musik yang lembut, sehingga pada tahun 1976 berhasil dirilis top hit yang berjudul "Sweet love" dan "Only to be near with you"

Tahun 1977 berhasil merilis "Easy", yang menjadi lagu hit dan masuk peringkat 4 di Amerika Serikat dan diikuti oleh lagu "Black House" yang berhasil menduduki peringkat 4 di Amerika Serikat.

Tahun 1982, Lionel Richie meninggalkan grup band ini, untuk bersolo karir, The Commodores sangat kehilangan suara khas dari Lionel Richie, sehingga sulit mencari pengganti yang mempunyai warna suara yang sama. Sehingga kelompok musik ini secara bertahap mulai meninggalkan aliran musik funknya untuk beralih kearah musik pop yang lebih komersial.

The Comodore berhasil memenangkan grammy untuk pertama kalinya untuk Best Performance R&B duo atau grup dengan vokal pada tahun 1985, dan grup band ini dikenal sebagai "Mean Machine" yang akan terus bermain musik dan mengadakan konser maupun festival di dunia.

Anggota personil The Comodores yang paling terakhir, antara lain adalah :

Walter "Clyde" Orange, James Dean "JD" Nicholas, William "WAK" King.

Terima kasih sudah berkunjung di glog ini dan sudah membaca artikel tentangTHE COMODORE, TERKENAL DENGAN LAGU EASY, semoga  bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita serta dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Sumber dari : Wikipedia)

0 komentar