Cyndi Louper, Penyanyi Berkebangsaan Amerika Yang Berpenampilan Eksentrik

Cydi Louper, penyanyi Amerika Serikat kelahiran tahun 1953 pemenang nominasi Emmy Award dan Grammy Award
(sumber gbr : mtv.com)

Cyndi Louper 1984 hit, membuat karir musiknya melejit

Cyndi Louper merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat yang menetapkan dirinya sebagai ikon pop karena penampilannya yang eksentrik dan Cyndy Louper 1984 hit melalui lagu Cyndi Louper Time After Time dan True Colors.

Ulasan tentang karir musik Cyndi Louper

Dia mempunyai nama asli Cynthia Ann Stephanie "Cyndi" Lauper dan lebih dikenal dengan Cyndi Louper. Dia lahir tanggal 22 Juni 1953 di Queens, New York City, New York, Amerika Serikat. 
 
Suami Cyndi Louper bernama David Thomton (m 1991) dan dikaruniai seorang anak yang bernama Declyn Wallace Thomton Lauper.

Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai penulis lagu,  aktris dan aktivis dengan menggunakan warna musik bergenre pop, rock, new wave, synth pop, blues dan musik soul. Dan sejak berkarir didunia musik, dia telah berhasil mendapatkan Emmy Awards dan Grammy Awards.

Dia menggeluti dunia musik dan film sudah dimulai sejak tahun 1977 dan berhasil dilantik manjadi Songwriters Hall of Fame dan Hollywood Walk of Fame.

Dalam berkarir di film, dia juga berhasil memenangkan 3 dari 4 penghargaan hiburan di Amerika (EGOT).

Selain itu, pada tahun 1984 Cydi Louper juga berhasil memenangkan hadiah Video Wanita Terbaik perdana di VMA 1984 untuk film Girls Just Want to Have Fun.

Oleh majalah Rolling Stones, MTV dan VH1, video ini diakui sebagai salah satu video musik paling bagus pada masa itu.

Album debut Cyndi Louper berhasil masuk kedalam daftar 100 lagu Terbaik VH1 dalam 25 tahun terakhir melalui lagu Cydi Louper Time After Time dan dia masuk urutan 58 dari 100 wanita Terhebat Rock & Roll.

Cyndi Louper dibesarkan di Ozone Park dan dia adalah seorang anak yang menyukai lagu-lagu dari The Beatles, Ella Fitzgerald, Judy Garland dan Billie Holiday.
 
Oleh sebab itu, ketika menginjak usia 12 tahun, dia sudah mulai menulis lagu dan mahir dalam memainkan gitar akustik. Teman-temannya pada saat itu  lebih suka mengeja nama "Cyndi" dengan "Cindy", sehingga namanya lebih terkenal dengan Cindy Louper bukan Cyndi Louper.

Sebelum memulai karir solonya dia membentuk telah grup band dengan nama Blue Angel, bersama dengan pemain saksofon John Turi dan manajernya Ted Rosenblatt. 
 
Setelah rekaman demonya diihat oleh manager rekamannya dan menyukai tipe suara dari Cyndi Louper, akhirnya dia mendapat tawaran sebagai artis solo.

Kritikus musik melihat kemampuan bernyanyi Cyndi Louper pada saat tampil dengan Blue Angle memang suaranya cukup bagus.
 
Oleh sebab itu, dia diperkirakan akan dapat menjadi bintang karena mempunyai suara yang bagus yaitu dengan jangkauan suaranya mencapai ketingkat 4 oktaf. Akhirnya kesempatan menandatangi kontrak berhasil terwujud setelah dia bertemu dengan David Wolft pada saat bernyanyi di bar New York.

Album solo pertama berjudul "She's so unusual" dirilis pada tahun 1983 dan album ini berhasil menduduki peringkat 4 di Amerika Serikat dan menjadi hit diseluruh dunia. Sedangkan single "She bop", "All throuhg the night" di Billboard Hot 100 masuk keurutan ke 53 dan 5.

Single ke 2 "Time after time" ditulis oleh Cindy Lauper bersama dengan Rob Hyman. Single ini berhasil melejit ke urutan pertama di Billboard Hot 100 dan Adult Temporary Charts, serta mendapatkan sertifikat emas dari RIAA untuk rekor penjualan yang mencapai 500.000 kopi.

Tahun 1985, dia berhasil memenangkan Grammy Award untuk Best New Artist dan juga menerima nominasi untuk album record of the year, Best Female Pop Vocal Performance  melalui lagu "Girl just want to have fun" dan Best song of the year melalui lagu "Time after time".  
 
Selain itu, dia juga memenangkan grammy untuk best album package dan penghargaan perdana untuk best female video di MTV video music Award memalui lagu "Girl just wanna have fun".

Selain sibuk didunia musik Cyndi Louper juga mempunyai kepedulian terhadap sesamanya, sehingga dia terjun sebagai aktifis kemanusiaan, antara lain :
 
- Berpartisipasi dalam US Afon Africa's yang bertujuan menggalang dana untuk bantuan kelaparan, melalui lagu "We are the world".

Single "The goonies 'R' good enough" dari soundtrack untuk film The gppnies, berhasil mencapai ranking 10 di Billboard Hot 100 Chart.

Dia berhasil mendapatkan nominasi pada tahun 1986 yaitu :

- Best female rock vocal performance untuk "What athrill"
- Best long from music video untuk 'Cyndi live in Paris"

Album ke 2 "The colors" berhasil menduduki urutan ke 4 di Billboard 200 dan berhasil terjual hingga mencapai 2 juta kopi di Amerika Serikat.
 
Meskipun album ini tidak sukses secara komersial tetapi album ini berhasil memunculkan 3 single hit, yang berjudul "True colors" (urutan 1 di Billboard Hot 100), "Change of heart" (urutan ke 3 di Billboard).

Album ke 3 "A night to remember" telah menghasilkan single hit dengan judul sama dengan judul albumnya dan album ini berhasil menerima nominasi Grammy  untuk Best Female rock vocal performance.

Album ke 4 "Hat full of stars" berhasil mendapat pujian dari kritikus musik.
 
Pada tahun 2001, album yang dirilis menggunakan warna musik kembali ke musik funk dengan album berjudul "Shine". Kemudian dilanjutkan pada tahun 2005 untuk merilis album "The body acoustic" dengan 2 singlenya "A bove the clouds" dan "Time after time".

Prestasi musik dari Cyndi Louper ini selain mempunyai suara yang bagus juga didukung oleh penampilannya yang sangat eksentrik. Hal ini, terlihat dari gaya rambut yang berwarna-warni dan menggunakan pakaian dan asesories yang eksentrik.

Terima kasih sudah berkunjung diblog yang berisi artikel tentang CYNDI LOUPER, PENYANYI BERKEBANGSAAN AMERIKA YANG BERPENAMPILAN EKSENTRIK, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan dapat dibagikan ke teman-teman pecinta musik lainnya.

(Dikutip dari : Wikipedia)

0 komentar