Siapakah Sebenarnya Penemu Alat Musik Biola ?

Biola tertua dan tas biola tertua

Pemilik biola tertua

Siapakah Sebenarnya Penemu Alat Musik Biola??

Alat musik biola merupakan sebuah alat musik gesek. Mengapa disebut dengan alat musik gesek? Hal ini, karena cara membunyikan alat musik ini dengan digesek menggunakan tongkat gesek.

Alat musik biola ini ternyata sudah ada sejak jaman dahulu, dan mempunyai beberapa macam ukuran bentuk biolanya yaitu biola berukuran kecil, menengah, besar dan biola bass. Namun demikian, biola modern baru muncul pada pertengahan abad ke 16, atau sekitar tahun 1520 an.

Pada saat itu adalah masa kejayaannya "Jaman Renaissance" dan di jaman ini pulalah telah banyak melakukan perubahan terhadap bentuk biola, sampai akhirnya bentuk biola menjadi seperti yang ada sekarang. 
 
Perubahan itu terjadi pada proses pembuatannya, dari bentuk serta teknologinya. Oleh sebab itu, bentuk biola telah berubah menjadi lebih diperhalus dan bentuk fisiknya sudah disesuaikan dengan perkembangan jaman dan teknologi sekarang.

Nah, siapa sebenarnya yang menciptakan alat musik biola? ternyata belum diketahui secara pasti siapa sebenarnya yang menciptakan alat musik biola. 
 
Hal ini, karena selama ini hanya diketahui siapa pemilik biola tertua yang sudah mempunyai 4 senar seperti biola modern seperti sekarang. Pemiliknya adalah Andrea Amati, yang merupakan pemilik biola tertua dan diperkirakan dibuat sekitar tahun 1555.

Alat musik biola adalah alat musik yang populer sejak jaman dahulu, terbukti bahwa masih ada satu dari 24 biola tertua yang bernama "Charles IX", yang dibuat di Cremona pada tahun 1560. 

Biola merupakan alat musik yang banyak digunakan dalam suatu orkestra, dimana peran biola dibagi menjadi 2 yaitu :

- Kelompok biola pertama untuk bagian nada melodi 
- Sedangkan kelompok biola kedua untuk nada harmoni (nada satu oktaf dibawah pemain kelompok biola pertama).

Ayo kita perhatikan bersama, aliran musik yang bergenre apakah yang sering menggunakan alat musik biola ini :

1.  Jenis Musik Jazz

Untuk genre musik jazz juga menggunakan biola, tercatat penggunaan biola sejak awal abad ke 20.

2.  Jenis Musik Pop

Untuk genre musik pop yang menggunakan biola, antara lain grup band The Corrs, Dixie Chicks

3.  Jenis Musik Rakyat

Untuk genre musik rakyat yang menggunakan biola, antara lain musik keroncong Indonesia & Portugal, musik Melayu, musik rakyat Irlandia, Bluegrass Amerika Serikat.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang SIAPAKAH SEBENARNYA PENEMU ALAT MUSIK BIOLA??, semoga bermanfaat dan dapat dibantu share ke teman-teman lainnya.

0 komentar