No Doubt It's My Life, sukses menjadi lagu hit tahun 2003

No Doubt dengan Rock Steady pemenang Grammy adalah band asal Amerika Serikat dengan genre perpaduan antara musik punk, ska dan new wafe

No Doubt, menelurkan album peringkat dan lagu hit

No Doubt adalah salah satu band rock yang berasal dari Amerika Serikat, grup band ini dibentuk tahun 1986 di Anaheim, California. Lagu No Doubt It's My Life merupakan lagu hit dari album yang dirilis tahun 2003.
 
Dalam perjalanan karirnya band ini sering menampilkan kombinasi dan racikan musik ska, punk dan new wave. Album Rock Steady dari No Doubt telah menghasilkan 2 single dan menjadi pemenang Grammy.

Band No Doubt ini sejak pertengahan tahun 1990, dalam pertunjukan langsung didukung oleh personil Gabrial McNair sebagai pemain keyboard dan trombon, Stephen Bradley sebagai keyboardist dan pemain terompet.

Sedangkan anggota personil lainnya sudah bergabung sejak No Doubt dibentuk tahun 1986 diantaranya adalah Gwen Stefani sebagai vokalis, bassis Tony Kanal, pemain gitar Tom Dumont dan pemain drummer Adrian Young.

Awal terbentuknya band No Doubt ini, terjadi ketika Eric Stefani dengan John Spence bertemu di Dairy Queen, keduanya berkeinginan untuk bermain musik bersama. Sehingga mereka berdua mencari beberapa pemain musik lain untuk diajak berlatih bersama di garasi orang tua Eric Stefani.

Saat itu mereka berlatih bermain musik dengan beberapa orang pemain musik, diantaranya adalah :

Eric Stefani sebagai pemain keyboard, Gwen Stefanie sebagai vokal pendukung, John Spence sebagai vokalis, Jerry McMahon sebagai pemain gitar, Christ Leal sebagai pemain bass, Chris Webb sebagai drumer, Gabriel Gonzales & Alan Meade sebagai pemain terompet dan Tony Meade sebagai pemain saksofon.

Anggota personil grup band No Doubt ini dengan formasi terakhir, terdiri dari 4 orang personil yang masing masing bernama Gwen Stefani sebagai vokalis, Ari Potter sebagai pemain gitar, Tony Kanal sebagai pemain bass, keyboard dan Adrian Young sebagai drumer. 
 
Genre musik No Doubt cenderung ke jenis musik seperti ska punk, alternatif rock dan pop rock.

Dalam penyelenggaraan untuk penampilan livenya pada tahun 1990, grup band No Doubt ini diperkuat oleh 2 orang pemain keyboard yang bernama Stephen Bradley sebagai pemain keyboard dan trumpet serta Gabrial McNair sebagai pemain keyboard dan trombone.


Album mereka telah berhasil dirilis pada tahun 1992 dengan album berjudul No Doubt, akan tetapi album ini tidak berhasil meraih sukses seperti yang mereka harapkan sebelumnya.

Akhirnya tahun 1993, band No Doubt ini mulai mengekspresikan suara standar mereka dengan jenis musik ska punk melalui Beacon Street Collection. 
 
Album ini 2 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1995, mulai berhasil meraih kesuksesan, karena album ini berhasil terjual hingga 100.000 kopi dan berhasil bersertifikat berlian Tragic Kingdom.

Kesuksesan album ke 2 No Doubt ini merupakan salah satu penyemangat baru bagi mereka untuk kembali meluncurkan jenis musik spa lainnya. Single dari album kedua dengan judul Do Not Speak berhasil melejit diperingkat tertinggi di Chart Billboard Hot 100 Airplay.

Album yang dirilis pada tahun 2000 dan merupakan album ke 3, dengan judul album Return of Saturn. Album ini menghasilkan single berjudul Simple Kind Of Life, single ini berhasil menjadi single hit 40.
 
Meskipun album ke 3 ini telah memperoleh kritikan pedas dari pakar musik pada saat itu, namun demikian album ini berhasil masuk nominasi sebagai Best Rock Album di acara Grammy ke 43.

Tahun 2001, No Doubt kembali membuat terobosan baru yaitu dengan membuat album Rock Steady yaitu dengan cara menggabungkan genre musik reggae dengan musik dancehall. 
 
Album terobosannya ini banyak tercatat di Jamaika dan dalam penampilannya No Doubt berkolaborasi dengan artis Jamaika seperti Bounty Killer, Sly and Robbie serta Lady Saw.

Album No Doubt Rock Steady ini berhasil menelurkan 2 single berjudul Hey Baby dan Underneath It All, dimana kedua single ini berhasil menjadi pemenang di ajang Grammy, sedangkan 1 singlenya yang berjudul Hella Good berhasil masuk nominasi di ajang Grammy tersebut.

Penghargaan selanjutnya diperoleh dari Walikota Anaheim yang bernama Tom Daly berupa Key to the Coty of Anaheim ketika No Doubt tampil di Disneyland di Breakfast with Kevin and Bean. Pada saat itu No Doubt menampilkan 5 singlenya. 


No Doubt memulai album solonya setelah menyelesaikan turnya pada tahun 2004, dengan merilis 2 album sekaligus pada tahun 2006. Kedua album tersebut berjudul Love, Angel, Music, Baby dan The Sweet Escape.

Album selanjutnya dirilis pada tahun 2012 dengan album berjudul Push and Shove, album ini menghasilkan single Settle Down. Single Settle Down ini berhasil sukses terjual hingga 33 juta keping di seluruh dunia.

Dalam rangka ulang tahun ke 25 dari rekaman album pertama mereka yang berjudul No Doubt, maka album tersebut akan dirilis kembali. 
 
Album ini akan menggunakan vinil 180 gram yang mempunyai kualitas sangat bagus dan dengan edisi yang terbatas. Untuk 100 No Doubt vinil edisi terbatas ini, ditanda tangani oleh personil dari band No Doubt.

Sayang sekali masa depan No Doubt ini menjadi tidak pasti setelah ditinggalkan oleh salah satu personilnya, dan hal ini dikemukakan oleh Stefani pada saat wawancara dengan Rolling stone di bulan Juni tahun 2016.
 
Meskipun selama tahun 2015 No Doubt sebenarnya sering tampil, termasuk tampil di Global Citizen Earth Day Concert, Rock In Rio USA. 

Perjalanan karir No Doubt 

Album debut Eponymous yang dirilis tahun 1992, merupakan No Doubt first album tetapi belum berhasil mencuatkan nama No Doubt. 

Namun pada tahun 1995, mereka mendapatkan ide baru dengan musik ska punk The Beacon Street Collection, dan benar saja band ini sukses menjual lebih dari 100 ribu eksemplar.

Tentu saja dengan populernya kembali ska di periode ke 3 ini, memberikan dampak yang bagus kepada band lain yang mempunyai aliran ska juga melalui Tragic Kingdom karena albumnya bersertifikasi Diamont. 

Melalui lagu No Doubt Don’t Speak ini, telah berhasil menciptakan rekor selama 16 minggu di tangga lagu Billboard Hot 100 Air Play berbarengan dengan lagu Just a Girl.

Tahun 2000, No Doubt merilis album Return of Saturn namun single tidak dapat menyamai prestasi lagu sebelumnya karena Simple Kind of Life hanya masuk single hit Top 40. Namun dapat masuk nominasi untuk album rock terbaik di Grammy Award.

Akhirnya melalui karya album No Doubt Rock Seady yang dirilis tahun 2001, mereka telah mengkombinasikan musik reggae dan dancehall. Mereka berkolaborasi dengan artis Jamaika Bounty Killer, Sli and Robbie dan Lady Saw. 

Kedua lagunya Hey Baby dan Underneath It All ini menorehkan hasil sebagai pemenang Grammy Award, dan satu lagunya lagi Hella Good masuk nominasi Grammy Award.

Namun, setelah No Doubt tampil di Breakfast with Kevin and Bean dengan menampilkan 5 lagunya. Vokalis band ini Gwen Stefani memulai proyek solonya dengan merilis album Love. Anggel. Music. Baby yang dirilis tahun 2004 dan The Sweet Escape yang dirilis tahun 2006. 

Kemudian gitarisnya Tom Dumont merilis album solonya Invicible Overlord.

2 tahun kemudian, tepatnya tahun 2008 mereka mulai berusaha membuat album barunya. Akhirnya pada tahun 2012 berhasil merilis Push and Shove yang menelurkan lagu Settle Down. Lagu ini sukses tejual lebih dari 33 juta eksempalr di seluruh dunia.

Kehadiran dan penampilan di atas panggung vokalis Gwen Stefani di dalam grup band ini menjadi salah satu kelebihan yang membuat konser No Droubt menjasi lebih menarik perhatian dari para penggemar grup band No Doubt ini.

Tahun 1995, No Doubt Tragic Kingdom berhasil dirilis, album ini telah mencampurkan unsur punk rock di dalam musiknya serta ada beberapa pengaruh grunge juga. Album Tragic Kingdom menghasilkan lagu Just a Girl dan melalui album ini No Doubt berhasil meraih sukses secara komersial.

No Doubt juga melakukan sejumlah tour untuk mendukung album ini, dimana tour ini  akhirnya dapat merambah menjadi tour internasional bagi grup band ini selama 27 bulan.

Tahun 1996, mereka berhasil merilis lagu Spiderwebs dan Don’t Speak merupakan lagu balada yang ditulis oleh Gwen dan Eric Stefani dan lagu ini menceritakan perpisahan Gwen dan Kanal.

Lagu Don,t Speak ini berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100 Airplay selama 16 minggu dan No Doubt berhasil masuk nominasi Grammy Award sebagai Best New Artist dan Album rock terbaik di Grammy Awards tahun 1997.

Lagu lagu yang dihasilkan oleh album No Doubt Tragic Kingdom hampir 50 persen sudah dirilis pada akhir tahun. 

Album tersebut telah mendapatkan sertifikasi platinum sebanyak 8 kali dan melalui lagu Don’t Speak berhasil masuk nominasi Grammy sebagai Song of the Year dan Best Pop Performance by Duo or Group with Vocal.

Setelah menyelesaikan tour untuk Tragic Kingdom pada akhir Desember 1997, mereka merilis video live in the Tragic Kingdom tersebut. Selain itu mereka juga merekam I Throw My Toys Around bersama Elvia Costello untuk The Rugrats Movie.

Tahun 1999, No Doubt memasukkan salah satu lagunya New kedalam soundtrack pada film Go. Tahun berikutnya, mereka kembali merilis album No Doubt Return of Saturn dan kali ini No Doubt lebih memilih nada dan lirik lagu yang lebih modern dari karya karya sebelumnya.

Namun album ini tidak sesukses dari album sebelumnya meskipun telah mendapat pujian. Album Return of Saturn menelurkan lagu utama Ex-Girlfreind, tetapi lagu ini tidak masuk pringkat di Billboard Hot 100 di AS. Lagu lainnya dari album ini adalah Simple Kind of Life dan Bathwater.

Tahun 2001, No Doubt merekam versi cover (No Doubt album cover) dari Love to Love You Baby dari Donna Summer untuk soundtrack Zoolander dan lagu untuk album Wanderland. 

Penampilan Gwen Stefani di South Side melantunkan lagu Moby dan Let Me Blow Ya Mind milik Eve telah membuat integritas dari grup band untuk memulai genre baru, dance Jamaika.

Melalui album studio No Doubt Rock Steady di rekam di Jamaika, berhasil menelurkan lagu hit Hey Baby dan Underneath It All sebagai pemenang Grammy dan 5 besar di Billboard Hot 100. Single lainnya dari album ini adalah Hella Good dan Running.

No Doubt merilis album The Singles 1992-2003 pada tahun 2003, album ini meliputi lagu No Doubt It’s My Life.yang sukses menjadi lagu hit. Pada pertengahan 2004, band ini mengadakan tur dengan Blink-182 sebelum memulai hiatusnya.

Pada musim panas tahun 2009, No Doubt merencakan sejumlah tour bersama dengan Paramore, The Sounds, Janelle Monae, Badui Soundclash, Katy Perry, Panic at the Disco dan Matt Costa.

Pada November 2010, No Doubt merilis album kompilasi Icon untuk mempersiapkan album comeback karena didalam Icon ditampilkan daftar lagu lagu yang tidak berbeda dengan album kompilasi The Singles 1992-2003.

Pada tahun 2012, merilis album No Doubt Push and Shove dengan lagu utama Settle Down. Lagu Settle Down berhasil menduduki peringkat 34 di Billboard Hot 100, sedangkan albumnya menduduki peringkat 3.

Album Studio No Doubt :

- No Doubt (dirilis tahun 1992)

- The Beacon Street Collection (dirilis tahun 1995)

- Tragic Kingdom (dirilis tahun 1995)

- Return of Saturn (dirilis tahun 2000)

- Rock Steady (dirilis tahun 2001)

- Push and Shove (dirilis tahun 2012)

Tour dan concerts No Doubt :

- Tragic Kingdom World Tour (tahun 1997)

- Return Of Saturn Tour (tahun 2000)

- Rock Steady Tour (tahun 2002)

- Blink-182 / No Doubt Summer Tour 2004 (tahun 2004)

- Summer Tour 2009 (tahun 2009)

- Seven Night Stand (tahun 2012)

Album Kompilasi No Doubt :

- The Singles 1992-2003

- Boom Box

- Everything in Time

Album studio No Doubt :

- Live in the Tragic Kingdom

- Rock Steady Live

- The Videos 1992-2003

Lagu lagu No Doubt

·          "Trapped in a Box"

·          "Squeal"

·         "Doghouse"

·         "Just a Girl"

·         "Spiderwebs"

·         "Don't Speak"

·         "Excuse Me Mr."

·         "Sunday Morning"

·         "Happy Now?"

·         "Hey You!"

·         "New"

·         "Ex-Girlfriend"

·         "Simple Kind of Life"

Seperti dilansir dari Billboard tanggal 17/03/2021, pada saat itu Gwen Stefani hadir via zoom menjadi tamu pada acara Jimmy Kimmel Live untuk membicarakan single terbaru Slow Clap sebagai lagu terbarunya.

Pembicaraan tersebut berlanjut ke band No Doubt dan pertanyaan diberikan ke Gwen Stefani, apakah dia akan kembali ke No Doubt. 

Pada waktu pembuatan album Tragic Kingdom, ketika itu mereka merayakan hari jadinya yang ke 25 dan nostalgia tersebut telah menjaring banyak penggemarnya yang mengunggah album tersebut. 

Dan untuk selanjutnya, Gwen Stefani tidak tahu lagi tentang masa depan No Doubt selanjutnya. Namun dalam perayaan yang ke 30 tahun akan dirilis album bertajuk No Doubt.


Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang No Doubt It's My Life, sukses menjadi lagu hit tahun 2003semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar