Gwen Stefani voice, dipuji powerhouse, vibrato dan brash alto

Gwen Stefani, penyanyi asal Amerika dan vokalis band No Doubt yang berdarah Italia dan Britania Raya yang diperoleh dari kedua orang tuanya

Gwen Stefani, penyanyi cantik asal Amerika bersuara fibrato

Gwen Stefani merupakan seorang penyanyi dan vokalis band No Doubt asal Amerika yang cukup produktif dalam menghasilkan lagu lagu barunya. Di tahun 2022 usia Gwen stefani 53 tahun, tepatnya tanggal 3 Oktober.
 
Hal ini, karena dia dapat menghasilkan 5 lagu baru hanya dalam waktu kurang dari 2 bulan, dan juga pada saat mempersiapkan album ketiganya yang berjudul This Is What The Truth Feels Like. Kondisi ini, membuat dia sendiri merasa tidak percaya, kalau ternyata dia mampu melakukan hal itu.
 
Kemampuan kecepatan Gwen Stefani dalam menulis lagu-lagunya itu, menurutnya hanyalah dikerjakan dengan cara mengikuti air mengalir saja. Hal ini, karena dia tidak dikejar oleh target atau tidak dikejar oleh siapapun sehingga dia santai saja dalam menulis lagunya 

Penyanyi ini mempunyai warna suara yang tidak biasa karena jenis suara Gwen Stefani adalah Mezzo Soprano yang dapat mencapai span tiga oktaf serta vokal yang dinamis dalam vibrato. 

Karya musik dari Gwen Stefani dalam hal fibratonya telah banyak mempengaruhi penyanyi terkenal seperti Hayley Williams, Rihanna, Katy Perry, Marina and The Damons, Cover Drive, Sky Ferreira dan Rita Ora. 

Dia adalah seorang penyanyi yang cukup dermawan, karena pada saat terjadi gempa Tohoku dan tsunami di Jepang pada tahun 2011. Dia telah tergerak hatinya untuk memberikan sumbangan sebesar $ 1 juta untuk membantu anak-anak korban tsunami dan gempa tersebut. 

Sekilas Tentang Karir Musik Gwen Stefani

Gwen Stefani adalah seorang penyanyi yang terlahir dari keluarga campuran dari Italia dan Inggris. Dia lahir di Fullerton, California, Amerika pada tanggal 3 Oktober 1969, dan mempunyai pasangan hidup yang bernama Blake Shelton (2015 - ) dan Gavin Rossdale (m 2002-2016). 
 
Gwen Stefani & Blake Shelton merupakan pasangan suami istri dimana Blake Shelton adalah suami kedua dari Gwen Stefani sejak tahun 2015. Sekarang tahun 2021 ini, Gwen Stefani sudah menginjak usia lebih dari setengah abad lebih.

Nama sejak lahirnya adalah Gwen Renee Stefani tetapi lebih dikenal dengan nama Gwen Stefani, dan dalam bermusik warna musik awalnya lebih cenderung bergenre musik rock, musik ska punk dan musik pop.

Kiprah di dunia musiknya, sudah dimulai sejak tahun 1986 dan awalnya sebagai anggota dari sebuah band yang akhirnya dia beralih dengan memulai karir solonya. 
 
Gwen Stefani pada awalnya bergabung menjadi vokalis dari band No Doubt. Selanjutnya dia baru memulai karir solonya, disekitar tahun 2004 dan ternyata karir solonya tersebut mampu meraih kesuksesan. 

Album debutnya dirilis pada tahun 1980 dengan album berjudul Love Angel Music Baby, album ini dipengaruhi oleh genre musik electropop, musik new wave, musik dance rock, musik hip hop, musik R&B, musik soul dan musik disco.
 
Untuk selanjutnya, disusul dengan album keduanya yang berjudul The Sweet Escape, di album ini warna musiknya lebih ke musik pop modern, musik pop dance, musik electropop dan musik rap. 

Gwen Stefani selalu melakukan perubahan dalam setiap penampilannya. Pada awal penampilannya, dia mempunyai gaya rambut yang menggunakan bindi. Gaya penampilannya ini dipakai di tahun 1990 an.
 
Namun, ciri khas penampilannya selama menjadi vokalis No Doubt, selalu menggunakan hiasan di dahinya dan penampilannya ini , akhirnya telah menjadi ciri khasnya selama tahun 1997. 

Selanjutnya, pada tahun 1995 dia tampil dengan kemeja yang tidak sampai menutup perutnya, sehingga Gwen Stefani pada saat itu sempat menarik perhatian karena penampilannya yang memperlihatkan bagian perutnya.
 
Tahun 1998, dia merubah penampilannya lagi dengan mewarnai rambutnya dengan cat rambut warna biru dan pada tahun 2000, dia merubah penampilan rambutnya dengan warna rambut merah muda.
 
Itulah gaya penampilan dari Gwen Stefani yang selalu memperbaharui penampilannya dari tahun ketahun sehingga membuat penampilannya selalu enak untuk dilihat ketika dia bernyanyi.

Pada tahun 2006 Gwen Stefani memperbarui penampilannya lagi, karena dia terinspirasi oleh karakter dari Michelle Pfeiffer di film Scarface, sehingga dia penampilannya dilengkapi dengan memakai kalung simbol back to back G yang bertahtakan berlian.

Baca juga : Brandy Norwood, Penyanyi Amerika Yang Mempunyai Suara Khas Dengan Julukan The Vocal Bible

Selama masa karir musiknya dia sudah berhasil meraih beberapa penghargaan, diantaranya : 

- Memenangkan Grammy Award sebagai artis solo 
- Memenangkan 4 MTV Video Music Awards 
- Mendapatkan 1 American Music Award 
- Mendapatkan 1 penghargaan Brit 
- Mendaoatkan 1 Billboard Music Awards 
- Memenangkan 2 Grammy Awards dengan band No Doubt 
- Menerima Style Icon Award dari Majalah People Choise pada tahun 2014 

Dua albumnya yang berhasil mendapatkan Platinum, adalah album berjudul : 

- Love, Angel, Music, Baby – 2004 : Album ini berhasil memperoleh 7 kali Platinum karena berhasil mencapai penjualan sampai 7 jta album 
- The Sweet Escape – 2006 : Album ini berhasil memperoleh 3 kali Platinum karena berhasil mencapai penjualan sampai 3 juta album 

Beberapa single Gwen Stefani yang sukses, yaitu : 

- South Side dari album berjudul Play (2000) – berhasil memperoleh Silver 
- Let Me Blow Ya Mind dari album berjudul Scorpion – berhasil memperoleh 2 kali Platinum 
- What You Waiting For? dari album Love, Angel, Music, Baby (2004) – berhasil meraih platinum 
- Rich Girl dari album Love, Angel, Music, Baby (2005) – berhasil meraih 3 kali platinum 
- Holla Back Girl dari album Love, Angel, Music, Baby (2005) – berhasil meraih 7 kali platinum 
- Cool dari album Love, Angel, Music, Baby (2005) – berhasil meraih Gold 
- Can’t I Have It Like That dari album In My Mind (2005) – berhasil meraih Silver 
- Luxurious dari album Love, Angel, Music, Baby (2005) – berhasil meraih Gold 
- Wind It Up dari album The Sweet Escape (2006) – berhasil meraih Platinum 
- The Sweer Escape dari album The Sweet Escape (2007) – berhasil meraih 3 kali Platinum 
- 4 In The Morning dari album The Sweet Escape (2007) – berhasil meraih Gold 
- Now That You Got It dan Early Winter dari album The Sweet Escape (2007) 

Pada tahun 2015 Gwen Stefani telah berhasil mengadakan konser di Hammerstein Ballroom di New York City.
 
Pada saat itu lagu lagu yang dinyanyikannya, salah satunya merupakan lagu terbarunya, karena dia masih mengalami perpisahan dengan mantan suaminya yang bernama Gavin Rossdale sehingga lagunya diberi judul Used To Love You

Single Used To Love You merupakan single pertama dari album ketiganya yang berjudul Make Me Like You. Single ini berhasil memuncak di Billboard 200 dan Album terbarunya yang berjudul Make Me Like You ini dirilis lagi di tahun 2016.
 
Sebenarnya album tersebut oleh Gwen Stefani dibuat untuk dapat menceritakan tentang keindahan dari kehidupan pribadinya. 

Perjalanan karir Gwen Stefani

Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika yang bernama Gwen Stefani Renée (s t ə f ɑː n i ) ini merupakan salah satu pendiri sekaligus sebagai vokalis dari band No Doubt.

Pada saat bersama No Doubt, menghasilkan album studio terobosan baru tahun 1995 yang berjudul Tragic Kingdom, Hey Baby dan It’s My Life dan menelurkan lagu lagu Just a Girl, Spiderwebs dan Don’t Speak.

Pada tahun 2004, Gwen Stefani memulai karir pop solonya dengan merilis album debut solo Gwen Stefani yang berjudul Love, Angel, Music, Baby. Album debutnya ini terinspirasi musik pop tahun 1980 an dan album ini memperoleh kritikan pisitip dan sukses secara komersial.

Album solo debutnya ini menghasilkan 6 single yang berjudul What You Waiting For?, Rich Girl, Hollaback Girl dan Cool.

Salah satu lagunya yang berjudul Hollaback Girl menduduki peringkat pertama di tangga lagu Billboard Hot 100 dan mencapai penjualan 1 juta kopi karena menjadi unduhan AS pertama yang mencapai penjualan tersebut.

Album studio kedua Gwen Stefani yang berjudul The Sweet Escape dirilis pada tahun 2006, album ini menelurkan 2 single berjudul Wind It Up dan The Sweet Escape. Lagu The Sweet Escape berada diurutan 3 tangga lagu Billboard Hot 100 pada tahun 2007.

Pada tahun 2016, dirilis album solo ketiga Gwen Stefani berjudul This Is What the Truth Feels Like, album ini merupakan album solo pertama Gwen Stefani yang mampu berada di peringkat pertama di tangga lagu Billboard 200.

Tahun berikutnya tepatnya tahun 2017, album solo keempat Gwen Stefani berjudul Her dirilis dan Full-length pertama album bertema Natal berjudul You Make It Feel Like Christmas.

Album ini mampu memetakan 19 trek pada Holiday Digital Song Sales di Amerika Serikat.

Pada tahun 2020, Gwen Stefani berkolaborasi dengan Blake Shelton merilis beberapa single dan salah satu singlenya yang berjudul Nobody but You menduduki peringkat 18 di AS. Selain itu, lagu ini meraih 3 Grammy Awards.

Dalam karir solonya, Gwen Stefani telah menerima beberapa penghargaan diantaranya :

- American Music Award

- Brit Award

- World Music Award

- 2 buah Billboard Music Award

Gwen Stefani terinspirasi oleh budaya dan mode Jepang sehingga penampilan pada tahun 2003, Gwen Stefani menggunakan pakaian LAMB dan memperbanyak koleksi customnya dengan lini Harajuku Lovers 2005.

Gwen Stefani oleh beberapa majalah terdaftar kedalam :

Urutan ke 54 sebagai artis paling sukses dan urutan ke 37 dari artis Hot 100 paling sukses oleh majalah Billboard di periode tahun 2000 – 2009.

VH1 menempatkan di urutan 13 dalam daftar 100 Wanita Terhebat dalam Musik pada tahun 2012.

Album Gwen Stefani selama karir solo dan karir bersama dengan No Doubt telah mampu terjual hingga 30 juta album di seluruh dunia.

Masa muda Gwen stefani

Gwen Stefani lahir dan dibesarkan di Fullerton, dekat Anaheim, California sebagai seorang Katolik.

Nama lahir Gwen Renée Stefanie diambil dari nama seorang pramugari pada novel Airport tahun 1968 dan nama Renée diambil dari lagu tahun 1966 milik Four Tops tahun 1968 dari lagu Left Banke yang berjudul Walk Away Renée.

Ayah Gwen Stefani bernama Dennis Stefani merupakan keturunan Italia Amerika dan bekerja sebagai eksekutif pemasaran Yamaha, Sedangkan ibunya bernama Patti (née Flynn) merupakan keturunan Amerika Irlandia dan bekerja sebagai akuntan.

Musik folk merupakan musik kesukaan dari orang tua Gwen Stefani sehingga orang tua Gwen Stefani memperkenalkan artis musik Bob Dylan dan Emmylou Harris kepadanya.

Gwen Stefani bersama No Doubt

Gwen Stefani adalah 4 bersaudara, dia mempunyai 2 adik bernama Jill dan Todd dan 1 orang kakak bernama Eric. Kakak Gwen Stefani ini merupakan pemain keyboard dari No Doubt yang kemudian pindah ke The Simpsons untuk mengembangkan karir musiknya.

Karir awal Gwen Stefani di musik adalah menjadi anggota personil dari No Doubt di Voodoo pada tahun 2002 sebagai vokalisnya. Setelah pada tahun 1998, kakak  Gwen Stefani yang bernama Eric memperkenalkannya ke musik 2 Tone oleh Madness and the Selecter.

No Doubt mendapatkan tandatangan kontrak pada tahun 1991 dan merilis album debut selt-title pada tahun 1992. Namun band ska ini kalah popularitasnya dengan musik grunge yang masih populer pada saat itu.

Gwen Stefani menyumbangkan vokal tamu untuk lagu Saw Red di album Robbin’ the Hoodtahun 1994 milik Sublime, sebelum No Doubt dan Sublime meraih kesuksesan mainstreamnya.

Namun, Gwen Stefani tidak setuju dengan agresivitas artis grunge wanita karena mengandung kombinasi serta daya tarik seks dari penyanyi Blonde Debbie Harry.

Album ketiga No Doubt berjudul Tragic Kingdom dirilis pada tahun 1995, kemudian disusul dengan The Beacon Street Collection pada tahun yang sama. Album Tragic Kingdom ini masuk nominasi Grammy dan terjual hingga 16 juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 2004

Album ini menelurkan 5 single, salah satunya adalah single berjudul Don’t Speak yang berada di peringkat pertama di tangga Hot 100 Airplay tahun 1997.

Pada saat berlangsungnya tur Tragic Kingdom ini, Gwen Stefani sampai tidak mengikuti kuliah selama 1 semester karena tur berlangsung selama 2 setengah tahun.

Gwen Stefani mendapat julukan “The Queen of Confessional Pop” oleh majalah Rolling Stone pada tahun 2000.

Gwen Stefani berkolaborasi dengan beberapa artis lain, diantaranya :

- Brian Setzer Orchestra dengan lagu You’re The Boss

- Moby dengan lagu South Side

- Eve dengan lagu Let Me Blow Ya Mind

Tahun 2000, No Doubt merilis Return of Saturn tetapi rilisan ini tidak meraih kesuksesan sebagai kelanjutan dari pengaruh gelombang baru dari Tragic Kingdom.

Album ini sebagian besar berfokus pada hubungan Gwen Stefani dengan pimpinan Bush yang bernama Gavin Rossdale, termasuk rasa tidak nyamannya dan rasa bimbangnya untuk menetap dan mempunyai anak.

Pada tahun 2001, No Doubt merilis album Rock Steady dimana album ini banyak mengeksplorasi musik reggae dan dancehall dengan tetap mempertahankan pengaruh gelombang baru band ini.

Album ini berhasil memetakan di posisi pertama tangga lagu single di Amerika Serikat, selain itu single Hey Baby dan Underneath It All berhasil meraih Grammy Awards.

Koleksi hits terbesar berjudul The Singles 1992-2003 dirilis tahun 2003 ini, meliputi penutup dari sebuah cover of Talk Talks dari lagu It’s My Life.

Pada tahun 2002, Eve dan Stefani berhasil meraih Grammy Award untuk Best Rap/ Sung Collaboration untuk lagu Let Me Blow Ya Mind.

Karir solo Gwen Stefani

Pada bulan November 2004, Gwen Stefani merilis album solonya yang berjudul Love, Angel, Music, Baby

Album ini juga menampilkan beberapa kolaborasi Gwen Stefani dengan artis lain diantaranya dengan Tony Kanal, Tom Rothrock, Linda Pery, André 3000, Nellee Hooper, the Neptunes dan New Order.

Dalam pembuatan albumnya, Gwen Stefani telah memperbarui musik yang pernah dia dengarkan pada saat masih SMA serta memakai pengaruh musik tahun 1980 an dan awal tahun 1990 an, diantaranya musik new wave, synthpop serta electro.

Gwen Stefani juga memutuskan untuk mencoba musik pop untuk karir solonya dalam pembuatan album LAMB dan berusaha untuk meyakinkan dunia tentang bakat kemampuannya serta nilai artistik dia yang berbeda dengan yang lainnya.

Album LAMB ini merupakan album debut peringkat 7 di chart US Billboard 200 dan mencapai penjualan hingga 309 ribu eksemplar. Selain itu juga meraih multi-platinum di Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia dan Kanada.

Single pertama dari album ini berjudul What You Waiting For? mencapai debut dipringkat pertama ARIA Single Chart, peringkat 47 di US Billboard Hot 100 dan masuk 10 besar di sebagian besar tanga lagu lainnya.

Lagu What You Waiting For? ini menceritakan kekuatiran Gwen Stefani jika meninggalkan No Doubt untuk bersolo karir dan keinginannya untuk mempunyai anak.

Single kedua dari album ini berjudul Rich Girl dimana Gwen Stefani berduet dengan rapper Eve. Lagu ini merupakan adaptasi dari lagu pop tahun 1990 an dari musisi Louchie Lou & Michie One dan cover secara melodi dari lagu If I Were a Rich Man oleh musical Fidder on the roof.

Lagu Rich Girl ini berada di sepuluh besar AS dan Inggris, selanjutnya single ketiga berjudul Hollaback Girl juga berada diperingkat pertama AS dan Australia. Lagu ini menjadi lagu pertama AS musik download yang terjual hingga 1 juta kopi.

Single keempat yang berjudul Cool dirilis setelah lagu sebelumya berhasil menduduki 20 besar di AS dan Inggris. Lirik lagu dan video musik lagu Cool ini kemudian dibuat film di danau Como, dimana lagu ini menceritakan hubungan Gwen Stefani dengan Kanal.

Album solo kelima Gwen Stefani berjudul Luxurious kemudian pada tahun 2006 dilanjutkan merilis single keenam berjudul Crash sebagai pengganti single berjudul Love, Angel, Music, Baby, karena kehamilan Gwen Stefani ditunda.

Selain musik, ternyata Gwen Stefani juga berminat untuk main film sehingga dai mengikuti audisi untuk film Mr & Mrs Smith. Film debutnya pada tahun 2004 berjudul The Aviator dimana Gwen Stefani bermain bersama Jean Harlow di Martin Scorsese.

Untuk mempersiapkan film debutnya ini, Gwen Stefani harus mempelajari 2 biografi dan menonton 18 film Harlow.

Gwen Stefani mengisi suara untuk karakter video game berjudul Malice tahun 2004, namun akhirnya suara Gwen Stefani tidak jadi dipakai karena perusahaan memutuskan untuk tidak memakai suara dari anggota band No Doubt.

Pada bulan Desember 2006, dirilis album kedua Gwen Stefani berjudul The Sweet Escape. Pada saat itu Gwen Stefani masih bekerja Kanal, Perry dan Neptunus, selain itu juga bekerja dengan Akon dan Tim Rice-Oxley dari band Keane yaitu band rock Inggris.

Album kedua Gwen Stefani lebih ke musik elektronik dan dance dan dirilis bersamaan dengan merilis DVD tur pertamanya yang berjudul Harajuku Lovers Live.

Single utama dari album kedua Gwen Stefani ini berjudul Wind It Up dan dalam pembuatan lagu ini memakai yodeling dan interpolasi dari The Sound of Music.

Lagu ini menduduki peringkat 10 besar di lebih dari 15 negara, diantaranya berada diperingkat 2 di AS, Australia dan Inggris.

Untuk mempromosikan album The Sweet Escape, Gwen Stefani membawakan lagunya bersama dengan Akon pada musim ke 6 American Idol dan melakukan tur dunia yaitu ke Amerika Utara, Eropa, Asia, Pasifik dan sebagian Amerika Latin. Turnya bernama The Sweet Escape Tour.

Sehingga berhasil masuk nominasi Grammy Award untuk kolaborasi Pop Terbaik dengan Vokal.

Album ini menghasilkan beberapa single lain diantaranya single berjudul 4 in the Morning, Now That You Got It yang menampilkan Damian Marley dan Early Winter.

Berdasarkan wawancara dengan Entertainment Weekly pada tanggal 6 Juni 2011 bahwa Gwen Stefani sebenarnya tidak mempunyai rencana untuk melanjutkan karir solonya.

Pada saat itu No Doubt membuat album barunya tanpa Gwen Stefani karena dia masih melakukan tur untuk mempromosikan The Sweet Escape. Gwen Stefani akan menyelesaikan album No Doubt tersebut setelah dia selesai tur.

Penulisan lagu lagu Gwen Stefani untuk album yang masih dikerjakan di No Doubt mejadi lebih lambat karena kondisi Gwen Stefani masih hamil anak keduanya. Hal ini diposting oleh Gwen Stefani pada tanggal 28 Maret 2008.

The Singles dari Tahun 1992 -2003 terdapat yang digunakan untuk video game Rock Band 2 pada tanggal 9 Desember 2008.

Album No Doubt selanjutnya berjudul Push and Shove dirilis tanggal 25 September dengan single pertamanya berjudul Settle Down. Video musik Settle Down dirilis tanggal 16 Juli, lagu Settle berada di peringkat 3 di US Billboard 200 dan peringkat 34 di Billboard Hot 100.

Gwen Stefani tampil di festifal Coachella pada tanggal 12 April 2014 dan bergabung dengan Pharrell Williams membawakan lagu Hollaback Girl.

Pada acara MTV Video Music Award 2014, Gwen Stefani menjadi artis unggulan dengan lagu My Heart Is Open untuk Maroon 5.

Lagu ini ditulis Gwen Stefani bersama dengan Sia Furler yang berasal dari album band V, namun Gwen Stefani perama kali berkolaborasi dengan Adam Levine di acara Grammy Awards 2015.

Selanjutnya berkolaborasi dengan Calvin Harris dengan lagu Together pada albumnya yang berjudul Motion.

Gwen Stefani resmi menjadi pelatih The Voice untuk menggantikan Christina Aguilera pada tanggal 29 April.

Gwen Stefani merilis single comeback berjudul Baby Don’t Lie pada tanggal 20 Oktober 2014. Lagu ini ditulis bersama dengan 3 orang produser bernama  Ryan Tedder, Benny Blanco dan Noel Zancanella.

Disusul dengan merilis lagu baru dari album ketiga Gwen Stefani berjudul Spark the Fire pada akhir bulan Oktober 2014, dimana lagu ini diproduksi oleh Pharrell Williams.

Namun lagu Baby Don’t Lie dan Spark the Fire ini, akhirnya tidak dimasukkan kedalam album tersebut. Namun, kedua lagu ini di tampilkan secara online pada tanggal 23 November 2014.

Kolaborasi Gwen Stefani dengan Williams juga merekam lagu berjudul Shine yang dipakai untuk soundtrack Paddington pada tangga 13 Januari 2015.

Kerjasama Gwen Stefani dengan Sia Fuller menghasilkan lagu balada berjudul Start a War, dimana lagu ini akan dirilis di album studio ketiga Gwen Stefani.

Gwen Stefani tampil di lagu Kings Never Die dari Rapper Amerika bernama Eminem pada tanggal 10 Juli 2015, lagu ini digunakan untuk soundtrack film Southpaw dan menduduki peringkat 80 di tangga lagu Billboat Hot 100 serta mencapai penjualan unduhan digital 35 ribu eksemplar.

Gwen Stefani melakukan rangkaian tur MasterCard Priceless Surprises di Hammerstein Ballroom di New York City pada tangal 17 Oktober 2015, dengan membawakan lagu baru berjudul Used to Love You.

Lagu Used to Love You ini menceritakan tentang perpisahan Gwen Stefani dengan mantan suaminya yang bernama Gavin Rossdale. Lagu ini akhirnya menjadi single pertama dari album solo ketiga Gwen Stefani yang berjudul This Is What the Truth Feels Like.

Single kedua dari album ketiga Gwen Stefani ini berjudul Make Me Like You dirilis pada bulan Februari 2016 dan album solo keduanya ini debut berada di peringkat tertinggi di Billboard 200.

Album ini menjadi album peringkat tertinggi Gwen Stefani pertama kali di tangga lagu AS sebagai artis solo dan terjual hingga 84 ribu eksemplar.

Untuk mempromosikan album ini, Gwen Stefani mengadakan tur This Is What the Truth Feels Like bersama dengan rapper Eve di Amerika Serikat.

Dalam film animasi Trolls, Gwen Stefani menjadi pengisi suara DJ Suki, film ini dirilis pada bulan November 2016. Dalam film animasi ini, Gwen Stefani juga mengikutkan 5 lagu soundtrack resmi dari film ini.

Gwen Stefani merilis album You Make It Feel Like Christmas pada bulan Oktober 2017, lagu berjudul Its menampilkan vokal tamu dari Shelton dan lagu ini didistribusikan melalui digital pada bulan September 2017.

Untuk mempromosikan album ini, Gwen Stefani menjadi pembawa acara You Make It Feel Like Christmas yaitu acara televisi khusus Natal NBC. Acara ini ditampilkan pada bulan Desember 2017.

Karena trek penulisan lagu Gwen Stefani bocor sehingga Gwen Stefani berkolaborasi dengna penyanyi lain seperti busbee, Blake Shelton dan Justin Tranter.

Konser bertajuk Just a Girl: Las Vegas diadakan di Zappos Theatre dari tanggal 27 Juni 2018 sampai 16 Mei 2020, merupakan konser residensi pertama bagi Gwen Stefani. Hasil dari pertunjukan ini oleh Gwen Stefani 1 $ per tiketnya disumbangkan ke organisasi Cure4Kids.

Pada edisi deluxe You Make It Feel Like Christmas dirilis pada bulan Oktober 2018 yang dipromosikan melalui singel berjudul Secret Santa.

The New York Times Magazine telah mendaftarkan Gwen Stefani berada diantara ratusan seniman yang meterinya dilaporkan hancur karena kebakaran Universal 2008.

Gwen Stefani kembali menjadi pelatih The Voice untuk musik ke 17 menggantikan Adam Levine yang meninggalkan acara tersebut pada musim ke 16.

Pada musim ke 18, Gwen Stefani digantikan oleh pelatih pertama yang bernama Nick Jonas dan Gwen Stefani kembali menjadi pelatih The Voice pada musim ke 19.

Di album kompilasi Gwen Stefani yang berjudul Fully Loaded: God’s Country, Gwen Stefani membawakan lagu Shelton berjudul Nobody but You pada bulan Desember 2019.

Lagu Nobody but You ini melejit di peringkat 18 di Billboard Hot 100 dan peringkat 49 di Canadian Hot 100.

Single berjudul Happy Anywhere dirilis oleh Gwen Stefani dan Shelton pada tanggal 24 Juli 2020. Lagu ini terinspirasi oleh kondisi pandemi COVID-19 yang masih merebak di seluruh dunia.

Penampilan Gwen Stefani yang dijadwalkan di festifal Lollapalooza 2020 terpaksa ditunda karena pandemi belum berakhir, sehingga diadakan secara live streaming selama 4 hari pada bulan Agustus 2020 tetapi Gwen Stefani tidak tampil.

Gwen Stefani tampil pada remix Mark Ronson berjudul Physical yang dimasukkan ke album remix Dua Lipa yang berjudul Club Future Nostalgia tahun 2020.

Padahal, awalnya Gwen Stefani hanya diminta untuk menghapus sampel Hollaback Girl untuk remix Mr Fingers dari Dua Lipa berjudul Halucinate. Namun, akhirnya diminta untuk ikut dalam remix Physikal.

Gwen Stefani merilis single cover Sleigh Ride untuk mempromosikan edisi ulang tahun 2020 dari You Make It Feel Christmas.

Single utama untuk album studio kelima Gwen Stefani berjudul Let Me Reintroduce Myself dirilis pada tanggal 7 Desember 2020.

Kemudian disusul dengan merilis single kedua berjudul Slow Clap pada bulan Maret 2021 dan bulan berikutnya menerima remix dengan menampilkan Saweetie.

Di akun Instagramnya, Gwen Stefani mengumumkan akan merekam 2 single barunya yang berjudul When Loving Gets Old dan Cry Happy.

Selain musik, Gwen Stefani juga mempunyai usaha :

Ketika bersama dengan No Doubt, custom yang dipakai Gwen Stefani adalah stylist dari Andrea Lieberman yang memperkenalkan model pakaian haute couture, sehingga pada tahun 2014 Gwen meluncurkan lini model bernama LAMB.

Lini model ini adalah pengaruh dari gaya Guatemala, Jepang dan Jamaika. Model Lini ini populer dan banyak digunakan oleh bintang artis seperti Teri Hatcher, Nicole Kidman serta Gwen Stefani sendiri.

Kemudian pada tahun 2005, Gwen Stefani memperluas lagi melalui lini Harajuku Lovers yang lebih murah serta berbagai macam produk kamera, pernak pernik ponsel serta pakaian dalam.

Gwen Stefani merilis boneka edisi terbatas yang diberi nama Love. Angel. Music. Baby pada akhir tahun 2006. Dimana fashion dolls dari boneka boneka tersebut terispirasi oleh custom yang dipakai Gwen Stefani dan Harajuku Girl pada saat tur.  Untuk album tersebut.

Tahun 2007, Gwen Stefani meluncurkan produk minyak wangi atau parfum L dan ini sebagai bagian dari koleksi pakaian dan aksesoris dari LAMB.

Kemudian tahun 2018, merilis lini wewangian yang terdiri dari 5 wewangian berdasarkan 4 Harajuku Girl dan 1 adalah Stefani sendiri yang diberi nama Love, Lil’ Angel, Music, Baby adn G (Gwen).

Gwen Stefani menjadi juru bicara dari L’ Oréal Paris pada bulan Januari 2011.

Tahun 2016, Urban Decay bekerja sama dengan Gwen Stefani merilis koleksi kosmetik edisi terbatas.

Tahun 2016, Gwen Stefani merilis kacamata dengan label fesyen LAMB. Kemudian dilanjutkan dengan merilis kacamata dengan harga terjangkau melalui label GX dengan Tura Inc.

Gwen Stefani merilis serial animasi mengenai dirinya dan Harajuku Girls pada tahun 2014.

Gwen Stefani bersama dengan Vision Animation dan Moody Street Kids, dimana Gwen Stefani telah membantu menciptakan pertunjukan dirinya, Love, Angel, Music and Baby sebagai band yang bernama HJ5.

Lisensi mainan global berseri Kuu Kuu Harajuku didistribusikan keseluruh dunia oleh DHX Media.

Kehidupan Pribadi Gwen Stefani

Gwen Stefani berkencan dengan teman satu bandnya yang bernama Tony Kanal dimana Gwen Stefani berkeinginan untuk mendapatkan bayi dengan Tony Kanal. Namun, band ini hampir saja berakhir sewaktu Kanal memutuskan hubungannya dengan Gwen Stefani.

Break-up terinspirasi oleh lirik dari Gwen Stefani, demikian juga dengan lagu lagu Tragic Kingdom yang lainnya seperti Do not Speak, Sunday Morning serta Hey You!.

Faktanya, hubungan Gwen Stefani dengan Tony Kanal naik turun selama bertahun tahun sehingga Gwen Stefani menulis lagu berjudul Cool. Lagu ini menggambarkan hubungan mereka sebagai teman di album solo debut tahun 2004 berjudul Love, Angel, Music, Baby.

Gwen Stefani akhirnya menikah dengan vokalis dan gitaris band Bush yang bernama Gavin Rossdale pada tanggal 14 September 2002. Pertemuan mereka terjadi ketika No Doubt dan Bush band tampil bersama di konser liburan untuk stasiun radio KROQ.

Stefani dan Gavin Rossdale dikaruniai 3 orang anak, tetapi Gwen Stefani melakukan gugatan cerai pada Rossdale karena alasn perbedaan yang tidak bisa di damaikan. Proses perceraian mereka selesai pada tanggal 8 April 2016.

Selanjutnya, Gwen Stefani berhubungan dengan Blake Shelton yaitu seorang artis musik country yang diumumkannya pada bulan November 2015.

Hubungan Gwen Stefani dan Blake Shelton ini, dilanjutkan dengan pertunangan pada tanggal 27 Oktober 2020 dan menikah pada tanggal 3 Juli 2021 di peternakan Oklahoma Shelton.

Penilaian media dari suara Gwen Stefani

Vokal dari Gwen Stefani mempunyai jangkauan yang luar biasa sehingga AXS menyebut Gwen Stefani sebagai vokalis “powerhouse”. Berbeda dengan The New York Times yang menyebut vokal Gwen Stefani sebagai “mannered” serta memuji vibratonya.

IGN menggambarkan bahwa Gwen Stefani mempunyai kemampuan vokal yang unik, lain halnya dengan The Chicago Tribune yang menyebut bahwa Gwen Stefani mempunyai “brash alto”.

Custome panggung Gwen Stefani

Setelah video musik Just a Girl pada tahun 1995, Gwen Stefani populer karena sering menggunakan baju yang kelihatan perutnya.

Tony Kanal merupakan keturunan India dan selama terobosan No Doubt, sehingga Gwen Stefani memakai hiasan didahinya mirip orang India di beberapa video musiknya dan dia mempopulerkan aksesori hiasan di dahi tersebut pada tahun 1997.

Lagu berjudul Magic’s in the Makeup memgambarkan bedak wajah ringan, lipstik merah cerah serta alis melengkung.

Lagu berjudul Platinum Blonde Life di Rock Steady ini, membahas tentang rambut pirang platinum yang dimiliki Gwen Stefani pada tahun 1994 serta memainkan bom pirang asli Jean Harlow pada film biografi The Aviator tahun 2004.

Namun, Gwen Stefani pada tahun 1998 mengganti warna rambutnya berwarna biru dan tahun 1999 berganti warna rambutnya menjadi merah muda ketika tampil di cover Return of Saturn.

Pada tahun 2006, Gwen Stefani mulai membuat variasi citranya karena terinspirasi oleh karakter dari Michele Pfieffer, Elvira Hancock di film Scarface tahun 1983.

Gwen Stefani menciptakan simbol dengan dua huruf G berurutan yang bertahtakan berlian, simbol ini dipakai kalung sebagai motif untuk mempromosikan The Sweet Escape.

Pada tanggal 22 September 2010 patung lilin dari Gwen Stefani diresmikan di Madame Tussauds Las Vegas di The Venetian.

Hollaback Girl merupakan lagu khas bagi Gwen Stefani sejak lagu ini dirilis tahun 2005

Gwen Stefani mendukung Black Lives Matter untuk menjauhkan diri dari segala macam bentuk rasisme setelah meninggalnya George Floyd dari Afrika Amerika. Dengan cara membagikan kutipan lagu The Specials “Racism”.

Lagu ini mengatakan bahwa apabila Anda mempunyai teman yang rasis maka sekarang waktunya untuk mengakhiri persahabatanmu.

Solo discography Gwen Stefani

- Love, Angel, Music, Baby (tahun 2004)

- The Sweet Escape (tahun 2006)

- This Is What the Truth Feels Like (tahun 2016)

- You Make It Feel Like Christmas (tahun 2017)

Discography No Doubt

- No Doubt (tahun 1992)

- The Beacon Street Collection (tahun 1995)

- Tragic Kingdom (tahun 1995)

- Return of Saturn (tahun 2000)

- Rock Steady (tahun 2001)

- Push and Shove (tahun 2012)

Tours Gwen Stefani

- Harajuku Lovers Tour (tahun 2005)

- The Sweet Escape Tour (tahun 2007)

- This Is What the Truth Feels Like Tour (tahun 2016)

- Gwen Stefani – Just a Girl (tahun 2018-2021), Residency

- MaterCard Priceless Surprises Presents Gwen Stefani (tahun 2015-2016), Promotional

- Irvine Meadows AmphitheatrenFinal Shows (tahun 2016), Promotional

- Machaca Fets (tahun 2019), Festivals

Filmography Gwen Stefani

- Saturday (tahun 1996), 6 episode

- King of the Hill (tahun 2001), episode: Kidney Boy and Hamster Girl: A Love Story

- Zoolander (tahun 2001), cameo

- Dawson’s Creek (tahun 2002), episode: Spiderwebs

- Malice (tahun 2004), Video game

- The Aviator (tahun 2004), Nominated: Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture

- Fashion Rocks (tahun 2005), Documentary

- Brain Fart (tahun 2005), Documentary

- Gossip Girl (tahun 2009), episode: Valley Girls

- Everyday Sunshine: The Story of Fishbone (tahun 2011), Documentary

- Poetlandia (tahun 2013, episode: Nina’s Birthday

- The Voice (tahun 2014-2015, 2017, 2019-2020), coach: season 7, 9, 12, 17, 19 dan advisor : seasons 8 dan 10

- Through the Eyes of Faith (tahun 2015), Documentary

- Trolls (tahun 2016)

- The Defiant Ones (tahun 2017), Documentary

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Gwen Stefani voice, dipuji powerhouse, vibrato dan brash alto, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. 
 
Alangkah indahnya jika kita mendapat kesempatan untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : wikipedia

0 komentar