Kelly Clarkson voice, vokal powerfull dan berkharisma

Kelly Clarkson seorang penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat telah menjadi pemenang American Idol musim pertama

Kelly Clarkson single terbarunya Love So Soft

Suara Kelly Clarkson mempunyai kemampuan vokal yang hangat dan sangat kuat serta bertenaga penuh. Selain itu, selalu konsisten dalam menunjukkan kharismanya sehingga membuat Kelly Clarkson show sangat memukau di dalam setiap penampilannya. 
 
Penyanyi wanita asal Amerika Serikat dengan Kelly Clarkson songs terbarunya berjudul Love So Soft. Single ini merupakan single dari Kelly Clarkson album terbaru yang ke 8 Kelly Clarkson, berjudul Meaning of Life. 

Mengawali musik Kelly Clarkson, dia menjadi seorang pemenang American Idol pertama kali pada tahun 1992. sehingga namanya menjadi terkenal setelah menjadi pemenang American Idol dan dia telah berhasil menjual albumnya hingga mencapai 70 juta kopi.

Selain sebagai penyanyi, Kelly Clarkson juga sebagai seorang penulis lagu. Jenis suaranya soprano yang bisa naik lagi sampai ke suara peluit mendatar sehingga Kelly Clarkson mampu menyanyikan nada nada yang cukup sulit.

Nada tingginya sangat manis dan cukup lembut, selain itu suara geramannya sangat seksi dan bergetar bahkan ada yang mengatakan bahwa suara dari Kelly Clarkson hampir disamakan dengan suara Taylor Swift.
 
Namun demikian, ada juga yang menilai bahwa suara Kelly Clarkson terlalu besar untuk vokal yang lebih hangat. Kelly Clarkson musiknya cenderung berjenre soft rock yang ringan.


Namun demikian, Kelly Clarkson mampu secara stabil selalu menunjukkan kharismanya dengan selalu memperlihatkan suaranya yang cukup bersemangat dan mengeluarkan semua kemampuannya  pada saat tampil menyanyikan lagu lagunya.

Menurut Esquire bahwa Kelly Clarkson mempunyai suara terbaik di dalam sejarah musik pop, seperti halnya dengan penyanyi yang bernama Celine Dion, sehingga Kelly Clarkson telah dianugerahi gelar Queen of Covers.
 
Julukan ini diberikan karena dia telah berhasil menyanyikan lagu lagu dari penyanyi lain dengan macam macam jenis genre musik.

Sejak usia 8 tahun Kelly Clarkson sudah mulai terjun ke dunia musik, kesukaannya terhadap musik terjadi ketika dia mengunjungi sebuah gereja Afrika – Amerika di Fort Worth. Dalam bermusik, dia sangat dipengaruhi oleh bermacam macam genre musik.

Genre musik yang mempengaruhi karir Kelly Clarkson, diantaranya adalah :

- Sangat dipengaruhi oleh seorang penyanyi soul yang bernama Aretha Franklin.

- Mariah Carey, Etta James, Stevie Wonder dan Whitney Houston sangat mempengaruhi Kelly Clarkson dalam penjiwaannya.

- Untuk genre musik rocknya sangat dipengaruhi oleh Radiohead, Garbage, Aerosmith dan Jimi Hendrix.


Dia pertama kali mendapatkan tanda tangan kontrak dari RCA Record, dengan single perdananya yang berjudul Before Your Love/ A Moment Like This.
 
Single ini telah berhasil melejit kepuncak tangga lagu Billboard Hot 100 Amerika Serikat dan merupakan salah satu single paling laku di tahun 2002.

Selama karir musiknya sebagai penyanyi dan penulis lagu, dia sudah berhasil meraih berbagai macam penghargaan diantaranya adalah :

- Grammy Awards sebanyak 3 kali

- MTV Video Music Award sebanyak 3 kali

- American Music Awards sebanyak 4 kali

- Academy of Country Music awards sebanyak 2 kali

Kelly Clarkson telah berhasil menjadi artis pertama yang telah berhasil menduduki puncak tangga untuk setiap chart popboard, adult contemporary, country serta dance. Dia juga berhasil masuk keurutan nomor 9 dari 100 Wanita Terbesar di Musik menurut daftar VH1.

Love So Soft merupakan single dari penyanyi Kelly Klarkson yang dihasilkan oleh album kedelapannya dengan judul album Meaning of Life, single Love So Soft ini merupakan single r&b soul trap dan berhasil terjual hingga 36 ribu di Amerika Serikat.

Perjalanan karir Kelly Clarkson

Kelly Clarkson terlahir di Fort Worth, Texas, Amerika pada tanggal 24 April 1982 dengan nama Kelly Brianne Clarkson ini adalah seorang penyanyi, penulis lagu, aktris dan tokoh televisi asal Amerika dan mulai naik daun setelah berhasil menjuarai American Idol musim pertama tahun 2002.

Nama aslinya Kelly Brianne Clarkson tetapi lebih dikenal dengan nama Kelly Clarkson, penyanyi kelahiran 24 April 1982 ini lahir di Forth Worth, Texas, Amerika Serikat. 
 
Kelly Clarkson dikaruniai 2 orang anak yang bernama River Rose Blackstock dan Remington Alexander Blaksstock, dengan suami bernama Brandon Blackstock.

Dia langsung mendapatkan tanda tangan kontrak pada tahun 2002 dan berhasil merilis single debut A Moment Like This. Lagu Kelly Clarkson A Moment Like This ini melejit di peringkat pertama Billboard Hot 100 dan menjadi lagu terlaris tahun tersebut di Amerika.

Tahun 2003, Thankful adalah Kelly Clarkson album debut pop dan r&b yang memuncak di Billboard 200. Album debut ini merupakan album pertama Kelly Clarkson dengan kemampuan vokalnya yang luar biasa.

Setelah merilis album pertamanya, Kelly Clarkson memutuskan untuk keluar dari Idol manajemen supaya dia dapat menemukan kembali ikonnya sendiri dalam bermusik.

Tahun 2004, Kelly Clarkson album studio kedua Breakaway. Album ini menelurkan 4 single top 10 di AS diantaranya Since U Been Gone, Behin These Hazel Eyes dan Because of You. Album Breakaway mampu terjual lebih dari 12 juta eksempalr di seluruh dunia dan meraih 2 Grammy Awards.

Album Breakaway ini mendapat pujian karena lagu lagunya merupakan lagu lagu pop anthemik yang memimpin dibarengi dengan mainstream trik yang sulit dilakukan. 

Hal ini, membuat Kelly Clarkson merupakan penyanyi yang langka di tahun 2000 an karena penyanyi pop yang tidak hip melainkan solid dan menyenangkan.

Album studio ketiga Kelly Clarkson My December dirilis tahun 2007, namun sang produser tidak puas dengan album ini karena musik rocknya tidak seperti album sebelumnya sehingga album ini tidak terlalu dipromosikan oleh produser rekamannya.

Album studio keempat All I Ever Wanted yang dirilis tahun 2009 berhasil memposisikan kepuncak tangga lagu Billboard Hot 100 melalui lagu My Life Would Suck Without. 

Kemudian disusul dengan album kelima Stronger yang dirilis tahun 2011. Dalam album ini Kelly Clarkson memilih jenis musik pop rock yang lebih ringan sehingga kedua album ini berhasil menduduki peringkat pertama di AS.

Selain itu album ini telah memenangkan Grammy Award untuk album Vokal Pop terbaik sebanyak 2 kali.

Dimana dari kedua abum tersebut menghasilkan 2 buah lagu Kelly Clarkson My Life Would Suck Without You yang melejit ke peringkat pertama Hot 100 dan Stronger (What Don’t Kill You) menjadi lagu Kelly Clarkson terlaku di dunia.

Album keenamnya merupakan album Natal pertama kalinya yang dirilis pada tahun 2013 dengan judul Wrapped In Red, album ini berhasil menjadi album liburan terlaris di tahun tersebut.

Kelly Clarkson juga telah menjadi artis wanita pertama yang berhasil menjadi The best selling holiday of the year melalui album Kelly Clarkson Wrapped in Red yaitu album keenam yang dirilis tahun 2013.

2 tahun kemudian, album ke tujuh Kelly Clarkson Piece by Piece berhasil dirilis tahun 2015. Album ini berhasil menduduki peringkat 1 di AS. Album kedelapan Meaning of Life dirilis tahun 2017 dan album ini sangat dipengaruhi oleh jiwa dan dipromosikan dalam highest grossing tour.

Prestasi Kelly Clarkson telah berhasil menjual lebih dari 25 juta album serta 45 juta singelnya di seluruh dunia. Dengan jumlah 11 lagu top hit Kelly Clarkson yang masuk single top 10 di AS dan 9 lagunya masuk single top 10 di beberapa negara seperti Inggris, Kanada dan Australia.

Kerennya, Kelly Clark merupakan artis pertama dalam sejarah yang berhasil memuncak di Billboard’s pop,  adult contemporaryadult popcountry, and dance charts.

Kelly Clarkson The Voice, merupakan tempat dimana dia menjadi seorang pelatih yang dijabatnya sejak musim ke 14. Selain itu, sejak tahun 2019 dia menjadi pembawa acara televisi The Kelly Clarkson show.

Melalui kegiatan barunya ini, Kelly Clarkson berhasil memperoleh penghargaan, diantaranya mendapatkan 3 MTV Video Music Awards, 4 American Music Awards, 2 Academy of Country Music Awards, 3 Daytime EmmyAwards.

Selain itu Kelly Clark juga memperoleh pujian dari Billboard untuk :

One of pop music’s greatest singers, memberikan penghargaan atas the Powerhouse Award untuk vokalnya, ditambah lagu VH1 menempatkan Kelly Clark dalam peringkat ke 9 dalam daftar 100 wanita terhebat dalam musik.

Kelly Clarkson terlahir dan dibesarkan di Forth Worth, Texas dengan nama Kelly Brianne Clarkson. Ibunya bernama Jeanne Ann (née Rose) yaitu seorang guru bahasa Inggris sedangkan bapaknya bernama Stephen Michael Clarkson yaitu seorang eks insinyur.

Sejak Kelly Clarkson lulus dari Burleson High Scool tahun 2000, dia mulai tampil dengan beberapa musikus seperti Annie Get Your Gun, Seven Brides for Seven Brothers dan Brigadoon.

Kelly Clarkson tampil disekolah menegahnya dalam pertunjukan berbakat dan terlihat kemampuan bernyanyi Kelly Clarkson sangat menonjol. 

Akhirnya dia mulai berlatih klasik dengan harapan akan memperoleh Ticket untuk Kelly Clarkson dalam pendidikan selanjutnya, dengan cara mendapatkan beasiswa kuliah.

Lulus SMA, Kelly Clrakson mendapatkan beasiswa penuh di 3 tempat yaitu di University of Texas di Austin, University of North Texas dan Berklee College of Music. 

Namun, kesempatan beasiswa tersebut semuanya ditolak oleh Kelly Clarkson karena dia sudah banyak menulis lagu dan ingin mencoba karir dibidang musik.

Kelly Clarkson akhirnya mencoba untuk membiayai demo, merekam dan berusaha memasarkan ke label rekaman. 

Namun, hasil rekamannya tidak mendapatkan tanggapan bagus. Meskipun demikian, Kelly Clarkson pernah menolak dua tawaran kontrak karena produser rekaman tersebut menganggap Kelly Klarkson sebagai artis permen karet.

Tahun 2001, Kelly Klarkson akhirnya memutuskan untuk ke Los Angeles dalam mengejar karir musiknya. Dia tampil sebagai artis tambahan di serial televisi Rabrina, The Teeage Witch dan Dharma & Greg.

Beberapa kali Kelly Clarkson ditolak oleh label rekaman AS karena rekaman lagunya terdengar too black (terlalu hitam). Terjadinya insiden kebakaran apartemennya dan kurang beruntungnya karir musiknya di Los Angeles menjadikan Kelly Klarkson terpaksa harus pulang ke Burleson.

Di Burleson, Kelly Clarkson bekerja di bioskop, bekerja sebagai telemarketing maupun sebagai pelayan di klub komedi. Sehingga teman temannya mengusulkan supaya Kelly Clarkson mengikuti audisi American Idol.

Dari keberhasilan Kelly Clarkson American Idol menjadi pemenangnya, akhirnya dia mendapatkan kesempatan tanda tangan kontrak untuk pertama kalinya dan membuka jalan untuk karir musiknya.

Album debut Kelly Clarkson Thankful yang dirilis tahun 2003 tersebut, merupakan album yang berisi unsur musik pop, r&b kontemporer serta musik gospel untuk berpartisipasi didalam trek bersama dengan musisi terkenal seperti Rhett Lawrence, Diane Warren, The Underdogs dan Babyface.

Dari album ini muncul lagu pertama, lagu hit Miss Independent sebagai lagu hit internasional pertamanya termasuk lagu hit di AS, juga mendapatkan sertifikasi emas oleh RIAA.

Hal ini, membuat Kelly Clarkson masuk nominasi Grammy Award pertama kalinya untuk penampilan vokal pop wanita terbaik di Grammy Awards ke 46.

Lagu keduanya Low dan lagu selanjutnya The Trouble with Love Is. Lagu The Trouble with Love Is dipakai untuk soudtrack film romantis Inggris berjudul Love Actually.

Tahun 2002, dengan peserta American Idol Paula Abdul dan Randy Jackson serta host Brian Dunkleman dan Ryan Seacrest berpartisipasi dalam serial televisi komedi MADtv.

Miss Independent juga menjadi album video pertama Kelly Clarkson yang dirilis tahun 2003 dan di sertifikasi emas oleh RIAA. Untuk mendukung album Kelly Clarkson Thankful, dia ikut memimpin Tur Independen di seluruh AS.

Kelly Clarkson juga membuat debut film dengan Guarini tahun 2003, sebuah film komedi romantis musikal From Justin to Kelly. Namun film ini tidak sukses karen tidak berhasil masuk di box office.

Kelly Clarkson juga mengikuti kompetisi khusus televisi World Idol di London dan pada saat itu dia membawakan lagu (You Make Me Feel Like) A Natural Woman milik Aretha Franklin. Namun Kelly Clarkson hanya menjadi runner up saja.

Breakaway Tour dilakukan selama tahun 2005 sampai 2006 untuk mendukung album Breakaway ini. Album Breakaway yang dirilis tahun 2004 ini, merupakan album terlaris secara komersial bagi Kelly Clarkson.

Pada mulanya lagu Breakaway digunakan untuk soundtrack film Disney The Princess Diaries 2 : Royal Engagement dan dirilis ulang tahun 2006. 

Lagu ini merupakan lagu ketiga Kelly Clarckson yang masuk peringkat 6 dari 10 besar di Billboard Hot 100, menduduki peringkat pertama di Billboard Adult Contemporary selama 21 minggu. 

Lagu Since U Been Gone adalah singel utama yang menjadi single paling sukses bagi Kelly Clarkson meskipun hanya masuk peringkat ke 2 di Hot 100.

Single ke 2 Behind These Hazel Eyes dan single ke 3 Because of You menyusul di peringkat 6 dan 7 di Hot 100 dan lagu big hit nya adalah Because of You.

Lagu ini menjadi big hit Kelly Clarkson di seluruh dunia, karena menduduki peringkat 1 di tangga lagu European Hot 100 Singles dan di Brasil, Belanda, Denmark dan Swiss.

Single ke 4 Walk Away melejit di peringkat 12 di Hot 100 dan atas kesuksesan dari album dan lagu lagunya ini, Kelly Clrakson berhasil menjadi artis yang paling sering diputar lagunya di AS pada tahun 2006.

Melalui Breakaway ini, Kelly Clarkson berhasil memperoleh banyak penghargaan :

- 2 piala di Grammy Awards ke 48

- Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik untuk Since U Been Gone

- Album Vokal Pop Terbaik

- Memenangkan Best Female Video selama 2 tahun berturut turut untuk lagu Since U Been Gone dan Because of You di MTV Video Music Awards

Album video ke 2 Behind Hazel Eyes dirilis tahun 2005 oleh Kelly Clarkson dimana dia tampil di serial komedi sketsa Amerika Saturday Night Live dan serial realitas Damage Control bersama vokalis band Simple Plan Pierre Bouvier.

Kelly Clarkson mempertunjukan penampilannya The Star Spangled Banner dalam acara di Game 2 Final NBA, di perayaan All Star Games dan di Olimpiade Musim Dingin 2006 di Torino Italia.

Album studio ketiga My December dirilis tahun 2007, di dalam album ini tema musiknya telah berubah menjadi musik hard rock dan lebih black. Album ini mendapat tanggapan bagus namun album ini kurang promosi karena Kelly Clarkson membatalkan tur Live Nation yang mendukungnya.

Dengan cara menjadwalkan ulang menjadi tur yang lebih kecil dan hanya sebagai artis mendukung Jon Mc Laughlin, Sean Kingston dan Mandy Moore. Akhirnya album My December berhasil menduduki peringkat 2 di tangga lagu Billboard 200 dan mendapatkan sertifikasi Platinum dari RIAA.

Single utama dari album ini Never Again, berhasil masuk urutan 8 di tangga lagu Billboard Hot 100.

Tahun 2011 melalui album Stronger dan single Stronger (What’s Kill You), Kelly Clarkson juga berhasil menduduki puncak tertinggi di tangga lagu Billboard Hot 100.

Hal ini, membuat Kelly Clarkson menjadi artis pertama yang telah berhasil meraih Grammy Award untuk Best Pop Vocal Album sebanyak 2 kali.

Tahun 2012, dalam memperingati dia telah berkarir di musik selama 10 tahun maka Kelly Clarkson abum hit terbesarnya dirilis pertama kalinya yaitu album Greatest Hits – Chapter One. Didalam album ini terdapat kompilasi Catch My Breath, Don’t Rush (menampilkan Vince Gill) dan People Like Us.

Kehidupan Kelly Clarkson , tumbuh bersama 3 orang tua yang menyukai musik yang berbeda dengan dia, karena ayah tirinya mengidolakan Willie Nelson dan Elvis

Sedangkan ayah kandungnya menyukai Mariah Carey, Whitney Houston dan Aretha Franklin. Ibunya berbeda lagi kesukaannya karena ibunya mengidolakan Celine Dion, Barbra, Bette Midler.

Kelly Clarkson sendiri lebih menyukai Guns N Roses, Aerosmith dan Metallica. Band band inilah  yang banyak mempengaruhi musik dari Kelly Clarkson.

Daftar Album Album Kelly Clarkson :

- Thankful (dirilis tahun 2003)

- Breakaway (dirilis tahun 2004)

- My December (dirilis tahun 2007)

- All I Ever Wanted (dirilis tahun 2009)

- Stronger (dirilis tahun 2011)

- Wrapped in Red (dirilis tahun 2013)

- Piece by Piece dirilis tahun 2015)

- Meaning of Life (dirilis tahun 2017)

Kelly Clarkson Concert :

- The Breakaway Tour (tahun 2005 – 2006)

- Hazel Eyes Tour (tahun 2005)

- Addicted Tour (tahun 2006)

- My December Tour (tahun 2007 – 2008)

- All I Ever Wanted Tour (tahun 2009 – 2010)

- Stronger Tour (Tahun 2012)

- Piece by Piece Tour (dirilis tahun 2015)

- Meaning of Life Tour (tahun 2019)

Co Headlining Kelly Clarkson :

- American Idols Live! Tour 2002 , tahun 2002 (dengan American Idol season one finalists)

- Independent Tour,  tahun 2004 (dengan Clay Aiken)

- 2 Worlds 2 Voices Tour, tahun 2008 (dengan Reba McEntire)

- Kelly Clarkson / The Fray Tour, tahun 2012 (dengan The Fray)

- 12th Annual Honda Civic Tour, tahun 2013 (dengan Maroon 5)

Residencies Kelly Clarkson :

- Kelly Clarkson : Invicible – tahun 2021

Film Film Kelly Clarkson :

- Issues 101 (tahun 2002)

- From Justin to Kelly (tahun 2003)

- Broke* (tahun 2011)

- The Star (tahun 2017)

- Ugly Dolls (tahun 2019)

- Trolls World Tour (tahun 2020)

Acara Televisi Kelly Clrakson :

- That 80s Show (tahun 2002)

- Sabrina the Teenage Witch (tahun 2002)

- American Idol (tahun 2002, 2015, 2016)

- MADtv (tahun 2002)

- American Dreams (tahun 2003, 2004)

- An American Idol Christmas (tahun 2003)

- World Idol (tahun 2003, 2004)

- King of the Hill (tahun 2004)

- Kelly, Rueben & Fantasia: Home for the Holidays (tahun 2004)

- Saturday Night Live (tahun 2005, 2009, 2012)

- Damage Control (tahun 2005)

- Reba (tahun 2007)

- CMT Crossroads (tahun 2007)

- Phineas and Ferb (tahun 2011)

- The Voice (tahun 2012, 2017 – sekarang)

- Duets (tahun 2012)

- Blake Shelton’s Not So Family Christmas (tahun 2012)

- Who Do You Think You Are? (tahun 2013)

- The Crazy Ones (tahun 2013)

- Kelly Clarkson’s Cautionary Christmas Music Tale (tahun 2013)

- Nashville (tahun 2014)

- Josh Groban: Stages Live (tahun 2015)

- A Pentatonix Christmas Special (tahun 2016)

- Home: Adventures with Tip & Oh (tahun 2017)

- Hollywood Game Night (tahun 2018, 2019)

- Sugar (tahu 2018)

- The Kelly Clarkson Show (tahun 2019 – sekarang)

- The Morning Show (tahun 2019)

- America’s Got Tallent (tahun 2020)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang Kelly Clarkson voice, vokal powefull dan berkharismasemoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Yuk!! bagikan informasi musik ini kepada teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber : Wikipedia

0 komentar