Peabo Bryson, penyanyi r&b peraih 4 topping chard


Peabo Bryson, penyanyi R&B dan musik soul asal Amerika Serikat sebagai pemenang 2 kali grammy award 

Peabo Bryson, penyanyi r&b yang berhasil meraih 4 topping chard

Peabo Bryson merupakan seorang penyanyi r&b dan soul yang serasal dari Amerika Serikat. Dia terkenal melalui lagu lagu Peabo Bryson A Whole New World dan Beauty and The Beast.

Ulasan Singkat Tentang Karir Musik Peabo Bryson

Peabo Bryson adalah seorang penyanyi R&B yang sukses berduet dengan penyanyi wanita. Dia mempunyai nama asli Robert Peapo Bryson,  lahir pada tanggal 13 April 1951 di Greenvile, South Carolina, Amerika Serikat. 
 
Istrinya bernama Tanya Boniface, dia mempunyai 2 saudara laki-laki dan 1 saudara perempuan, dan Peabo Bryson merupakan anak tertua dari ke 4 bersaudara tersebut.

Istri Peabo Bryson bernama Tanya Boniface, dia merupakan anggota grup r&b Inggris yang bernama The 411 dan mereka dikaruniai seorang putra bernama Robert.

Selain itu, Putri Peabo Bryson yang bernama Linda Bryson merupakan anaknya yang lahir dari hubungan sebelum menikah dengan Tanya Boniface.

Dia merupakan salah satu vokalis pria yang multi talenta dan banyak mendapat pujian untuk musik kontemporer pada seperempat abad terakhir, 
 
Jenis suaranya merupakan suara dari penyanyi opera yang sukses meraih penghargaan Grammy Awards sebanyak 2 kali dan sebagai seorang penyanyi yang mampu bertahan ditengah terjadinya perubahan tren musik dari waktu kewaktu.

Warna musiknya bergenre R&B, soul dan soft rock dan merupakan seorang penyanyi yang berhasil mencatatkan dalam sejarah musik pertama kali yang dapat meraih 4 macam Topping Chart.

Dia banyak menjalani masa kecilnya bersama kakeknya di Maudin, Carolina Selatan dan  keluarganya selalu menekankan prinsip sejak kecil supaya selalu bekerja keras dan supaya mencintai musik, karena ibu Peabo Bryson adalah seorang yang sungguh-sungguh mencintai musik.

Nama Peapo kemudian dikenal dengan Peabo, bermula dari kesulitan Freeman dalam mengucapkan nama India Bryson Perancis Barat, sehingga merubah nama "Peapo" menjadi "Peabo". Akhirnya nama panggungnya populer dengan nama Peabo Bryson.

Selanjutnya Peabo Bryson mulai mengikuti tur pada tahun 1968, ketika itu terkenal dengan Southern Chitlin' Sirkuit bersama dengan band lokal "Musa Dillart & Tex-town Display". 

Setelah mengikuti tur, Peabo Bryson mendapatkan pengalaman baru untuk mulai mempersiapkan karir menyanyi selanjutnya, dan dia lebih dikenal sebagai penyanyi soft rock balada. 
 
Pada saat istirahat pertama Musa Dillard & Tex town, Bryson datang untuk sesi rekaman di Atlanta Bang Record. 
 
Pada saat itu Bang tidak terkesan dengan Musa Dillard sehingga membuat Peabo Bryson mendapat perhatian dari general manager label Eddie Biscor. Akhirnya dia menandatangani kontrak sebagai penulis lagu, produsen dan aranger dan membawakan lagu lagunya sendiri.

Peabo Bryson bekerja sebagai penulis lagu untuk band-band lokal dan bekerja dengan label Bang selama beberapa tahun, sampai akhirnya dia berhasil menulis lagu sendiri dengan warna "Under ground music" dibawah label Bang. 
 
Meskipun demikian, lagu ini hanya mampu meraih sukses ditingkat lokal saja tetapi hal ini dapat membuka kesempatan dia untuk menandatangani kontrak dengan Capitol Record pada tahun 1977.

Peabo Bryson berhasil merilis solo hitnya dan berhasil menjadi hit besar bagi  dia, diantaranya adalah :

- Feel the fine (1977)
- Reaching for sky (1978)
- I'm so into you & Crosswinds (1982)
- Let the feeling flow (1984)
- If ever you're in my arms again (berhasil menjadi hit pertama single pop Top 10 di UK)
- Show and tell (1989)
- Can you stop the rain (1991)

Peabo Bryson berhasil memenangkan 2 Grammy Awards, melalui duet dengan :

- Celine Dion melalui lagu " Beauty and teh beast" memenangkan untuk Performance of the song
 
- Regina Belle melalui lagu "A whole new world (Aladdin's theme) juga memenangkan untuk Performance of the song.
 
- "Reaching sky" berhasil merih emas Hit R&B di urutan ke 6.
 
- "Crosswinds" album ini berhasil memikat hati para penggemar soul dan meraih gold pada tahun 1978, karena menelurkan single "Fell the fire" dan "I'm so into you" berhasil menduduki peringkat ke 2 R&B selama 2 minggu.
 
- To night I celebrate my love berhasil meraih Top 5 R&B dan urutan 16 untuk  pop

Penyanyi dan penulis lagu kelahiran tahun 1951 asal Amerika ini, populer karena berkarir sebagai penyanyi balada yang telah tampil berduet dengan penyanyi wanita.

3 single Peabo Bryson greatest hit merupakan single balada yang berduet dengan penyanyi wanita. Berikut lagu Peabo Bryson dan pasangan duetnya :

- Tonight, I Celebrate My Love berduet dengan Roberta Flack

- A Whole New World berduet dengan Regina Belle

- Beauty and the Beast berduet dengan Celine Dion

2 soundtrack fitur animasi Disney ini Peabo Bryson terlibat dalam pembuatannya dan dia juga sebagai peraih 2 Grammy Awards.

Latar belakang Peabo Bryson menjadi menyukai musik karena keluarga dan ibunya sering mengajak dia menonton konser artis artis terkenal yang berasal dari Afrika dan Amerika pada waktu itu.

Debut profesionalnya dimulai, ketika dia hampir menginjak usia remaja yaitu pada usia 14 tahun. Ketika itu, dia berprofesi sebagai penyanyi cadangan Al Freeman and the Upsetters. 

Pertama kali Peabo Bryson mulai menyanyi pada usia 14 tahun, sebagai bintang dari perjalanan Revue Al Freeman dan The Up Setter.

Freeman merupakan grup lokal dan merasa kesulitan dalam pengucapan nama Peapo sehingga pengucapannya menjadi Peabo oleh Freeman. Oleh sebab itu nama panggungnya menjadi Peabo Bryson.

Selanjutnya Paebo Bryson melakukan tur Chitlin’ Circuit dengan band lokal Moses Dillard and the Tex-Town Display.

Meskipun dia bergabung dengan band lokal sebagai penyanyi cadangan muda, tetapi dia telah dilirik oleh manajer umum label Bang, hingga dia mendapatkan penawaran tandatangan kontrak sebagai penulis, produser serta arranger untuk menyanyikan lagunya sendiri.

Album Peabo Bryson Peabo pertama dirilis tahun 1976 dengan jenis Underground Music yang direkam sendiri dan album ini hanya sukses secara regional saja.

Hit solo Peabo Bryson antara lain :

- Feel the Fire dan Reaching for the Sky dirilis tahun 1977

- I’m So into You dan Crosswinds dirilis tahu 1978

- Let the Feeling Flow dirilis tahun 1982

- If Ever You’re in My Arms Again menjadi single Top 10 di AS untuk pertama kalinya

- Show and Tell dirilis tahun 1989

- Can You Stop the Rain dirilis tahun 1991

Dia juga membawakan lirik dari lagu temanya yang digunakan untuk sinetron One Life to Live pada tahun 1985.

Album duet cinta romantis antara Peabo Bryson dengan Roberta Flack dengan lagu Born to Love menjadi album sukses pada tahun 1983 bagi mereka. Lagu Peabo Bryson Can You Stop the Rain ini merupakan lagu hit solo terbaru dan lagu hit solo terakhirnya.

Kemudian disusul dengan merekam duet 2 hit antara Regina Belle dengan Peabo Bryson A Whole New World merupakan judul lagunya. Lagu ini digunakan untuk tema film fitur animasi Disney Aladdin sedangkan lagu Without You digunakan untuk tema cinta dari film komedi Leonard Part 6.

Ketika Peabo Bryson berduet bersama dengan Regina Belle, mereka berhasil merekam 4 lagu antara lain :

- Without You pada tahun 1987

- I Can’t Imagine pada tahun 1991

- A Whole New World tahun 1992

- Total Praise tahun 2009

Lagu lagu Peabo Bryson yang merupakan duet lagu tentang cinta romantis, antara lain :

- Gimme Some Time dan What You Won’t Do for Love berduet dengan Natalie Cole

- Here We Go berduet dengan Minie Riperton

- Lovers After All berduet dengan Melissa Manchester

- Tonight I Celebrate My Love,  You’re Lookin’ Like Love to Me, The Gift dan I Just Came Here to Dance, As Long As There’s Christmas (thema dari Beauty and the Beast: The Enchanted Christmas) berduet dengan Roberta Flack

- There’s Nothin’ Out There berduet dengan Chaka Khan

- Without You (thema dari Leonard Part 6), Beauty and the Beast (thema dari Beauty and the Beast), A Whole New World (thema dari Aladdin) dan I Can’t Imagine berduet dengan Regina Belle

- For You and I berduet dengan Angela Bofill

- Beauty and the Beast berduet dengan Celine Dion (thema Beauty and the Beast)

- You Are My Home berduet dengan Linda Eder (thema dari The Scarlet Pimpernel)

- By the Time This Night Is Over berduet dengan Kenny G

- Light the World berduet dengan Deborah Gibson

- Wishes berduet dengan Kimberley Locke (dari album Disney Wishes!)

- The Best Part berduet dengan Nadia Gifford

- How Wonderful We Are berduet dengan Lea Salonga (dari album People: A Musical Celebration Of Diversity)

- Make It Till Tomorrow berduet dengan Sandi Patty

Lagu lagu Peabo Bryson yang berhasil meraih Grammy pada tahun 1992 ketika tampil bersama dengan Celine Dion melalui lagu Beauty and the Beast dan meraih Grammy pada tahun 1993 ketika tampil bersama dengan Regina Belle melalui lagu A Whole New World.

Peabo Bryson membawakan lagu Dream (Twinkwn’s Tune) untuk Barney’s Great Adventure: An Original Motion Picture Musical Soundtrack pada tahun 1998.

Kemudian dilanjutkan lagi dengan tampil di Michigan Opera Theatre of Detroit versi Porgy dan Bess di bagian tenor dari Sportin Life.

Peabo Bryson juga pernah terlibat masalah pajak pada tahun 2003, yang diperkirakan dia memiliki hutang pajak sebesar $ 1,2 juta.

Kondisi ini, menyebabkan barang barang Peabo Bryson terpaksa harus dilelang oleh IRS termasuk juga penghargaan Grammy yang pernah diperolehnya. Selain itu, peralatan elektronik, grand pano dan beberapa pasang sepatu miliknya juga ikut dilelang.

Video musik Beauty and the Beast dimasukkan kedalam edisi platinum dan Blu-ray pada tahun 2002 dan video musik Peabo Bryson A Whole New World dimasukkan ke dalam rilisan DVD edisi platinum Aladdin. Selanjutnya album Peabo Bryson Stand For Love dirilis pada tahun 2018.

Peabo Bryson kondisinya sudah stabil setelah pada tahun 2019, setelah dia pernah mengalami serangan jantung dan sempat masuk rumah sakit Atlanta.

Album album Peabo Bryson

- Peabo dirilis tahun 1976

- Reaching for the Sky dirilis tahun 1978

- Crosswinds dirilis tahun 1978

- We’re the Best of Friends dirilis tahun 1979 (dengan Natalie Cole)

- Paradie dirilis tahun 1980

- Turn the Hands of Time dirilis tahun 1981

- I Am Love dirilis tahun 1981

- Don’t Play with Fire dirilsi tahun 1982

- Born to Love dirilis tahun 1983 (dengan Roberta Flack)

- Straight from the Heart dirilis tahun 1984

- Take No Prisoners dirilis tahun 1985

- Quiet Storm dirilis tahun 198

- Positive dirilis tahun 1988

- All My Love dirilis tahun 1989

- Can You Stop The Rain dirilis tahun 1991

- Through the Fire dirilis tahun 1994

- Peace on Earth dirilis tahun 1997

- Unconditional Love dirilis tahun 1999

- Missing You dirilis tahun 2007

- Stand for Love diriis tahun 2018

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang PEABO BRYSON, PENYANYI R&B PERAIH 4 TOPPING CHARD, semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita dan terima kasih juga jika sudah dibantu share ke teman-teman yang lain.

Sumber dari : Wikipedia

0 komentar